Harga

List Harga Bambu Per Batang Berdasarkan Jenis Dan Ukurannya

List Harga Bambu Per Batang Berdasarkan Jenis Dan Ukurannya – Bambu salah satu tanaman yang memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Umumnya, bambu banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pondasi rumah dan peralatan rumah tangga. Biasanya bambu dijual dengan harga terjangkau, tergantung jenis dan ukuran bambumnya.

Bambu termasuk kedalam golongan rumput yang memiliki laju pertumbuhan relatif tinggi. Hal tersebut dikarenakan ketika bambu di potong, bambu akan tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menanam pohon bambu di perkembunannya. Untuk alasannya sendiri juga sangat beragam, ada beberapa masyarakat yang menanam bambu agar dapat dapat dipanen dan dijadikan sebagai alat musik, pondasi rumah dan transportasi.

Jenis-Jenis Bambu yang Banyak Digunakan

Berikut jenis-jenis bambu yang banyak digunakan di Indonesia sebagai bahan untuk mendekorasi rumah, yakni diantaranya :

  • Bambu Kuning

Sumber : klikhijau.com

Bambu kuning (Phyllostachys Sulphurea) merupakan jenis bambu yang cukup berbeda dengan bambu pada umumnya. Hal tersebut terbukti dari warna batang yang dimiliki, dimana batang bambu yang paling sering temukan memiliki batang berwarna hijau.

Biasanya masyarakat menggunakan bambu kuning ini sebagai tanaman pagar. Untuk diameter pada bambu kuning ini juga cukup ramping yaitu sekitar 5-8 cm dan memiliki tinggi batang mencapai 4-9 m. Apabila bambu kuning ini dikembangkan, kamu dapat melakukan metode stek atau cangkok.

  • Bambu Siam

Sumber : Liputan6.com

Bambu siam atau bambu merupakan jenis bambu hias yang biasa difungsikan sebagai pagar halaman atau tepi jalan. Ciri umum yang dikenali dari bambu ini yaitu tegak, rapat dan rebungnya memiliki warna hijau pucat keunguan.

Biasanya bambu siam ini mencapai tinggi 8-14 m dengan cabang yang muncul tinggi di atas tanah dan salah satu cabang tersebut lebih tinggi dari cabang yang lainnya. Selain untuk pagar tanaman, bambu siap juga sangat sering dijadikan sebagai bahan dekorasi rumah.

  • Bambu Jepang

Bambu Jepang

Jika dibandingkan dengan kedua jenis bambu diatas, bambung jepang lebih tegak dan warna batang hijau kelabu. Biasanya tinggi bambu jepang mencapai 4-5 m dan diameter batang hingga 3 sm.

Bambu jepang memiliki daun yang halus, sehingga dapat memberikan tampilan yang lebih berkesan terhadap bangunan. Uniknya, cabang dari bambu Jepang yang muncul pada buku-buku di bagian tengah, akan membentuk pagar ketika bambu Jepang ditanam sejajar.

  • Bambu Gendang

Bambu Gendang

Disebut sebagai bambu gendang karena batang bambu ini sekilas mirip gendang, dengan bentuk yang menggelembug. Namun sayangnya, jenis bambu gendang ini hanya dapat tumbuh dan tinggi sekitar 1-2 meter.

Ruas batang pada bambu gendang memiliki tekstur keras, pendek dan memiliki warna hijau tua. Biasanya masyarakat memanfaatkan bambu gendang ini sebagai dekorasi tanaman hias indoor.

  • Bambu Hias Pagar

Sumber : berita.99.co

Jenis bambu hias pagar ini biasanya ditanam berderet dan digunakan sebagai pagar tanaman. Bambu pagar tumbuh subur di Tiongkoak, akan tetapi saat ini sudah sangat mudah ditemukan diberbagai wilayah Asia.

Biasanya masyarakat memafaatkan bambu ini sebagai bahan baku kerajinan tangan, seperti rak buku, tangkai payung, tongkat dan lain sebagainnya. Untuk tinggi bambu jepang mencapai 2-3 m dengan batang yang sedikit mengecil.

Harga Bambu Per Batang di Indonesia

Berikut update harga bambu per batang di Indonesia yang di rangkum dari situs resmi Tokopedia dan Shopee berdasarkan jenis bambunya, diantaranya sebagai berikut :

Jenis Bambu Ukuran Harga (Rp)
Bambu Apus 1 meter Rp 2.500 – 5.000
6 meter Rp 15.000
Bambu Steger 2 meter Rp 6.000 – 8.000
6 meter Rp 18.000
Harga Bambu Andong 5 meter Rp 17.000
Bibit Bambu Air 40 cm Rp 18.000
Bambu Jepang Hijau Hias 2 meter Rp 20.000
Bambu Jepang 1,5 meter Rp 55.000
Bambu Kuning 1 meter Rp 20.000
4 meter Rp 75.000
Bambu Hitam 1 meter Rp 15.000
5 meter Rp 75.000
Bambu Petung 2 meter Rp 40.000
4 meter Rp 75.000

Harga Bibit Bambu

Bibit Bambu

Apabila kamu ingin melakukan budidaya bambu, tentu saja membeli bibitnya terlebih dahulu. Biasanya harga bambu per batang jenis bibit lebih murah dibandingkan dengan bambu yang sudah memiliki tinggi lebih dari 1 meter. Harga bambu per batang bibitan terbaru sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000.

Untuk ukuran tinggi bibit yang akan dibeli, biasanya setinggi 25 cm hingga 40 cm tiap polibet. Akan tetapi setiap tinggi atau ukuran bibit bambu tersebut memiliki tarif harga yang berbeda-beda. Jadi sebelum membeli bibit bambu, ada baiknya menanyakan terlebih dahulu.

Sebagai informasi tambahan terkait harga bambu per batang di atas sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung kebijakan dan penawaran harga yang diberikan oleh pedagang/ penjual. Oleh sebab itu, untuk mengetahui informasi terkait harga bambu per batang yang lebih pasti. Silahkan kunjungi situs resmi khusus pedagang/ penjual atau mendatangi pedagang khusus penjual bambu yang ada di sekitarmu.

Manfaat Batang Bambu

Bambu merupakan jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan termasuk di Indonesia. Selain batang, ternyata daun bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembungkus makanan.

Bukan hanya itu saja, di Indonesia bambu juga dijadikan sebagai sayuran. Itu merupakan bagian dari kuncup bambu yang tumbuh dari dalam tanah, sayuran tersebut dinamain dengan rebung. Sementara itu, akar bambu juga bisa menjadi penahan erosi guna mencegah bahaya banjir.

Bambu juga memiliki peran sangat penting untuk menangani limbah beracun akibat keracunan merkuri. Cara bambu melakukan hal terbebut dengan menyaring air yang terkena limbah melalui serbut-serbut yang tumbuh. Oleh sebab, tidak heran lagi jika banyak masyarakat yang mencari harga bambu per batang.

Adapun manfaat batang bambu yang paling umum diketahui, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Peratan rumah tangga
  • Kontruksi
  • Alat musik
  • Transportasi

Artikel Menarik Lainnya : Info Harga Spandek Pasir Per Lembar Ukuran 1 Meter Sampai 6 Meter

Kesimpulan

Harga Bambu Per Batang
Harga Bambu Per Batang

Itulah harga bambu per batang yang dapat di rangkum untuk kamu, pililah jenis dan ukuran bambu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk harga bambu per batang biasanya memiliki harga yang berbeda-beda di setiap wilayah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu dan sampai ketemu di informasi selanjutnya.

Back to top button