15 Ciri-Ciri Tidak Cocok Dengan Cream Temulawak

Sanra Hutagalung

Ciri-Ciri Tidak Cocok Dengan Cream Temulawak  wajib kamu tahu, pasalnya ini merupakan indikator atau respon tubuh kamu cocok atau tidak dengan penggunaan produk cream yang satu ini.

Seperti yang diketahui pemakaian cream temulawak saat ini sedang tren, alasannya selain harganya yang murah hasil yang dihasilkan dari penggunaan dengan jangka waktu tertentu cukup memuaskan.

Maka tidak heran banyak yang menggunakan cream temulawak sebagai salah satu produk kecantikan, namun sebelum mencoba produk ini pastikan apakah bahan yang terkandung didalamnya cocok atau tidak untuk tubuh kamu.

Biasanya cara paling cocok untuk mengetahuinya adalah menggunakan langsung ke tubuh, namun hal ini tentunya kurang cocok jika kamu takut merasakan efek samping nya secara langsung apabila cream ini nantinya memang tidak cocok untuk tubuh kamu.

Namun jangan khawatir, dari pada harus mencoba langsung untuk mengetahui ketidakcocokannya berikut kami ulas ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak yang dapat kamu simak di bawah ini .

Sekilas Tentang Cream Temulawak

Sekilas Tentang Cream Temulawak
Sekilas Tentang Cream Temulawak

Cream Temulawak adalah produk kecantikan yang terkenal karena khasiatnya dalam mencerahkan dan merawat kulit.

Dirumuskan dengan ekstrak temulawak, tanaman herbal yang kaya akan antioksidan, cream ini didesain untuk mengurangi hipegmentasi, meratakan warna kulit, dan memberikan kilau alami.

Kandungan temulawaknya diyakini dapat menghambat produksi melanin, mengurangi noda hitam, serta memberikan efek pencerahanan secara bertahap.

Cream ini juga mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV yang dapat menyebabkan kulit kusam karena sifat antioksidan yang dimiliki cream tersebut akan melindungi kulit.

Cream Temulawak cocok Untuk Usia Berapa?

Sebelum mengulik lebih lanjut terkait ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak, penting bagi kamu untuk memahami usia minimal penggunaan produk ini.

Dirangkum dari situs resmi alodokter, dimana penggunaan produk kulit perlu disesuaikan dengan kondisi dan tipe kulit dari masing-masing orang.

Jika memiliki kulit sensitif, tidak dianjurkan menggunakan produk-produk serupa karena akan meningkatkan resiko terjadinya reaksi alergi atau iritasi. Selain itu, secara medis bedak temulawak belum diketahui secara jelas kandungan dan manfaat yang dimilikinya.

Apabila kulit kamu tergolong pada jenis kulit atau tipe kulit yang tidak masalah pada cream wajah, cream temulawak ini bisa kamu gunakan atau dipakai mulai dari usia 15 tahun.

Ciri-Ciri Tidak Cocok Dengan Cream Temulawak

Ciri-Ciri Tidak Cocok Dengan Cream
Ciri-Ciri Tidak Cocok Dengan Cream

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh cream temulawak, salah satunya adalah untuk mencerahkan warna kulit. Namun beberapa orang yang menggunakan cream ini menimbulkan reaksi yang tidak baik pada kulit.

Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak, agar kesehatan pada kulit lebih terjaga. Berikut adalah beberapa ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak :

1. Kulit Kering dan Terkelupas

Kulit kering dan terkelupas menjadi salah satu ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak pertama yang sering terjadi.

Ini kemungkinan bisa terjadi karena cream tersebut mengandung bahan-bahan yang kurang menghidrasi atau bahkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sudah cenderung kering.

Jika kamu mengalami peningkatan kulit kering, ketidaknyamanan, atau pegelupasan setelah menggunakan cream temulawak, disarankan untuk menghentikan penggunaan dan mencari prosuk perawatan kulit yang lebih cocok untuk kondisi kulit kamu.

2. Timbul Beruntusan atau Jerawat

Timbul Beruntusan atau Jerawat
Timbul Beruntusan atau Jerawat

Ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak yang paling mudah dikenali yaitu dengan timbulnya beruntusan atau jerawat pada bagian kulit wajah.

Biasanya efek jerawat yang ditimbulkan tidak terlalu parah, namun lama-kelamaan akan memperburuk skin berrier kulit.

Untuk itu, selalu lakukan uji patch terlebih dahulu sebelum mengaplikasi prosuk baru secara menyeluruh untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan.

3. Sensasi Panas Pada Kulit

Sensai panas pada kulit setelah menggunakan cream temulawak termasuk ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak yang perlu diwaspadai.

Karena reaksi panas yang berlebihan bisa menunjukkan bahwa kulit merespon secara negatif terhadap salah satu atau beberapa kandungan yang terdapat di dalam cream tersebut.

Bila reaksi panas ini terjadi pada kulit, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan carilah produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu saat ini.

4. Kulit Perih dan Gatal

Reaksi perih dan gatal bisa menjadi tanda adanya iritasi atau reaksi alergi terhadap salah satu komponen dapat produk tersebut dan hal ini bisa menjadi ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak.

Temulawak memiliki kandungan bahan-bahan aktif dan tidak semua jenis kulit mampu merespon dengan baik formula yang ada di dalam kandungan cream.

Jika kamu mengalami perih dan gatal setelah penggunaan, sebaiknya bersihkan kulit dengan lembut. Apabila reaksi ini berlanjut, segera konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

5. Timbulnya Flek Hitam

Meskipun cream temulawak dirancang untuk mencerahkan kulit dan mengurangi noda, pada beberapa jenis kulit individu mungkin reaksi yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Hal ini bisa diartikan sebagai ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak. Karena flek hitam setelah penggunaan bisa disebabkan oleh iritasi atau intoleransi terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalam cream.

Jika kamu mengalami peningkatan hiperpimentasi atau munculnya flek hitam setelah menggunakan cream, sebaiknya segera hentikan penggunaan produk tersebut.

6. Kulit Menjadi Kasar Bertekstur

Kulit Menjadi Kasar Bertekstur
Kulit Menjadi Kasar Bertekstur

Cream temulawak mengandung bahan-bahan aktif yang dirancang untuk meratakan dan memperhalus tekstur kulit. Namun pada beberapa orang yang memiliki reaksi kulit berbeda dapat menyebabkan ketidakcocokan.

Ini menjadi ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak karena kulit tidak mampu menyerap dengan baik cream yang telah diaplikasikan.

Hal ini juga bisa terjadi akibar kulit sentitif kamu menolak hadirnya kandungan baru pada cream temulawak tersebut.

7. Perubahan Warna Kulit yang Abnormal

Ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak terkahir yaitu perubahan warna kulit yang abnormal dalam waktu yang pendek.

Meski temulawak dirancang untuk mencerahkan warna kulit dan mengurangi noda di kulit wajah, namun dibeberapa pengguna perubahan warna kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit asli justru bisa terjadi.

Apabila kamu mengamati perubahan warna kulit yang tidak biasa setelah menggunakan cream temulawak, sebaiknyahentikan pemakaian produk dan gunakan cream perawatan kulit yang sesuai dengan kulit.

Ciri-Ciri Cocok Menggunakan Cream Temulawak

Ciri-Ciri Cocok Menggunakan Cream Temulawak
Ciri-Ciri Cocok Menggunakan Cream Temulawak

Memilih skincare yang cocok untuk merawat wajah merupakan hal yang sulit, sehingga tak heran jika banyak orang yang menggonta ganti skincare wajah demi memperoleh produk yang sesuai.

Apabila kamu salah satu pengguna skincare cream temulawak, berikut adalah tanda-tanda yang harus kamu pahami apakah cream ini cocok kamu gunakan sehari-hari.

Tidak Menimbulkan Reaksi Alergi

Jika produk tersebut tidak menyebabkan kemerahan, gatal, atau iritasi pada kulit setelah penggunaan cream temulawak, itu artinya cream tersebut bersahabat dan cocok untuk kulit wajah kamu.

Reaksi ini bisa kamu amati saat pertama kali menggunakan cream temulawak atau beberapa hari setelah skincare ini diaplikasi.

Bekas Jerawat dan Flek Hitam Memudar

Tujuan dari penggunaan skincare tentu untuk mengatasi terjadinya masalah pada kulit wajah seperti bekas jerawat dan flek hitam yang memudar.

Nah, ketika cream temulawak ini mampu mengatasi masalah yang terjadi di kulit wajah kamu, itu artinya cream tersebut cocok untuk kamu gunakan sehari-hari. Perubahan ini bisa kamu lihat sekitar 1-2 minggu setelah cream digunakan.

Kulit Menjadi Lebih Cerah

Cream Temulawak memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A untuk memutihkan kulit. Jika cocok menggunakan cream ini, maka kulit akan berangsur-angsur lebih cerah dan tampak putih dalam beberapa minggu kedepan.

Selain itu, kecerahan kulit juga akan bertahan meski pemakaian cream temulawak diberhentikan atau tidak diaplikasikan lagi ke kulit wajah.

Wajah Lebih Lembab dan Kenyal

Hadir dengan memiliki berbagai kandungan minyak atsiri yang alami, temulaki berfungsi untuk memberikan kelembapan alami pada kulit sehingga kulit akan terasa lebih lembab dan kenyal setelah menggunakannya.

Efek ini bisa kamu lihat setelah beberapa minggu menggunakannya. Jika hal tersebut terjadi, itu artinya cream Temulawak cocok kamu gunakan sehari-hari.

Kulit Terasa Lebih Halus dan Mulus

Faktanya, ketika skincare atau cream yang kita gunakan cocok dengan kulit wajah, maka nutrisi dari cream dapat diserap dengan baik oleh kulit sehingga terasa lebih halus dan mulus.

Jika efek ini memiliki dampak yang baik untuk kulit, kamu bisa menggunakannya dengan rutin setiap hari.

Efek Samping Penggunaa Cream Temulawak

Memiliki kandungan bahan alami, temulawak pada umumnya sangat aman digunakan sebagai cream wajah. Kecuali bagi kamu yang memiliki hipersensitivitas terhadap tamanan yang satu ini.

Hal yang perlu kamu waspadai justru bahan tamabahan lainnya yang terkandung di dalam cream ini yang akan memberikan ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak.

Jika produk yang kamu ambil palsu, bisa saja produk cream temulawak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau paraben. Dimana zat ini yang akan menyebabkan efek samping seperti iritasi atau ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak lainnya.

Perbedaan Cream Temulawak Asli dan Palsu

Perbedaan Cream Temulawak Asli dan Palsu 
Perbedaan Cream Temulawak Asli dan Palsu

Menggunakan cream temulawak yang palsu akan menimbulkan ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak dan akan merusak kesehatan kulit wajah pengguna. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan dari cream temulawak asli dan palsu.

Berikut adalah beberapa perbedaan cream temulawak asli dan palsu yang wajib kamu ketahui, yakni diantaranya :

1. Kemasan Cream Temulawak

Perbedaan cream temulawak asli dan palsu bisa kamu lihat dari kemasan box cream. Dimana kemasan produk asli berwarna kuning cerah sedangkan yang palsu berwarna kuning kecoklatan.

Bagian atas kemasan produk asli terlihat embos atau stiker yang timbul sedangkan yang palsu tidak memiliki stiker pada nama brand temulawak.

2. Tekstur

Cream temulawak asli memiliki tekstur krim tidak lengket dan terlihat berminyak. Sementara cream temulawak palsu terlihat jelas warnanya sangat cerah dan memiliki terkstur yang lengket.

Aroma bau dari cream temulawak asli tidak menyengat melainkan seperti aroma produk khas rempah dan wanginya soft. Sementara cream temulawak palsu memiliki aroma wewangian menyerupai rempah-rempah.

3. Kandungan

Cream temulawak asli secar umum tidak 100% memiliki bahan organik dan memiliki kandungan kimia yang rendah.

Dimana unsur kimia yang terdapat di dalam prosuk cream temulawak tidak mengandung bahan merkuri yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Sementara cream temulawak palsu mengandung bahan merkuli yang dapat merusak skin berrier.

4. Keamanan

Produk Cream Temulawak untuk kulit wajah ini telah terdaftar di badan kesehatan Malaysia dengan nomor registrasi MAL03040088K yang terdapat di bagian kemasan produk.

5. Harga Produk

Sebaiknya membeli produk cream temulawak asli di distributor resmi atau toko online shop terpercaya yang ada di Shopee. Produk cream temulawak asli ini biasanya di bandrol dengan harga sekitar Rp65.000. Sementara cream temulawak palsu dijual dibawah harga.

Untuk itu jangan terlalu tergiur untuk membeli produk cream wajah yang dijual dibawah market produk asli yang seharusnya.

Postingan Menarik Lainnya : 7 Cream Memutihkan Wajah Dalam 7 Hari BPOM Di Apotik

Akhir Kata

Demikian lima belas ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak diatas. Apabila terjadi reaksi dari beberapa ciri-ciri tersebut sebaiknya segera untuk menghentikan penggunaan dari produk kecantikan ini untuk menghindari kerusakan pada kulit.

Semoga informasi ciri-ciri tidak cocok dengan cream temulawak ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay