10 Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Ristauli Sianturi

Banyak belum mengetahui cara mengatasi laptop mati total karena ketika kamu lagi sibuk mengerjakan tugas kampus atau pekerjaan, tapi laptop tiba-tiba mati total.

Situasi kayak gini pasti bikin kamu panik. Laptop yang nggak bisa menyala secara tiba-tiba, alias mati total jadi masalah paling krusial.

Tapi sebelum kamu memperbaiki laptop di tempat servis, kamu bisa mencoba mengetahui cara mengatasi laptop mati total. Jadi apa yang bisa kamu lakukan menghadapi ini?

Baca Juga: Kenapa Laptop Mati Sendiri Padahal Tidak Panas? Ini 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Ada tips dan trik cara mengatasi laptop mati total yang bisa dapat kamu coba. Laptop nggak bisa nyala bukan berarti semua komponennya rusak total, lho. Simak ulasannya berikut.

1. Baterainya bermasalah

 

Cara mengatasi laptop mati total
 Baterai lemah__Sumber: Freepik.com

Cara mengatasi laptop mati total yang pertama adalah kalau sumber daya laptop kamu dihasilkan dari baterai, mungkin saja baterai mengalami kehabisan daya.

Tapi gimana setelah menghubungkan laptop dengan adaptor listrik, masih nggak mau nyala? Coba langkah-langkah ini.

Tunggu beberapa saat hingga baterai terisi daya beberapa persen, sebelum dinyalakan kembali. Laptop yang kehabisan total dayanya butuh waktu untuk mengisi ulang kembali daya baterai.

Jika sudah menunggu, laptop tetap nggak mau menyala, lepas baterai dari laptop. Setelah baterai dilepas, lalu laptop berhasil menyala berarti terjadi kerusakan pada baterai ataupun konektor baterai. Saatnya harus diservis.

Jangan terlalu cepat panik, kamu bisa saja nggak sempat mengisi daya baterai laptop. Paling pertama, coba hubungkan laptop dengan adaptor listrik untuk mengetahui baterai laptopmu telah habis.

2. Adaptor rusak

Adaptor rusak__ Sumber:Stockphoto.com

Sudah mencoba cara pertama tapi laptop kesayanganmu masih mati total, nah ini dia cara mengatasi laptop mati total kedua sebaiknya kamu melakukan pengecekan pada adaptor listrik atau alat pengisi daya baterai laptop.

Jika adaptor listrik nggak bermasalah, akan ada lampu indikator laptop yang menyala. Sebaliknya jika adaptor rusak, lampu indikator laptop nggak akan menyala.

Jika laptop masih tidak menyala setelah menghubungkannya ke sumber daya listrik, kemungkinan besar masalah terletak pada adaptor daya atau baterai yang bermasalah.

Pastikan kabel adaptor daya terhubung dengan baik ke laptop dan sumber daya listrik. Jika adaptor daya masih bermasalah, cobalah untuk mengganti dengan adaptor daya yang baru.

Pengecekan juga bisa dilakukan dengan men-charge dengan kabel adaptor yang lain, jika masih tidak bisa berarti baterai laptop memiliki masalah.

Mungkin ini saatnya kamu membawa laptop ke tempat servis untuk mengganti charger laptop baru atau hanya memperbaikinya saja.

3. Permasalahan motherboard

Motherbord bermasalah__ Sumber: Freepik.com

Cara mengatasi laptop mati total ketiga adalah penyebab laptop nggak mau menyala lainnya karena motherboard yang punya peran sebagai komponen induk.

Bagian pada laptop ini digunakan sebagai tempat utama untuk menghubungkan antar komponen satu dengan komponen lainnya.

Sering kali jika terjadi kerusakan akan ditandai dengan bunyi “bip…bip…bip…”Meski motherboard jarang mengalami kerusakan, namun kamu tetap perlu tahu penyebab kerusakan yang akan muncul.

Seperti overheating dan overclocking pada komponen CPU, suplai listrik nggak stabil, IC komponen terbakar, hingga virus. Kamu bisa segera pergi ke tempat servis jika motherboard rusak parah.

4. RAM

Ram_ Sumber: Freepik.com

Cara mengatasi laptop mati total keempat adalah lampu indikator laptop dan kipas menyala, serta mesin masih berjalan, tapi layar nggak menampilkan apa pun, mungkin penyebabnya terjadi kerusakan pada RAM.

Untuk mengatasinya, cara pertama coba lepaskan RAM laptop dan bersihkan pin dari RAM dengan penghapus pensil.Pastikan kamu memasang kembali RAM dengan sempurna.

Gimana kalau layar laptop masih nggak ada tampilan apa pun? Saatnya berkunjung ke tempat servis dan memperbaiki RAM atau supaya aman, kamu bisa menggantinya dengan baru.

5. Masalah prosesor

Cara mengatasi laptop mati total ke lima adalah penyebab laptop mati total selanjutnya bisa saja dari prosesor yang bermasalah. Kalau prosesor mengalami kerusakan, dipastikan laptop akan nggak mampu memberikan perintah kepada komponen lain untuk bekerja maksimal.

Beragam hal yang menyebabkan prosesor laptop rusak. Mulai dari pasta processor yang kering, juga fan dan heatsink yang kotor. Situasi ini penyebab dari ketidakseimbangan RAM dengan processor. Kamu perlu membersihkan pasta dan menggantinya dengan baru.

6. Lampu power mati

Lampu Power Mati_ Sumber: Freepik.com

Cara mengatasi laptop mati total selanjutnya adalah, lampu power hidup paling simpel dengan mengecek baterai. Jika bermasalah, tinggal lepaskan baterai laptop sepenuhnya.

Jika laptop tidak merespon saat menekan tombol power, cobalah menekannya secara berulang-ulang selama beberapa detik. Jangan khawatir jika laptop tidak langsung menyala, karena terkadang dibutuhkan beberapa saat untuk memulai ulang sistem.

Sama seperti cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Kamu juga bisa segera ganti baterai laptop. Selanjutnya periksa layar laptop.

Jika menampilkan warna hitam meski sedang dalam keadaan menyala, kamu perlu melepaskan semua perangkat eksternal yang nggak penting. Selain itu, masuk ke save mode saat software virus menyerang.

7. Masalah Adaptor Laptop

Cara mengatasi laptop mati total ke tujuh adalah memahami penyebab laptop mati total bisa karena ada masalah pada adaptor.

Cobalah cek penyebab laptop mati total pengaruh adaptor dengan mengecek pasokan listrik, dan pastikan bahwa daya listrik mengalir melalui stop kontak atau stabilizer yang sudah digunakan.

Apabila output stabilizer tidak menunjukkan tegangan yang terukur maka terjadi masalah pada stabilizer laptop tersebut. Maka perlu menghubungkan charger langsung ke sumber listrik agar dapat menyelesaikan masalah.

Jangan lupa untuk mengecek adaptor, apakah sudah menyala atau tidak untuk mengetahui penyebab laptop mati total sebenarnya.

Jika tidak menyala berarti hal ini memungkinkan adanya kerusakan pada adaptor laptop. Periksa sambungan kabel adaptor lantaran sering terjadi kabel power bermasalah karena cara pemakaian yang sembarangan.

Cara mengatasi laptop mati total ini bisa dengan menggunakan adaptor lain yang dayanya sesuai untuk menghidupkan laptop untuk memastikan adaptor bermasalah atau pun tidak.

Jika adaptor serta kabelnya normal, maka permasalah dapat disebabkan oleh kerusakan komponen power.

8. Baterai laptop bermasalah

Cara mengatasi laptop mati total ke delapam adalah memahami penyebab laptop mati total bisa karena baterai laptop yang bermasalah.

Baterai adalah sumber energi atau daya laptop. Apakah penyebab laptop mati total karena kehabisan daya? Coba pastikan.

Apabila benar penyebab laptop mati total pengaruh kehabisan daya, coba hubungkan laptop dengan adaptor listrik guna mengisi baterai. Jika tetap tidak mau menyala, tetap sambung adaptor dan biarkan hingga beberapa saat kemudian.

Pada baterai yang sudah habis total, biasanya akan membutuhkan beberapa waktu untuk mengembalikan dayanya. Daya yang tercukupi akan membuat laptop bisa dinyalakan kembali. Jika masih tidak mau menyala, lepaskan baterai dari posisinya.

Perhatikan baik-baik, apabila penyebab laptop mati total bukan pengaruh baterai bisa ada kerusakan pada baterai atau pun konektornya.

9. Coba perbarui windows dan driver

Nah ini adalah cara mengatasi laptop mati total terakhir simak ulasnnya. Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa harus selalu memperbarui Windows sesekali? Jawabannya adalah untuk membantu laptop bekerja secara efisien.

Terkadang, OS kamu mungkin mengalami kelambatan atau crash secara acak jika kamu belum menginstal pembaruan terbaru. Jika itu yang terjadi pada laptop.

Kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk memastikan Windows kamu sudah terinstal pembaruan terbaru.

  • Buka ‘Pencarian’, ketik ‘Pengaturan Pembaruan Windows’, dan tekan Enter.
  • Klik tombol ‘Periksa pembaruan’.
  • Windows akan secara otomatis mencari, mengunduh, dan menginstal pembaruan terbaru pada OS dan driver kamu.
  • Nyalakan ulang PC kamu.

Sama menggunakan laptop yang baik agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan efisien, kamu juga butuh tempat kerja yang nyaman untuk tetap produktif.

10. Lakukan restart paksa

Cara menghidupkan laptop yang mati selanjutnya dengan restart paksa. Jika semua cara di atas tidak berhasil, cobalah melakukan restart paksa pada laptop Anda.

Caranya adalah dengan menekan tombol power beberapa saat hingga laptop mati, kemudian tekan kembali tombol power untuk menghidupkannya kembali.

10. Bawa ke pusat layanan

Cara mengatasi laptop mati total selanjutnya, jika setelah melakukan semua cara di atas, laptop Anda masih tidak menyala, mungkin ada masalah perangkat keras yang lebih serius.

Anda dapat membawa laptop Anda ke pusat layanan terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Laptop Mati Total
Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Nah, itu tadi beberapa cara menghidupkan laptop mati total dan penting untuk kamu ketahui. Jika sudah tidak bisa diperbaiki dan ingin mengganti dengan yang baru.

Kamu bisa membelinya online seperti blibli, shopee dan masih banyak tempat belanja online yang lain.

Lihat Juga:

35 Rekomendasi Laptop Harga 3 Jutaan

7 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa

Related Post

Tinggalkan komentar