13 Rekomendasi Pupuk Buah Terbaik Bantu Tanaman Tumbuh Subur

Untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal, sobat wajib tahu rekomendasi pupuk buah terbaik berikut ini. Tentu setiap orang yang menanam tanaman mengharapkan adanya hasil dari tanaman tersebut.

Untuk memperoleh hasil, petani wajib memberikan perawatan yang maksimal, salah satunya dengan memberikan pupuk buah terbaik. Pupuk merupakan bahan yang memiliki kandungan unsur hara yang nantinya akan dicampurkan pada tanaman agar tanaman tumbuh subur dan berbuah lebat.

Lantas, Apa saja pupuk buah terbaik yang dapat meningkatkan kuantitas buah ? Simak ulasan dibawah ini.

Memilih Pupuk Pelebat Buah dan Anti Rontok

Agar pohon buah yang telah kita tanam dapat menghasilkan buah yang lebat dan juga bagus tentu diperlukan pengurusan yang baik misalnya dengan memperhatikan kelembapan tanah atau pemberian pupuk secara teratur. Untuk pemberian pupuk juga tentunya tidak boleh sembarang, karena ada saj apupuk yang tidak cocok pada jenis tanaman tertentu sehingga merusak tanaman tersebut.

Berikut cara memilih pupuk pelebat buah dan anti rontok yang bisa diperhatikan :

Pahami Kebutuhan Nutrisi Pada Tanaman Buah

Setiap pupuk buah terbaik umumnya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Jadi, sebelum memilih pupuk buah yang tepat, pahami dahulu kebutuhan nutrisi dari buah tersebut. Berikut beberapa unsur yang dibutuhkan oleh tanaman buah :

1. Pastikan Tanaman Mendapatkan Unsur Hara Mikro

Tanaman buah membutuhkan unsur hara mikro, seperti Na;Ca, Mg;Fe, Cu;Zn, Mn;B, Co;Mo. Berikan pupuk pelebat buah yang mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

2. Unsur Hara Makro yang penting dalam pembentukan buah

Unsur hara Makro yang terdiri dari N, P, dan K tentu dibutuhkan oleh setiap tanaman buah. Namun, proporsi kebutuhan Nitrogen (N) lebih sedikit, sedangkan kebutuhan unsur P dan K lebih banyak. Fosfor berperan penting dalam pembentukan akar tanaman sehingga bisa berbuah lebat. Sedangkan Kalium berperan penting dalam pembentukan tulang tanaman dan penguat dinding sel serta membantu dalam proses pembentukan bunga dan buah. Sehingga buah yang dihasilkan bisa kuat dan tidak mudah rontok.

3. Tambahkan Bakteri Baik

Sebenarnya, Unsur hara makro dan mikro tidak akan dapat bekerja tanpa adanya bakteri baik yang membantu proses pembentukan unsur hara. Oleh sebab itu, agar unsur hara mikro dan makro yang telah disediakan berfungsi dengan baik kalian wajib menambahkan bakteri baik.

Kandungan Nutrisi Pupuk Untuk Pelebat Buah

Setelah memahami kebutuhan nutrisi pada buah, maka selanjutnya yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk buah terbaik ialah kandungan nutrisinya. Hal-hal yang barus diperhatikan seperti menggunakan pupuk khusus tanaman buah-buahan dengan pelebat buah organik agar mengandung unsur hara makro dan mikro seimbang.

Rekomendasi Pupuk Buah terbaik

Sebenarnya tidak semua pupuk buah terbaik bisa digunakan pada semua tanaman, Misalnya saja tanaman sayuran dan juga buah-buahan. Seiring dengan topik artikel ini, berikut beberapa pupuk buah terbaik yang bisa kalian beli sebagai asupan nutrisi untuk tanaman buah.

Berbagai Pupuk Organik

Pupuk organik merupakan pupuk buah terbaik yang tidak mengandug zat kimia berbahaya, sehingga jenis pupuk ini sangat bagus untuk menyuburkan tanaman. Beberapa kelompok pupuk organik yang bisa kalian gunakan seperti :

Pupuk Kandang

Pupuk kandang merupakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Pupuk kandang memiliki beragam kandungan unsur hara yang baik untuk tanah. Misalnya seperti kalsium, fosfor, nitrogen, belerang, hingga magnesium.

Pupuk kandang umumnya terbuat dari berbagai kotoran hewan ternak seperti kambing, sapi, atau ayam. Sebelum dicampurkan dengan tanah di sekitar tanaman buah, berbagai jenis kotoran tersebut biasanya sudah melalui proses fermentasi atau pengolahan sehingga teksturnya tidak lagi terlihat seperti kotoran pada umumnya.

Pupuk kandang dapat berguna dalam membantu tanah agar strukturnya lebih longgar. Dengan begitu akar tanaman akan lebih mudah tumbuh dan melakukan penetrasi lebih jauh untuk menyerap nutrisi di dalam tanah.

Pupuk Hijau

Kelompok pupuk organik selanjutnya yaitu pupuk hijau. Dimana pupuk hijau ini terbuat dari sisa hasil panen atau tumbuhan lain yang terurai di tanah. Tanaman yang telah terurai akan bercampur dengan tanah sehingga menghasilkan unsur hara yang tinggi.

Jika rajin memberikan pupuk hijau pada tanaman yang kalian miliki, akan membantu menekan pertumbuhan gulma, mencegah erosi serta memperbaiki struktur tanah. Tanah yang subur akan menghasilkan tanaman buah yang baik.

Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah jenis pupuk organik yang banyak digunakan karena terbuat dari limbah rumah tangga seperti sampah buah, sampah daun, rumput, alang-alang, dan jenis sampah organik lainnya.

Pupuk kompor dipercaya mampu menambah nutrisi tanah dan membantu menahan air pada tanah berpasir. Jika kalian juga tertarik menggunakan pupuk ini, maka kalian sudah bisa membuat pupuk kompos sendiri dengan cara memisahkan sampah organik dan anorganik agar proses penguraiannya lebih mudah.

Pupuk Multitonik Buah

Pupuk Buah Terbaik

Pupuk buah terbaik yang bisa kalian beli di toko perlengkapan bertani ialah MULTITONIK. Pupuk ini dapat digunakan pada semua jenis tanaman karena unsurnya dapat diserap oleh seluruh bagian tanaman mulai dari daun sampai ke akarnya.

Dengan demikian pupuk Multitonik cukup berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, khususnya batang, cabang dan daun serta meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tanaman (daun, bunga dan buah), meningkatkan daya tahan tanaman terhadap gangguan hama, penyakit dan kekeringan.

POC GDM Spesialis Tanaman Buah-buahan

POC GDM merupakan jenis pupuk buah terbaik yang mempu meciptakan rasa buah lebih manis, daging buah lebih tebal, lebih besar dan seragam. Serta membuat tanaman lebih tahan terhadap layu fusarium & layu bakteri. GDM Tanaman Buah cocok untuk berbagai jenis buah seperti Mangga, melon, Rambutan, Durian, Srikaya, Jambu, Sawo, Anggur, Nangka, Lansat, Duku, Manggis, Delima, Semangka, Belimbing, dll.

Selain itu, Pupuk GDM juga dapat meningkatkan produktifitas tanaman dan tahan terhadap kondisi ekstrim, dapat meningkatkan bobot buah, dan kulit lebih tebal sehingga tidak mudah pecah, rasa buah menjadi lebih manis, dan mengurangi kerontokan, sehingga meninghatkan potensi produksi.

Pupuk Gandasil B

Pupuk Buah Terbaik

Selanjutnya, Gandasil B adalah pupuk buah terbaik yang cocok digunakan pada fase generatif, makna B dari Gandasil B adalah buah. Pupuk Gandasil B mendorong pertumbuhan dan munculnya bunga pada tanaman, pembentukan buah pada tanaman buah, sehingga dapat menyempurnakan hasil produksi tanaman. Selain itu, gandasil B juga mampu menjaga kesehatan tanaman dan menambah daya tahan tanaman terhadap penyakit atau serangan hama.

Pupuk Gandasil B memiliki Kandungan Fosfat (P2O5) sebanyak 20% digunakan untuk menunjang pembentukan tunas bunga dan kandungan Kalium (K2O) yang 2 kali lipat lebih tinggi daripada Gandasil D. Gandasil B berguna untuk membentuk karbohidrat pada buah, apabila tanaman buah membentuk karbohidrat dengan baik, maka rasa buahnya akan terasa manis.

GDM Pupuk Organik Cair

Pupuk Buah Terbaik

Pupuk buah terbaik selanjutnya yaitu GDM pupuk organik cair. Pupuk satu ini mampu meningkatkan produktivitas tanaman, serta membuat tanaman lebih tahan terhadap kondisi yang ekstrem. Pupuk ini dapat membuat tanaman lebih tahan terhadap ayu fusarium dan layu bakteri.

Untuk jenis pupuk ini sebenarnya cocok digunakan pada tanaman mangga. Bunga dari cikal bakal buah mangga akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Sehingga, dapat meningkatkan potensi produksinya. GDM Pupuk Organik Cair bisa kalian temukan temukan dipasaran ataupun toko-toko bahan tani lainnya dengan kisaran harga Rp50.000 per liternya.

Pupuk Buah Tanaman Golstar

Pupuk Golstrar berbentuk larutan dengan warna kuning kecoklatan ini diproduksi oleh PT. Deltagro Mulia Sejati. Golstar telah telah dikenal sebagai pupuk buah terbaik yang sangat efektif jika diaplikasikan pada pohon yang buahnya jarang-jarang seperti buah mangga, durian, kelengkeng, dan leci. Pupuk ini berperan meningkatkan jumlah ranting yang membentuk tunas bunga, membantu meningkatkan rataan jumlah bunga pada tiap pohon, dan mempercepat pertumbuhan bunga ataupun buah.

Cara menggunakan pupuk buah terbaik ini yaitu dengan menuangkan cairan golstar sebanyak 5-10 cc ke dalam wadah yang berisi air 1 liter. Aduk sampai rata kemudian siramlah campuran itu di sekeliling batang pohon sampai tanah menjadi basah. Lakukan pemupukan dengan golstar ini sebelum 2-3 bulan mendekati masa pembungaan dan lakukan sekali dalam setahun. Untuk harga 30 ml larutan golstar di toko online sekitar Rp30.000 an.

Perlu diketahui, bahwa setelah melakukan pemupukan menggunakan pupuk Golstar, Kalian tidak boleh melakukan penyiraman selama 4-5 hari berturut-turut. Selain itu, kalian juga tidak boleh melakukan pemupukan berikutnya dengan pupuk lain.

Green World MAGICgro G8

Pupuk Buah Terbaik

Pupuk buah terbaik berikutnya adalah Green World Magicgro G8. Untuk menggunakan pupuk ini cukup dengan mengaplikasikan dengan pestisida atau jenis pupuk lainnya. Melalui cara yang mudah tersebut kalian bisa memberikan asupan nutrisi yang baik pada tanaman.

Selain itu manfaatnya bisa meningkatkan daya tahan tanaman. Pupuk ini juga bisa digunakan untuk sayur, buah, maupun tanaman pangan lainnya. Jika memang cara pengaplikasian pupuknya sudah benar, maka kamu akan mendapat tanaman buah yang sehat dan berbuah lebat.

HORMONIK : Pupuk Buah NASA

Pupuk buah terbaik berikut ini diproduksi oleh PT Natural Nusantara. Pupuk Harmonik memiliki hormon seperti Auksin, Giberelin dan Sitokinin. Harmonik aman untuk kesehatan manusia, binatang maupun kesehatan lingkungan.

Pupuk buah terbaik ini bemanfaat untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman, memperbanyak bunga, mengurangi kerontokan pada bunga dan meningkatkan keawetan hasil panen. Sebelum menggunakan harmonik takar dosis sebanyak 1-2 cc per 1 liter air.

Infarm Pupuk Organik Cair Tanaman Buah

Infarm termasuk merek pupuk buah terbaik yang sudah banyak dikenal oleh kalangan petani buah. Dimana pupuk merek ini sudah dipercaya sebagai asupan nutrisi yang baik pada semua jenis tanaman seperti buah, bunga, dan sayuran. Produk ini bisa digunakan pada saat persiapan pembibitan hingga saat masuk ke fase pembuatan.

Fungsi utama produknya adalah untuk menyediakan unsur yang dibutuhkan oleh tanaman pada saat masuk fase pembuahan, menstabilkan Ph Tanah sehingga ideal sebagai media tanam, dan mengurangi residu kimia pada tanaman dan media tanamnya.

Pupuk Infarm Organik Cair ini mengandung beberapa nutrisi seperti kalium organik, Fe organik, asam humat, dan asam fulvat. Pupuk ini berbentuk cairan dengan berbagai ukuran kemasan sehingga harga yang di bebankan tentunya berbeda-beda pula.

Booster Pelebat Buah

Pupuk buah terbaik kali ini digunakan untuk melebatkan buah dengan kualitas yang bagus. Berbeda dengan pupuk sebelumnya, Booster pelebat buah ini memiliki bentuk serbuk yang cara penggunaannya ditaburkan disekitar tanaman.

Pupuk ini juga menambah daya tahan tanaman sehingga tidak rentan terkena penyakit dan pengaruh buruk lingkungan, membantu memperbaiki tanah setelah pemakaian produk kimia, membantu merangsang pengisian buah. Pupuk ini juga mengandung senyawa organik yang membantu kesuburan tanaman sehingga dapat memperkuat buah pada tangkai sehingga tak rontok, memperbaiki dan mempercepat pertumbuhan akar, hingga mempercepat pembungaan.

Sayangnya, pupuk pelebat buah merek Booster ini hanya bisa digunakan untuk buah tertentu setiap kemasannya. Jadi, jika kalian memiliki 5 jenis tanaman buah maka kalian harus membeli 5 pupuk Booster sesuai dengan jenis tanaman buah yang dimiliki. Meskipun begitu, kalian tidak akan dirugikan karena harga per  kemasan pupuk ini  hanya berkisar Rp9.000 an saja.

Pupuk NPK

Pupuk Buah Terbaik

Terakhir, pupuk buah terbaik NPK. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Untuk menyuburkan tanah, memerlukan unsur hara yang terdiri N(nitrogen), P(Fosfor), dan K(kalium). Dimana pupuk NPK memiliki suluruh kandungan tersebut, sehingga dipercaya dapat menyusun protein pada tanah.

Meskipun bukan pupuk alami, pupuk ini juga dapat memperbaiki kualitas buah pada masa panen. Tanaman nantinya juga akan mengalami perkembangan secara cepat dan tidak gampang rontok. Jika lahan yang dimiliki cukup luas dan digunakan untuk budidaya tanaman buah, pupuk NPK ini sudah menjadi hal yang wajib untuk diberikan pada tanaman tersebut.

Tips Memberikan Pupuk Buah Yang Benar

Sebenarnya pupuk termasuk bahan makanan utama pada tanaman. Tanah yang digunakan untuk menanam tanaman semakin lama akan semakin tandus karena zat haranya yang telah berkurang. Untuk itu, agar tanah tetap subur dan dapat meningkatkan produktivitas tanaman, petani wajib memberikan pupuk sesuai kebutuhan tanaman.

Terlepas dari jenis pupuk yang digunakan, ternyata langkah-langkah pemberian pupuk juga perlu diperhatikan. Memang, sampai saat ini belum ada takaran khusus pemberian pupuk, karena umumnya pupuk diberikan sesuai kebutuhan tanah. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menganalisis  tanah.

Analisis terhadap tanah penting dilakukan untuk menentukan jenis, sifat-sifat, dan perkiraan tingkat kesuburan tanah. Dengan begitu, kita dapat mengetahui kebutuhan tanah pada area tertentu. Umumnya tanaman membutuhkan unsur-unsur seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), dan belerang (S), juga unsur mikro besi (fe), tembaga (cu), seng (Zn), mangan (Mn), boron (b), dan molibdenum (Mo).

Setelah analisis tanah, tahap yang juga penting dilakukan adalah memperhatikan dan menentukan dosis dan waktu pemupukan. Panduan paling aman dalam pemupukan adalah dengan memperhatikan fungsi masing-masing unsur pupuk terhadap tanaman. Pada batang dan daun, unsur N lebih banyak diperkukan dibanding unsur P dan K untuk pertumbuhan batang dan daunnya. Contohnya, dengan perbandingan N:P:K sejumlah 3:1:2. Sedangkan, untuk pertumbuhan bunga dan buah, perbanyak pemberian unsur hara P dan K, contohnya dengan perbandingan N:P:K = 1:4:3.

Jumlah pupuk yang diberikan untuk tanaman ditentukan menurut diameter tajuk pohon. Pada tanaman muda, sebaiknya gunakan pupuk yang dilarutkan dengan satu liter air per 2 gram, lalu siramkan ke sekeliling lingkungan akar. Sedangkan pada tanaman remaja dan dewasa, pupuk seharusnya dikubur di bawah lingkar tajuk tanaman di kedalaman 10 cm di bawah permukaan tanah.

Pemupukan yang dilakukan pada tempat-tempat tertentu di bagian bawah tajuk umumnya dilakukan jika terjadi pertumbuhan tanaman yang tidak seimbang. Namun, perlu diingat bahwa pemberian pupuk jangan sampai menyentuh bagian batang utama. Itu akan mengakibatkan tanaman terbakar dan mati. Waktu yang paling cocok dalam pemberian pupuk anorganik adalah pada musim hujan agar efektifitasnya terjamin. Sedangkan, pada musim kemarau, pupuk kandang lebih cocok diberikan karena fungsinya untuk memperbaiki struktur tanah dan membuatnya lebih ringan.

Penutup

Pupuk Buah Terbaik
Pupuk Buah Terbaik

Itulah daftar pupuk buah terbaik yang bisa kalian gunakan pada tanaman buah yang kalian miliki. Tidak hanya tanah yang subur, penggunaan pupuk buah terbaik diatas dapat membantu kalian untuk menjauhkan hama dari tanaman, meningkatkan kuantitas buah, serta membuat rasa buah lebih manis dan nikmat.

Semoga dari rekomendasi dan tips memberikan pupuk buah terbaik yang telah dijelaskan diatas dapat membantu sobat menghasilkan buah yang banyak dan juga dinikmat. Sekian ulasan kami hari ini, semoga membantu dan sampai bertemu diulasan selanjutnya.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay