9 Ciri-Ciri Orang Yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog

Iusnar Sinaga

Mengetahui tentang apa saja ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog dapat membantu seseorang, terutama untuk para calon mahasiswa dalam melakukan pemilihan jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan kepribadian yang dimiliki. Hal ini dapat mengurangi risiko perubahan jurusan di tengah jalan serta membantu untuk menemukan lingkungan akademis yang sesuai.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog yang dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat pertimbangan dan keputusan untuk memilih jurusan psikolog. Yuk, cek selengkapnya dibawah ini!

Sekilas tentang Jurusan Psikolog

Jurusan Psikologi
Sekilas mengenai jurusan psikologi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog, kami akan menjelaskan sekilas mengenai jurusan psikologi terlebih dahulu. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku, pikiran dan emosi manusia.

Dilansir dari Wikipedia Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Seseorang yang melakukan praktik psikologis disebut sebagai Psikolog. Seorang psikolog bertanggung jawab untuk memahami dan mengatasi masalah kesehatan mental, perilaku, dan emosional individu maupun kelompok.

Orang yang telah menempuh pendidikan dan pelatihan formal di bidang psikologi biasanya bekerja sebagai praktisi di berbagai bidang, seperti klinis, konseling, industri, pendidikan, riset, atau sumber daya manusia. Tertarik untuk masuk ke jurusan Psikolog, anda harus memiliki kemampuan-kemampuan khusus yang berkaitan erat dengan ruang lingkup kehidupan manusia.

Apa saja yang dipelajari dalam jurusan psikolog?

ketika anda berencana ingin masuk ke jurusan psikolog, hal pertama yang mungkin muncul di benak anda adalah mempertanyakan tentang apa saja yang akan dipelajari dalam jurusan psikolog.

Bidang studi psikologi mencakup sejumlah aspek pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut:

Aspek yang dipelajari dalam jurusan Psikologi Penjelasan singkat
Psikologi sosial Mempelajari tentang cara individu berinteraksi dalam kelompok, memahami norma sosial, dan memahami dampak sosial terhadap perilaku.
Psikologi klinis merupakan pemahaman akan kesehatan mental dan emosional, serta memberikan dukungan psikologis kepada seseorang yang membutuhkan.
Psikologi kognitif Memahami proses mental seperti persepsi, pemikiran, memori dan bahasa serta bagaimana proses ini dapat mempengaruhi perilaku.
Psikologi perkembangan Mempelajari tentang perubahan dan perkembangan individu dari bayi hingga dewasa, yang mencakup aspek fisik, kognitif dan sosial.
Psikologi pendidikan Meneliti tentang proses pembelajaran dan pengajaran, serta faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.
Psikologi industri dan organisasi Penerapan prinsip psikologi dalam lingkungan kerja, termasuk seleksi karyawan, motivasi dan dinamika kelompok.
Psikologi kesehatan Mempelajari hubungan antara faktor psikologis dan kesehatan fisik, dan bagaimana faktor ini memengaruhi penyakit dan pemulihan.
Psikologi lingkungan Mendalami tentang interaksi antara manusia dan lingkungannya, dan bagaimana dampaknya terhadap perilaku dan kesejahteraan.
Psikologi trauma dan bencana Mengkaji tentang dampak psikologi dari bencana yang dialami oleh individu serta pemulihan keadaan agar bebas dari rasa trauma.
Psikologi Forensik Pengaplikasian prinsip psikologi dalam konteks hukum, seperti penilaian kejiwaaan atau kepribadian seseorang.
Psikologi abnormal Mempelajari tentang pola pikir, perasaan dan perilaku abnormal (perilaku seseorang yang berlebihdan dari tingkah laku manusia pada umumnya).

 

Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog

Usai memahami sekilas informasi mengenai jurusan psikologi, pada langkah selanjutnya kami akan menampilkan beberapa ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog. Terdapat sejumlah ciri-ciri tertentu yang biasanya melekat pada orang yang cocok mengambil jurusan psikolog.

Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog
Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog

Namun, sebelum kami sebutkan beberapa diantaranya, perlu untuk kami ingatkan terlebih dahulu bahwa, ciri-ciri yang akan kami tampilkan dibawah ini tidak semua harus dipenuhi. Setiap individu unik dan keberhasilan dalam bidang psikolog juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Namun pada umumnya, inilah sejumlah ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog:

1. Memiliki empati yang tinggi

Ciri pertama yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin mengambil jurusan psikolog adalah memiliki empati yang tinggi. Kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain merupakan kunci utama dalam psikologi. Ketika seseorang memiliki rasa empati yang tinggi, maka akan dapat lebih mudah membantu orang lain dalam mengatasi mereka.

Jadi, intinya adalah ketika anda ingin mengambil jurusan psikologi ini, anda harus bisa memposisikan diri pada orang lain yang sedang mengalami suatu masalah atau gangguan.

2. Rasa penasaran yang tinggi dan open-minded

Rasa penasaran yang tinggi dan open minded juga merupakan salah satu ciri penting yang dapat memperkaya kualitas seorang psikolog. Psikologi merupakan studi tentang perilaku manusia dan proses mental.

Rasa penasaran yang tinggi serta tidak ragu untuk bertanya lebih dalam akan membantu seorang psikolog untuk memahami lebih dalam tentang kompleksitas dan variasi individu. Ketika seseorang memiliki rasa penasaran yang tinggi, maka akan timbul keinginan yang besar untuk mengeksplorasi dan menganalisa permasalahan yang dialami oleh orang lain.

3. Komunikatif

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog yang berikutnya adalah “komunikatif“. Seseorang yang berprofesi sebagai psikolog akan lebih sering berinteraksi dengan orang lain untuk memahami masalah dan memberikan dukungan. Oleh karena itu, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangat diperlukan dalam jurusan psikolog.

Namun tak cukup hanya memiliki keahlian berkomunikasi yang baik saja, namun dalam hal ini seorang calon psikolog harus memiliki kemampuan untuk membuat orang lain merasa nyaman dan luwes untuk berbicara/ bercerita tentang masalahnya.

4. Pendengar yang baik

Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog
Sumber: inews.co.id/ Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog

Sifat pendengar yang baik sangat penting bagi seorang psikolog, karena berperan krusial dalam proses konseling, terapi, atau interaksi profesional lainnya. Dengan mendengarkan secara aktif dan dengan baik, psikolog dapat mengumpulkan informasi yang mendalam tentang latar belakang, masalah dan kebutuhan klien.

Psikolog sering bekerja dengan individu yang mengalami stres, kecemasan atau kesulitan emosional. Mendengarkan dengan baik dapat memberikan dukungan emosional kepada klien, yang membuatnya merasa didengar dan dimengerti. Jadi, untuk mengambil jurusan psikolog, kamu harus bisa berperan ganda, yakni sebagai pembicara yang baik (komunikatif) dan juga sebagai pendengar yang baik.

5. Analitis

Selanjutnya, ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog adalah “analitis“. Kemampuan untuk menganalisis informasi dengan cermat dan kritis sangat diperlukan dalam bidang psikologi. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, seorang psikolog berperan untuk membantu orang yang mengalami gangguan mental atau psikologis. Oleh karena itu, diperlukan sifat yang suka menganalisa dan memecahkan suatu masalah.

6. Kepekaan yang tinggi terhadap kebutuhan orang lain

Orang yang cocok untuk mengambil jurusan psikologi biasanya peka terhadap kebutuhan orang lain dan merasa terpanggil untuk membantu memahami serta mengatasi masalah psikologis. Dengan memiliki kepekaan yang tinggi, seorang psikolog akan dapat lebih baik memahami dunia emosional, sosial dan psikologis klien, sehingga bisa memberikan respon yang tepat terhadap kekhawatiran dan keinginan klien.

7. Tertarik untuk mempelajari perilaku manusia

Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog
Sumber: kompas.com

Memiliki ketertarikan untuk mempelajari perilaku manusia juga termasuk sebagai salah satu ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog. Pada pembahasan sebelumnya, kami telah menjelaskan bahwa Psikologi merupakan studi tentang perilaku manusia dan proses mental.

Dengan memiliki sifat tertarik untuk mempelajari perilaku manusia, seorang calon psikolog akan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan, pikiran dan emosi manusia.

8. Tingkat kesabaran dan mental yang tinggi

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog yang berikutnya yaitu memiliki tingkat kesabaran dan mental yang tinggi. Mengapa sifat ini diperlukan? Karena studi dan praktek di bidang psikologi sering melibatkan proses yang memakan waktu, terutama saat bekerja dengan individu yang mengalami kesulitan emosional atau psikologis.

Seorang psikolog perlu bersabar saat mengelola berbagai emosi yang muncul selama sesi terapi. Artinya, sebagai seorang psikolog harus dapat menunjukkan pemahaman, mendukung, dan membimbing klien untuk bisa keluar dari masalah yang dialaminya. Sifat sabar akan membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam membuat sebuah keputusan, tidak terburu-buru dalam menarik kesimpulan atau memberikan saran.

9. Memiliki etika profesional

Bagian terakhir yang menjadi salah satu ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog adalah memiliki etika profesional. Apabila anda berniat untuk mengambil jurusan psikolog, maka anda harus mengoreksi dan melihat ke diri anda sendiri, apakah anda termasuk sebagai seseorang yang memiliki etika profesional, yang memiliki integritas tinggi dan dapat menjaga kerahasiaan informasi yang dipercayakan oleh klien kepada anda.

Akhir Kata

Ciri-Ciri Orang Yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog
Ciri-Ciri Orang Yang Cocok Masuk Jurusan Psikolog

Untuk bisa menjalani dan menikmati perjalanan studi dengan lancar, perlu untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan kepribadian diri sendiri. Itulah beberapa ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikolog yang dapat dijadikan sebagai fondasi bagi keberhasilan anda dalam mengambil jurusan psikolog.

Dari penjelasan yang telah kami tampilkan diatas, kami menarik sebuah kesimpulan bahwa ciri utama yang wajib harus dimiliki oleh seseorang yang merasa terpanggil untuk menjadi psikolog  adalah memiliki empati, tertarik terhadap kajian ilmiah, dan kemampuan mendengarkan dengan baik.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay