10 Cara Jual Beli Saham Pemula Secara Online

Melisa Utami

Di era yang serba digital ini, tidak jarang orang yang ingin tahu lebih dalam mengenai cara jual beli saham pemula. Terutama di tengah banyaknya orang yang tertarik untuk melakukan investasi saham secara online.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan dilakukan, yakni untuk bisa menerapkan strategi yang tepat dalam berinvestasi saham dan memperoleh peluang keuntungan besar di dalamnya.

Bagi Anda yang mungkin berencana untuk berinvestasi saham secara online, maka berikut ini ulasan penting yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai tata cara berinvestasi saham online bagi pemula.

Bagaimana Cara Jual Beli Saham Pemula Secara Online?

Cara Jual Beli Saham Pemula Secara Online
Cara Jual Beli Saham Pemula Secara Online

Sebelum mengulas lebih mendalam mengenai cara jual beli saham pemula, ada baiknya Anda mengetahui informasi seputar apa itu saham yang cukup populer di kalangan masyarakat satu ini.

  • Pada dasarnya, investasi saham sendiri dikatakan sebagai salah satu bukti kepemilikan seseorang (investor) atas sebuah perusahaan atau badan usaha.
  • Yang mana, kepemilikan investasi saham satu ini biasanya ditentukan oleh jumlah investasi yang dimiliki oleh seorang investor terhadap jumlah investasi yang ditanamkan.

Banyaknya orang yang memutuskan untuk berinvestasi saham, tentunya bukan tanpa alasan ingin memperoleh keuntungan menjanjikan di dalamnya.

Kelebihan Dan Kekurang Investasi Saham

Meski demikian, bukan tidak mungkin instrumen investasi satu ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan baik-baik bagi calon investor.

Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi saham:

Keuntungan Investasi Saham Kekurangan Investasi Saham
Memperoleh peluang penghasilan secara dividen bagi investor. Investor harus selalu memantau pergerakan saham yang dimiliki.
Adanya diversifikasi saham / pembagian alokasi saham yang bertujuan untuk meminimalisir risiko kerugian. Saham merupakan instrumen investasi yang bersifat fluktuatif / mudah mengalami kenaikan dan penurunan.
Mendapatkan kepemilikan di perusahaan yang ditanamkan saham. Memiliki risiko kerugian yang cukup besar.
Opsi terbaik agar terhindar dari masalah inflasi. Memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk belajar investasi saham.
Lebih mudah untuk dibeli maupun dijual. Adanya minimal pembelian yang harus dilakukan oleh para investasi.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan investasi saham di atas, tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara jual beli saham pemula, bukan?

Oleh karena itulah, berikut ini beberapa langkah mudah dalam memulai investasi saham secara online yang perlu Anda perhatikan baik-baik.

1. Persiapkan Dokumen-dokumen Pribadi yang Diperlukan

Persiapkan Dokumen-dokumen Pribadi yang Diperlukan
Persiapkan Dokumen-dokumen Pribadi yang Diperlukan

Salah satu cara jual beli saham pemula yang perlu dilakukan pertama kali dalam memulai investasi saham online, yakni dengan mempersiapkan dokumen-dokumen pribadi yang diperlukan. Yang mana, dokumen ini biasanya akan sangat membantu bagi para calon investor dalam memulai kegiatan investasi saham yang dipilihnya.

Rincian Dokumen Yang Perlu Disiapkan

Adapun beberapa dokumen pribadi yang biasanya diperlukan disini, yakni seperti:

Jika Anda sudah menyiapkan beberapa dokumen pribadi yang diperlukan, maka bisa langsung memulai kegiatan investasi saham yang diinginkan dengan menentukan perusahaan sekuritas yang diinginkan.

2. Pilih Perusahaan Sekuritas Saham Online yang Diinginkan

Pilih Perusahaan Sekuritas Saham Online
Pilih Perusahaan Sekuritas Saham Online

Setelah menyiapkan dokumen pribadi yang diperlukan, maka untuk tips cara jual beli saham pemula selanjutnya yakni Anda perlu memilih perusahaan sekuritas saham online yang diinginkan.

Dalam hal ini, perusahaan sekuritas sendiri memiliki peran penting dalam kegiatan investasi para investor. Ini dikarenakan, perusahaan sekuritas tersebut berperan penting sebagai perantara perdagangan efek dan memiliki tanggung jawab besar dalam beberapa hal di dalamnya.

Memilih Sekuritas Yang Cocok Dan Sesuai

Adapun beberapa hal yang menjadi tanggung jawab dari perusahaan sekuritas saham online tersebut, di antaranya yakni sebagai berikut :

  1. Kegiatan pelaksanaan transaksi jual beli efek, baik untuk kepentingan diri sendiri ataupun orang lain.
  2. Kegiatan pelaksanaan jual beli investasi saham dan juga obligasi, yang bisa biasanya dilakukan lewat bursa efek ataupun di luar bursa efek.

3. Melakukan Pengisian Formulir Pendaftaran untuk Investasi Saham Online

Melakukan Pengisian Formulir Pendaftaran untuk Investasi Saham Online
Melakukan Pengisian Formulir Pendaftaran untuk Investasi Saham Online

Apabila sudah menentukan perusahaan sekuritas, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan yakni dengan mengisi formulir pendaftaran investasi saham online yang sudah disediakan. Dalam hal ini, calon investor biasanya akan diminta untuk mengisi beberapa formulir seperti pembukaan rekening, tak terkecuali rekening saham dan rekening dana investor.

Tips Pengisian Formulir Investasi Saham Online

Untuk tata cara pengisian formulir saham sendiri, dikatakan hampir mirip ketika Anda akan membuka rekening tabungan di bank.

  1. Mengenai tips cara jual beli saham pemula dengan mengisi formulir pendaftaran investasi saham satu ini, pastikan Anda melakukannya dengan benar.
  2. Di samping itu, Anda juga jangan lupa untuk melampirkan mengenai persyaratan pembukaan rekening.
  3. Yakni berupa kumpulan dokumen-dokumen pribadi yang sudah diulas di poin pertama di atas.

4. Jangan Lupa untuk Membuka RDI (Rekening Dana Investor)

4. Jangan Lupa untuk Membuka RDI (Rekening Dana Investor)
4. Jangan Lupa untuk Membuka RDI (Rekening Dana Investor)

Langkah berikutnya, Anda juga nantinya akan diminta untuk mengisi formulir lain yakni berupa pembukaan RDI (Rekening Dana Investor). Pada dasarnya, RDI sendiri dikatakan sebagai rekening dari dana Anda yang kemudian ditempatkan pada bank.

Guna Membuka Rekening Dana Investor

Meskipun demikian, untuk dana yang Anda miliki satu ini nantinya akan terpisah dari rekening perusahaan efek.

  • Kegunaan utama dari rekening dana investor, yakni agar memudahkan bagi para investor memiliki rekening bank sendiri untuk menyelesaikan seluruh kegiatan transaksi saham yang nantinya dilakukan.
  • Terlebih lagi jika ditelusuri lebih mendalam, RDI sendiri memang memiliki tujuan utama untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan untuk investasi saham.

5. Menunggu Proses Pembukaan RDI Selesai Dilakukan

5. Menunggu Proses Pembukaan RDI Selesai Dilakukan
5. Menunggu Proses Pembukaan RDI Selesai Dilakukan

Jika Anda sudah membuka rekening dana investor tersebut, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam penerapan cara jual beli saham pemula, yakni cukup dengan menunggu proses pembukaan rekening selesai dilakukan.

Rincian Proses Pembukaan RDI

Menurut informasi yang beredar, lamanya waktu pembukaan rekening dana investor ini sendiri sangat bergantung pada RDI yang dipilih oleh pihak investor.

  1. Pertama, waktu proses pembukaan rekening dana investor umumnya akan memakan waktu kurang lebih selama 1 minggu.
  2. Kedua, dalam menunggu proses pembukaan rekening dana investor satu ini membutuhkan kesabaran yang tinggi.
  3. Adapun jika proses pembukaan rekening dana investor sudah selesai dilakukan, maka pihak investor nantinya akan dikonfirmasi dengan nomor RDI yang sudah berhasil dibuka.

6. Mengunduh Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terpercaya

6. Mengunduh Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terpercaya
6. Mengunduh Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terpercaya

Untuk menunjang kelancaran dalam kegiatan berinvestasi saham online, maka mengenai tips cara jual beli saham pemula yang perlu dilakukan berikutnya yakni dengan mengunduh aplikasi trading saham online. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak sekali bermunculan aplikasi trading saham berkualitas terbaik dan terpercaya yang bisa dijadikan pilihan bagi para investor.

Tips Memilih Aplikasi Sekuritas Terpercaya

Sebelum mengunduh aplikasi trading saham online, pastikan aplikasi trading saham yang dipilih sudah terdaftar secara resmi di pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menunjang keamanan dan kenyamanan.

  • Adapun untuk pengunduhan aplikasi trading saham ini, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store atau AppStore.
  • Atau bisa juga lewat situs website broker, yang mana menjadi tempat Anda mendaftarkan diri membuka rekening saham,

7. Menyetorkan Deposit Awal Investasi Saham Online

Menyetorkan Deposit Awal Investasi Saham Online
Menyetorkan Deposit Awal Investasi Saham Online

Perlu Anda ketahui, bahwa deposit awal umumnya dapat disetorkan jika Anda sudah menyelesaikan proses pembukaan rekening dana investor. Tujuan dari menyetorkan deposit awal sendiri, yakni untuk mengaktifkan rekening saham yang sudah Anda buka.

Langkah-Langkah Menyetor Deposit Untuk Pertama Kali

Disini, Anda bisa menyetorkan dana deposit awal tersebut secara tunai ataupun lewat transfer dari rekening pribadi ke rekening dana investor, dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu dana dari tabungan Anda.
  2. Setelah itu, Anda tinggal menyetorkan dana tersebut ke nomor rekening dana investor yang Anda miliki.
  3. Proses penyetoran ini, bisa dilakukan melalui ATM, mobile banking atau dengan internet banking.
  4. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu sebentar proses transfer dari tabungan ke rekening dana investor selesai dilakukan.
  5. Terakhir, cek dana yang masuk di aplikasi trading saham online yang sudah Anda unduh sebelumnya di perangkat ponsel.
  6. Apabila deposit awal sudah berhasil Anda setorkan dengan menggunakan langkah-langkah penyetoran cara jual beli saham pemula di atas, maka tinggal menunggu ID, password dan PIN dikirimkan.

Dengan demikian, maka Anda akan lebih mudah untuk masuk ke akun saham online. Di samping itu, Anda juga nantinya akan memperoleh kartu akses KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

8. Mulai Transaksi Jual Beli Saham

8. Mulai Transaksi Jual Beli Saham
8. Mulai Transaksi Jual Beli Saham

Dalam cara jual beli saham pemula satu ini, Anda nantinya sudah bisa memulai transaksi jual beli saham secara online. Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa untuk minimal pembelian saham sendiri yakni sebesar 1 lot (sebanyak 100 lembar saham).

Tips Memulai Jual Beli Saham

Di samping itu, di setiap proses transaksi jual beli saham sendiri juga akan dikenakan fee transaksi. Yang mana, fee yang dikenakan ini sudah sesuai dengan kebijakan dari setiap perusahaan sekuritas saham yang ada di pasaran.

  • Terlebih lagi, mengenai saham yang terdapat di BEI juga dikatakan memiliki harga yang bervariatif.
  • Hal ini bukan tanpa alasan, lantaran harga yang ditawarkan tersebut turut mencerminkan nilai dari perusahaan.

9. Lakukan Order Saham Online

9. Lakukan Order Saham Online
9. Lakukan Order Saham Online – cara jual beli saham pemula

Jika Anda sudah berhasil dalam menerapkan cara jual beli saham pemula pada saat proses transaksi saham dilakukan, maka Anda nantinya sudah bisa dengan mudah untuk melakukan perubahan pada harga jual ataupun harga beli saham.

Mengenal Posisi Order Saham Online

Umumnya, fitur perubahan harga jual dan harga beli saham ini tersedia pada aplikasi trading saham. Yang mana, fitur ini akan muncul pada saat investor melakukan perdagangan saham.

  • Penting juga untuk Anda ketahui, bahwa jika nantinya posisi yang Anda pasang tidak terjadi, maka Anda dapat melihat posisi yang tersedia di pasar pada waktu tersebut.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengubah harga saham sesuai dengan kondisi pasar modal.

10. Selesaikan Transaksi Jual Beli Saham Online

10. Selesaikan Transaksi Jual Beli Saham Online
10. Selesaikan Transaksi Jual Beli Saham Online

Mengenai tips cara jual beli saham pemula yang terakhir, Anda hanya perlu menyelesaikan transaksi jual beli saham online yang dipilih. untuk proses penyelesaian transaksi jual beli saham sendiri, biasanya akan dilakukan dalam waktu dua hari. Yang mana, hal ini terhitung dari sejak transaksi jual beli saham online tersebut dilakukan.

  • Sementara itu, mengenai harga saham yang tersedia juga biasanya akan disesuaikan dengan transaksi yang sudah dilakukan dua hari sebelumnya.
  • Apabila investor tidak melakukan penyelesaian investasi saham / settlement dalam waktu yang sudah ditentukan, maka akan dikenakan denda sebesar 45% per tahun.

Tips Melakukan jual beli Saham pemula

Tips Penjelasan
Pelajari Dasar-dasar Pelajari dasar-dasar investasi saham, seperti bagaimana saham diperdagangkan, apa itu perusahaan terbuka, dan terminologi saham.
Buka Akun Perdagangan Membuka akun perdagangan saham dengan perusahaan pialang yang terpercaya atau platform perdagangan online. Anda akan memerlukan akun ini untuk membeli dan menjual saham.
Tentukan Tujuan Investasi Tentukan apakah tujuan investasi Anda adalah jangka pendek (mengambil keuntungan dalam waktu singkat) atau jangka panjang (simpanan pensiun atau tujuan jangka panjang lainnya).
Pilih Saham yang Tepat Lakukan penelitian dan analisis untuk memilih saham yang sesuai dengan tujuan dan strategi investasi Anda.
Gunakan Diversifikasi Diversifikasikan portofolio Anda dengan berinvestasi dalam beberapa saham untuk mengurangi risiko dan meningkatkan peluang keuntungan.

Penutup

Cara Jual Beli Saham Pemula
Cara Jual Beli Saham Pemula

Itulah tadi 10 langkah yang dapat kamu ikuti untuk cara jual beli saham pemula, yang sangat membantu Anda dalam memulai kegiatan investasi saham agar memperoleh keuntungan menjanjikan nantinya.

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar