Harga

Daftar Harga Papan Kayu Jati, Meranti, Kamper

Harga Papan Kayu Jati, Meranti, Kamper – Dilansir dari laman Wikipedia, Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan).

Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembuatan perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan rumah tangga dan sebagainya.

Selain itu kayu biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan papan kayu. Papan kayu merupakan persegi panjang dari kayu yang dipotong sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Biasanya papan memiliki ketebalan yang tipis.

Pada umumnya, papan kayu digunakan untuk struktur bangunan seperti plafon, dudukan genteng, kusen, hingga untuk interior hunian seperti furnitur dan dekorasi.

Artikel menarik lainnya: Daftar Harga SilverQueen di Indomaret

Jenis dan Harga Papan Kayu

Harga Papan Kayu
Harga Papan Kayu

Untuk harga papan kayu sendiri itu beragam, tergantung jenis kayu yang dipilih dan tergantung lokasi kamu membelinya. Kali ini Mocipay akan membahas tentang jenis

1. Papan Kayu Jati

Harga Papan Kayu
Papan Kayu Jati

Kayu jati terkenal sebagai kayu yang kualitasnya paling atas. Jenis kayu keras ini memiliki ketahanan hingga puluhan tahun. Kualitasnya yang unggul membuat harga kayu ini paling mahal dibandingkan dengan jenis kayu keras lainnya.

Harga papan kayu jati pada umumnya ditentukan tergantung kualitasnya. Papan kayu jati kualitas terbaik bisanya diambil dari bagian tengah pohon dan memiliki harga paling tinggi. Alasannya karena pada bagian kayu ini memiliki corak yang sangat khas dan paling tahan terhadap serangan rayap sehingga banyak dicari.

Papan kayu ini berasal dari jenis pohon pinus yang sudah terkenal akan keindahannya. Selain dikenal sebagai jenis papan kayu yang memiliki nilai keindahan yang tinggi, papan kayu jati juga terkenal akan beratnya yang ringan serta harganya yang masih terjangkau.

Papan kayu jati juga banyak dan mudah ditemukan di Indonesia. Produk olahan dari papan kayu jati diantaranya meja, kursi, bingkai, jendela, vas bunga rak penyimpanan dan masih banyak lagi.

2. Papan Kayu Kamper

Harga Papan Kayu
Papan Kayu Kamper

Salah satu jenis papan kayu yang paling sering digunakan adalah papan kayu kamper. Tekstur kayu ini lebih kasar yang memberikan tampilan unik pada furnitur yang dibuat.

Jenis kayu kamper banyak digunakan karena keunggulannya yang memiliki daya tahan kuat dan cukup awet. Jenis papan kayu ini berasal dari daerah Kalimantan dan dijual dalam bentuk papan dengan berbagai ukuran.

Pada umumnya, papan kayu kamper lebih banyak digunakan sebagai bahan bangunan dibandingkan material furniture. Hal ini disebabkan karena papan kayu jenis ini memiliki tekstur yang kasar dan berat sehingga lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan bangunan seperti tiang rumah ataupun lainnya.

Informasi harga lainnya : Daftar Harga Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

3. Papan Kayu Meranti

Harga Papan Kayu

Jenis papan kayu meranti ditandai dengan warna permukaan yang berwarna merah, warna ini dapat menunjukkan berapa usia yang dimiliki dari kayu tersebut semakin gelap warna merah yang dihasilkan maka itu menunjukkan bahwa kayu tersebut memiliki umur yang tua, itu juga menandakan semakin baik mutunya.

Papan kayu meranti merupakan jenis papan kayu yang terkenal akan karakteristiknya yang awet, warnanya yang merah menarik dan cantik serta kemampuannya terhadap tekanan air. Selain itu, kayu meranti juga mudah untuk dikeringkan bila terkena air.

Kayu yang laris untuk material furnitur ini memiliki warna yang khas yaitu kemerahan. Bobot kayunya beragam, ada yang ringan, sedang, hingga berat. Harga papan kayu jenis meranti pun tergolong terjangkau di pasaran.

Daftar Lengkap Harga Papan Kayu

Jenis Papan Kayu

Ukuran

Harga Papan Kayu

Papan Kayu Jati 2,5 cm x 30 cm x 80 cm Rp 320.000
2,5 cm x 30 cm x 100 cm Rp 370.000
2,5 cm x 30 cm x 125 cm Rp 410.000
Papan Kayu Kamper 4 x 30 x 400 cm Rp 660.000
4 x 20 x 400 cm Rp 825.000
3 x 30 x 400 cm Rp 1.050.000
4 x 25 x 400 cm Rp 1.250.000
Papan Kayu Meranti 2 x 20 x 400 cm Rp 4.895.000
3 x 20 x 400 cm Rp 4.895.000
4 x 20 x 400 cm Rp 4.895.000
5 x 20 x 400 cm Rp 4.895.000
6 x 20 x 400 cm Rp 4.895.000
3 x 25 x 400 cm Rp 4.895.000
4 x 25 x 400 cm Rp 5.050.000
3 x 30 x 400 cm Rp 5.110.000

Penutup

Harga Papan Kayu
Harga Papan Kayu

Itu dia daftar harga papan kayu yang paling sering digunakan sebagai furniture dalam pembangunan rumah. Setiap papan kayu tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari segi harga, papan kayu juga berbeda-beda, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan yang budget kamu.

Selain dari ukuran, harga papan kayu biasanya ditentukan berdasarkan kualitas kayu itu sendiri. Semakin baik kualitas kayunya, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Back to top button