6 Bahan Pengganti Bread Improver Untuk Roti Yang Sering Digunakan

Bagi kalian yang suka membuat roti, wajib tahu informasi seputar bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti Bread Improver untuk roti. Pengganti Bread Improver untuk roti dicari karena Bread Improver itu sendiri cukup langkah ditemukan diberbagai toko kue biasa.

Oleh sebab itu, jika kalian ingin membuat kue dengan tekstur yang sempurna tanpa Bread improver, kalian dapat menggantinya dengan bahan pengganti Bread Improver untuk roti yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Apa Itu Bread Improver ?

Bread Improver merupakan bahan pelengkap yang dicampurkan pada adonan roti guna meningkatkan kualitas roti, baik dari segi volume, rasa, tekstur, dan warna roti dan warna sehingga bisa menghasilkan kualitas roti yang sempurna. Bread Improver terbuat dari kandungan gluten, pengemulsi nabati, antioksidan, enzim amilase, dan penstabil. Dimana setiap kandungan tersebut dapat mempengaruhi tekstur roti nantinya.

Meskipun begitu, menggunakan bread Improver bukanlah hal yang wajib untuk mendapatkan kualitas roti yang sempurna. Hal itu dikarenakan Bread Improver termasuk bahan yang cukup sulit ditemukan dibeberapa toko kue. Bread Improver juga memiliki harga yang cenderung lebih mahal dari bahan pengganti lainnya sehingga beberapa orang lebih memilih menggunakan bahan pengganti lainnya saja.

Fungsi Bread Improver Pada Roti

Secara umum, Bread Improver berfungsi untuk meningkatkan kualitas roti. Disini, kami akan menjelaskan secara khusus manfaat dari penggunaan Bread Improver pada roti :

Memperbaiki Tekstur Roti

Fungsi Bread Improver yang pertama ialah membantu memperbaiki tekstur roti menjadi lebih lembut, empuk dan juga halus. Dalam bread improver terdapat kandungan emulsifier yang berguna untuk menggabungkan bahan alami seperti air dan minyak sehingga dapat menciptakan bentuk roti yang kokoh.

Menahan Kerangka Roti yang Mengembang Melalui Gluten

Kandungan Gluten yang terdapat pada Bread Improver akan membuat roti mengembang dengan waktu yang lama. Sehingga ketika roti sudah dalam proses pemanggangan akan memberikan hasil akhir yang sempurna.

Membantu Ragi Untuk Memproduksi Gas Supaya Roti Lebih Mengembang

Bread Improver juga dapat membantu bahan ragi yang ada pada adonan roti untuk memproduksi gas sehingga roti dapat mengembang dengan sempurna.

Mempersingkat Waktu Fermentasi

Selain itu, Bread Improver dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan dalam proses fermentasi roti. Hal ini cukup membantu bagi kalian yang ingin membuat roti skala besar karena bisa melakua proses produksi dengan cepat.

Memperpanjang Masa konsumsi

Terakhir, fungsi yang paling penting dari penggunaan Bread Improver yaitu memperpanjang masa konsumsi roti. Hal itu dikarenakan Bread Improver dapat membuat tekstur lebih kenyal dan mengurangi kelembaban pada roti.

Bahan additive emulsifier pada bahan ini juga dapat mengikat air pada roti. Kadar air yang rendah dalam bahan pangan mengurangi resiko pertumbuhan kapang atau jamur sehingga dapat memperlama masa kadaluarsa pada roti.

Meningkatkan Warna Roti

Bread Improver memiliki kandungan enzim amilase yang dapat menghidrolisis kandungan pati pada roti menjadi molekul yang lebih kecil untuk mengurangi kandungan gula. Kandungan gula yang rendah dapat merubah warna roti saat proses pemanggangan.

Bread improver dapat meningkatkan proses oksidasi yang membuat roti terlihat lebih putih. Beberapa bahan didalamnya dapat bereaksi dengan oksigen dan mengoksidasi warna roti.

Bahan-Bahan Pengganti Bread Improver Untuk Roti

Untuk menghasilkan roti yang sempurna, penggunaan Bread improver memang wajib dipertimbangkan apalagi jika roti yang dibuat nanti ingin dijual. Namun jika kalian tidak ingin menggunakan Bread Improver sebagai bahan tambahan adonan roti, maka kalian wajib memiliki bahan pengganti Bread Improver untuk roti agar tetap menghasilkan roti yang sempurna.

Adapun bahan pengganti Bread Improver untuk roti yang bisa kalian gunakan ialah :

Air Lemon Atau Perasan Jeruk Nipis

Pengganti Bread Improver Untuk Roti
Pengganti Bread Improver Untuk Roti

Mungkin bahan yang satu ini masih jarang diketahui orang banyak sebagai bahan pengganti Bread Improver untuk roti yang bisa digunakan. Nyatanya kandungan asam yang ada pada perasan lemon ini dapat menggantikan peran Bread Improver pada adonan roti.

Takaran menggunakan ketika proses pembuatan roti adalah 1 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis untuk setiap 250 gr tepung yang diambil. Misalnya jika kalian menggunakan tepung sebanyak 500 gr, maka kalian wajib pula menuangkan air perasan sebanyak 2 sendok makan. Perbandingan tersebut bisa terus diterapkan pada ukuran skala roti yang akan diproduksi.

Untuk mendapatkan hasil roti dengan tekstur terbaik menggunakan bahan ini, kalian juga perlu memperhatikan proses pengulenan adonan, apalagi jika tidak menggunakan Mixer. Hindari berbagai hal yang dapat menarik hingga merobek adonan. Sebab, setiap robekan yang terjadi pada adonan, ternyata juga berimbas pada rusaknya serat yang telah terbangun pada proses pengulenan.

Water Roux

Water roux merupakan campuran tepung terigu dan air dengan perbandingan 1:1 yang dimasak hingga mengental. Water roux berfungsi untuk melembutkan tekstur roti dan mempercepat proses fermentasi adonan.

Proses pembuatan water roux cukup mudah yaitu dengan memasak campuran tepung terigu dan air hingga adonan menjadi transparan dan kental. Gunakan air es agar proses pemasakan water roux lebih cepat sambil terus diaduk agar tidak gosong. Selanjutnya dinginkan water roux hingga suhu ruang sebelum dicampurkan dalam adonan roti.

Nah, takaran menggunakan water roux sebagai pengganti Bread Improver untuk roti sebanyak 10-20% dari berat total tepung dalam resep roti. Water roux yang telah dibuat tadi bisa disimpan dalam kulkas hingga 1 minggu untuk digunakan lagi.

Buttermilk

Pengganti Bread Improver Untuk Roti
Pengganti Bread Improver Untuk Roti

Buttermilk merupakan susu fermentasi yang memberikan rasa asam pada roti. Buttermilk juga bisa dipilih sebagai pengganti Bread Improver untuk roti karena dapat membuat roti lebih lembut dan kenyal. Jika tidak ada buttermilk, kalian juga bisa menggantinya dengan mencampur 1 cangkir susu cair dengan 1 sendok makan air lemon atau cuka. Campuran ini didiamkan selama 5-10 menit hingga susu menggumpal.

Bahan pengganti Bread Improver untuk roti ini mengandung asam laktat dari fermentasi susu yang akan menghasilkan gelembung gas. Gas inilah yang membuat roti mengembang. Selain itu, Buttermilk juga membantu protein dalam tepung terigu membentuk struktur kenyal yang baik.

Untuk menghasilkan roti yang nikmat dengan Buttermilk, kalian harus menggunakan buttermilk dingin agar lebih efektif dalam membuat adonan yang kenyal. Selanjutnya jangan overmix adonan setelah menambahkan buttermilk agar struktur glutennya tidak rusak. Takaran air dalam adonan menggunakan Buttermilk juga tidak boleh sebanyak takaran air pada adonan biasa.

Telur

Pengganti Bread Improver Untuk Roti
Pengganti Bread Improver Untuk Roti

Telur sudah menjadi bahan yang tidak asing lagi sebagai bahan utama dalam pembuatan roti ataupun kue. Namun perlu diketahui, memberikan penambahan telur juga dapat menjadi pengganti Bread Improver untuk roti. Telur memiliki protein dan lemak yang bermanfaat untuk menghasilkan tekstur yang lembut serta memperlambat staling.

Biasanya, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal kalian bisa menambahkan 1-2 butir telur untuk setiap 500 gram tepung terigu dalam resep roti. Selain itu, cara penggunaannya juga perlu diperhatikan seperti mengunakan telur suhu ruang, bukan telur dingin dari kulkas.

Kemudian kocok telur terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke adonan agar kuning dan putih telur tercampur rata. Setelah telur tercampur rata, tambahkan telur bertahap sambil diuleni agar adonan tidak terlalu lembek.

Baking Soda

Pengganti Bread Improver Untuk Roti
Pengganti Bread Improver Untuk Roti

Baking soda adalah bahan yang paling umum digunakan sebagai pengganti Bread Improver untuk roti dalam mengembangkan adonan. Baking soda bisa ditambahkan sedikit lebih banyak dari resep aslinya, sekitar 1/4-1/2 sendok teh untuk setiap 500 gram tepung. Pastikan adonan cukup asam agar reaksinya sempurna.

Setelah baking soda ditambahkan jangan overmix adonan agar gas tidak hilang. Adon setiap bahan hingga tercampur merata lalu panggang dengan suhu normal.

Minyak

Pengganti Bread Improver Untuk Roti
Pengganti Bread Improver Untuk Roti

Beberapa minyak juga dapat digunakan sebagai pengganti Bread Improver untuk roti. Minyak yang dimaksud meliputi minyak zaitun, minyak canola, atau minyak biji bunga matahari. Minyak bersifat hidrofobik sehingga menciptakan lapisan yang memerangkap gelembung gas di dalam adonan serta membantu membuat roti lebih empuk dan tahan lama.

Takaran untuk menggunakan minyak sebagai pengganti Bread Improver untuk roti sebanyak 3-5% dari berat tepung dalam resep roti. Untuk tips penggunaannya sebaiknya menggunakan minyak pada tahap akhir pengulenan agar gluten tidak terlalu lemah serta memilih minyak dengan rasa netral seperti minyak canola atau minyak zaitun.

Beberapa Merek Bread Improver Yang Banyak Digunakan

Meskipun ada beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai pengganti Bread improver untuk roti masih banyak orang memilih mengunakan Bread Improver langsung karena kandungan bahan kimia yang dapat memperlama ketahanan roti.

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa merek Bread Improver yang cukup banyak digunakan sebagai bahan tambahan adonan roti :

LECITEM-500

Lecitem-500 merupakan bahan yang dapat mempercepat proses fermentasi pada adonan serta dapat melembutkan hasil akhir roti sekaligus. merek ini sangat cocok dipilih apabila kalian menggunakan kadar tepung yang terlalu tinggi. Lecitem-500 berukuran 500 gr, dan biasanya dijual seharga Rp38.000.

BAKER BONUS

Baker bonus merupakan jenis Bread Improver yang mengandung bahan dasar ragi instan dan tepung terigu. Dengan menggunakan Baker bonus, kalian akan mendapat roti dengan tekstur empuk yang dapat bertahan selama 1-2 hari. Merek ini juga yang biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga untuk membuat kue konsumsi pribadi.

Baker Bonus memiliki banyak ukuran, salah satunya berukuran mini 10 gr dengan harga Rp 5.000.

PURATOS S-500

Kandungan murni asam askorbat yang cukup tinggi dan memiliki daya serat yang juga tinggi. Puratos S-500 dapat menghasilkan roti yang bertekstur padat dan juga halus. Kalian dapat menemukan Bread Improver merek ini dimarketplace dengan harga Rp. 52.000, ukuran 500 gr.

BAKERIN PLUS

Bakerin Plus mampu melembutkan dan menghaluskan tekstur adonan dan juga serat dengan baik. Harga dari Bakerin Plus berkisar Rp44.000, untuk ukuran 500 gr. Bakerin Plus bisa ditemukan pada berbagai toko yang menjual perlengkapan roti.

MAGIMIX YELLOW

Magimix Yellow adalah merek Bread improver dengan komposisi tepung terigu, sodium metabisulfit dan juga enzim yang baik. Megimix Yellow sangat cocok digunakan untuk kalian yang ingin membuat roti yang besar, padat, serta berserat halus. Untuk harga dari bread Inprover merek megimix yellow berkisar Rp 68.000 dengan ukuran 500gr.

Untuk mendapatkan hasil roti yang sempurna, kalian harus menggunakan bread improver sesuai dengan takaran penggunaannya. Takaran bread improver untuk donat yaitu sebanyak 0,2-0,4 % dari jumlah tepung yang digunakan. Jika menggunakan 1 Kg tepung, maka kalian hanya perlu memasukan Bread Improver sekitar 2-4 gram saja.

Penutup

Pengganti Bread Improver Untuk Roti
Pengganti Bread Improver Untuk Roti

Berbagai bahan pengganti Bread Improver untuk roti yang telah kami jelaskan diatas cukup mudah ditemukan. Bahkan bahan-bahan tersebut pada umumnya selalu tersedia pada setiap rumah seperti telur, jeruk nipis ataupun, lemon serta baking soda.

Namun jika kalian memilih menggunakan Bread Improver saja, sebaiknya perhatikan petunjuk penggunaan produk pada setiap kemasan. Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga membantu pembaca menemukan pengganti bread Improver untuk roti.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay