9 Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Micellar Water

Evi Winda Simamora

Kenali ciri ciri tidak cocok memakai micellar water mulai hari ini juga! Sudah menjadi kegiatan rutin dan bisa dibilang sudah menjadi keseharian bagi para wanita menggunakan micellar water apalagi saat pulang bepergian dari pesta maupun hanya sekedar hangout.

Para wanita tentunya akan selalu menggunakan make up untuk bepergian maka tidak heran jika penggunaan micellar water adalah sebuah kebiasaan.

Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Micellar Water

Micellar water digunakan untuk menghapus make up yang digunakan setelah seharian bepergian dan bukan cuma menghapus make up namun micellar water juga diyakini bisa mengangkat kotoran yang menempel di kulit wajah.

Beda tekstur wajah tentunya menyebabkan tidak semua micellar water cocok untuk wajah kita, dan artikel kali ini akan membahas tentang ciri ciri tidak cocok memakai micellar water jadi di simak sampai selesai.

Sekilas Tentang Micellar Water

Micellar water adalah bagian dari kosmetik yang berbentuk cairan berupa seperti air yang biasa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit wajah seperti debu, minyak dan micellar water juga biasanya digunakan untuk menghapus make up.

Sekarang ini tidak hanya MUA saja yang menyediakan micellar water ini namun juga sudah hampir semua wanita karena micellar water ini dianggap bisa dengan keseluruhan membersihkan kotoran-kotoran dan sisa make up pada wajah sehingga wajah akan jadi bersih dan tidak akan menyebabkan jerawat.

Gambar: Shutterstock

Penggunaan micellar water ini juga merupakan salah satu upaya untuk merawat wajah selain penggunaan serum wajah dan sejenisnya. Ya, salah satu cara untuk merawat wajah adalah dengan membersihkannya rutin agar tidak menimbulkan jerawat pada wajah.

Maka tidak heran para wanita banyak menggunakan micellar water ini terlebih dahulu untuk membersihkan wajah mereka sebelum mencuci dengan air dan sabun cuci khusus wajah dan bagi beberapa wajah penggunaan micellar water ini tidak pengaruh karena mungkin cocok dengan kulit wajah, namun untuk sebagian lagi penggunaan micellar water tidak cocok sehingga membuat wajah kusam dan bruntusan.

Pemakaian micellar water yang tidak cocok akan bisa dirasakan oleh si pengguna jika peka namun herannya banyak wanita yang belum bisa mengenali ciri ciri tidak cocok memakai micellar water dan menganggap gejala-gejala pada wajah mereka saat memakai micellar water adalah proses pembersihan dari kandungan micellar water tersebut.

Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Micellar Water

Perlu diketahui bahwasanya tidak semua kulit wajah orang cocok memakai micellar water untuk itu berhati-hatilah apalagi jika wajah kamu termasuk yang sensitif karena bisa mengakibatkan resiko yang fatal. Berikut ini adalah ciri ciri tidak cocok memakai micellar water:

Wajah Kering

Salah satu ciri ciri tidak cocok memakai micellar water adalah kulit wajah kering dan mengencang, biasanya ciri ini tidak akan langsung terasa namun setelah beberapa hari pemakaian maka kulit wajah akan terasa kering dan tampak dengan jelas tekstur wajah mengering.

Jika sudah seperti ini artinya kulit wajah kamu tidak cocok memakai micellar water dan sangat disarankan untuk menghentikan pemakaian micellar water tersebut.

Wajah Mengelupas

Selain mengering, ciri ciri tidak cocok memakai micellar water adalah kulit mengelupas dan biasanya bisa saja tera perih namun ada juga mengelupas tidak perih karena mengelupasnya hanya kulit luar saja.

Namun jika ciri ini sudah timbul dan pemakaian micellar water tidak di berhentikan karena dianggap itu proses perbaikan kulit dari micellar water padahal tidak, itu akan dapat membuat kulit wajah kamu meradang.

Wajah Gatal-Gatal

Jika kamu pernah merasa kulit wajah kamu gatal saat menggunakan micellar water itu artinya kamu harus menghentikan pemakaian micellar water tersebut, karena ciri ciri tidak cocok memakai micellar water adalah kulit wajah terasa gatal.

Dan ketika wajah gatal tentunya akan membuat kamu tanpa sadar menggaruk wajah kamu yang dimana efeknya yaitu akan membuat wajah kamu luka, dan rasa gatalnya memang terkadang akan singkat namun ada juga yang gatalnya berkepanjangan, jadi lebih baik diberhentikan jika sudah merasakan gatal saat pemakaian.

Wajah Terasa Panas

Ciri ciri tidak cocok memakai micellar water selanjutnya wajah akan terasa panas seperti terbakar dan itulah yang menyebabkan wajah menjadi kering dan setelahnya mengelupas.

Jadi jika sudah mulai terasa panas, hentikan pemakaian micellar water dan segera cuci wajah kamu dengan air dingin atau air biasa dan jangan menggunakan sabun saat itu.

Wajah Memerah

Pernah melihat wajah memerah seperti terkena paparan matahari namun kamu 24 jam di ruangan dan sama sekali tidak merasa sakit? ya, itu adalah ciri ciri tidak cocok memakai micellar water.

Jika wajah kamu memerah dan kamu merupakan salah satu pengguna micellar water artinya micellar water tersebut tidak cocok untuk kamu gunakan. Segeralah berhenti dan berikan perawatan terbaik untuk wajah kamu agar tidak menjadi luka apalagi jika wajah kamu salah satu kulit wajah yang sensitif

Wajah Bentol-Bentol

Nah, wajah bentol-bentol merah ini juga merupakan ciri ciri tidak cocok memakai micellar water loh, biasanya tidak akan terasa sakit jika tidak disentuh namun akan mengganggu dan gatal.

Jika dibiarkan atau kamu tetap melanjutkan pemakaian micellar water maka bentol merahnya bisa lebih banyak dan menyebar ke semua wajah, jadi lebih baik dihentikan dulu dan biarkan wajah istirahat.

Wajah Jadi Berjerawat

Selain beberapa ciri ciri tidak cocok memakai micellar water di atas ternyata wajah berjerawat juga merupakan akibat dari pemakaian micellar water yang tidak cocok jadi tidak mulu soal bedak atau sisa make up yang bikin berjerawat.

Walaupun micellar water bisa membersihkan sisa make up namun jika sudah tidak cocok akan mengakibatkan wajah berjerawat kecil dan memerah seperti pada gambar, dan lebih baik kamu hentikan pemakaiannya dan beralih lah ke sabun pencuci wajah biasa demi kebaikan kulit wajah kamu.

Wajah Kusam

Usut punya usut ternyata muka kusam bukan hanya karena kekurangan nutrisi dan vitamin pada wajah, namun bisa jadi wajah kusam adalah salah satu ciri ciri tidak cocok memakai micellar water.

Pemakaian micellar water yang tidak cocok baik itu masih dalam waktu singkat saja namun bisa menyebabkan kulit wajah kusam, oleh karenanya jika sudah mengalami hal ini segeralah hentikan pemakaian micellar water pada wajah kamu.

Wajah Merah Seperti Melepuh Dan Ruam

Ciri ciri tidak cocok memakai micellar water yang lainnya adalah wajah memerah seperti melepuh dan roam, biasanya ini akan seperti bertumpuk namun bisa juga merata ke seluruh wajah dan juga akan terasa sakit dan perih bersamaan.

Jika sudah sampai seperti ini maka langkah yang harus kamu lakukan adalah tidak hanya menghentikan pemakaian micellar waternya namun kamu harus segera berobat ke dokter.

Sebab Akibat Micellar Water Tidak Cocok

Sebab Akibat
Tidak menggunakan micellar water yang tepat Kusam dan kering
Di usap terlalu keras iritasi, memerah, dan bengkak
Kandungan Micellar water Jerawat, ruam, melepuh, gatal

 

Cara Pemakaian Micellar Water Yang Benar

Tahukah kamu jika pemakaian micellar water yang salah atau kurang tepat dapat berakibat fatal pada kulit wajah loh, oleh karenanya kamu harus tahu dulu bagaimana cara pemakaian micellar water yang tepat dan benar.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang benar dan tepat untuk pemakaian micellar water:

  1. Gunakan micellar water yang kandungan PH nya tidak terlalu tinggi sehingga mengakibatkan kulit kering
  2. Aplikasikan micellar water menggunakan kapas dan usap dengan lembut
  3. Usap dari atas ke bawah, kiri ke kanan (jika pipi bagian kanan) dan kanan ke kiri (jika pipi bagian kiri)
  4. Setelah itu jangan lupa cuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah
  5. Keringkan wajah menggunakan handuk yang khusus wajah
  6. Tap tap handuk pada wajah untuk mengeringkan bukan digosok

Penutup

Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Micellar Water
Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Micellar Water

Perlu dicatat! Tidak semua wajah cocok dengan micellar water dan tidak selamanya micellar water aman untuk kulit wajah kita jadi berhati-hatilah untuk resiko terhadap pemakaian micellar water, jika salah satu ciri ciri tidak cocok memakai micellar water di atas sudah kamu alami maka segera hentikan pemakaiannya.

Demikianlah artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kamu, jangan lupa di like dan di share agar banyak orang tahu. Lebih baik mencegah daripada mengobati. See you.

Evi Winda Simamora

IG; Windasimamora1597

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay