Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps Terbaru 2024

Ainsley

Bingung bagaimana cara daftar lokasi usaha di Google Maps? Mengingat sekarang perkembangan bisnis telah banyak menyasar pangsa pasar daring seperti halnya e-commerce. Mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan bisnis pada banyak orang.

Apalagi, cara ini tidak menuntut untuk membayar biaya registrasi, calon pelanggan bisnismu juga dapat dengan mudah menemukan lokasi jika mereka membutuhkannya. Cara daftar lokasi usaha di Google maps juga bisa membantu meningkatkan peluang hadirnya pelanggan baru.

Pasalnya, di sana nanti tidak hanya dicantumkan alamat fisik saja, namun juga hari operasional, hingga daftar harga barang yang ditawarkan. Semua itu pastinya akan sangat memudahkan calon pelanggan sebelum memutuskan ingin bertransaksi dengan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Sayangnya, hingga sekarang terbukti masih cukup banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara daftar lokasi usaha di Google maps. Padahal, manfaatnya banyak sekali dan berguna bagi kemajuan bisnis itu sendiri. Bagi kamu yang sedang punya bisnis, informasi di bawah ini bisa membantu perkembangan bisnismu.

Sekilas Tentang Google Maps

Google Maps
Sumber: Google Play

Sebelumnya, walaupun ini sudah umum sekali, bisa jadi ada beberapa dari kamu yang belum tahu apa itu Google Maps. Google maps sendiri adalah aplikasi peta online yang dikembangkan langsung oleh perusahaan teknologi Google.

Google Maps bisa dikatakan sudah mulai diluncurkan sejak lama, tepatnya 8 Februari 2005 silam. Sejak mulai diperkenalkan, semua orang mulanya menggunakannya sebagai penunjuk rute menuju suatu tempat.

Seiring berkembangnya waktu, google maps akhirnya menambah fungsi sebagai penyedia informasi lokasi bisnis baik jasa maupun barang. Untuk fungsi yang satu ini, google maps akan mencantumkan jam operasional, layanan, menu, foto, hingga hal lain yang sekiranya memudahkan pelanggan.

Selain itu, google maps juga menghadirkan rating dan ulasan. Sehingga memungkinkan pelanggan menilai produk dan pelayanan yang telah diberikan oleh para pengusaha. Jika pelayanan serta produk yang dijual baik, tentu saja akan mendapatkan rating tinggi. Dengan begitu kesempatan untuk menggaet lebih banyak pelanggan baru juga akan terbuka lebar.

Selain mengetahui cara daftar lokasi usaha di Google Maps, kamu juga bisa cek Cara Merekam Suara Google Tanpa Aplikasi

Mengapa Harus Daftar Lokasi Usaha Di Google Maps?

Daftar Lokasi Usaha di Google Maps
Sumber: Pexels

Selanjutnya, mungkin kamu bertanya-tanya mengapa orang-orang terutama para pengusaha beramai-ramai ingin mendaftarkan lokasi usahanya di Google maps? Memang apa manfaatnya sampai hal tersebut perlu dilakukan?

Sebenarnya masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya. Jadi, melihat perkembangan bisnis sekarang yang sudah merambah ke online, membuat siapa saja atau pelanggan rata-rata mencari produk bisnis ke internet.

Jika kamu menambahkan lokasi usaha di Google maps, tentu akan menambah peluang untuk menyebarkan ke banyak orang. Semakin banyak yang tahu keberadaan usaha kamu, tentu saja mencari pelanggan baru tidak akan terlalu susah.

Walaupun sejatinya, manfaat mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps tidak hanya itu saja. Masih banyak manfaat lain yang dapat mendukung kemajuan usaha kamu sendiri, diantaranya:

1. Mempermudah Konsumen Menemukan Lokasi Bisnis

Orang Indonesia saat ini banyak yang langsung mengandalkan Google Maps sebagai penunjuk arah. Data dari google menyebutkan, ada lebih dari 140 juta pengguna aktif Google maps di Indonesia hingga sekarang.

Bayangkan jika seandainya konsumen ingin menuju lokasi usahamu namun justru kesulitan menemukannya via Google maps. Hal tersebut bisa jadi akan membatalkan niat mereka untuk mengunjungi atau mencoba layanan usahamu bukan?

Oleh sebab itu, mau tidak mau paling tidak kamu harus mempertimbangkan lokasi usaha ke Google maps. Dengan begitu semua konsumen maupun calon pelanggan akan lebih mudah menemukan lokasi usahamu.

Apalagi informasi yang dicantumkan oleh google maps juga sangat lengkap. Termasuk berbagai pilihan rute beberapa transportasi seperti bus maupun kereta. Ditambah lagi, cara daftar lokasi usaha di Google maps juga sangat mudah.

2. Mempermudah Titik Lokasi yang Akurat Pada Konsumen

Bagi yang memang sudah sangat sering menggunakan Google maps pasti sudah tahu. Jika layanan dari google tersebut dapat memberikan petunjuk lokasi yang akurat karena dilengkapi dengan fitur Google Street View.

Sebagai informasi saja, Google Street View adalah fitur Google maps dimana sebagai penunjuk arah dengan tampilan gambar 360 derajat. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk bisa melihat foto situasi sekitar lokasi tujuannya dengan realistis atau tampak seperti aslinya.

Selain itu, fitur google street view tersebut juga dapat memudahkan konsumen usahamu untuk menemukan lokasi bisnis dengan patokan yang jelas. Mereka jadi bisa melihat detail lokasi dari gang hingga bangunan-bangunan yang berada di sekitar lokasi usaha.

Biasanya, para pelanggan jika hanya tahu alamatnya saja masih merasa bingung. Fitur ini akan lebih meyakinkan mereka bahwa toko offline mu memang ada dan bisa dijangkau dengan mudah.

3. Mendapatkan Fitur Google Bisnisku

Sudah pernah sedang mencari informasi lokasi usaha, namun muncul kotak informasi tentang usaha tersebut pada bagian kanan layar? Tampilan tersebut adalah fitur Google bisnisku yang disediakan oleh Google maps.

Dengan menambahkan lokasi usaha di Google maps, kamu sebagai pemiliknya akan mendapatkan fitur semacam itu langsung dari Google. Tentu saja hal ini sangat menarik dan cukup berpengaruh pada kemajuan usahamu di masa depan.

4. Dapat Dikelola Secara Gratis

Saat kamu tahu cara daftar lokasi usaha di Google maps dan menerapkannya, manfaat yang diperoleh sangat banyak. Salah satunya adalah layanan dari Google tersebut dapat dikelola secara gratis.

Mungkin saja selama ini kamu tidak kunjung mendaftarkan lokasi usaha di Google maps bukan karena tidak tahu caranya. Namun takut jika layanan ini harus bayar dan tak punya budgetnya. Tenang saja, karena layanan Google maps untuk lokasi usaha itu semua gratis.

Google menyediakan fitur ini secara gratis yang memungkinkan semua orang dapat menggunakannya. Bukan hanya pemilik bisnis tapi siapa saja yang membutuhkan. Kamu hanya perlu satu akun gmail, langsung bisa menggunakannya untuk daftar usaha ke Google Bisnisku.

5. Menambah Channel Marketing

Mendaftarkan lokasi usaha di Google maps juga dapat membantu kamu dalam menambah channel marketing. Dalam menjalankan usaha atau bisnis, aktivitas pemasaran tentu harus dilakukan semaksimal mungkin supaya dapat menghasilkan keuntungan tinggi.

Saat kamu mendaftarkan usaha ke Google maps, otomatis profil bisnis seakan menjadi toko ke-2 yang dimiliki. Oleh sebab itu, sebagai pengusaha kamu harus memanfaatkan sebaik mungkin foto-foto produk sebagai display untuk menarik banyak calon pelanggan.

6. Menampilkan Informasi Bisnis Secara Lengkap

Masih ada manfaat lain yang bisa didapatkan jika kamu segera mendaftarkan lokasi usaha di Google maps yaitu dapat menampilkan informasi yang berguna. Mulai dari apa saja fasilitas yang disediakan dan lain-lain supaya lebih cepat muncul pada hasil pencarian.

Para pengguna atau calon pelanggan akan lebih mudah membaca dan menemukan data-data usaha kamu contohnya tentang petunjuk arah, jam operasional, alamat website, telepon, update promo, dan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menemukan testimonial pelanggan di sana yang berguna untuk menambah keyakinan usaha yang ditawarkan.

Cara Daftar Lokasi Usaha Di Google Maps

Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps
Sumber: Pexels

Mulai masuk ke pembahasan inti yaitu bagaimana cara daftar lokasi usaha di Google maps. Sebetulnya tidak sulit sama sekali, namun bagi kamu yang sebelumnya belum pernah mencobanya memang wajar jika tak mengetahui langkahnya. Agar tidak bingung, ikuti saja panduannya di bawah ini:

Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps via Website Google Bisnisku

Google Bisnisku
Sumber: Web Solutions

Cara daftar lokasi usaha di Google Maps bisa kamu lakukan via website Google Bisnisku. Perlu kamu tahu, Google Bisnisku merupakan fitur dari Google maps yang berguna untuk memudahkan calon konsumen untuk menemukan lokasi sekaligus informasi terkait usahamu.

Adapun Cara daftar lokasi usaha di Google Maps via akun Google Bisnisku adalah sebagai berikut:

1. Daftar Google Bisnisku

Langkah awal tentu saja kamu perlu mengakses Google Bisnisku. Setelah itu, tinggal klik “Kelola Sekarang” untuk memulai mendaftarkan usahamu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diinstruksikan.

2. Masukkan Nama dan Kategori Usaha

Cara daftar lokasi usaha di Google Maps via Google Bisnisku selanjutnya akan muncul halaman baru. Di sana kamu akan menemukan kolom. Setelah itu, tinggal ketikkan nama usaha pada kolom yang telah disediakan untuk menambahkan lokasi di Google maps. Tidak lupa, kamu juga harus menambahkan kategori usaha.

Pada kolom berikutnya kamu akan menemukan kolom untuk mengisi keterangan tersebut. Walaupun untuk kategori usaha ini sifatnya opsional. Kamu tetap bisa melakukannya setelah usaha terdaftar di Google bisnisku. Apabila sudah, klik saja “berikutnya

3. Nyatakan Jika Kamu Punya Lokasi Usaha

Setelah klik opsi “berikutnya”, akan ada pop up yang intinya menanyakan apakah kamu ingin menambahkan lokasi untuk dikunjungi pelanggan seperti toko atau kantor. Untuk tahap ini bisa langsung klik “ya” lalu lanjutkan pilih “berikutnya”.

4. Masukkan Alamat Usaha

Cara daftar lokasi usaha di Google Maps via Google Bisnisku berikutnya adalah mulai masukkan alamat lengkap usaha yang sedang kamu jalankan. Ini harus lengkap, pastikan mencantumkan kota, provinsi, hingga kode pos. Periksa kembali kelengkapannya, sebelum klik “berikutnya” jika sudah benar-benar yakin.

5. Tandai Lokasi Usaha di Google Maps

Apabila sudah, maka tampilan akan berubah semacam peta. Sama seperti saat kamu sedang mencari lokasi di Google maps. Pada tahap ini, hal yang harus dilakukan adalah klik titik di Google maps tersebut untuk menandai lokasi usahamu. Jika sudah, langsung klik “berikutnya

6. Nyatakan Jika Kamu Menyediakan Layanan Antar Atau Tidak

Biasanya, mereka para pelaku bisnis menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pelanggannya. Jika kamu termasuk demikian, boleh menambahkan layanan antar dengan cara klik “ya” pada pop up yang muncul. Informasinya juga akan ditampilkan halaman google maps bisnisku.

7. Tentukan Informasi Apa Saja yang Ingin Ditampilkan

Supaya semua konsumen dapat dengan mudah terhubung dengan bisnis usahamu, masukkan nomor kontak serta alamat website pada pop up yang muncul berikutnya. Lalu bagaimana jika belum punya website usaha? Klik saja “saya tidak butuh situs”.

8. Pilih Menerima Newsletter dari Google Bisnisku atau Tidak

Google Maps menyediakan fitur newsletter bagi siapa saja yang mendaftarkan lokasi usahanya di sana. Jika kamu ingin mendapatkan fitur ini klik “ya” dan sebaliknya apabila tidak mau, pilih opsi “tidak

9. Verifikasi Bisnis

Terakhir, hal yang harus dilakukan dalam cara daftar lokasi usaha di Google Maps adalah melakukan verifikasi. Google harus memverifikasi informasi usaha lebih dulu, Jadi, nanti kamu akan menerima surat dari Google yang isinya kode verifikasi. Kodenya harus dimasukkan sebelum informasi usaha ditampilkan di Google maps.

Surat verifikasi ini dikirimkan ke alamat bisnis yang didaftarkan sebelumnya. Kamu hanya perlu mengetikkan nama penerima pada kolom tersedia. Setelah itu klik “kirim” dan tunggu sampai suratnya sampai. Jika suratnya sudah sampai, ingat segera lakukan verifikasi supaya dapat langsung diproses.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan cara daftar lokasi usaha di Google Maps via Google Bisnisku?

Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps Langsung

Cara daftar lokasi usaha di Google Maps yang kedua adalah bisa langsung via layanan tersebut. Artinya kamu tidak perlu membuat akun Google Bisnisku dulu, sehingga tidak begitu repot. Untuk tahap nya sendiri, silahkan ikuti penjelasannya di bawah ini:

1. Akses Menu Google Maps

Cara daftar lokasi usaha di Google Maps pertama adalah kamu harus membuka layanan google maps seperti biasa. Jika sudah terbuka, silahkan lihat tampilannya. Cari tombol dengan simbol tiga garis yang biasanya berada di pojok kiri atas.

Setelah bisa menemukannya, silahkan klik simbol tersebut. Jika sudah kamu klik, pada umumnya akan terlihat banyak menu-menu yang disediakan oleh Google maps. Untuk selanjutnya perhatikan pembahasan berikutnya.

2. Klik Menu “Add Your Business”

Apabila kamu sudah bisa melihat pilihan menu google maps setelah klik simbol tiga baris tadi, maka cara daftar lokasi usaha di Google Maps selanjutnya silahkan cari opsi “add your business”. Menu ini berguna untuk mendaftarkan lokasi usaha kamu.

3. Masukkan Segala Informasi Terkait Bisnis

Cara daftar lokasi usaha di Google Maps terakhir, kamu hanya perlu memasukkan semua informasi yang berkaitan dengan usaha atau bisnis. Semua tahapannya sama dengan cara daftar lokasi usaha di Google Maps via Google Bisnisku di atas, ya. Jadi, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya dengan baik.

Cara Klaim Lokasi Bisnis Melalui Google Maps

Selain itu, bisa saja lokasi usaha kamu ternyata sudah ada di Google Maps. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena sebelumnya telah didaftarkan oleh seseorang. Saat lokasi usaha telah tercatat di Google, maka yang perlu dilakukan adalah mengklaim usaha tersebut.

Tidak perlu khawatir, karena cara klaim usaha yang lokasinya sudah tercatat di Google maps tergolong mudah sekali. Ikuti saja panduannya di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google maps atau kamu juga dapat langsung akses Google maps melalui browser yang biasa digunakan
  • Pada bilang pencarian, langsung masukkan nama usaha atau bisnis. Muncul beberapa usaha yang punya kemiripan dengan keyword yang dimasukkan tadi. Klik usaha milikimu, pastikan tidak sampai salah
  • Scroll ke bawah lalu pilih “klaim bisnis ini”
  • Login menggunakan akun google bisnis
  • Tinggal ikuti semua langkah-langkah yang telah ditampilkan di layar
  • Untuk klaim lokasi bisnis ini, kamu juga perlu langkah verifikasi seperti daftar biasa. Jadi nanti, Google juga akan mengirimkan surat berisi kode verifikasi ke alamat yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Baca juga: 3 Cara Melihat Foto di Akun Google Yang Sudah Dihapus

Tips  Penjelasan
Buat Akun Google My Business Untuk mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps, buat akun Google My Business. Dengan akun ini, Anda dapat mengelola informasi bisnis Anda, seperti alamat, jam operasional, dan ulasan pelanggan.
Lengkapi Informasi Bisnis Isi semua informasi yang diperlukan, termasuk nama usaha, alamat lengkap, nomor telepon, dan situs web jika ada. Pastikan informasi yang Anda berikan akurat dan relevan agar calon pelanggan dapat menemukan dan menghubungi bisnis Anda dengan mudah.
Tambahkan Foto Berkualitas Unggah foto-foto berkualitas tinggi yang memperlihatkan interior dan eksterior bisnis Anda. Foto-foto ini membantu calon pelanggan mendapatkan gambaran visual tentang lokasi Anda dan dapat meningkatkan daya tarik pada hasil pencarian Google Maps.
Tentukan Kategori Bisnis Pilih kategori bisnis yang paling sesuai dengan jenis usaha Anda. Hal ini membantu Google memahami lebih baik tentang jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan. Gunakan kategori yang spesifik untuk meningkatkan relevansi dalam hasil pencarian.
Verifikasi dan Klaim Bisnis Anda Google My Business sering memerlukan verifikasi bahwa Anda adalah pemilik atau memiliki hak untuk mengelola bisnis yang didaftarkan. Proses verifikasi dapat melibatkan pengiriman kartu pos, panggilan telepon, atau verifikasi melalui email. Ikuti langkah-langkahnya dengan teliti.

Cara Hapus Alamat Lokasi Usaha Di Google Maps

Tadi sudah dijelaskan cara daftar lokasi usaha di Google maps. Namun bagaimana jika kamu tidak bisa mengelola usaha yang sebelumnya sudah terdaftar? Mudah saja, kamu tinggal menghapusnya dari Google maps.

Caranya adalah menghapusnya melalui akun google yang digunakan untuk mengelola profil bisnis. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja panduannya di bawah ini:

  • Buka profil bisnis dengan cara di google pencarian ketik “my business” atau bisa juga dengan mengetik nama bisnis maupun kotamu
  • Setelah ketemu bisnismu, klik menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas
  • Nanti akan muncul beberapa opsi, namun untuk menghapus lokasi bisnis di Google maps, kamu klik opsi “hapus profil bisnis
  • Pilih “lanjutkan” lalu klik “remove
  • Jika sudah, pada umumnya lokasi usaha yang tercatat di Google akan langsung terhapus. Kamu bisa memastikannya dengan cara yang sama seperti di awal tadi. Lokasi usaha tidak akan lagi dapat ditemukan di Google maps.
Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps
Cara Daftar Lokasi Usaha di Google Maps

Itulah cara daftar lokasi usaha di Google maps yang bisa kamu ikuti. Bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis supaya lebih maju, informasi di atas sangat penting untuk kamu ketahui.

Related Post

Tinggalkan komentar