5+ Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank, Simak Ulasannya!

Ainsley

Mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangan menabung di bank? Kamu bisa baca artikel ini sampai selesai, ya.

Soalnya disini akan dijelaskan secara detail kelebihan dan kekurangan menabung di bank yang akan membantu kamu memutuskan apakah menabung di bank menjadi solusi yang tepat atau tidak.

Seperti yang kita tahu, saat ini zaman sudah semakin canggih. Hampir kebanyakan orang sudah mulai menabung di bank, daripada celengan di rumah. Sebab, menabung di bank terbukti aman dan berkesempatan mendapatkan bunga maupun imbal hasil.

Namun, di samping memiliki kelebihan, ternyata menabung di bank juga terdapat kekurangannya, guys.

Nah, supaya kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan menabung di bank, maka bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank?

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank
Sumber: Pexels

Kelebihan dan kekurangan menabung di bank penting untuk diketahui agar kamu dapat memilih jenis produk tabungan secara tepat.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan menabung di bank, yuk langsung saja simak informasinya berikut:

Kelebihan Menabung di Bank

Kelebihan Menabung di Bank
Sumber: Pexels

Penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan menabung di bank pertama akan dijelaskan dari segi kelebihannya terlebih dahulu.

Adapun kelebihan menabung di bank yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

1. Keamanan Terjamin

Keamanan menjadi hal penting yang mesti kamu perhatikan saat ingin menabung. Tentunya, hampir semua bank, baik itu bank negeri maupun swasta sudah memiliki keamanan yang terjamin.

Bahkan, keamanan yang dimiliki bank sudah berlapis, yaitu secara fisik maupun nonfisik.

Untuk menjamin uang yang disimpan nasabah, bank sudah bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Simpanan alias LPS. Jadi, kalau pun terjadi hal-hal buruk menimpa suatu bank, nasabah tetap bisa mengambil uang yang ditabung karena sudah terjamin oleh LPS.

2. Mendapatkan Keuntungan Berupa Bunga dan Bagi Hasil

Kelebihan menabung di bank selanjutnya adalah kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah bunga. Meskipun bunga yang didapatkan tidak seberapa, tetap saja kamu akan mendapatkan untung karena jumlah tabunganmu bisa bertambah dengan signifikan, guys.

Suku bunga setiap bank memang berbeda-beda tergantung ketentuan masing-masing. Namun, semakin besar tabungan yang kamu simpan, maka bunga yang didapatkan pun akan tinggi pula.

Selain itu, jika kamu ingin bersyariah, maka bisa menabung di bank-bank syariah, ya. Nantinya, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil sesuai aturan syariah. Gimana, tetap menguntungkan, ‘kan?

3. Memiliki Kebebasan dalam Bertransaksi

Tak hanya aman dan mendapatkan keuntungan berupa bunga serta bagi hasil, kelebihan menabung di bank selanjutnya adalah kamu berhak memiliki kebebasan dalam bertransaksi.

Saat ini, pihak bank telah memberikan banyak sekali fitur lengkap untuk para nasabahnya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas transaksi lain, selain menyimpan uang, lho.

Misalnya, transaksi transfer, penarikan melalui ATM, SMS Banking, Internet banking dan lainnya. Tentunya, berbagai fitur canggih ini akan memudahkan nasabah dalam bertransaksi selama 24 jam.

4. Praktis dan Simpel

Kelebihan menabung di bank yang bisa kamu dapatkan lainnya adalah lebih praktis serta simpel.

Berbeda dengan menabung di celengan, kamu bisa mengetahui jumlah uang yang kamu simpan di bank melalui buku tabungan. Untuk penyetoran uang sendiri pun sudah tak perlu pergi langsung ke bank.

Cukup gunakan mesin ATM untuk penyetoran atau layanan mobile banking maupun internet banking. Jadi, kamu tidak perlu ngantri lama lagi, deh. Lebih praktis dan simpel, ‘kan?

5. Memiliki Kesempatan Mendapatkan Reward

Mendapatkan Reward dari Menabung
Sumber: Pexels

Kelebihan menabung di bank lainnya adalah memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan reward atau hadiah. Walau tak setiap nasabah mendapatkan reward, tetapi event ini berhasil menarik sebagian besar nasabah yang menyimpan uang mereka di bank, lho.

Biasanya, reward ini diberikan pihak bank dalam bentuk undian, yang mana hadiahnya berupa uang tunai dengan total milyaran rupiah maupun barang elektronik, serta alat transportasi seperti mobil mewah dan sepeda motor.

Tentunya, undian ini bisa kamu dapatkan jika rajin menabung di bank, sehingga uang yang kamu kumpulkan pun lebih besar daripada nasabah lainnya.

6. Mampu Mengelola Keuangan dengan Terencana

Salah satu tujuan dari menabung adalah untuk mengelola keuangan agar lebih terencana serta menyiapkan bekal di masa depan.

Nah, kalau kamu merasa menabung di celengan kurang berdampak atau malah ujung-ujungnya kamu ambil lagi, maka bank bisa menjadi solusi untuk menabung terbaik.

Kamu bisa memilih tabungan berjangka yang telah disediakan oleh hampir semua lembaga perbankan. Pilihlah jangka waktu menabung sesuai dengan kemampuan atau keinginan masing-masing, misalnya selama 3 tahun, 6 tahun 10 tahun bahkan 15 tahun.

Dengan begitu, kamu pun bisa menabung dan mengelola perencanaan keuangan secara baik untuk bekal di masa depan nanti.

7. Menjadi Salah Satu Pilihan Investasi Terbaik

Sebenarnya, ada banyak jenis pilihan investasi yang bisa kamu lakukan, seperti obligasi, deposito, reksadana, saham dan sejenisnya. Namun, kalau kamu belum berpengalaman dan tidak memiliki modal “bersih”, ada baiknya untuk belajar terlebih dulu dan siapkan modal yang benar-benar kamu miliki tanpa mengganggu keuangan sehari-hari, ya.

Pasalnya, investasi memiliki risiko tinggi, sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang.

So, supaya lebih aman, kamu bisa menjadikan tabungan sebagai investasi terbaik. Meskipun keuntungannya lebih kecil, tetapi menabung cukup aman daripada jenis investasi lainnya, guys. Gimana, tertarik untuk mulai menabung di bank?

8. Mudah Diambil Saat Terdesak

Kelebihan dan kekurangan menabung di bank berikutnya yang bisa kamu dapatkan adalah mudai diambil saat terdesak. Tentunya, hal ini hanya bisa dilakukan jika kamu tidak memilih tabungan berjangka, ya.

Dengan berbagai pilihan transaksi, kamu bebas mengambil tabungan yang tersimpan di bank kapan saja. Apalagi jika kamu memiliki kartu ATM, kamu jadi lebih mudah mengambilnya di ATM mana saja.

So, gak perlu bingung lagi saat keadaan lagi terdesak, guys. Cukup ambil dulu tabunganmu itu, ya. Tapi, bagusnya jangan sampai diambil, sih.

Ada baiknya untuk keadaan terdesak, kamu juga sudah menyiapkan sejumlah simpanan uang sebagai dana darurat. Jadi, tabunganmu bisa tetap utuh tanpa perlu diambil, ya.

Buat kamu yang ingin menabung uang dollar, yuk cek 22 Rekomendasi Aplikasi Menabung Dollar Terbaik ini, ya.

Untuk pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan menabung di bank bagian kekurangannya bisa kamu cek informasinya dibawah ini, ya.

Kekurangan Menabung di Bank

Kekurangan Menabung di Bank
Sumber: Pexels

Dari pembahasan kelebihan dan kekurangan menabung di bank, kamu sudah tahu apa saja kelebihannya. Sekarang saatnya mengetahui beberapa kekurangannya karena menabung di bank ternyata gak cuma mendapatkan kelebihan saja, lho.

Berikut beberapa kekurangan menabung di bank yang bisa kamu simak, yaitu:

1. Memiliki Biaya Tertentu

Kekurangan menabung di bank yang pertama adalah terdapat biaya tertentu berupa biaya administrasi yang mesti kamu bayarkan setiap bulannya. Soalnya, menabung di bank sama saja dengan kamu menitipkan uang kepada lembaga terpercaya.

Jadi, hal itu tidaklah gratis dan kamu diwajibkan untuk membayar biaya administrasi yang dipotong dari dana kamu simpan. Tapi tenang guys, biaya administrasi yang mesti kamu bayarkan pun gak besar, kok. Tergantung kepada pihak bank masing-masing serta jenis tabungan atau rekening yang kamu pilih.

2. Bunga dan Imbal Hasil Rendah

Sampai saat ini, belum ada satupun bank yang memberikan bunga tinggi kepada nasabahnya. Rata-rata bunga yang diberikan hanya sebesar 1%, sehingga cukup tidak terasa untuk sebagian nasabah.

Kalau kamu ingin mendapatkan bunga atau imbal hasil yang tinggi, maka bisa coba ikut berinvestasi saham, obligasi, deposito atau reksadana saja. Jenis investasi ini mampu memberikan keuntungan tinggi kepada investornya. Namun, tingkat risiko atau kerugiannya pun jauh lebih besar, sehingga kamu harus benar-benar memahami pasarnya.

Jadi, kalau tidak mau rugi, kamu bisa coba tabungan berjangka saja. Soalnya, jenis tabungan ini berani memberikan bunga hingga 7% dan sudah terjamin keamanannya oleh LPS. Tapi, jika memilih jenis tabungan berjangka, kamu tidak bisa mengambil uang sebebasnya, ya. Sehingga, bagian ini seringkali disebut sebagai perpaduan antara kelebihan dan kekurangan menabung di bank tergantung pandangan nasabahnya sendiri.

3. Jumlah Penarikan Terbatas

Kekurangan menabung di bank lainnya adalah kamu tidak bisa menarik keseluruhan uang yang telah ditabung. Sebab, bank memiliki ketentuan jumlah minimum yang harus tersimpan di dalam rekening alias saldo mengendap. Jumlahnya pun tergantung ketentuan dari pihak bank sendiri, ada yang cuma Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, bahkan Rp 25 ribu.

Selain itu, kalau kamu ingin menarik uang tabungan di ATM, maka akan dikenakan batas penarikan per hari, guys. Misalnya, kamu hanya bisa menarik uang maksimal Rp 6 juta per hari.

4. Tidak Memiliki Jaminan Kehandalan

Walaupun dianggap aman untuk menyimpan uang, tetapi beberapa bank masih belum memiliki jaminan kehandalan.

Apabila bank memiliki masalah keuangan atau bangkrut di kemudian hari, uang yang kamu tabung di bank bisa saja hilang, lho.

Meskipun dianggap aman terhadap risiko dan dilindungi oleh LPS, tetapi jika tabunganmu tidak sesuai kriteria LPS, maka uang yang disimpan tidak bisa diambil nantinya.

Jadi, pastikan untuk tetap berhati-hati dan pilihlah lembaga perbankan yang terpercaya, ya.

5. Tabungan Sulit Berkembang

Menabung di bank tentu saja berbeda dengan berinvestasi. Tabunganmu tidak akan berkembang dengan cepat setiap bulannya, meskipun sudah mendapatkan bunga maupun bagi hasil.

Jika ingin tabungan cepat berkembang, kamu harus konsisten untuk terus menabung sampai nilai nominalnya mencapai ratusan juta. Barulah nanti keuntungan dari bunga maupun bagi hasil akan lebih terasa, guys.

Tips Menabung di Bank

Tips Deskripsi Singkat
Tentukan Tujuan Menetapkan tujuan dapat membantu Anda tetap termotivasi untuk menabung. Tujuan bisa berupa liburan, kendaraan, pendidikan, atau dana darurat.
Pilih Jenis Rekening yang Sesuai Bank menawarkan berbagai jenis rekening dengan bunga dan syarat yang berbeda. Pilih rekening yang paling sesuai dengan tujuan menabung Anda.
Atur Penabungan Otomatis Banyak bank menawarkan fitur penabungan otomatis, di mana sejumlah uang secara otomatis dipindahkan dari rekening giro ke rekening tabungan setiap bulan.
Mulai dari yang Kecil Jika Anda baru mulai menabung, mulailah dengan jumlah kecil yang nyaman untuk Anda. Anda bisa meningkatkan jumlahnya seiring berjalannya waktu.
Konsisten Yang paling penting dalam menabung adalah konsistensi. Cobalah untuk menabung setiap bulan, bahkan jika jumlahnya berubah-ubah.

Tak hanya mengetahui kelebihan dan kekurangan menabung di bank, kamu juga bisa cek Cara Menabung di DANA Tanpa Rekening dan Biaya Admin.

Kesimpulan dari Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank
Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

Dari pembahasan di atas, kini kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan menabung di bank. Tentunya, kelebihan menabung di bank memiliki jumlah yang besar daripada kekurangannya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau ingin mencoba menabung di bank, terutama jika ingin mengambil tabungan berjangka, ya.

Saat ini, perbankan sudah memiliki sistem layanan online, sehingga kamu bisa bertanya-tanya terlebih dahulu secara daring sebelum mulai memutuskan untuk menabung.

Kalau sudah fixs, maka tinggal menentukan jenis produk tabungannya dan menabung, deh. Mudah sekali, ‘kan? Berbekal pengetahuan kelebihan dan kekurangan menabung di bank, sudah pasti kamu bisa menabung secara aman dan tepat, ya.

Itulah informasi seputar kelebihan dan kekurangan menabung di bank yang bisa kamu ketahui. Gimana nih, sudah siap untuk menabung demi masa depan yang cerah, guys?

Related Post

Tinggalkan komentar