Jangan Salah Pakai! Berikut Ukuran Shock Belakang Vario 150 Yang Benar

Irfan Nathanael

Bingung berapa ukuran shock belakang vario 150? Jika anda adalah penunggang Honda Vario 150, Anda mungkin memiliki pertanyaan yang sama mengenai dimensi shock belakang.

Memiliki sepeda motor Honda Vario 150 memiliki tanggung jawab untuk memahami komponen vital seperti shock belakang. Shock belakang adalah part penting dalam suspensi sepeda motor, yang memengaruhi kenyamanan berkendara dan kemampuan bermanuver.

Ukuran shock belakang memegang peran penting untuk memastikan stablitas berkendara yang aman. Pada artikel ini, kita akan memberikan informasi lengkap mengenai dimensi ukuran shock belakang Vario 150.

Apa Fungsi Shock Belakang Sepeda Motor?

Apa Fungsi Shock Belakang Sepeda Motor?
Apa Fungsi Shock Belakang Sepeda Motor?

Shock belakang sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem suspensi, berkontribusi terhadap performa dan kenyamanan berkendara secara keseluruhan.

Fungsi utama shock belakang sepeda motor pada umumnya sebagai berikut:

1. Meredam benturan

Shock belakang menyerap dan meredam benturan yang dihasilkan ketika sepeda motor melalui gundukan, lubang, atau permukaan yang tidak rata. Sehingga mencegah guncangan berlebihan dan memastikan berkendara lebih mulus.

2. Mempertahankan Kontak Ban

Dengan menyerap guncangan dan getaran, shock belakang membantu mempertahankan kontak antara ban dan permukaan jalan. Hal ini penting untuk stabilitas, kontrol, dan pengereman yang baik.

3. Mendukung Muatan

Shock belakang mendukung pengendara dan barang yang dibawa pada sepeda motor. Membantu menyesuaikan bobot merata, mencegah sepeda motor dari bottoming out atau melorot berlebihan.

4. Menyeimbangkan Suspensi Depan dan Belakang

Bersama dengan suspensi depan, shock belakang membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas saat akselerasi, deselerasi, dan menikung. Keseimbangan suspensi yang tepat berpengaruh pada penanganan yang baik.

5. Penyesuaian

Banyak sepeda motor modern, termasuk Honda Vario 150, dilengkapi dengan shock belakang yang dapat disesuaikan. Pengendara dapat menyesuaikan suspensi sesuai dengan gaya berkendara atau kondisi beban yang berbeda.

Pada intinya, shock belakang sepeda motor sangat penting untuk keamanan berkendara, memberikan rasa yang aman, nyaman, terkendali, dan stabil.

Berapa Ukuran Shock Belakang Vario 150?

Berapa Ukuran Shock Belakang Vario 150?
Berapa Ukuran Shock Belakang Vario 150?

Ukuran shock belakang Honda Vario 150 bervariasi tergantung tahun dan modelnya. Untuk mengetahui ukuran yang tepat shock belakang Honda Vario 150, Anda dapat melihatnya pada buku panduan sepeda motor resmi Honda.

Buku panduan dari Honda memberikan spesifikasi rinci, informasi tentang sistem suspensi belakang, dimensi peredam kejut, dan prosedur perawatan yang disarankan.

Jika anda tidak memiliki buku panduan, hubungi bagian servis dealer Honda atau periksa situs web resmi Honda untuk mengetahui spesifikasi teknis yang dibutuhkan.

Tenang saja, di bawah ini adalah daftar ukuran shock belakang vario 150 dari tahun terendah dan tertinggi:

Nama Produk Peredam Kejut (SHOCKABSORBER)
Model Honda VARIO 150 ESP
Honda No H2-52400-K59-1700
Genuine No 52400-K59-A11
Ukuran 330mm (33cm)
Tahun 2018 – Sekarang
Price Rp280.000

Sepeda motor anda kemalingan? Ini dia Cara Melacak Motor Hilang Dengan Google Maps.

Daftar Ukuran Shock Belakang Vario 150 Semua Tipe Terbaru

Daftar Ukuran Shock Belakang Vario 150 Semua Tipe Terbaru
Daftar Ukuran Shock Belakang Vario 150 Semua Tipe Terbaru

Pengguna vario wajib tahu ukuran shock belakang Vario 150 semua tipe terbaru, sebenarnya untuk ukuran shock vario 150 terbaru semuanya hampir sama. Tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Di bawah ini telah kami rangkum untuk ukuran shock belakang Vario 150 terbaru sampai sekarang ini. Brosis engga perlu ragu lagi saat ingin mengganti atau modif shock belakang Vario 150, di bawah ini rincian ukurannya.

Tertarik Menggunakan Rekomendasi Asuransi Mobil Honda Terbaik?

Ukuran Shock Belakang Vario 150

Shock vario ukuran berapa? Dilihat dari tabel di atas, bahwa ukuran shock belakang Vario tetap di angka 330mm atau setara dengan 33cm. Ukuran di atas dilansir dari laman resmi www.astra-honda.com.

Vario Tahun Ukuran
Vario 125 eSP K60 2015 – 2018  330mm
Vario 125 eSP K60R 2018 – Sekarang 330mm
Vario 150 eSP K59 2015 – 2018 330mm
Vario 150 eSP K59J 2018 – Sekarang 330mm

Spesifikasi Singkat Vario 150 eSP Terbaru

Untuk mengetahui harga Vario 150 terbaru, silahkan anda cek di Update Harga Vario 150 Bekas 2017, 2018, 2019 Mulai Dari 10 Juta.

Honda Vario 150 eSP
Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopik
Suspensi Belakang Swing Arm Shock Tunggal
Ban Depan 90/80 – 14M/C 43P Tubeless
Ban Belakang 100/80 – 14M/C 48P Tubeless
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi Brake System (CBS)
Kapasitas Bahan Bakar 5,5 liter
Tipe Mesin 4 langkah SOHC
Berat Kosong 112 KG

Tips Agar Shock Belakang Honda Vario Lebih Awet

Merawat shock atau peredam kejut belakang Honda Vario sangat penting untuk memastikan penggunaan yang mulus dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu memperpanjang usia shock belakang Honda Vario anda agar lebih awet:

  • Cek Shock Berkala

Periksa shock belakang secara teratur untuk mengetahui adanya tanda-tanda kebocoran, kerusakan, atau keausan. Perhatikan noda oli di area shock, jika ada oli yang tidak wajar tentu menandakan ada kebocoran.

  • Jaga Kebersihan

Bersihkan shock belakang secara berkala untuk menghilangkan kotoran, debu, dan serpihan pasir. Shock belakang yang bersih tidak mudah rusak dan akan bekerja lebih baik.

Selain menjaga kebersihan, cek juga Rekomendasi Distributor Oli Motor Semua Merk.

  • Pengisian Angin Tepat

Pastikan ban sepeda motor anda dipompa dengan benar. Tekanan angin yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja shock belakang dan menyebabkan keausan terlalu cepat.

  • Hindari Beban Berlebih

Hindari membebani sepeda motor anda melebihi kapasitas yang direkomendasikan. Beban yang berlebihan dapat membebani shock belakang dan membuat shock tidak dapat berfungsi alias jadi lebih keras.

  • Bekendara Dengan Waras

Anda harus memiliki gaya berkendara yang halus, baik, dan terkendali. Hindari benturan dan lompatan yang keras, karena dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada shock belakang.

  • Gaya Berkendara Dengan Kondisi Jalan

Perhatikan kondisi jalan dan sesuaikan gaya berkendara anda. Perlambat laju kendaraan pada permukaan yang kasar atau tidak rata untuk mengurangi tekanan pada shock belakang.

  • Perawatan Rutin

Ikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan pabrikan untuk Honda Vario. Hal ini untuk melakukan pemeriksaan shock belakang secara berkala dengan penggantian oli.

  • Gunakan Suku Cadang Asli

Saat mengganti atau menyervis shock belakang, gunakan suku cadang asli Honda atau komponen aftermarket berkualitas tinggi yang memenuhi spesifikasi pabrikan Honda Genuine Parts.

  •  Hindari modifikasi

Hindari modifikasi yang tidak perlu yang dapat mempengaruhi sistem suspensi. Tetaplah berpegang pada spesifikasi asli honda untuk shock belakang yang bekerja dengan optimal.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memperpanjang masa pemakaian dan kinerja shock belaknag belakang Honda Vario. Perawatan yang rutin akan sangat membantu anda unyuk memastikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan dengan Honda Vario 150.

Kesimpulan

Ukuran Shock Belakang Vario 150
Ukuran Shock Belakang Vario 150

Kesimpulannya, ukuran shock belakang Vario 150 adalah 330mm sekitar 33cm. Anda dapat menyesuaikan ukuran tersebut jika anda ingin menyelaraskan kenyaman anda dalam berkendara, jika anda hoby modifikasi sepeda motor vario ini silahkan anda kunjungi seller yang menyediakan shock variasi original. Sudah pasti mereka akan menawarkan ukuran yang sama jika anda memiliki vario 150 ditahun yang serupa.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay