7 Cara Mengatasi Kuota Malam Smartfren Tidak Bisa Dipakai

Evi Winda Simamora

Cara mengatasi Kuota malam Smartfren tidak bisa dipakai sebenarnya mudah saja namun sering sekali para pengguna Smartfren kebingungan karena kuota malam Smartfren tidak bisa dipakai dengan tiba-tiba sehingga menyebabkan kekesalan tersendiri karena mereka tidak tahu apa sebabnya. Para pengguna setia Smartfren tentunya sudah tidak asing lagi dengan Kuota Malam Smartfren, bukan? Untuk beberapa pengguna kuota malam smartfren sangat penting apalagi mereka yang sering begadang memang sangat cocok menggunakan kuota malam tersebut baik itu untuk bermain game, menonton atau hal lainnya dari smartphone mereka.

Bagi pengguna Smartfren yang membutuhkan kuota besar, dapat mencoba paket malam yang disediakan oleh Smartfren. Pasalnya, jenis kuota ini hanya dapat digunakan pada jam-jam tertentu sesuai dengan namanya. Namun siapa sangka jika kendala kuota malam Smartfren tidak bisa dipakai sering sekali terjadi, lalu bagaimana cara mengatasi Kuota malam Smartfren tidak bisa dipakai? Jika kamu merupakan pengguna smartfren tentunya artikel kali ini sangat cocok buat kamu untuk tahu cara mengatasi kuota malam smartfren tidak bisa dipakai, simak penjelasannya.

Apa Itu Smartfren?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi kuota malam smartfren tidak bisa dipakai, sebaiknya kamu memahami dulu apa itu Smartfren karena banyak pengguna yang hanya menggunakannya tanpa mengetahuinya pokonya bagi mereka intinya bisa dipakai dan tentunya itu sebuah kartu. Namun nyatanya seharusnya tidak seperti itu, jika kita memggunakan sesuatu maka kita harus memahami terlebih dahulu apa dan bagaimana benda itu, penggunaan dan kegunaannya bagaimana dan lainnya.

Kuota Malam Smartfren Tidak Bisa Dipakai
Kuota Malam Smartfren Tidak Bisa Dipakai

Smartfren adalah sebuah kartu jaringan selular yang sebenarnya sudah umum digunakan, sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Smartfren menyediakan berbagai jenis layanan, mulai dari telepon, SMS hingga Internet. Layanan tersebut tersedia dalam berbagai pilihan paket dengan harga terjangkau. Smartfren juga menyediakan beberapa paket Internet dengan bonus kuota malam yang dapat diakses pada jam-jam tertentu. Tak mengherankan, jika provider yang didirikan pada 2002 ini dikenal sebagai layanan telekomunikasi termurah di Indonesia.

Kuota Smartfren

Kuota smartfren adalah paket internet dengan berbagai macam tipe produk smartfren. Tipe atau jenis kuota smartfren bermacam-macam seperti Kuota  24jam, kuota unlimited harian, dan kuota unlimited nonstop, kuota malam. Berikut penjelasannya:

Kuota 24jam

Kuota 24jam adalah paket internet yang dimana kamu bisa menggunakan sepuasnya seharian tanpa batas pemakaian harian. Biasanya kuota 24jam terbagi atas 2 yaitu kuota lokal dan kuota utama. Kuota Lokal adalah paket internet yang hanya bisa kamu gunan didaerah dimana kamu mengaktifkan kartu smartfren tersebut, dan Kuota Utama adalah paket internet yang bisa kamu gunakan dimana pun kamu berada jika jaringan smartfren kamu lancar.

Kuota Unlimited Harian

Kuota Unlimited harian adalah paket internet yang bisa kamu gunakan sepuasnya setiap harinya tanpa batas pemakaian dan tanpa batas waktu alias 24jam. Biasanya dikartu lain jika kuota sudah habis maka pulsa akan otomatis  terpotong atau tersedot bukan? Nah, berbeda dengan smartfren, jika kuota unlimited harian kamu sudah habis maka otomatis internet akan berhenti tanpa memotong atau menyedot pulsa yang ada di kartu smartfren kamu. Kuota Unlimited Harian ini tentunya bervariasi dari segi jumlah kuota yang didapatkan (sesuaikan dengan pembelian dan kebutuhan kamu per harinya).

Kuota Unlimited Nonstop

Kuota unlimited nonstop adalah paket internet yang tanpa batas artinya kamu tetap bisa akses aplikasi yang kamu pilih walaupun kuotanya sudah habis tanpa menyedot sisa pulsa kamu selama berlaku paket.

Kuota Malam

Kuota malam adalah paket internet yang hanya bisa kamu gunakan dijam-jam tertentu. Kuota malam adalah tambahan kuota yang diberikan dan dapat digunakan untuk akses internet di semua aplikasi mulai pukul 01.00 – 04.59 WIB selama masa berlaku paket.

Cara Mengatasi Kuota Malam Smartfren Tidak Bisa Dipakai

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kuota malam smartfren tidak bisa dipakai, mari simak penjelasannya:

Pastikan Pulsa Masih Ada

Kuota internet biasanya akan tidak bisa digunakan jika pulsa kamu tidak ada, begitu juga dengan kuota malam smartfren tidak akan bisa digunakan jika pulsa kamu Rp.0 karena setiknya kamu harus mempunyai pulsa minimal Rp. 1.000 agar bisa menggunakan sisa kuota smartfren kamu. Jadi selalu pastikan pulsa kamu ada agar bisa menggunakannya.

Cek Pulsa Smartfren

Caranya:

  • Buka Dial USSD di HP kamu
  • Ketik *999#
  • Maka sisa pulsa akan muncul dilayar HP kamu

Pastikan Jaringan tidak menghilang/gangguan

Kuota malam smartfren tidak bisa dipakai juga bisa dipengaruhi oleh rusaknya jaringan atau lebih tepatnya sinyal gangguan, jadi kamu harus ekstra teliti terharap jaringan smartfren didaerah kamu

Jaringan Internet

Jika jaringan kamu tiba-tiba menghilang, kamu bisa coba matikan data selular kemudian hidupkan kembali. Jika belum berhasil coba nonaktifkan HP kamu sesaat dan aktifkan kembali.

Pastikan Jam Kuota Malam Smartfren Sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kuota malam hanya berlaku dijam 01.00-04.59 Wib, jadi pastikan kamu mengaksesnya dijam tersebut, jika kamu akses diluar jam yang sudah ditentukan maka sudah jelas kuota tersebut tidak akan berfungsi dan tidak akan bisa digunakan.

Jam Kuota Malam Smartfren

Ganti Jaringan ke 4G

Smartfren memiliki dua jenis jaringan. Yaitu CDMA dan 4G LTE. Saat ini CDMA sudah jarang ditemukan, dan yang umum adalah 4G. Karena itu, kamu disarankan untuk mengganti dan mengunci jaringan di 4G. Supaya sinyal tidak berubah ke mode lain, misalnya 3G yang membuat kuota malam kamu tidak bisa digunakan.

Pengaturan jaringan Selular

Caranya:

  • Buka pengaturan di HP kamu
  • Pilih jaringan selular
  • Kemudian pilih Mode Jaringan
  • Lalu pilih 4G
  • Kamu bisa mengganti secara acak sampai kuota bisa terpakai jika masih ada sisa

ON/OFF Mode Pesawat

Aktifkan mode pesawat. Pengguna bisa mengaktifkan mode ini saat pukul 12.55 dini hari atau lebih tepatnya sebelum pergantian hari dan tanggal. Selanjutnya, nonaktifkan mode pesawat dan tunggu hingga pukul 1.00 tiba. Saat jam telah menunjukkan pukul 1.00 dini hari atau lebih, aktifkan kembali mode pesawat. Setelah itu, kamu bisa menghidupkan kembali data seluler. Hasilnya, kuota utama tak terpotong. Sebab, kuota malam berhasil digunakan.

On/Off Mode Pesawat

Caranya:

Kamu tinggal buka ikon mode pesawat di Hp kamu dan klik untuk mengaktifkan dan klik kembali jika ingin menonaktifkan mode pesawatnya. Cara ini biasanya berfungsi untuk merefresh jaringan selular kamu sehingga tidak menutup kemungkinan jika cara ini juga digunakan saat jaringan tiba-tiba hilang.

Ganti APN Smartfren Yang Kamu Gunakan

Cara berikutnya adalah dengan mengganti APN Smartfren, APN ini berfungsi salah satunya untuk menstabilkan koneksi internet. Ketika paket kuota malam Smartfren kamu tidak jalan, kamu dapat coba mengubah APN Smartfren dari bawaan ke yang lain.

Pengaturan APN

Caranya:

  • Buka pengaturan di HP kamu
  • Pilih jaringan selular
  • Kemudian pilih APN
  • Kamu bisa memilih APN yang tersedia sebelumnya atau kamu bisa menambahkan yang terbaru

Pastikan Kuota Malam Smartfren Kamu Masih Aktif (Tidak Kadaluarsa)

kamu harus memastikan kuota malam kamu dalam keadaan aktif. Karena ada beberapa paket internet yang jangka waktu aktifnya pendek atau bahkan sudah kadaluarsa, sehingga bisa saja membuat kamu lupa. Selain itu, pastikan juga kuota malam kamu masih tersisa. Tentunya kalau kuota habis, internet nantinya tidak bisa dipakai.

Cara Cek Sisa Kuota Malam Smartfren

Untuk cara mengeceknya ada 2 cara, yaitu:

  1. Menggunakan Dial/USSD di HP kamu, Kamu tinggal masuk ke menu panggilan atau biasa disebut Dial telepon kemudian ketik *123# dan ikuti petunjuk berikut sampai ke tahap akhir pengecekan sehingga sisa kuota malam kamu akan tampil di layar HP kamu
  2. Kamu juga bisa cek kuota malam smartfren kamu menggunakan aplikasi Mysmartfren, kamu tinggal instal dari playstore kemudian masukkan nomor smartfren kamu hingga benar-benar login, setelah login kamu bisa cek sisa kuota bahkan sisa pulsa kamu akan tertera disana.

Dimana bisa membeli Kuota Malam Smartfren?

Kuota malam smartfren bisa kamu beli dikonter atau outlet kartu terdekat, namun jika kamu malas untuk keluar rumah atau tempat konternya jauh kamu bisa oreder atau beli kuota malam smartfren menggunakan Aplikasi Mocipay dan Aplikasi Mitra Top Up harga lebih murah dan kamu tidak perlu membuang waktu untuk ke konter apalagi dimalam hari.

Tips Memilih Paket Internet Smartfren

Tips Deskripsi
Ketahui Kebutuhan Anda Tentukan penggunaan internet Anda dan kebutuhan Anda.
Cek Jaringan dan Liputan Pastikan cakupan jaringan Smartfren di daerah Anda.
Pilih Jenis Paket Pilih jenis paket (harian, mingguan, bulanan) sesuai kebutuhan.
Perbandingan Harga dan Kuota Bandingkan harga dan kuota data berbagai paket.
Paket Unlimited atau Berkouta Pertimbangkan antara paket unlimited atau berkuota besar.

Penutup

Kuota Malam Smartfren Tidak Bisa Dipaka
Kuota Malam Smartfren Tidak Bisa Dipaka

Nah, demikianlah beberapa cara untuk mengatasi kuota malam smartfren tidak bisa dipakai, kamu bisa mencoba untuk menerapkannya jika kamu mengalami kendala seperti diatas. Semoga pembahasan artikel kali ini bisa membantu kesulitan kamu dan menambah wawasan kamu, jangan lupa ikuti terus update artikel terbari di mocipay.com. Terimakasih sampai berjumpa diartikel berikutnyaa.

Evi Winda Simamora

IG; Windasimamora1597

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay