5 Cara Mengatasi HP Vivo Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Ristauli Sianturi

Kamu memakai Hp vivo? Terus pernah saat memakai hp namun tiba tiba hp mati hidup sendiri? Disini akan kita bahas cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri baterai tanam. Karena sudah sangat banyak kasus juga terjadi.

Hp vivo juga tergolong ke handphone yang tidak mahal jadi karena tidak tau cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri akhirnya membeli lagi yang baru dan tidak memperbaiki.

Karena minim nya informasi cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri sehingga kita langsung bawa ke konter dan memberikan harga yang mahal. Karena beda harga servis dan beli baru beda sedikit sehingga orang memilih untuk beli baru .

Lihat Juga: 6 Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO

Cara Mengatasi Hp Vivo Mati Hidup Sendiri

Biasanya kasus hp vivo tiba tiba mati hidup sendiri karena hp yang terlalu penuh atau dengan kata lain memori yang sudah tidak memadai dan terus dipaksa dan akhirnya hanphone menjadi eror.

Berikut kita jelaskan beberapa cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri yang dapat kita lakukan pertama kali saat terjadi dan jika belum berhasil terakhir baru memilih untuk mengantar ke konter.

 

cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri
cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri-Sumber: Instagram fatimah

1. Matikan Telepon Beberapa Saat

Tindakan pertama cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri dengan mengistirahatkan ponsel beberapa saat agar penyebab HP Vivo restart sendiri dapat teratasi. Dengan mematikan telepon.
Cache yang menyebabkan masalah ini muncul bisa terhapus. Begini caranya:
  • Tekan tombol daya dan klik ‘Turn Off’ untuk mematikan telepon.
  • Biarkan ponsel mati beberapa menit. Apabila bodi ponsel panas, setidaknya biarkan ponsel hingga dingin.
  • Setelah itu, hidupkan ponsel kembali.
  • Selesai.

2. Lakukan Diagnosis Masalah di Mode Aman

Kedua cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri bisa disebabkan aplikasi pihak ketiga yang mengganggu kinerja HP. Kamu bisa melakukan diagnosis apakah benar aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah atau karena hal lainnya.
Berikut ini cara masuk ke mode aman HP Vivo:
  • Matikan telepon dan diamkan sejenak.
  • Tekan tombol daya dan biarkan HP menyala. Ketika HP Vivo menampilkan logo di layar, tekan tombol volume turun dan tahan. Lalu ponsel akan langsung masuk ke mode aman.
  • Setelah masuk ke mode aman, perhatikan apakah terjadi masalah atau tidak.
  • Jika masalah restart sendiri tidak muncul di mode aman, artinya penyebabnya adalah aplikasi pihak ketiga karena mode aman menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga.
  • Selesai.

3. Force Stop Aplikasi

Cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri yaitu dengan Force stop aplikasi adalah menghentikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan di HP. Kamu bisa melakukan cara ini pada aplikasi yang dicurigai sebagai penyebab HP Vivo restart sendiri. Begini caranya:
  • Cari aplikasi yang dicurgai menjadi penyebab HP Vivo restart sendiri.
  • Buka pengaturan aplikasi tersebut dan tekan ‘Force Stop’.
  • Selesai.

4. Uninstall Aplikasi

Metode terakhir adalah mencopot pemasangan aplikasi yang dicurigai sebagai penyebab HP Vivo restart sendiri. Tekan dan tahan beberapa detik aplikasi dan kemudian klik ‘Uninstall’. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi hilang di menu utama.

5. Bawa HP ke Tempat Service

Solusi terakhir untuk cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati adalah membawa ke tempat servis. Kamu bisa mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi penyebab HP sering mati sendiri. Namun, usahakan untuk membawanya ke tempat service center ya untuk cara terakhir.

Cara Mencegah Agar Hp Vivo Tidak Mati Hidup Sendiri

Setelah kita bahas cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri. Kita akan bahas cara mencegah agar tidak terjadi kejadian hp vivo tidak mati hidup sendiri atau dengan kata lain kena restart sendiri.

 

cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri
cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri-Sumber: Twitter

1. Diamkan HP Jika Overheat

Jika merasakan suhu HP yang tiba-tiba panas? Kondisi overheat ini bisa mengakibatkan kerusakan pada software dan hardware HP . Ketika dalam keadaan overheat, kamu bisa mensiasatinya dengan mendiamkan ponsel tersebut dan tidak menggunakannya

Sama sekali untuk beberapa saat. Cobalah untuk menutup semua program yang berjalan agar prosesor atau dapur pacu HP tidak terlalu berat dan panas. Umumnya, suhu normal HP ketika digunakan adalah 40 derajat celcius.

2. Gunakan Mode Hemat Daya

bisa jadi karena perangkat bekerja terlalu keras dan mengalami overheat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan mode hemat daya. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk menggunakan daya pada ponsel .

Dengan jumlah yang lebih sedikit. Hal itu membuat HP tidak bekerja terlalu keras dan suhunya bisa lebih mudah disesuaikan. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kecerahan pada layar.

3. Gunakan Charger yang Original

Solusi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan charger original. Meskipun harga casan HP yang ori lebih mahal, ternyata hal ini bisa mempengaruhi kondisi HP.

Menggunakan charger secara asal-asalan dapat merusak baterai dan prosesornya. Usahakan untuk menggunakan casan dengan ukuran KWH yang sesuai agar hp tetap awet.

4. Bersihkan Cache dan Sampah

File sampah dan cache bisa menjadi penyebab HP mengalami masalah pada prosesor. Jika Pins masih bingung bagaimana cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati, bisa mencoba untuk membersihkan sampahdi ponsel.

Umumnya, HP akan menyimpan beberapa file yang sudah tidak digunakan dan itu akan memberatkan kinerjanya. Parahnya lagi, jika dibiarkan HP akan terus menerus mengalami masalah mati dengan sendirinya.

5. Kurangi Penyimpanan

RAM atau penyimpanan yang overload akan membuat smartphone mengalami hang atau tiba-tiba tidak bisa dioperasikan. Cara mengatasi HP mati sendiri karena memori yang penuh, bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah penyimpanan.

Kamu bisa menghapus file, media, atau dokumen yang tidak penting lainnya.

6. Update Sistem Android

Sistem Android pada smartphone merupakan komponen yang memiliki peranan penting. Saat HP mengalami freeze atau mati secara tiba-tiba, bisa jadi terdapat kendala pada sistem Androidnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan update sistem Android pada HP agar dapat berjalan normal kembali. Metode pertama adalah memutakhirkan sistem operasi. Hal ini karena sistem operasi yang kedaluwarsa

Bisa menimbulkan berbagai masalah pada ponsel, termasuk HP yang mati hidup sendiri. Di bawah ini adalah cara memperbarui sistem operasi pada HP Vivo:

  • Buka pengaturan pada ponsel dengan mengetuk aplikasi berlogo gigi roda.
  • Ketuk ‘Update Sistem Operasi’ yang berhasil ditemukan di pengaturan ponsel.
  • Apabila ada pembaruan tersedia, klik ‘Download and Install’.
  • Tunggu hingga pemutakhirkan selesai dilakukan yang ditunjukkan dengan ponsel berada di menu utama.
  • Selesai.

Tips Merawat HP  Vivo Agar Tidak Mati Hidup Sendiri

Tips Deskripsi
Perbarui Perangkat Lunak Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi.
Hindari Aplikasi yang Tidak Dikenal Hanya instal aplikasi dari sumber terpercaya.
Hemat Penggunaan Aplikasi Berat Hindari penggunaan berlebihan aplikasi berat.
Jaga Suhu HP Lindungi dari panas berlebihan dan sinar matahari langsung.
Matikan dan Restart Secara Berkala Rutin matikan dan hidupkan ulang ponsel.
Perawatan Baterai Hindari pengisian berlebihan dan penggunaan hingga habis.
Hapus Cache dan Data Bersihkan cache dan data yang tidak perlu.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Hp Vivo Mati Hidup Sendiri
Cara Mengatasi Hp Vivo Mati Hidup Sendiri

Begitulah cara mengatasi hp vivo mati hidup sendiri jadi kalau terjadi hal tersebut kita bisa menggunakan cara diatas terlebih dahulu jangan langsung membawa ke tempat service. Diatas juga sudah dijelaskan bagaimana cara mencegah agar kita tidak mengalami mati hidup pada hp kita.

Related Post

Tinggalkan komentar