Berapa Lama Dana Qris Bca Masuk Ke Rekening

Irfan Nathanael

Berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening setelah proses Settlement? Di era digital yang semakin canggih saat ini, proses pembayaran menjadi sangat mudah hanya dengan scan melalui QRIS dari kamera ponsel android.

Banyak merchant yang telah menggunakan sistem pembayaran nontunai dari QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Mungkin semua sudah tahu, bahwa QRIS dikeluarkan secara resmi oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan finansial teknologi.

Salah satunya adalah Bank BCA, turut menawarkan kemudahan dengan sistem pembayaran QRIS khusus untuk seluruh merchant usaha yang bergabung. Jika anda adalah merchant yang menggunakan sistem QRIS BCA sebagai fitur pembayaran, tentu saja anda penasaran berapa lama dana masuk dari QRIS BCA ke dalam rekening.

Banyak merchant yang bingung kenapa QRIS BCA tidak kunjung masuk dan tidak dapat menarik penghasilan langsung. Ternyata ada penyebabnya, sebagai informasi umum ternyata penyebabnya adalah settlement QRIS.

Penasaran bagaimana alur penarikan dari QRIS BCA ke rekening dan berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang QRIS BCA

QRIS merupakan metode transaksi yang menggunakan kode QR standar Indonesia yang telah disetujui oleh Bank Indonesia. Di luar pemindaian kode QR konvensional, transaksi Pembayaran QRIS memiliki cara yang beragam.

Kini, semua pengguna BCA tinggal menunjukkan kode QR untuk dipindai di toko atau outlet yang memiliki lambang QRIS. Fitur QRIS membuat transaksi pembayaran jadi lebih mudah di seluruh toko atau outlet yang memiliki logo QRIS, baik melalui BCA mobile, myBCA, dan Sakuku.

Sekilas Tentang QRIS BCA
Sekilas Tentang QRIS BCA

Selain itu, QRIS juga dapat digunakan untuk pembayaran internasional loh, sehingga anda dapat melakukan transaksi di luar negeri dengan memindai kode QR dari merchant yang bekerja sama dengan Indonesia (cross-border) yang difasilitasi melalui BCA mobile.

Selain menawarkan transaksi pembayaran, QRIS juga berfungsi sebagai alat transfer uang. Anda bisa memanfaatkan QRIS Transfer, di mana QRIS Transfer menawarkan fitur mengirim dan menerima dana antar rekening bank BCA dan melakukan transfer ke bank atau e-wallet lain yang tergabung dalam jaringan QRIS.

Baca Juga: Cara Transfer ShopeePay Ke BCA.

Apa Saja Fitur-Fitur QRIS BCA?

Dilansir dari laman bca.co.id ada beberapa fitur QRIS yang ditawarkan oleh BCA.

Fitur ini mencakup QRIS transer dan QRIS pembayaran, di mana kedua fitur ini dibagi lagi jenis-jenisnya.

Jadi sebelum kita membahas tentang berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening merchant, tentu saja kita harus tahu dulu fitur-fitur di QRIS BCA ini.

QRIS Transfer

QRIS Transfer adalah fitur yang dapat digunakan untuk menstransfer dana melalui kode QRIS akun BCA masing-masing.

Ada dua metode yang ditawarkan BCA dari fitur QRIS Transfer ini, berikut penjelasannya.

  • Scan QR

Scan QR
Scan QR

Scan QR yang dimaksud adalah anda bisa melakukan transfer dana ke penerima dengan mudah hanya dengan memindai kode QR melalui aplikasi mobile BCA.

  • Show QR

Show QR
Show QR

Sebaliknya, untuk Show QR anda dapat menerima dana dengan menampilkan kode QR untuk dipindai oleh pengirim melalui aplikasi BCA mobile.

Tertarik menggunakan BCA? Ini Dia Cara Registrasi M-Banking BCA Di HP Tanpa Harus Ke Bank.

QRIS Pembayaran

Sementara untuk fitur QRIS pembayaran ada 2 cara, di mana ketentuan dari metode QRIS pembayaran tergantung dengan merchant yang anda kunjungi.

Di mana anda dapat melakukan scan langsung atau pihak merchant yang melakukan scan untuk anda.

  • MPM (Merchant Presented Mode)

MPM (Merchant Presented Mode)
MPM (Merchant Presented Mode)

Kode QR Pembayaran untuk Pedagang (MPM), menawarkan Kode QR Pembayaran untuk dipindai atau discan oleh pelanggan saat bertransaksi dengan merchant yang dituju.

  • CPM (Consumer Presented Mode)

CPM (Consumer Presented Mode)
CPM (Consumer Presented Mode)

Sebaliknya untuk kode QR Pembayaran Pelanggan (CPM), untuk Kode QRIS Pembayaran diberikan oleh pelanggan dan merchant akan melakukan scan transaksi.

Sudah tahu Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu?

Berapa Lama Dana Qris Bca Masuk Ke Rekening?

Berapa Lama Dana Qris Bca Masuk Ke Rekening?
Berapa Lama Dana Qris Bca Masuk Ke Rekening?

Berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening? Untuk jangka waktu masuknya dana BCA QRIS ke rekening, jangka waktu tercepat adalah 2 hari kerja setelah settlement, sedangkan jangka waktu paling lama adalah 5 hari.

Nah agar anda merasa puas tentang pertanyaan berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening. Silahkan anda simak dengan betul rincian penjelasan dengan poin yang telah dijabarkan dengan mudah di bawah ini.

Proses Dana Qris Bca Masuk Ke Rekening

  • Jika dana BCA QRIS tidak masuk ke rekening, bisa jadi disebabkan karena gangguan dan kesalahan.
  • Perlu diperhatikan jika dana tidak masuk pada hari Minggu atau hari libur disebabkan karena layanan Bank BCA tutup di hari tersebut.
  • Transaksi yang dilakukan khusus akhir pekan atau hari libur akan diproses pada hari kerja berikutnya.
  • Disarankan untuk tidak tergesa-gesa, karena Bank BCA bisa saja tidak beroperasi pada hari tertentu.
  • Sehingga akan sangat berdampak sewaktu proses pencairan dana ke rekening.
  • Demikian pula dengan pengembalian dana QRIS BCA yang harus disesuaikan dengan jam operasional layanan.

Uang Dari QRIS BCA Masuk Ke Mana?

  • Saldo dari BCA QRIS akan masuk ke rekening atas nama merchant BCA yang terdaftar.
  • Secara khusus ditunjuk sebagai rekening penampungan dari transaksi QRIS.
  • Selanjutnya, proses pencairan dilakukan secara otomatis sehingga bisa dipantau langsung dari fasilitas merchant BCA.
  • Registrasi ini lebih memastikan proses pencairan berjalan lancar dan tidak akan ada risiko kesalahan selama prosesnya.

Mau pakai kartu kredit BCA? Review Kartu Kredit BCA: Jenis, Syarat dan Cara Pengajuan.

Inilah Penyebab Kenapa Dana QRIS BCA Tidak Masuk Ke Rekening

Pasti setiap merchant bertanya apa sih penyebab saldo QRIS tidak kunjung masuk ke rekening? Jika ditelusuri tentu banyak faktor penyebabnya, termasuk human error dan sistem BCA Maintenance.

Pastikan bahwa anda sudah paham betul mengenai sistem pencairan BCA QRIS. Selain itu anda harus tahu jam operasional dan batas maintenance perbaikan dari sistem BCA.

Nah agar anda tidak salah paham dan terus bertanya berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening, silahkan simak penyebabnya di bawah ini.

Tahapan Proses Verifikasi

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan dana ke rekening dipengaruhi oleh banyak faktor, proses verifikasi adalah salah satu faktor utamanya.

Setelah nasabah melakukan transaksi melalui BCA QRIS, dana akan melalui proses verifikasi yang teliti sebelum masuk ke rekening.

Verifikasi ini  seperti melakukan validasi ulang informasi nasabah dan mengonfirmasi pembayaran.

Proses verifikasi biasanya singkat, namun berkisar dari beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung dari banyanya transaksi yang perlu diperiksa.

Batasan Jam Operasional

Berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening? Jam operasional BCA sangat berpengaruh untuk proses pemindahan dana ke rekening.

Transaksi yang dilakukan melalui BCA QRIS di luar jam operasional bank BCA, termasuk pada malam hari atau hari libur, akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Disarankan untuk memperhatikan dan cek selalu jam operasional bank BCA, agar anda mengetahui perkiraan berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening.

Ketentuan Waktu Proses Bank

Selain faktor yang telah dijelaskan di atas, waktu yang dibutuhkan untuk proses pemindahan dana ke rekening ternyata dipengaruhi oleh waktu proses bank.

Setelah proses verifikasi selesai, BCA QRIS akan melakukan proses transfer ke rekening. Di mana proses ini tergantung kebijakan dan sistem yang berlaku dari bank BCA.

Umumnya, dana akan ditransfer ke rekening dalam waktu satu jam setelah proses verifikasi selesai di hari yang sama.

Namun, melihat situasi tertentu juga, proses transfer bisa berlangsung lama melihat kondisi sistem operasional maintenance dari BCA.

Gangguan Pada Koneksi Internet

Terakhir, koneksi internet juga mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer dana ke rekening.

Koneksi internet yang buruk akan memperlambat pengiriman data dari sistem QRIS BCA ke rekening.

Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan koneksi internet yang stabil dan tinggi untuk mempercepat proses pemindahan dana.

Cara Mengatasi Dana Qris Bca Tidak Kunjung Masuk

Cara Mengatasi Dana Qris Bca Tidak Kunjung Masuk
Cara Mengatasi Dana Qris Bca Tidak Kunjung Masuk

Ketika QRIS BCA gagal masuk ke rekening, sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Salah satu alasan yang umum adalah proses keterlambatan dalam transaksi merchant oleh Bank BCA.

Nah pada proses keterlambatan inilah yang dapat disebabkan oleh antrian transaksi yang panjang setiap harinya, sehingga anda harus sabar untuk menunggu antrean atay giliran pencairan ke rekening anda.

Sebagai merchant QRIS BCA tentu ada fasilitas pengaduan yang ditawarkan oleh BCA kepada semua merchant. Di mana fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk melacak proses pencairan dana anda.

Nah agar anda tidak bertanya-tanya mengani berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening, silahkan anda simak petunjuk di bawah ini.

  • Menghubungi Layanan Halo BCA

Menghubungi Layanan Halo BCA
Menghubungi Layanan Halo BCA

Jika masalah QRIS BCA ingin segera diselesaikan, silahkan hubungi layanan Halo BCA agar mendapatkan bantuan.

Berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening?

Anda dapat melakukan komunikasi  dengan call center untuk menyampaikan masalah dan meminta penyelesaian yang cepat.

Informasi Kontak Layanan Bantuan Halo BCA:

Twitter @BankBCA
Instagram @goodlifebca
Facebook GoodLife BCA
WhatsApp 08111500998
Email halobca@bca.co.id
Call Center 1500888
  • Cek Ulang Settlement QRIS BCA

Cek Ulang Settlement QRIS BCA
Cek Ulang Settlement QRIS BCA

Karena proses transaksi berpengaruh dengan pencairan saldo, anda dapat cek ulang transaksi tersebut melalui BCA Merchant.

Berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening? Cukup login akun BCA yang telah terdaftar dan buka semua laporan transaksi yang anda miliki.

  1. Buka aplikasi BCA Merchant dan login.
  2. Masuk ke menu utama dan pilih Transaksi.
  3. Pilih Semua Toko untuk melihat semua transaksi.
  4. Silahkan geser ke kanan untuk memilih toko anda.
  5. Akan muncuk status pembayaran yanga anda miliki.
  • Cek Daftar Dana Masuk Qris BCA

Cek Daftar Dana Masuk Qris BCA
Cek Daftar Dana Masuk Qris BCA

Selain melakukan cek ulang Settlement, Anda dapat cek dana yang masuk melalui website resmi BCA.

Dengan menggunakan QR Merchant Service dari BCA, Anda dapat membuka langsung semua detail transaksi yang ada di dalam sistem.

Selain itu, layanan ini memberikan anda akses yang lebih untuk mengetahui dana yang masuk dan dana yang tertunda.

  1. Buka browser Anda dan kunjungi halaman qr.klikbca.com.
  2. Masukkan email dan kata sandi Anda, lalu klik “Login”.
  3. Halaman akan menampilkan informasi penyelesaian, dengan transaksi baru yang disorot.
  4. Untuk meninjau transaksi, cukup klik tanggal, dan entri akan diurutkan secara kronologis.
  5. Selamat mencoba
  • Memanfaatkan Fitur Merchant Care

Memanfaatkan Fitur Merchant Care
Memanfaatkan Fitur Merchant Care

Agar anda tidak risau dan bertanya-tanya berapa berapa lama dana QRIS BCA masuk ke rekening BCA anda.

Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan mengikuti penanganan masalah QRIS BCA melalui Merchant Care.

Layanan ini akan menangani dan mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sistem pembayaran QRIS BCA pada merchant.

Untung saja layanan Merchant Care dari BCA, dapat diakses selama 24 jam untuk kenyamanan semua pengguna BCA.

  1. Pertama, masuk ke menu utama Merchant Care.
  2. Kemudian klik dan pilih opsi masalah pencairan dana.
  3. Setelah itu anda tinggal pilih deh Ajukan Keluhan.
  4. Silahkan lengkapi formulir yang tersedia dan unggah tangkapan layar laporan pembayaran QRIS BCA.
  5. Pada bagian selanjutnya anda tinggal Klik Kirim.
  6. Tunggu balasan via email atau telepon.
  7. Biasanya respon dari BCA cukup cepat untuk penanganan masalah tertentu.
  8. Jika belum ada balasa, disarankan untuk tidak melakukan spam.
  9. Karena proses penanganan masalah anda akan dibalas sesuai antrean.
  10. Selamat mencoba.

Kesimpulan

Berapa Lama Dana Qris Bca Masuk Ke Rekening
Berapa Lama Dana Qris Bca Masuk Ke Rekening

Sebagai kesimpulan, BCA menawarkan layanan sistem pembayaran BCA QRIS yang mempercepat proses transaksi. Mulai dari transfer hingga pemantauan transaksi detail melalui aplikasi BCA Merchant. Meskipun faktor-faktor proses verifikasi, jam operasional bank, dan kecepatan internet mempengaruhi proses pemindahan dana ke rekening. Namun ada juga kok fitur layanan bantuan yang ditawarkan BCA, seperti Merchant Care dan Halo BCA, agar semua pengguna dapat menyelesaikan masalah dengan cepat. 

Related Post

Tinggalkan komentar