5 Alasan Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Internet Padahal Sudah Registrasi

Irfan Nathanael

Pernahkah kamu mengalami dan bertanya-tanya kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi? Kali ini Mocipay akan membantu kamu dengan membahasnya khusus untuk kamu.

Internet menjadi kebutuhan sehari-hari yang harus ada di zaman sekarang ini. Mengaktifkan kartu XL untuk menikmati paket internetnya namun yang terjadi malah tidak bisa digunakan, kamu tidak perlu panik.  Masalah ini bukanlah masalah yang baru terjadi bagi orang-orang yang mengaktifkan kartu XL.

Hal ini tidak hanya terjadi kepada pengguna kartu baru, bahkan pengguna kartu XL lama juga dapat mengalami hal yang sama. Hal ini di tandai dengan sinyalnya yang hilang ataupun sinyal ada namun tidak bisa digunakan sama sekali.

Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Internet Padahal Sudah Registrasi

Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Internet Padahal Sudah Registrasi
Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Internet Padahal Sudah Registrasi

Registrasi nomor merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan ketika kamu menggunakan salah satu nomor provider di Indonesia. Lalu kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi?

XL merupakan sebuah perusahaan provider yang juga mewajibkan penggunanya melakukan registrasi nomor. Registrasi nomor dapat dilakukan mandiri oleh pengguna dengan mudah dan cepat. Registrasi kartu SIM seluler juga bisa mengalami kegagalan. Salah satunya bisa terjadi pada pengguna provider XL.

⭐ Masalah Kartu XL Tidak Bisa Buka Internet ✅
⭐ Penyebab 1 Bug Sistem Informasi ✅
⭐ Penyebab 2 Kuota Internet XL Habis ✅
⭐ Cara Mengatasi Restart Ponsel ✅
⭐ Partner Isi Pulsa XL Terpercaya Aplikasi Mocipay ✅

Lantas kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi? Berikut ini adalah beberapa penyebab dan alasan kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi:

1. Bug Sistem Operasi

Bug Sistem Operasi
Bug Sistem Operasi

Penyebab kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi yang pertama adalah kesalahan yang terdapat dalam sistem operasi. Hal ini dapat menjadi penyebab erornya dukungan jaringan seluler dan membuat kartu SIM tiba-tiba tidak ada layanan untuk mengkses internet

Seperti yang kita tahu, sistem operasi umumnya berisi berbagai macam baris kode untuk menciptakan fungsi tertentu. Kesalahan pada logika dan penulisannya tentu akan sangat berpengaruh pada fungsi-fungsi terkait.

Kartu SIM yang tiba-tiba tidak ada layanan juga bisa saja terjadi akibat bug pada sistem tersebut. Meskipun umumnya terjadi secara langsung saat pengguna memperbarui sistem, tetapi tak jarang perlu ada pemicu sehingga bisa muncul setelah berjalan cukup lama.

2. Kartu SIM Rusak

Slot atau Kartu SIM Rusak
Slot atau Kartu SIM Rusak

Nah, penyebab selanjutnya kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi adalah rusaknya slot maupun kartu SIM itu sendiri dapat menjadi pemicu timbulnya permasalahan di dukungan konektivitas ponsel seperti kartu SIM tiba-tiba tidak ada layanan.

Kerusakan memang tidak bisa dihindari saat para pengguna menggunakan berbagai macam peralatan dalam durasi yang sangat lama. Memakai kartu SIM di ponsel pun juga demikian.

Saat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, kartu SIM dan slot kartu SIM ponsel bisa saja mengalami keausan. Apalagi bagi mereka yang gemar bongkar pasang, kerusakan pada pin dan konektor tentu tidak dapat dihindari.

3. Jangkauan Jaringan Operator XL Lemah

Jangkauan Jaringan Operator Lemah
Jangkauan Jaringan Operator Lemah

Lokasi yang menjadi tempat kita mengakses layanan seluler sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Semakin jauh dari BTS (Base Transceiver Station), maka jangkauan jaringan operator akan semakin melemah.

Kartu SIM bahkan bisa saja kehilangan berbagai macam fungsinya ketika lokasi ponsel semakin jauh dari BTS sehingga akan menampilkan pemberitahuan bahwa sedang tidak ada layanan.

Faktor ini biasanya terjadi di daerah-daerah pedesaan dan pegunungan yang umumnya jarang mempunyai jaringan BTS atau lokasinya tertutup oleh gunung sehingga jangkauannya kurang maksimal. Hal itulah yang bisa menjadi alasan kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi.

4. Cuaca Ekstrim

Sebagian besar penyebab kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi disebabkan karena cuaca yang ekstrim seperti hujan deras, angin, dan juga petir.

Cuaca ekstrim seringkali menjadi masalah bagi banyak provider telekomunikasi Indonesia yang menyediakan jaringan seluler bagi penggunanya.

Penyebab kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi karena cuaca memang tidak dapat diprediksi, dan yang perlu dilakukan adalah menunggu hingga cuaca membaik untuk berkomunikasi lewat ponsel.

5. Kuota Internet XL Habis

Penyebab terakhir kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi adalah habisnya kuota internet yang kamu miliki. Hal ini bisa saja terjadi tanpa kamu sadari karena kamu tidak melakukan pengecekan kuota internet yang kamu miliki.

Itulah beberapa penyebab kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi. Tentunya kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara berikut ini:

Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Bisa Koneksi Internet

Selain membahas penyebab kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi, pada artikel kali ini Mocipay juga akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi kartu XL tidak bisa koneksi internet.

• Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat

Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat
Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat

Cara mengatasi kartu XL tidak bisa koneksi internet, kamu bisa mengaktifkan lalu mematikan mode pesawat yang ada di ponsel kamu.

Fitur ini sangat berguna ketika kamu mengalami hilangnya koneksi internet karena dengan mengaktifkan mode pesawat akan mereset jaringan XL.

Caranya jadi kamu cukup mengaktifkan mode pesawat, dan biarkan beberapa saat kemudian jika sudah matikan kembali dan coba pakai data seluler:

  • Geser Bilah Notifikasi dari atas ke bawah untuk memunculkan fitur ini
  • Lalu kalian tinggal tekan icon pesawat
  • Selanjutnya, tunggu selama 30 atau 60 detik
  • Jika sudah, nonaktifkan kembali fitur tersebut

• Restart Ponsel

Masih banyak orang yang tidak sadar bahwa banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang tidak hanya membuat daya baterai terkuras, namun juga dapat menyebabkan koneksi data terbagi-bagi.

Hal ini akan mengakibatkan koneksi internet XL yang di pakai akan berjalan lambat, lemot atau bisa juga tidak dapat terhubung sama sekali.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa merestart ponsel kamu, dengan begitu aplikasi yang berjalan di latar belakang akan berhenti secara otomatis. Ini tentu akan membuat koneksi internet XL akan kembali normal, karena aplikasi yang menggunakan internet diam-diam sudah di nonaktifkan.

• Pastikan Jangkauan Jaringan XL Kuat

Kamu wajib memastikan bahwa jangkauan jaringan XL yang didapatkan sudah memadai di tempat kamu. Seperti yang diketahui bahwa jaringan XL belum menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Jadi kamu harus memastikan hal tersebut di daerah kamu tinggal.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab ketika ingin terhubung ke layanan internet, tentu sinyal yang di peroleh harus cukup. Jika sinyal yang di tangkap ponsel tidak memadai, maka kemungkinan besar akan sulit untuk bisa terhubung ke layanan internet dengan kartu XL.

• Isi Kuota Internet XL

Hal yang mungkin tidak kamu sadari ketika kamu sedang menggunakan internet di ponsel kamu adalah kehabisan kuota internet.

Jangan sampai kamu bingung untuk mengisi kuota internet XL kamu karena ada aplikasi terpercaya yang dapat membantu kamu mengisi kuota internet, aplikasi tersebut adalah aplikasi Mocipay. Tidak hanya mengisi provider XL, kamu juga bisa membeli kuota internet semua operator melalui aplikasi ini.

🔥 Nama Aplikasi  Mocipay 🔰
🔥 Developer CV. Mocipay Digital Indonesia 🔰
🔥 Rating Aplikasi 4,5 ⭐
🔥 Jumlah Download 500rb+ 🔰
🔥 Link Download Klik Disini 🔰

• Hubungi Customer Service Resmi XL

Hubungi Customer Service Resmi XL
Hubungi Customer Service Resmi XL

Terakhir, apabila semua cara di atas sudah kamu lakukan dan hasilnya masih tetap belum bisa mengatasi kartu XL tidak bisa koneksi internet, maka dapat di pastikan kalau ini terjadi memang dari pusatnya.

Bisa saja provider sedang memperbaiki layanan yang mereka hadirkan, sehinggan membuat beberapa pelanggan mengalami gangguan.

Umumnya kondisi seperti ini hanya berlangsung selama 15 sampai 30 menit saja. Untuk memastikannya, kalian dapat menghubungi costemer service XL dan menjelaskan semua permasalahan yang sedang kalian hadapi. Kalian bisa menghubungi Customer Service XL melalui beberapa cara ini:

  1. Melalui aplikasi myXL.
  2. Lewat Facebook Fanpage @myXL.
  3. Melalui Twitter dengan nama @myXLCare.
  4. Menghubungi Call Center 817 (aktif selama 24 jam).

Cara Registrasi Kartu XL Yang Sudah Aktif

Setelah mengetahui alasan kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi, kamu juga harus mengetahui cara registrasi kartu XL yang sudah aktif. Ada beberapa cara bagi para pengguna XL baik yang baru maupun lama untuk melakukan registrasu kartu XL.

Menurut Peraturan Kominfo Nomor 12 Tahun 2016, setiap pengguna kartu provider prabayar wajib dilakukan dengan menyertakan data KTP dan nomor Kartu Keluarga.

Adapun 2 cara registrasi kartu XL yang sudah aktif yakni sebagai berikut:

• Cara Registrasi Kartu XL Melalui Website

Cara yang pertama adalah melalui website resmi XL yang bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs web ini https://www.xlaxiata.co.id/registrasi.
  • Sebelum melakukan registrasi, pastikan kartu XL di registrasi telah terpasang di ponsel.
  • Bila situs web tersebut telah terbuka, silakan masukkan nomor XL yang hendak di registrasi.
  • Masukkan NIK dan nomor KK pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian, klik opsi “Dapatkan Kode” dan situs web akan mengirim kode OTP via SMS ke nomor telepon kartu XL yang di daftarkan.
  • Masukkan kode verifikasi tersebut ke situs web tadi dan kartu XL berhasil diregistrasi.

• Melalui SMS

Untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukankannya melalui SMS. Kamu bisa mengkuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi pesan yang ada di ponsel kamu
  2. Ketik pesan dengan format seperti ini “ULANG#NIK#nomorKK”.
  3. Sebagai contoh, “ULANG#1234567#89101112”.
  4. Kemudian, silakan kirim SMS tersebut ke 4444.
  5. Setelah itu kamu akan mendapakan SMS dari XL bahwa registrasi ulang kamu telah berhasil

Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Cek Pulsa

Bukan tanpa alasan kartu kamu tidak bisa mengecek pulsa. Kejadian ini disebabkan oleh banyak faktor. Sehingga untuk mendapatkan solusinya, kamu harus mengetahui apa saja penyebabnya sehingga kartu seluler kamu tidak dapat mengecek sisa pulsa. Beberapa penyebab dan alasan tidak bisa cek pulsa diantaranya:

Alasan Deskripsi Singkat
Gangguan Jaringan Kadang-kadang jaringan operator bisa mengalami gangguan sehingga Anda tidak bisa melakukan pengecekan pulsa.
Kesalahan Sistem Ada kemungkinan sistem operator sedang mengalami masalah atau pemeliharaan, sehingga pengecekan pulsa tidak bisa dilakukan.
Kesalahan pada Kartu Kartu Anda mungkin mengalami masalah, seperti rusak atau belum diaktivasi.
Perangkat Ada masalah dengan perangkat Anda yang membuatnya tidak bisa melakukan pengecekan pulsa.
Format SMS Salah Jika Anda menggunakan metode pengecekan pulsa melalui SMS, mungkin saja format yang Anda gunakan salah.

Penutup

Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Internet Padahal Sudah Registrasi
Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Internet Padahal Sudah Registrasi

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi. Namun hal tersbut tentu bisa di atasi dengan beberapa cara. Demikianlah artikel tentang kenapa kartu XL tidak bisa internet padahall sudah registrasi.

Semoga artikel ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu, terlebih untuk kamu yang ingin mengetahui alasan kenapa kartu XL tidak bisa internet padahal sudah registrasi. Jangan lupa untuk terus memantau website kami untuk memngetahui artikel-artikel menarik lainnya.

Related Post