10+ Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan Yang Perlu Kamu Ketahui

Evi Winda Simamora

Apakah kamu salah satu pecinta bunga lavender? Lalu apa arti bunga lavender dalam kehidupan kamu menurut kamu sehingga kamu menyukainya? Selain karena warna dan bunganya yang cantik serta indah maka tidak heran lagi jika banyak orang yang menyukai bunga lavender yang wanginya dapat memanjakan indra penciuman kita. Banyak orang menggambarkan pengalaman berada di tengah ladang bunga lavender sebagai pengalaman sensoris yang luar biasa. Itu karena aroma lavender memiliki efek menenangkan yang dapat menghilangkan stres.

Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan
Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan

Namun tahukah kamu jika bunga lavender itu bukan hanya sekuntum bunga yang cantik dan wangi, namun usut punya usut bunga lavender ternyata memiliki arti bagi kehidupan, jika kamu adalah salah satu orang pecinta bunga lavender tapi kamu tidak tahu arti dari bunga lavender maka simaklah artikel berikut ini.

Mengenal Bunga Lavender

Bunga lavender adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Bunga ini tumbuh di berbagai wilayah, termasuk Afrika, Eropa, Mediterania, Asia Barat, dan India bagian tenggara. Bunga lavender populer di kalangan pecinta taman dan penggemar aromaterapi. Secara general, lavender termasuk salah satu jenis tanaman herbal yang mudah ditanam serta paling serbaguna dengan banyak manfaatnya. Mulai dari pengobatan, estetika, hingga kuliner. Lavender mempunyai bunga mini, berwarna ungu, dan bergerombol dalam satu tandan, menampilkan keindahan sederhana namun mengesankan. Akan tetapi, lavender tidak hanya sekedar pesona visual.

Kecantikan tersebut disertai dengan aroma yang memikat hati. Harumnya begitu manis dan menenangkan. Itu sebabnya, bunga lavender telah lama dijadikan bahan utama dalam industri parfum, minyak aromaterapi, dan produk perawatan tubuh. Bunga lavender juga termasuk dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan selain medis karena tidak menimbulkan efek samping. Seperti yang pada umum diketahui bahwasanya bunga lavender hanya memiliki satu warna namun ternyata Bunga Lavender terdiri dari beberapa warna yaitu warna ungu, putih, pink, kuning, dan biru.

Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan

Setiap bunga memiliki arti tersendiri dalam kehidupan, begitu juga dengan bunga lavender. Berikut ini adalah arti bunga lavender dalam kehidupan yang harus kamu tahu:

Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan Berdasarkan Manfaatnya

Arti bunga lavender dalam kehidupan jika dilihat dari segi manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Cinta Dan Romantisme

Pernah mendengar bunga lavender sebagai lambang cinta dan romantisme? Ya tidak terlalu sering kita dengar bahwa arti bunga lavender dalam kehidupan  melambangkan cinta dan keromantisan namun pada kenyataannya bunga ini mendeskripsikan cinta dan keromantisan yang penuh dengan kelembutan, kehangatan dan emosional. Dengan penggunaan aroma bunga lavender dalam ruangan mampu menciptakan suasana romantis yang penuh dengan cinta sehingga membuat hati yang gelisah terasa nyaman kembali.

2. Pelindung

Arti bunga lavender dalam kehidupan salah satunya adalah sebagai pelindung yang dimana konon katanya aroma dari bunga lavender yang digunakan bisa mengusir energi negatif dan meningkatkan energi positif dalam tubuh sehingga lebih bersemangat lagi. Bukan cuma itu, menurut beberapa sumber juga mengatakan bahwasanya bunga lavender bisa mengusir nyamuk dalam rumah sehingga kita terhindar dari gigitan nyamuk yang menyebabkan demam berdarah.

3. Ketenangan dan Pengabdian

Arti bunga lavender dalam kehidupan selanjutnya adalah mampu meredakan saraf yang tegang dalam tubuh kita, itulah sebabnya lavender diartikan sebagai  ketenangan, kedamaian, dan ketentraman. Aroma lavender sering digunakan dalam meditasi dan ritual doa untuk membersihkan pikiran dari gangguan-gangguan yang tidak perlu, menciptakan suasana spiritual yang lebih efektif.

4. Kemewahan

Tidak heran lagi mengapa dikatakan salah satu arti bunga lavender dalam kehidupan adalah sebagai kemewahan, karena memang aromanya yang begitu wangi dan menggiurkan tentunya menggambarkan sebuah kemewahan baik itu di sekitar ruangan kita dan juga dalam diri kita dan bunga yang memukau ini mengajak kita untuk menikmati setiap aspek dalam hidup kita.

5. Kemurnian

Pasalnya bunga lavender adalah solusi efektif melawan mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus, dan jamur. Bunga lavender menjadi tanaman yang cocok digunakan dalam praktek pembersihan dan detoksifikasi untuk menyucikan pikiran, organisme atau lingkungan. Oleh karena itulah arti bunga lavender dalam kehidupan disebut sebagai lambang kemurnian.

6. Keteguhan

Bunga lavender mampu tumbuh subur meskipun dalam cuaca yang buruk atau pun dalam keadaan yang hampir punah namun bunga lavender akan tumbuh dengan baik. Itulah mengapa arti bunga lavender dalam kehidupan dikatakan sebagai keteguhan karena kita dapat mengambil pelajaran dari bunga lavender untuk bertahan menjalani hidup dalam situasi apapun dan bangkit dari keterpurukan.

7. Keanggunan

Arti bunga lavender dalam kehidupan disebut juga sebagai keanggunan dengan wujud fisik dan warna yang sangat memukau mata dan memikat hati yaitu warna ungu yang dimana biasanya warna ungu terlihat feminim.

8. Kebajikan

Arti bunga lavender dalam kehidupan sering juga dikatakan sebagai kebajikan dimana bunga lavender digunakan mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang benar dan baik dan mengingatkan kita akan pentingnya menjaga pikiran agar tetap jernih dan dan emosi tetap positif jika kita ingin mencapai kebajikan.

9. Penyembuhan

Arti bunga lavender dalam kehidupan yang paling sering orang tahu adalah sebagai penyembuhan. Keberadaannya sebagai obat herbal telah banyak dimanfaatkan untuk kesehatan manusia, Bunga lavender memiliki efek anti radang yang dinilai efektif untuk meredakan asma bronkial dengan menghirup aroma bunga lavender dapat meredakan peradangan dan produksi lendir berlebih.

Bunga lavender juga mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk infeksi jamur dan bakteri, gangguan pencernaan, masalah tidur, tekanan emosional, dan tantangan kesehatan lainnya. Minyak esensial lavender juga dimanfaatkan dalam aromaterapi untuk mengatasi depresi dan meningkatkan kesejahteraan.

Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan Berdasarkan Warnanya

Selain arti bunga lavender dalam kehidupan berdasarkan manfaatnya ternyata bunga lavender juga memiliki arti lain berdasarkan warnanya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasanya bunga lavender tidak hanya memiliki warna ungu tapi juga memiliki warna lain karenanya arti bunga lavender dalam kehidupan bisa dilihat berdasarkan warnanya sebagai berikut ini:

1. Bunga Lavender Ungu

Arti bunga lavender ungu ini memiliki arti pengabdian dan kesetiaan. Lavender berwarna ungu adalah varietas yang paling umum ditemui di penjuru dunia dan biasanya bunga lavender ungu digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta dan kasih sayang.

2. Bunga Lavender Biru

Walaupun tidak selalu ditemukan seperti varietas ungu atau merah muda, bunga lavender biru memiliki daya tariknya sendiri dengan keindahan warna dan aroma khasnya. Bunga ini juga kerap diartikan sebagai simbol ketenangan batin dan renungan. Warna biru pada bunga lavender melambangkan ketenangan, kestabilan, dan kedalaman. Lavender biru dipercaya membawa pesan ketenangan yang mendalam dan refleksi.

3. Bunga Lavender Kuning

Lavender kuning sering kali diartikan sebagai simbol kehangatan dan cahaya. Kuning yang bersahaja namun cerah, mencerminkan keramahan dan keinginan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitarnya. Warna kuning sering dikaitkan dengan kegembiraan, kebahagiaan, dan keceriaan. Dalam konteks makna bunga lavender, nuansa kuning ini membawa pesan optimisme dan semangat.

4. Bunga Lavender Merah

Bunga lavender merah diartikan sebagai keberanian dan ketangguhan. Namun bunga lavender ini memang sulit untuk didapatkan karena memang tergolong langkah. Wujud fisik bunga lavender merah ini dengan merah yang menyala sehingga menggambarkan keteguhan dan ketegasan.

5. Bunga Lavender Pink

Bunga lavender berwarna merah muda memiliki penampilan yang lembut dan elegan, dengan perpaduan warna merah dan putih yang menciptakan suasana hangat dan lembut. Terdapat tiga jenis lavender yang dapat memiliki bunga berwana merah muda atau pink, yakni lavendula grossolavandula angustifolia, dan lavendula pedunculata.

6. Bunga Lavender Putih

Varietas putih ini mencerminkan ketenangan dan kedamaian. Karenanya, ia sempurna untuk menciptakan atmosfer yang harmonis dan tenang, baik untuk acara pernikahan maupun sebagai elemen dalam ruang meditasi. Arti bunga lavender putih secara umum dikaitkan dengan kemurnian, kesucian, dan spiritualitas.

Ciri-Ciri Bunga Lavender

Bagi kamu yang belum kenal dengan wujud fisik dari bunga lavender, berikut ini adalah ciri-ciri bunga lavender untuk kamu ketahui agar tidak salah:

  • Daun lavender berbentuk oval dan juga bisa lonjong dengan bagian ujung yang runcing. Di daun bagian pinggir agak bergerigi, tetapi permukaan daunnya halus.
  • Batangnya berbentuk bulat dan lonjong dengan diameter 3 sampai 4 mm. Batangnya tegak dan bisa tumbuh dengan tinggi 60 hingga 80 cm.
  • Akarnya memiliki tunggang berserat dengan panjang 1 hingga 2 meter dengan warna akarnya putih kotor hingga kecoklatan.

Jenis-Jenis Bunga Lavender

Bunga lavender yang sering kita temui adalah bunga lavender yang dimana kita hanya tahu bahwa semua bunga lavender itu sama namun pada nyatanya bunga lavender memiliki jenis-jenisnya loh, berikut ini adalah jenis-jenis bunga lavender:

  • Lavandula pedunculata => daun berwarna hijau ke abu-abuan dan sedikit bergerigi di pinggirnya. Warna pada  bunganya yaitu ungu dan merah muda.
  • Salvia apiana => biasanya digunakan untuk upacara-upacara dan ritual di beberapa suku di Amerika.
  • Lavandula multifida => memiliki batang dengan warna abu-abu dan juga berbulu, bunganya berwarna violet biru atau ungu atau biru tua, serta pada daunnya terdapat sirip ganda.
  • Lavender dentata => daunnya berwarna hijau ke abu-abuan dan bunganya berwarna ungu dengan warna di pinggirannya sedikit pucat.
  • Lavandula pinnata => biasanya bunga lavender jenis ini berwarna ungu pada bunganya dan biasanya akan mekar pada musim panas.
  • Salvia officinalis => daunnya berwarna ke abu-abuan dan bunganya berwarna merah muda dan ungu serta akan muncul pada awal musim panas dan akhir musim semi.
  • Lavandula angustifolia => daunnya berwarna hijau dan bunganya berwarna merah muda dan ungu.

Manfaat Bunga Lavender Untuk Kesehatan

Usul punya usul tidak hanya arti bunga lavender dalam kehidupan saja yang ada namun bunga lavender juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga lavender untuk kesehatan:

  1. Obat alami untuk sakit
  2. Dapat meringankan gejala asma
  3. Mengurangi hot flashes menopause
  4. Meningkatkan pertumbuhan rambut
  5. Memerangi pertumbuhan jamur
  6. Mengurangi tekanan darah dan denyut jantung
  7. Meningkatkan kualitas tidur
  8. Mengobati noda kulit atau bekas luka

Akhir Kata

Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan
Arti Bunga Lavender Dalam Kehidupan

Arti bunga lavender dalam kehidupan dan manfaat bagi kesehatan begitu banyak dan untuk pecinta bunga lavender tentunya sudah tahu hal itu, namun bagi yang belum tahu semoga artikel tentang arti bunga lavender dalam kehidupan yang dibahas kali ini bisa menambah pengetahuan kalian ya, terimakasih. Jangan lupa follow Mocipay.com untuk artikel-artikel yang terbaru yang tentunya bermanfaat untuk kamu.

Evi Winda Simamora

IG; Windasimamora1597

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay