5 Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku dengan Mudah

Rohma Dearni

Jika sewaktu-waktu anda mengurungkan niat membeli barang di Akulaku namun terlanjur membayar, lihat dan pahami cara membatalkan pesanan di Akulaku berikut.

Sama halnya dengan platfrom e-commerce yang lain, Akulaku menyediakan fitur pembatalan jika pembeli ingin merubah atau batal membeli barang yang sudah terlanjur dipesan.

Cara membatalkan pesanan di Akulaku juga sangat mudah, asalkan status pada menu pesanan masih sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Akulaku.

Apabila saat ini sobat Mocipay berniat membatalkan pesanan pada produk tertentu, langsung simak saja syarat dan panduan lengkap membatalkan pesanan di Akulaku.

Sekilas Tentang Akulaku

Akulaku
Akulaku

Belakangan ini banyak sekali platform marketplace dan merchand yang menawarkan fitur beli sekarang bayar kemudian kepada penggunannya, salah satunya adalah Akulaku.

Akulaku adalah platform layanan keuangan digital yang berfokus pada pembiayaan konsumen dan kredit. Akulaku memungkinkan pengguna meminjam uang tunai dan paylater cicilan tanpa kartu kredit.

Akulaku PayLater merupakan fitur yang dikembangkan Akulaku untuk menyeimbangkan diri dengan berbagai marketplace yang sudah ada sebelumnya, seperti Shopee dan Lazada.

Platform ini lebih sering digunakan untuk membeli barang elektronik, pakaian dan barang-barang bernilai tinggi karena besarnya limit yang ditawarkan.

Setelah aktivasi pada program Akulaku Paylater pengguna bisa mulai berbelanja dengan tenor cicil yang beragam, hingga 12 bulan. Ada banyak sekali e-commerce yang mendukung pembayaran menggunakan Akulaku PayLater, seperti Lazada, Bukalapak dan Blibli.

Ketentuan Limit Akulaku

Untuk membahas cara membatalkan pesanan di Akulaku tentu anda juga perlu mengetahui limit sebagai modal awal berbelanja. Sama dengan marketplace yang menawarkan paylater lainya, akulaku memungkinkan penggunanya melakukan transaksi melalui perolehan limit dan full price.

Limit kredit untuk pengguna baru berkisar 500 ribu sampai 10 juta rupiah. Pemberian limit kredit ini tidak sama untuk semua pengguna, Akulaku harus melakukan peninjauan ulang melalui skor kredit dan data yang anda masukkan.

Maksud dari kredit skor Akulaku tersebut adalah analisis data yang sudah dikumpulkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika sebelumnya anda menggunakan aplikasi paylater dan pinjaman uang tunai, perilaku dan tanggungjawab anda akan dipertimbangkan.

Sedangkan analisis data yang dilakukan Akulaku merujuk pada kelengkapan data pribadi pengguna. Misalnya pekerjaan dan jumlah penghasilan yang anda terima dalam sebulan.

Setelah anda menerima limit kredit Akulaku, sejumlah itulah yang bisa anda gunakan ketika bertransaksi. Misalnya jumlah barang dan biaya cicil selama periode tertentu sebesar Rp3.000.000, maka anda wajib memiliki limit dengan nominal tersebut untuk membeli barang.

Syarat Membatalkan Pesanan di Akulaku

Syarat membatalkan pesanan Akulaku
Syarat membatalkan pesanan Akulaku

Membahas lanjut cara membatalkan pesanan di Akulaku, perlu anda ketahui tidak semua pelanggan dapat melakukan pembatalan yang mudah. Pembatalan di Akulaku harus berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu:

Syarat Deskripsi Singkat
Pembeli belum melakukan pembayaran dalam jangka waktu 1×24 jam Mungkin anda sudah melakukan order namun belum mengonfirmasi pembayaran pada produk tersebut. Jika benar demikian, pesanan akan dibatalkan otomatis setelah 1×24 jam.
Penjual belum memproses pesanan Cara membatalkan pesanan di Akulaku hanya bisa dilakukan apabila penjual belum memproses pesanan tersebut. Ini mungkin bisa anda lakukan jika toko belum memproses pesanan dalam waktu yang cukup lama, sehingga pengajuan pembatalan dapat dilakukan.
Kesalahan dalam membeli produk Membatalkan pesanan di Akulaku bisa diterima jika alasan yang anda berikan masuk akal. Kesalahan memilih ukuran dan variasi warna dapat diajukan agar dibatalkan, asalkan pembatalan dilakukan pada hari yang sama atau tidak lama setelah pembelian.
Ukuran dan variasi warna kosong Terkadang vasiasi warna dan ukuran tidak tersedia (kosong), tetapi belum diperbaharui seller pada menu pembelian. Biasanya penjual akan menghubungi anda agar membatalkan pesanan di aplikasi.
Penjual belum mengatur pengirimannya Cara membatalkan pesanan di Akulaku dapat anda lakukan jika penjual tidak kunjung mengatur pengiriman. Lakukan pembatalan atau hubungi Akulaku agar segera ditinjau.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Cara membatalkan pesanan di Akulaku perlu diketahui semua penggunanya, terlebih jika ada kesalahan pemesanan, menemukan produk harga yang lebih rendah atau kehilangan minat berbelanja di lapak karena seller menunda pengiriman.

Pada dasarnya membatalkan pesanan di Akulaku sedikit beresiko sebab layanan PayLater tersebut. Pengguna memang harus was-was pada berbagai hal yang mungkin terjadi, seperti pembatalan pesanan namun limit tidak kunjung dikembalikan.

Oleh karena itu, sebelum mencoba cara membatalkan pesanan di Akulaku anda wajib memperhatikan status pesanan dan pembayaran sesuai syarat yang kami sebutkan.Apabila sudah sesuai, anda berpeluang membatalkan pesanan.

1. Pembatalan Pesanan yang Belum Dibayar

Cara membatalkan pesanan di Akulaku yang belum dibayar
Cara membatalkan pesanan di Akulaku yang belum dibayar

Cara membatalkan pesanan di Akulaku bisa dilakukan jika anda belum membayar pesanan. Seperti yang Mocipay sebutkan, pesanan dibatalkan otomatis jika pelanggan tak kunjung membayar pembelian berdasarkan waktu yang tertera di aplikasi.

Alih-alih menunggu pesanan dibatalkan otomatis, anda bisa melakukanya sendiri!. Berikut tahapan-tahapan membatalkan pesanan di Akulaku yang belum dibayar:

  • Buka aplikasi Akulaku
  • Lakukan login menggunakan nomor handphone dan kata sandi anda
  • Masuk kedalam akun pengguna, temukan opsi akan dibayar pada menu pesanan saya
  • Jika sudah masuk kedalam daftar barang yang belum dibeli, klik titik tiga yang sejajar dengan opsi ubah alamat dan bayar sekarang untuk memunculkan opsi batalkan pesanan
  • Masukkan alasan membatalkan pesanan lalu konfirmasi
  • Pesananmu otomatis dibatalkan

2. Pembatalan Pesanan yang Sudah Dibayar

Apakah bisa membatalkan pesanan Akulaku yang sudah dibayar? Jika iya, bagaimana caranya? mungkin hal ini terdengar mustahil bagi anda yang sudah terlanjur mengonfirmasi pembayaran pada produk tertentu.

Ternyata cara membatalkan pesanan di Akulaku barang yang sudah dibayar bisa dilakukan ya sobat. Hanya saja pembatalan pesanan ini merujuk pada proses refund yang dilakukan sebagian besar penikmat belanja online.

Jadi, refund merupakan proses pengembalian uang kepada pelanggan atas pembayaran yang sebelumnya dilakukan. Refund dilakukan karena konsumen tidak puas pada barang ataupun pelayanan sebuah lapak sesuai dengan estimasi dan kebijakan sebuah platfrom.

Biasanya opsi refund tersedia jika barang sudah diterima dan dikonfirmasi. Proses refund Akulaku juga harus berdasarkan alasan yang masuk akal, sesuai alasan yang kami sebutkan. Berikut cara membatalkan pesanan di Akulaku menggunakan metode refund:

  • Buka aplikasi akulaku yang anda miliki
  • Buka akun lalu masuk kedalam menu pesanan saya lalu pilih menu siap dikirim
  • Pilih barang yang ingin dibatalkan, lalu klik detail untuk melihat informasi barang
  • Ajukan refund dengan memilih jenis pengembalian dana lalu pilih “hanya refund” lalu pilih alasan ingin membatalkan pesanan
  • Setelah klik submit maka seller akan memberikan reaksi baik menolak ataupun menyetujui pengembalian dana tersebut
  • Jika seller menyetujui pengajuan anda, dana atau limit akan dikembalikan.

Alternatif Lain Membatalkan Pesanan di Akulaku

Selain kedua cara membatalkan pesanan di Akulaku diatas, anda masih bisa mencoba alternatif lain agar pesanan segera dibatalkan toko ataupun pihak Akulaku.

Beberapa seller enggan melakukan refund jika alasan pembatalan tidak masuk akal dan memang tidak ada kesalahan dari lapak selaku penjual. Karena itu, lakukan alternatif lain berdasarkan syarat pembatalan yang Mocipay jabarkan diatas.

  • Membatalkan Pesanan via Chat ke Penjual

Membatalkan pesanan via Chat
Membatalkan pesanan via Chat

Alternatif lain membatalkan pesanan di Akulaku yaitu menghubungi penjual via chat. Dengan menghubungi penjual sobat dapat merundingkan terkait produk dan alasan pembatalan pesanan yang lain.

Biasanya jika alasan yang diberikan masuk akal, penjual pasti setuju menunda pengiriman atau menarik kembali barang yang ada di perjalanan.

Bicarakan pada penjual terkait pengembalian dana dan usahakan mereka tidak merasa dirugikan. Hal ini penting agar penjual setuju dan mengembalikan dana ataupun limit transaksi anda.

Bacaan menarik untuk anda 8 Cara Mendapatkan Barang Gratis Di Akulaku

  • Menghubungi Seller via Aplikasi

Selain chat langsung, anda bisa menghubungi seller melalui aplikasi. Ini alternatif terbaik mengatasi pengiriman lama atau barang yang diterima tidak sesuai deskripsi dan gambar.

Pada menu akun temukan pesanan saya, klik hubungi di nama toko yang ada disebelahnya. Melalui menu ini ajukan refund berdasarkan alasan yang masuk akal. Jika penjual setuju, mereka segera memproses pengembalian dana.

  • Menghubungi Customer Service Akulaku

Customer Service Akulaku
Customer Service Akulaku

Menghubungi cutomer service bisa dikatakan salah satu cara membatalkan pesanan di Akulaku. Sebelum mengajukan permohonan membatalkan pesanan kepada pihak Akulaku pastikan alasan anda masuk akal.

Akulaku hanya memperbolehkan pengguna membatalkan pesanan karena kesalahan dari pelapak dan berdasarkan aturan yang berlaku. Misalnya barang harus dikirim dalam 3 hari, namun penjual tidak bertanggung jawab dan menunda pengiriman maka Akulaku berhak mengambil tindakan.

Batal membeli karena alasan yang tidak masuk akal seperti kesalahan memilih ukuran dan warna tidak akan ditanggapi Akulaku. Masalah ini bisa anda selesaikan dengan penjual tanpa melibatkan platform itu sendiri ya.

Berikut daftar customer service dan pengajuan lain Akulaku yang bisa anda hubungi:

  1. Menghubungi CS Livechat Akulaku: Buka aplikasi Akulaku > akun > CS Livechat
  2. Call center Akulaku 1500 920
  3. Chat via whatsapp 0811-1912-0548
  4. Email: cs.id@akulaku.com
  5. Facebook: Akulaku Indonesia
  6. Instagram: akulaku_id
  7. Twitter: akulakuID
  8. TikTok : akulakuid

Berapa Lama Proses Refund di Akulaku?

Proses refund Akulaku
Proses refund Akulaku

Berapa lama proses refund merupakan informasi yang akan digali pengguna ketika sudah melakukan cara membatalkan pesanan di Akulaku. Perlu dipahami bahwa refund dapat diproses bila status pesanan pada aplikasi sudah sukses terbatalkan.

Setelah prosuk terbatalkan, pengembalian akan diproses dalam estimasi 2 hari kerja. Pengembalian dana otomatis masuk pada saldo aplikasi akulaku anda.

Jika pembayaran menggunakan kartu kredit, Akulaku dan penjual akan memproses pengembalian dana dengan estimasi waktu 14 hari kerja. Jika dana belum diterima melebihi estimasi waktu, silahkan hubungi call center Akulaku di nomor 1500 920 atau layanan live chat di aplikasi.

Untuk melihat saldo sudah diterima melalui proses refund sangat mudah, jika sudah terbatalkan maka status pesanan dilengkapi keterangan “Telah di Refund“. Silahkan masuk ke menu keuangan lalu temukan saldo anda.

Akhir Kata

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku
Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Cara membatalkan pesanan di Akulaku cukup mudah bukan? meski begitu, anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku supaya refund segera di proses.

Pastikan anda menggunakan alasan yang tepat dan masuk akal jika ingin terlibat negoisasi dengan penjual dahulu ya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat, terima kasih sudah membaca hingga akhir.

Related Post

Tinggalkan komentar