Nomor Pusat Pesan XL Axiata 2023 dan Cara Memeriksanya

Rohma Dearni

Nomor pusat pesan XL Axiata akan dicari pelanggan saat ada kendala ketika mengirim SMS, pasalnya nomor pusat pesan yang tidak sesuai beresiko pada gagalnya pengiriman dan penerimaan pesan.

Pesan singkat atau SMS salah satu metode komunikasi umum yang digunakan semua kalangan. Walaupun kedudukannya sudah digeser aplikasi pesan instan yang memanfaatkan kuota internet sebagai mesin pendorongnya, layanan ini masih digunakan saat kondisi tertentu.

Sama halnya dengan aplikasi pesan instan, layanan ini belum bisa dikatakan sempurna sebab masih ada kendala yang kerap dikeluhkan pelanggan, seperti halnya yang terjadi pada pengguna kartu XL Axiata.

Tidak jarang pengguna kartu XL yang mengeluh karena kendala dalam pengiriman SMS. Oleh karena itu, mereka melakukan aksi salah satunya mengetahui nomor pusat pesan pada provider ini.

Apa Itu Nomor Pusat Pesan?

Di era digitalisasi seperti saat ini, kemudahan dalam komunikasi menjadi satu hal yang penting. Meskipun banyak aplikasi pesan instan yang lahir belakangan ini, SMS sudah menjadi bagian penting smartphone dan tidak akan terlupakan.

Nomor pusat pesan
Nomor pusat pesan

Ketika berbicara nomor pusat pesan tentu akan dikaitkan dengan jasa telekomunikasi yang digunakan. Lalu apa itu nomor pusat pesan dan kenapa dibutuhkan pelanggan?

Nomor pusat pesan merupakan nomor yang digunakan provider untuk mengirim atau menerima SMS yang di akses pelanggan. Saat anda menggunakan layanan pesan singkat (SMS), maka nomor pusat akan menerima dan meneruskan pesan kepada nomor penerima.

Setiap operator memiliki nomor pusat penerima pesan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui nomor pusat pesan dari layanan telekomunikasi yang kamu gunakan.

Kenapa Nomor Pusat Pesan XL Dibutuhkan?

Kenapa nomor pusat pesan XL dibutuhkan menjadi topik yang tak kalah penting. Masyarakat yang mempercayakan provider ini harus mengetahui nomor pusat pesan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dalam pengiriman dan penerimaan pesan.

Pesan gagal terkirim dan tidak diterima merupakan hal yang lumrah, terlebih jika adanya masalah jaringan seperti cuaca yang buruk atau saldo telepon pengguna tidak sebanding dengan biaya pengiriman pesan.

Lalu ketika pesan tidak diteruskan saat tidak ada hambatan jaringan ataupun pulsa, apa yang harus dilakukan? Menangani situasi ini pelanggan bisa mengecek nomor pusat pesan XL Axiata yang digunakan dan pastikan sudah tepat.

Nomor Pusat Pesan XL Axiata 2023

Nomor Pusat Pesan XL Axiata
Nomor Pusat Pesan XL Axiata

XL Axiata termasuk dalam jajaran operator terbesar di Indonesia. Di kalangan masyarakat produk perusahaan ini salah satu yang unggul, mengingat kecepatan jaringan dan harga paket yang ramah.

Seperti provider yang lain, XL Axiata menyediakan SMS sebagai salah satu sarana komunikasi yang memotong pulsa sebagai biayannya. Provider ini juga memiliki pusat pesan yang digunakan untuk mengirim pesan.

Nomor pusat pesan XL axiata saat ini adalah +62818445009. Anda yang mengalami kegagalan saat mengirim pesan dapat memasukkan nomor ini di pengaturan ponsel terlebih dahulu terlebih jika kamu menggunakan kartu SIM yang baru.

Baca juga 10 Cara Melihat Pesan WA Yang Sudah Ditarik Oleh Pengirim

Cara Memeriksa Nomor Pusat Pesan XL Axiata

Cara Memeriksa Nomor Pusat Pesan XL Axiata
Cara Memeriksa Nomor Pusat Pesan XL Axiata

Setelah mengetahui nomor pusat pesan XL Axiata, tentu kamu perlu memeriksa nomor yang kamu gunakan sebagai pusat pesan sebelumnya sudah sesuai ataupun belum. Tanpa berlama-lama, langsung simak saja yuk:

  • Pertama buka menu SMS pada ponsel anda
  • Kemudian klik ikon titik tiga dipojok kanan atas layar lalu pilih pengaturan
  • Gulir kebawah lalu pilih opsi pengaturan lainya
  • Biasanya pada pengaturan lainya akan tertera opsi nomor pusat pesan/SMS
  • Klik pada nomor pusat pesan/SMS
  • Klik salah satu SIM yang kamu gunakan untuk menampung kartu XL, lalu periksa apakah nomor pusat pesan sudah sesuai
  • Tahap terakhir hapus nomor lalu gunakan nomor pusat pesan XL Axiata diatas jika nomor sebelumnya belum sesuai. Jangan lupa menyimpan nomor pusat baru yang sudah anda atur.

Setelah memeriksa dan mengganti nomor pusat pesan XL axiata, kamu bisa memeriksa apakah kendala layanan teratasi dengan cara mencoba mengirim pesan singkat (SMS) kepada teman, orang terdekat maupun nomor sembarang.

Cara Mengatur Nomor Pusat Pesan XL Melalui Pengaturan

Selain memeriksa dan mengganti nomor pusat pesan XL melalui menu SMS itu sendiri, Sahabat Mocipay bisa mengatur nomor pusat di menu pengaturan ponsel masing-masing.

  1. Buka pengaturan ponsel anda
  2. Pilih opsi aplikasi sistem lalu pilih pesan
  3. Di pengaturan pesan kamu bisa memilih pengaturan pesan lainya
  4. Temukan opsi pusat pesan SMS
  5. Jika menggunakan dual SIM maka tentukan pada SIM berapa kartu XL anda pasangkan
  6. Setelah memilih SIM tersebut maka nomor pusat pesan akan ditampilkan
  7. Hapus dan ganti menggunakan nomor pusat pesan XL yang terbaru jika nomor sebelumnya berbeda.

Penyebab Pesan Tidak Terkirim pada Operator XL Axiata

Penyebab Pesan Tidak Terkirim pada Operator XL Axiata
Penyebab Pesan Tidak Terkirim pada Operator XL Axiata

Tidak bisa mengirim pesan atau SMS merupakan kendala yang bisa terjadi kapanpun tanpa memandang jenis ponsel atau operator yang digunakan. Pada umumnya ada beberapa kendala yang menyebabkan anda tidak bisa mengirim SMS, diantaranya adalah:

  • Masalah pada Nomor Pusat Pesan

Penyebab utama tidak bisa mengirim dan menerima pesan karena adanya masalah pada nomor pusat pesan provider yang digunakan. Ini terjadi karena nomor pusat pesan sudah terhapus atau belum diatur sebelumnya.

Biasanya nomor pusat pesan akan diatur otomatis saat pelanggan mengaktifkan kartu seluler di smartphone mereka. Namun pada beberapa kasus nomor tersebut di atur sendiri, karena itu perlu menyesuaikan antara nomor pusat dari provider dan yang tercantum di menu pesan ponsel.

  • Tidak Memiliki Pulsa dan Kuota SMS

Pulsa salah satu syarat yang harus digenapi pelanggan saat ingin mengirim pesan ataupun SMS. Operator otomatis memotong saldo telepon saat anda memberikan perintah untuk mengirim pesan.

Semua pengguna ponsel tentu memahami jika pulsa kosong atau tidak cukup, maka mereka tidak bisa mengirim pesan. Beberapa operator mungkin mengaktifkan fitur collect SMS atau sistem yang membebankan penerima pesan membayar biaya pengirimannya.

  • Kesalahan Jaringan

Selain nomor pusat dan pulsa yang menipis, kesalahan jaringan satu hal yang biasa terjadi dan menghambat aktivitas seluler pengguna. Cuaca yang buruk seperti hujan badai akan mempengaruhi kestabilan jaringan, alhasil SMS tidak diteruskan pada nomor pusat pesan sehingga keterangan gagal ditampilkan.

  • Kartu Sudah Melewati Masa Aktif

Ketika menggunakan layanan operator, maka kamu juga perlu merawat kartu dan masa aktifnya. Masa aktif kartu tergantung kebijakan masing-masing provider, oleh karena itu kamu bisa menambah masa aktif dengan cara isi ulang pulsa.

Apabila masa aktif kartu lewat, maka kartu akan masuk kedalam masa tenggang dan tidak bisa digunakan. Jika terus menerus dibiarkan, maka kartu akan hangus.

  • Aplikasi Error

Meskipun jarang, aplikasi pesan instan (SMS) berpotensi terkena serangan dan error. Pesan merupakan aplikasi sistem, yang dimana kita ketahui aplikasi ini jarang terjangkit masalah kecuali perangkat anda sudah disusupi virus.

Nomor Pusat Pesan Operator Lainya

Di penghujung topik nomor pusat pesan provider XL Axiata, Mocipay akan mencantumkan nomor pusat pesan semua provider yang ada di Indonesia. Kamu bisa memeriksa dan mengganti berdasarkan nomor dibawah ini:

Operator Nomor Pusat Pesan
Telkomsel +6281100000
Xl Axiata +62818445009
Smartfren +628811223344
3 (Tri) +6289644000001
Axis +628315000032
Indosat Ooredoo +62855000000
Mentari & Matrix +62816124

Akhir Kata

Nomor Pusat Pesan XL
Nomor Pusat Pesan XL

Pada dasarnya nomor pusat pesan XL Axiata akan menerima, memproses dan meneruskan pesan kepada nomor tujuan pada layanan mereka. Biasanya nomor pusat aktif otomatis saat kartu SIM aktif di perangkat anda.

Namun pada beberapa masalah pengiriman dan penerimaan SMS, kamu mungkin perlu memeriksa apakah nomor pusat sudah sesuai atau sebaliknya.

Semoga informasi yang sudah Mocipay rangkum bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, jika ada kesalahan kata maupun komentar yang membangun hubungi kami melalui kolom komentar.

Related Post

Tinggalkan komentar