8 Cara Menyalakan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Ristauli Sianturi

Kamu pernah melihat tombol power samsung tidak berfungsi?  Jadi ingin tau cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power? Sangat banyak cara untuk menyalakan tombol power yang sebenarnya sangat simple yang dapat kita lakukan.

Jadi kalau mengalami hal yang sama yaitu tombol power mati. Jadi bisa menggunakan cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power dibawah ini ya. Namun jika tetap tidak bisa dengan cara dibawah ini silahkan bawa ke konter terdekat.

Lihat Juga: 10 HP Gaming 2 Jutaan RAM 8GB Terbaik 2023

Apa Penyebab Tombol Power Samsung Rusak?

Penyebab tombol power pada HP Samsung rusak biasanya karena tombol sering ditekan terlalu keras. Selain itu masa pemakaian yang sudah lama juga bisa membuat karet didalam tombol power sudah tidak fleksibel lagi. Hal itu membuat tombol power menjadi tidak berfungsi.

Apa Tombol Power Rusak Bisa Diperbaiki?

Tentu saja bisa. Jika Anda tidak ahli dibidang ini, sebaiknya jangan mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Anda bisa membawah HP Samsung Anda ke service center resmi dari Samsung. Anda juga bisa membawa HP Anda ke tempat service non resmi yang Anda percayai.

Cara Menyalakan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Berikut cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power yang tentunya sangat simple untuk dilakukan tanpa bantuan orang lain. Karena cara dibawah ini sudah biasa kita lakukan namun tidak sadar itu sangat berfungsi.

1. Menggunakan Sensor Biometrik

Setiap smartphone Android keluaran terbaru biasanya memiliki sensor biometrik untuk membuka kunci HP. Jika memang kendala terjadi pada tombol power, bisa menggunakan sensor tersebut untuk menyalakan HP Samsung. HP Android rilisan terbaru, mulai dari segmen entry level hingga flagship.

Saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan sensor biometrik. Salah satu yang paling umum ditemui adalah sensor fingerprint alias sidik jari.Selain itu ada fitur biometrik lain, seperti face unlock hingga irish scanner yang juga pernah digunakan.

 

cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power
sensor biometrik samsung – Sumber: Pixel

 

sensor biometrik samsung 2
sensor biometrik samsung- Sumber: Canvas.

 

2. Melepas dan Memasang Kembali Baterai

Bingung bagaimana cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol powerr? Mudah saja, kamu hanya perlu melepas dan memasangkan kembali baterai agar ponsel kembali hidup. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada smartphone Samsung yang masih menggunakan baterai biasa.

Karena samasung ini memiliki ketahanan yang sangat bagus jadi tidak heran yang keluaran lama yang masih memakai baterai tanam masih banyak dipakai orang. Namun jika sudah menggunakan produk HP Samsung dengan baterai tanam, cara ini tentu tidak bisa dilakukan.

3. Menggunakan SIM Card Ejector

Opsi lain cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power adalah dengan menggunakan SIM Card Ejector. Biasanya, smartphone Android ketika melepas kartu SIM dari HP akan membuat ponsel menyala. Gunakan SIM Card Ejector untuk melepas kartu SIM sampai ponsel menyala. Usahakan untuk melakukan hal penting pada ponsel sebelum Pins membawanya ke tempat servis.

cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power dalam keadaan mati yang berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan SIM ejecktor. Saat Anda membeli HP Samsung baru, tentu Anda akan mendapatkan alat SIM ejecktor yang berfungsi untuk mengeluarkan tempat SIM card dari body HP Samsung.

Alat berukuran kecil ini dapat membantu Anda menyalakan HP Samsung ketika tombol power rusak. Jika tidak ada SIM ejector, maka Anda bisa menggunakan alat lain seperti peniti atau jarum yang bisa digunakan untuk menusuk lubang agar dudukan SIM card keluar.

Jika alat yang dimaksud sudah tersedia, maka langsung saja Anda tusukkan ke lubang SIM card. Ketika dudukan SIM card keluar, maka otomatis layar HP Samsung akan hidup dan menyala. Nah sekarang Anda bisa mengoperasikan HP Samsung tanpa harus menghidupkannya melalui tombol power.

cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power
sim card samsung-Sumber: Canvas

 

4. Colokkan Charger

Mencolokkan charger ke HP Samsung ternyata bisa cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power membuat ponsel menyala tanpa menggunakan tombol power. Cobalah untuk menghubungkan charger dengan HP sampai akhirnya HP menyala dan dapat mengoperasikan kembali HP.

5. Menggunakan Double Tap Screen

Smartphone Samsung keluaran terbaru biasanya memiliki fitur yang lebih canggih, bahkan bisa menyalakan layar HP hanya dengan double tap screen. cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power bisa dengan menekan layar sebanyak 2 kali. Nantinya, layar akan segera menyala dan muncul lock screen.

Dalam kondisi ini handphone tidak sepenuhnya mati melainkan hanya meredupkan layar namun tetap dalam kondisi aktif. Oleh sebab itu Anda dapat menggunakan kan cara menghidupkan HP tanpa tombol power,

Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  1. Pastikan ponsel Anda sudah terintegrasi dengan fitur Double Tap
  2. Jika belum di setting, maka masuk ke pengaturan dulu
  3. Selain itu pastikan pula kondisi off hanya pada layar
  4. Ketuk Double Tap atau dua kali pada layar
  5. Kemudian ponsel pun menyala
  6. Buka kunci dengan kata sandi diperlukan
  7. Operasikan ponsel sebagaimana mestinya
  8. Jika layar off kembali, nyalakan dengan cara di atas
  9. Selesai

6. Menggunakan Tombol Home + Volume + Charger

Untuk cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power, kamu bisa menekan tombol home, volume, dan menghubungkan charger. Biasanya, dengan cara ini HP akan segera menyala dan kamu bisa mengaktifkannya kembali. Sebenarnya, tanpa menggunakan kombinasi tombol tersebut.

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang harus menemukan cara lain untuk melakukan penghidupan ponsel. Misalnya karena tombol power yang sudah rusak sehingga tidak merespon perintah.

Oleh sebab itu Anda dapat memanfaatkan tombol home, volume dan charger sebagai berikut.

  1. Siapkan Charger Original dari handphone Samsung Anda
  2. Posisi jemari pada bagian Tombol Home dan Volume
  3. Kemudian colokan charger HP
  4. Lalu handphone akan menyala dengan normal
  5. Tunggu sejenak hingga ponsel menampilkan layar beranda
  6. Gunakan ponsel sebagaimana mestinya
  7. Jika ponsel mati lakukan penghidupan dengan cara tersebut
  8. Selesai.

7. Memakai Aplikasi

Anda segera menginstal aplikasi ini. Dengan begitu, ketika HP Samsung Anda mati total, Anda bisa mengugnakan fungsi dari aplikasi ini untuk menghidupkan HP tanpa perlu menekan tombol power yang masih rusak. Penasaran kan? Simak caranya dibawah ini.

  • Download aplikasi khusus lewat Play Store
  • Instal aplikasi tersebut
  • Pastikan aplikasi sudah terpasang
  • Buka aplikasi tersebut
  • Aktifkan aplikasi
  • Selesai

Setelah Anda memasang aplikasi tersebut, mungkin tidak perlu diaktifkan lagi. Cukup pasang aplikasinya maka secara otomatis aplikasi akan aktif. Namun Anda bisa mencoba membuka aplikasinya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda tidak perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Nah ketika HP Samsung Anda mati, Anda tetap dapat menghidupkannya kembali tanpa menggunakan tombol power. Asalkan aplikasi ini sudah terpasang, maka Anda cukup melakukan tap 2x atau double tap pada layar HP Anda. Maka secara otomatis HP Samsung akan menyala. Namun pastikan baterai HP masih cukup ya.

8. Tekan Bagian Dalam Tombol Power Menggunakan Benda Lain

Jika cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power diatas belum berhasil. Kamu bisa menggunakan benda lain untuk melakukannya, seperti menggunakan tusuk gigi atau SIM Card Ejector. Biasanya, jika kerusakan hanya terjadi pada bagian luar tombol power saja, cara ini akan berfungsi dengan baik.

Namun, jika kerusakan memang karena tombol tersebut sudah benar-benar rusak, sebaiknya  membawanya ke tempat servis.

Tips Agar Tombol Power Tidak Cepat Rusak

Tips  Keterangan
Tekan dengan Lembut Tekan tombol power dengan lembut dan tidak terlalu keras. Jangan memaksa jika terasa sulit ditekan.
Hindari Tekanan Berlebihan Hindari memberikan tekanan atau beban berlebihan pada tombol power, seperti menekan terlalu kuat.
Jangan Gunakan Benda Tajam Jangan menggunakan benda tajam atau keras untuk menekan tombol power, karena dapat merusaknya.
Bersihkan Secara Teratur Bersihkan area sekitar tombol power secara teratur untuk menghindari kotoran yang dapat mengganggu fungsi tombol.
Hindari Kontak dengan Cairan Jauhkan tombol power dari kontak dengan cairan, seperti air atau minuman, yang dapat merusak komponen internal.
Jaga Perangkat dalam Kondisi Baik Pastikan perangkat Anda dalam kondisi baik secara keseluruhan, karena kerusakan umum dapat memengaruhi tombol power.

Kesimpulan 

Cara Menyalakan Hp Samsung Tanpa Tombol Power
Cara Menyalakan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Begitulah beberapa cara menyalakan Hp samsung tanpa tombol power yang dapat kita aplikasi kan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun ingat jika cara diatas pun tetap tidak berhasil segera antar ketempat servis terdekat.

Related Post

Tinggalkan komentar