Terdaftar OJK! Review Indodana: Kelebihan dan Kekurangannya!

Teguh Pras

Salah satu aplikasi pinjaman online yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, namun penting untuk mengenal lebih jauh tentang review Indodana. Platform yang menawarkan kemudahan untuk setiap nasabah ini mendapatkan kepercayaan tinggi dari publik. Untuk mengenal lebih jauh tentang pinjaman ini, mari simak beberapa review Indodana yang ada di bawah ini.

Review Indodana

Review Indodana
Review Indodana

Berbeda dengan pinjaman online yang lain, Indodana termasuk ke dalam jajaran aplikasi yang patut untuk digunakan dengan aman. Hal itu bukan tanpa sebab, sebab Indodana sudah beroperasi atas izin Otoritas Jasa Keuangan sejak bulan Mei 2020 lalu. inilah review Indodana yang singkat untuk menjadi bahan pertimbangan saat Anda ingin memilih mereka:

1. Termasuk Aplikasi yang Aman

1. Termasuk Aplikasi yang Aman
1. Termasuk Aplikasi yang Aman

Ketika mengupas tentang review Indodana, maka sudah pasti hal pertama yang perlu dibahas adalah tingkat keamanan dari aplikasi pinjaman ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Indodana bukanlah aplikasi yang patut dicurigai sebab mereka memperoleh izin yang legal sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan tindakan kriminal yang berbahaya.

Alasan Termasuk Aplikasi yang Aman

Mereka menerapkan transparansi dalam hal data-data beserta biaya yang diperlukan, sehingga Anda bisa melihat sendiri seberapa besar biaya yang harus dipersiapkan.

  • Pertama, alamat kantor dan identifikasi dari setiap pihak administrator Indodana sangat jelas.
  • Kedua, ketika Anda mengalami masalah tertentu Anda dapat mendatangi kantor mereka dengan mudah.
  • Ketiga, aplikasi Indodana sudah menerapkan teknologi yang begitu canggih dan modern seperti Big Data dan AI (Artificial Intelligence).
  • Alasan Keempat, Keberadaan kedua teknologi tersebut pasti akan semakin menjamin seluruh proses pengajuan agar berjalan dengan aman dan nyaman untuk seluruh pihak.
  • Kelima, Tidak akan ada kebocoran data yang merugikan pelanggan ketika hal ini terjadi, sehingga Anda bisa mempercayakan data pribadi kepada mereka.

2. Menagih dengan Profesional

2. Menagih dengan Profesional
2. Menagih dengan Profesional

Review Indodana yang selanjutnya yaitu pihak Indodana akan menagih kepada para nasabah atau pelanggan dengan memakai cara yang profesional. Seluruh prosedur penagihan yang dilakukan oleh Indodana akan dilakukan dengan etis dan benar, tanpa harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Prosedur Penagihan Etis

  • Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa ketakutan atau pun khawatir ketika Anda merasa masih belum sanggup memenuhi pinjaman dalam waktu yang tepat.
  • Meskipun begitu, Anda tetap harus mematuhi ketentuan yang berlaku ketika terlambat membayar, baik itu dari biaya administrasi dan juga bunga yang diterapkan.

3. Tidak Perlu Kartu Kredit

3. Tidak Perlu Kartu Kredit
3. Tidak Perlu Kartu Kredit

Review Indodana yang lain yaitu pihak ini akan sangat mempermudah calon pelanggan ketika ingin mendaftarkan diri. Banyak pinjaman lain yang menetapkan beberapa syarat tertentu, salah satunya yaitu setiap pelanggan wajib memiliki kartu kredit.

Proses Tanpa Perlu Kartu Kredit

Akan tetapi, syarat tersebut cukup memberatkan beberapa pihak yang sebelumnya tidak memiliki kartu kredit.

  • Dengan menggunakan Indodana, Anda akan terbebas dari hal tersebut sebab mereka tidak mewajibkan orang-orang harus memiliki kartu kredit saat ingin meminjam uang.
  • Oleh karena itu, Anda tidak perlu harus kerepotan membuat kartu kredit terlebih dahulu saat ingin menjadi nasabah Indodana.

4. Metode Pembayaran Yang Bervariasi

4. Metode Pembayaran Yang Bervariasi
4. Metode Pembayaran Yang Bervariasi

Review Indodana yang selanjutnya yaitu Anda akan dipermudah ketika ingin melakukan pembayaran cicilan. Sebab, mereka menerima pembayaran melalui berbagai macam metode yang bervariasi, tidak terbatas hanya dalam bentuk uang tunai atau pun melalui ATM saja.

Pilihan Metode Pembayaran Indodana

Sehingga, Anda bisa segera mencicil pinjaman tersebut sewaktu-waktu dengan mudah. Beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan untuk mencicil pinjaman Indodana yaitu sebagai berikut:

5. Akses Aplikasi Yang Gesit

5. Akses Aplikasi Yang Gesit
5. Akses Aplikasi Yang Gesit

Tidak hanya pelayanan secara offline saja, namun aplikasi Indodana juga melayani layanan online secara gesit melalui aplikasi yang tersedia. Dengan tampilan interface yang sederhana dan tidak terlalu rumit, hal itu bisa memudahkan setiap pelanggan baru yang sebelumnya masih belum mengetahui tentang fitur-fitur yang tersedia.

Indodana Dengan Skema Positif

Review Indodana dalam bentuk aplikasi juga terbukti memiliki ulasan yang positif, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan mudah.

  • Aplikasi Indodana sendiri dapat diunduh di perangkat ponsel Anda dengan bebas sesuai sistem operasi masing-masing.
  • Hal ini tentunya sangat berbeda dengan pinjaman konvensional yang hanya dapat diakses melalui situs web atau pun kantor penyedia secara langsung.

6. Limit Pinjaman Dan Tenor Yang Terjangkau

6. Limit Pinjaman Dan Tenor Yang Terjangkau
6. Limit Pinjaman Dan Tenor Yang Terjangkau

Review Indodana tidak lengkap apabila tidak membahas mengenai besaran limit pinjaman yang diterapkan. Untuk limit dana yang dapat dipinjam melalui Indodana ini berkisar antara 500 ribu sampai 25 juta rupiah. Dengan jumlah dana tersebut, Anda dapat menggunakannya untuk memulai bisnis atau pun menjadi tambahan modal yang mumpuni.

Rincian Limit Pinjaman Indodana Terbaru

Tidak hanya itu saja, akan tetapi tenor dan periode cicilan yang diterapkan pun cukup membantu nasabah.

  • Tenor layanan pinjaman Indodana berlaku mulai dari 3 sampai 12 bulan, yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan layanan peminjaman serupa.
  • Keberadaan OJK juga membantu nasabah untuk terhindar dari tenor tidak variatif, sehingga Anda bisa meminjam uang mereka dengan nyaman.
Jenis Pinjaman Limit Pinjaman
Pinjaman Karyawan Hingga Rp10.000.000,-
Pinjaman Mikro Hingga Rp50.000.000,-
Pinjaman Modal Usaha Hingga Rp500.000.000,-
Pinjaman Kendaraan Hingga Rp100.000.000,-
Pinjaman Pendidikan Hingga Rp100.000.000,-

7. Persyaratan yang Mudah

7. Persyaratan yang Mudah
7. Persyaratan yang Mudah

Persyaratan untuk menjadi nasabah Indodana tidak terlalu rumit, sebab Anda hanya memerlukan beberapa data dan dokumen pribadi yang wajar untuk digunakan.

Syarat Mengajukan Pinjaman Indodana

Beberapa data tersebut di antaranya yaitu kartu KTP, akun internet banking, NPWP, serta berusia minimal 20 sampai 65 tahun.

  • Syarat lainnya yang tidak boleh dilupakan yaitu seluruh nasabah harus mempunyai pendapatan minimum sebesar 3.500.000 rupiah per bulan.
  • Tanpa pendapatan yang tetap, maka nasabah tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan karena jika tidak, maka nasabah sendiri yang akan mengalami kesulitan jika tidak dapat melunasi pinjaman tersebut.

8. Cicilan yang Termasuk Ringan

8. Cicilan yang Termasuk Ringan
8. Cicilan yang Termasuk Ringan

Review Indodana sering kali menyatakan bahwa cicilan yang harus dikeluarkan untuk melunasi pinjaman dari Indodana tidak terlalu memberatkan. Hal itu tidak mengherankan, sebab bunga yang disediakan oleh Indodana termasuk terjangkau, sehingga seluruh nasabah pasti dapat menjangkaunya dan bisa membayar angsuran setiap bulan dengan mudah.

Informasi Detail Cicilan Ringan Indodana

Nasabah Indodana yang memiliki jangka waktu pinjaman selama 1 bulan tidak akan dikenai bunga sama sekali, sehingga bisa dikatakan bahwa APR yang ditetapkan sebesar 0 persen.

  • Pertama, Tidak akan ada ongkos tambahan lainnya selama proses pengajuan atau pun angsuran, sehingga nilai dari uang tersebut murni dari apa yang sudah tertera.
  • Kedua, untuk pinjaman dalam jangka waktu 3 hingga 12 bulan, maka akan dikenakan bunga sejumlah 3 persen per bulannya.
  • Ketiga, jumlah denda yang diterapkan apabila nasabah mengalami keterlambatan dalam mencicil yaitu sebesar 10 persen dari jumlah cicilan.
  • Keempat, apabila jumlah keterlambatan Anda ternyata kurang dari 3 hari, maka tidak ada denda tambahan yang harus Anda bayarkan untuk menutupi hal tersebut.

9. Dana Bisa Cair dengan Cepat

9. Dana Bisa Cair dengan Cepat
9. Dana Bisa Cair dengan Cepat

Salah satu kelebihan lain yang membuat banyak orang memilih menggunakan layanan Indodana yaitu dana yang mereka sediakan dapat cair dalam waktu yang cepat.

Skema Proses Pencairan Indodana

Umumnya, proses pencarian dana pinjaman Indodana maksimal bisa terjadi selama dua hari kerja, namun hal itu tentunya harus menyesuaikan dengan ketentuan dan persyaratan yang sudah ada.

  • Ketika Anda mengajukan pendaftaran, maka pihak Indodana akan segera melakukan proses verifikasi atas data-data yang sudah Anda kirimkan.
  • Nantinya, Anda tinggal menunggu selama beberapa menit hingga mereka mengirimkan uang sejumlah nominal yang disepakati pada rekening ATM Anda.

10. Tersedia Opsi Pilihan Pinjaman

10. Tersedia Opsi Pilihan Pinjaman
10. Tersedia Opsi Pilihan Pinjaman

Review Indodana yang tidak kalah penting yaitu mereka menyediakan opsi yang berbeda untuk pilihan pinjaman. Pilihan tersebut yaitu cicilan dan dana tunai, yang mana keduanya bisa dipilih secara bebas oleh setiap pelanggan.

  • Ketersediaan dua opsi itu pastinya bisa memberikan fleksibilitas yang membantu calon peminjam untuk memilih yang mana paling sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk itu, setiap pelanggan harus bisa melakukan evaluasi diri apakah mereka memang sanggup untuk memilih cicilan atau dana tunai.

11. Customer Service yang Ramah

11. Customer Service yang Ramah
11. Customer Service yang Ramah

Pelayanan yang ramah juga menjadi sisi positif dari aplikasi Indodana yang membuat review Indodana mendapatkan nilai yang tinggi. Pihak customer service indodana bersedia untuk melayani kebutuhan pelanggan selama 24 jam, sehingga meskipun Anda mengalami masalah tertentu pada dini hari sekalipun, mereka bersedia untuk membantu mendampingi Anda dalam menangani masalah tersebut.

Selain itu, pihak customer service juga berjasa untuk memberikan informasi tentang jatuh tempo cicilan yang harus segera dilunasi pada waktu tertentu. Dengan adanya pengingat tersebut, maka Anda bisa segera mempersiapkan sejumlah dana yang diperlukan agar cicilan pinjaman tersebut bisa dilunasi.

12. Cara Pengajuan yang Mudah

12. Cara Pengajuan yang Mudah
12. Cara Pengajuan yang Mudah

Sebenarnya, untuk mengajukan pinjaman lewat aplikasi ini tidak serumit yang ada di bayangan.

Cara Pengajuan Pinjaman Indodana

Inilah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pinjaman online dari aplikasi Indodana:

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi Indodana yang tersedia di Google PlayStore dan App Store.
  • Buat akun dengan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pihak aplikasi.
  • Lakukan verifikasi akun pendaftaran dengan mengisi data-data secara jujur dan lengkap. Pada proses ini, Anda juga diharuskan untuk melakukan potret diri atau selfie bersama KTP.
  • Unggah seluruh dokumen yang memang diperlukan, lalu tunggu proses persetujuan yang akan dilakukan oleh pihak credit analyst.
  • Apabila data Anda sudah dianggap benar oleh pihak yang berkenan, maka dana tunai akan segera cair dan dikirimkan pada rekening yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

13 Jangkauan Wilayah yang Luas

Meskipun saat ini Anda tidak berdomisili di Jabodetabek, Anda tetap bisa menggunakan layanan Indodana dengan mudah. Hal tersebut karena jangkauan wilayah yang dimiliki oleh Indodana sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, meskipun baru kota-kota besar yang ada di provinsi tertentu.

14. Hanya Bisa Meminjam Satu Kali

Salah satu hal yang perlu dicatat ketika Anda menjadi seorang nasabah Indodana yaitu Anda hanya diberikan kesempatan untuk melakukan pinjaman uang sebanyak satu kali saja sampai cicilan sudah lunas.

Apabila pinjaman Anda sebelumnya sudah selesai sepenuhnya, maka Anda bisa mengajukan kembali pinjaman kepada pihak Indodana dengan ketentuan yang sesuai.

Penutup

Review Indodana
Review Indodana

Itulah informasi mengenai review Indodana yang dapat memberikan ilmu tambahan bagi Anda ketika merasa tertarik untuk menggunakan aplikasi yang kredibel ini. Dengan akses aplikasi yang begitu cepat disertai oleh syarat yang mudah untuk dipenuhi, maka Indodana menjadi salah satu pilihan yang paling tepat bagi Anda yang memang ingin mencari pinjaman uang dalam waktu singkat.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay