Tutorial

5 Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar WiFi Tidak Lemot

Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar WiFi Tidak Lemot – Sekarang ini penggunaan Wi-Fi sangat luas jangkauannya. Dari mulai institusi pemerintah, tempat umum, sekolah, cafe hingga rumah pribadi. Diera digital saat ini, Wi-Fi menjadi salah satu kebutuhan utama, dimana ketika kita pergi suatu tempat, Wi-Fi selalu menjadi incaran masyarakat untuk digunakan.

Pernahkah kamu merasa koneksi internet di rumah atau ditempat kamu berada tiba-tiba menjadi lambat secara mendadak? Hal itu bisa terjadi karena ada pengguna Wi-Fi di rumah kamu yang menggunakan internet secara sembarangan yang mengakibatkan koneksi internet keseluruhan menjadi terganggu.

Apabila terdapat beberapa pengguna Wi-Fi yang melakukan streaming video kualitas tinggi maka otomatis kecepatan internet akan menjadi sangat lambat dan bisa mengganggu pengguna lainnya. Maka dari itu kamu perlu mengetahui Cara Membatasi Pengguna WiFi.

Artikel menarik lainnya: 8 Aplikasi Aksara Jawa Terbaik, Belajar Aksara Jawa Jadi Mudah

Cara Membatasi Pengguna WiFi

Cara Membatasi Pengguna WiFi
Cara Membatasi Penggguna Dapat Wi-Fi

Berbeda dengan tempat-tempat publik yang umumnya tidak diperlukan password untuk mengakses Wi-Fi, penggunaan Wi-Fi di rumah pribadi biasanya diproteksi menggunakan password untuk membatasi jumlah penggunanya.

Postingan Terkait

Setiap modem bawaan yang dipinjamkan oleh Internet Service Provider atau ISP memiliki kapasitas bandwitdh nya masing-masing. Semakin banyak pengguna yang terhubung pada satu router, otomatis akan membuat bandwidth tersebut menjadi terbagi sesuai dengan jumlah pengguna.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu harus mengerti cara membatasi pengguna Wi-Fi supaya tidak ada yang menggunakan bandwidth terlalu besar. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mempelajari Cara Membatasi Pengguna WiFi seperti berikut ini:

  • Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan Pengaturan Modem

Cara Membatasi Penggguna Dapat Wi-Fi

Modem yang dipinjamkan oleh provider internet memiliki pengaturan yang bisa diakses langsung menggunakan web browser yang terdapat di komputer. Kamu bisa memanfaatkan pengaturan modem tersebut sebagai Cara Membatasi Pengguna WiFi yang paling aman untuk dilakukan. Berikut ini adalah cara lengkapnya:

  1. Hal yang pertama adalah ketahui terlebih dahulu merek dari modem yang kamu gunakan di rumah. Sebagai contoh, pada modem Huawei memiliki laman pengaturan yang bisa diakses dengan mengetikkan 192.168.8.1 pada menu pencarian di browser yang kamu gunakan.
  2. Setelah laman pengaturan modem terbuka, kamu perlu memasukkan username dan password bawaan dari modem. Contoh username dan password bawaan yang umum digunakan adalah “admin 1” dan “password”.
  3. Ketika laman utama pengaturan sudah terbuka, kamu bisa pilih dan klik menu pengaturan
  4. Setelah itu klik tombol SSID Setting dan akan terbuka pengaturan pembatasan pengguna Wi-Fi yang bisa terhubung pada modem kamu.
  5. Pilihlah jumlah sesuai dengan batasan yang kamu inginkan. Untuk modem bawaan, pastikan jumlah pengguna tidak lebih dari 15 perangkat untuk menghindari terjadinya lambat pada koneksi internet.
  6. Klik Save untuk menyimpan pengaturan modem.
  • Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan Aplikasi Wi-Fi Blocker

Cara Membatasi Pengguna WiFi

Untuk kamu Pengguna Iphone, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Wi-Fi Blocker sebagai Cara Membatasi Pengguna WiFi yang sangat mudah untuk dilakukan. Di bawah ini adalah cara menggunakan aplikasi Wi-Fi Blocker yang bisa kamu coba ikuti:

  • Unduh aplikasi Wi-Fi Blocker melalui App Store pada handphon kamu
  • Buka dan jalankan aplikasi Wi-Fi Blocker dan pastikan handphone yang kamu gunakan sudah terhubung dengan Wi-Fi yang ada dirumah kamu
  • Setalah itu, maka secara otomatis aplikasi akan melakukan pencarian pengguna Wi-Fi yang terhubung pada internet yang sama dengan perangkat kamu
  • Biasanya setiap pengguna yang terhubung pada Wi-Fi memiliki nama perangkat yang berbeda-beda. Kamu bisa membatasi pengguna Wi-Fi dengan memencet nama perangkat yangasing menurut kamu
  • Perangkat yang sudah dibatasi oleh aplikasi tidak akan bisa terhubung dengan internet sampai kamu memencet tombol Continue pada aplikasi tersebut.

Salah satu kelebihan aplikasi Wi-Fi Blocker adalah kamu bisa mengatur jadwal dari setiap perangkat untuk membatasi penggunaan internet. Aplikasi ini sangat penting terutama bagi orang tua yang ingin membatasi waktu anak dalam menggunakan internet setiap harinya.

Link Download Aplikasi 

Nama Aplikasi WiFi Blocker 
Pengembang Aplikasi test-alpha ltd
Rating 3,4
Link Download Download Disini
  • Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan Aplikasi Netcut

Cara aMembatasi Pengguna Dapat Wi-Fi

Berikutnyakamu bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi Netcut untuk membatasi pengguna Wi-Fi. Aplikasi yang dikembangkan oleh Arcai Networking ini bersifat Freeware dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan fitur yang terdapat di Netcut. Pelajari cara membatasi pengguna Wi-Fi dengan Netcut berikut ini:

  • Download aplikasi Netcut melalui laman resmi http://arcai.com
  • Setelah proses download selesai, jalankan aplikasi Netcut di handphone atau komputer kamu
  • Aplikasi akan melakukan pencarian pengguna Wi-Fi yang terhubung pada satu jaringan internet
  • Setelah daftar pengguna keluar, kamu bisa membatasi kecepatan setiap pengguna hingga memblokir supaya pengguna tidak dapat terhubung ke internet.
  • Perlu diperhatikan bahwa pada aplikasi Netcut gratis, kamu hanya mendapatkan 10 kali pengaturan pengguna Wi-Fi setiap harinya. Namun itu sudah lebih dari cukup. Kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur Pro dengan membayar sekitar Rp14.000 setiap bulannya.
  • Cara Membatasi Pengguna Dapat Wi-Fi dengan Aplikasi Netlimiter

Cara Membatasi Pengguna WiFi

Netlimiter merupakan salah satu aplikasi speed limiter dengan pengaturan sederhana dan mudah digunakan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini sebagai langkah untuk Cara Membatasi Pengguna WiFi. Berikut ini cara membatasi pengguna dapa Wi-Fi dengan aplikasi Netlimiter yang bisa kamu coba:

  1. Langkah pertama adalah download aplikasi Netlimiter melalui laman www.netlimiter.com
  2. Jalankan aplikasi Netlimiter, lalu buka pengaturan
  3. Pada tab Activity View, kamu bisa melihat dan memilih untuk membatasi pengguna Wi-Fi yang bisa terhubung dengan internet.
  4. Masih pada tab Activity View, kamu bisa membatasi kecepatan masing-masing pengguna Wi-Fi sehingga tidak ada yang saling membebani bandwidth yang tersedia.
  • Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan Kata Sandi yang Rumit

Cara Membatasi Pengguna WiFi

Langkah terakhir untuk membatasi pengguna Wi-Fi adalah dengan cara menggunakan kata sandi atau password yang rumit. Kombinasikan kata sandi menggunakan angka dan huruf serta simbol dan usahakan kata sandi tersebut sangat sulit ditebak oleh orang lain. Dengan begini, hanya orang-orang tertentu saja yang akan menggunakan Wi-Fi kamu.

Adapun Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan kata sandi yang rumit adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu terhubung ke router access point, bisa menggunakan kabel LAN atau Wi-Fi
  2. Lalu buka browser pada kolom alamat ketikan IP Default dari router
  3. Login menggunakan username dan kata sandi, lalu klik masuk
  4. Pilih Wireless
  5. Klik Wireless Security
  6. Klik WPA/WPA2-Personal untuk menambahkan kata sandi yang rumit, lalu klik Save
  7. Selanjutnya, klik opsi Click Here lalu klik Reboot
  8. Langkah terakhir adalah klik OK.

Penutup

Cara Membatasi Pengguna WiFi
Cara Membatasi Pengguna WiFi

Itulah beberapa pembahasan mengenai Cara Membatasi Pengguna WiFi yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah. Pastikan kamu tidak membatasi koneksi Wi-Fi pada perangkat sendiri supaya bisa tetap terhubung dengan internet. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu. Selamat mencoba!

Back to top button