Syarat Pendaftaran dan Biaya Sekolah Pramugari 2024

Irfan Nathanael

Syarat Pendaftaran dan Biaya Sekolah Pramugari 2024 – Pramugari menjadi salah satu profesi yang banyak diidamkan para remaja putri. Dimana pada pekerjaan ini dituntut selalu tampil rapi dan sempurna, hal tersebut menjadikan Pramugari terlihat mengagumkan.

Pramugari merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam dunia trasnsportasi, khususnya dalam bidang penerbangan. Pramugari dengan transportasi penerbangan merupakan dua hal yang tak bisa terpisahkan.

Untuk menjadi seorang Pramugari tentu tidaklah mudah, ada banyak kriteria yang harus dipenuhi agar dapat menjadi seorang Pramugari .

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pramugari adalah karyawati perusahaan pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang.

Artikel menarik lainnya: 7 Daftar Merek dan Harga Makanan Anjing Peliharaan

Syarat Sekolah Pramugari

Biaya Sekolah Pramugari
sumber gambar (instagram: @dindadinday2)

Pada umumnya seseorang yang ingin menjadi seorang Pramugari atau pramugara akan menempuh jenjang pendidikan khusus. Sebelum membahas tentang biaya sekolah Pramugari, ada baiknya kamu mengetahui syarat untuk sekolah Pramugari .

Bagi beberapa perempuan, profesi Pramugari merupakan sebuah profesi dambaan yang bisa membawa jalan-jalan gratis ke setiap kota di seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri

Untuk menjadi seorang Pramugari bukan hal yang mudah. Banyak syarat yang harus dipenenuhi untuk mendaftar sekolah Pramugari. Selain tinggi badan yang mencukupi, kamu juga harus good looking alias berparas menarik.

Tidak hanya itu, masih banyak syarat yang harus kamu penuhi untuk dapat sekolah Pramugari. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk mengikuti sekolah Pramugari antara lain:

  • Pria atau Wanita
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Usia minimal 17 tahun & usia maksimal 23 tahun
  • Minimum pendidikan SMA/SMK/MA dan sederajat
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tinggi Minimum 160cm untuk wanita
  • Tinggi Minimum 170cm untuk pria
  • Tidak Buta Warna
  • Tidak memiliki riwayat penyakit berat seperti hepatitis
  • Maksimum Minus -3.00, Silindris C-1.00
  • Tidak Memiliki Tato
  • Bebas Narkoba
  • Belum Menikah

Daftar Sekolah Penerbangan dan Biaya Sekolah Pramugari

Biaya Sekolah Pramugari
Biaya Sekolah Pramugari

Mungkin kamu bertanya berapa kira-kira biaya sekolah Pramugari. Nah, kali ini Mocipay akan membahas rincian biaya sekolah Pramugari yang dapat kamu jadikan sebagai referensi jika berminat untuk menjadi seorang Pramugari.

Untuk masuk ke dalam sekolah Pramugari juga diperlukan berbagai syarat yang harus dipenuhi, dan kalian juga perlu menyiapkan biaya selama menempuh pendidikan Pramugari. Sekedar informasi untuk kamu, waktu pelaksanaan sekolah pramugari pada umumnya 5-6 bulan dan training selama 2 bulan.

Untuk memenuhi kriteria sebagai Pramugari, perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus Pramugari yang melewati berbagai tahapan. Mulai dari tes administrasi, kesehatan, tes fisik, sampai wawancara.

Dalam pendidikan dan pelatihan tersebut akan diajarkan standar prosedur pelayanan tertentu bagi Pramugari ketika sedang melayani penumpang. Selain itu, calon Pramugari juga diajarkan cara berkomunikasi, berbagai tata krama, pengetahuan umum, bahasa asing, serta hal-hal lain yang diperlukan.

Masing-masing lembaga pendidikan menerapkan biaya yang berbeda, ada yang cukup terjangkau namun ada juga yang mahal. Biaya sekolah Pramugari disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang disediakan. Semakin lengkap fasilitasnya, maka otomatis akan semakin biaya yang di keluarkan.

Selain membahas tentang biaya sekolah Pramugari, kali ini Mocipay juga akan membahas tentang daftar sekolah Pramugari yang ada di Indonesia. Berikut adalah daftar sekolah dan biaya sekolah Pramugari:

1. Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP) 

Biaya Sekolah Pramugari
sumber gambar (sekolahpramugariterakreditasi.com)

Berdiri sejak Maret 2010, Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP) selalu mencetak lulusan terbaik dan dipercaya oleh berbagai Maskapai Penerbangan dan Bandara di Indonesia.

PSPP Penerbangan merupakan sekolah yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yaitu PSPP Jakarta, PSPP Yogyakarta, PSPP Lampung, dan PSPP Makassar.

Pendidikan dan pelatihan yang ditempuh dalam sekolah ini adalah selama 6 bulan, yaitu 4 bulan di kampus dan 2 bulan on job training. Sekolah Pramugari PSPP ini tidak hanya untuk calon Pramugari, tetapi juga untuk staf penerbangan lain dan juga membuka kelas make over, berenang, modelling, dan komputer dasar.

Berikut ini adalah rincian biaya sekolah pramugari di PSPP:

Rincian Biaya PSPP 

Biaya

Tahap Pertama (Daftar Ulang) Rp. 15.500.000
Tahap Kedua (Angsuran ke-1) Rp. 13.500.000
Tahap Ketiga (Angsuran ke-2) Rp. 9.500.000
Tahap Empat (Angsuran ke-3) Rp. 3.500.000

TOTAL

Rp. 42.000.000

2. Flight Attendant and Airline Staff Training (FAAST )

Biaya Sekolah Pramugari
suumber gambar (faast.co.id)

FASST (Flight Attendant and Airline Staff Training) merupakan sekolah pramugari dan staf penerbangan yang terletak di Yogyakarta, tepatnya di Sendangadi, Sleman. Selain sekolah pramugari, FAAST juga membuka sekolah untuk pramugara dan staf penerbangan lainnya.

FAAST Penerbangan memilki metode pelatihan yang singkat, professional dengan biaya pendidikan terjangkau, tempat pendidikan yang nyaman serta pelayanan yang ramah. Lama pendidikan yang ditempuh di sekolah ini adalah 7 bulan, yaitu 5 bulan masa pendidikan di sekolah dan 2 bulan pelaksanaan on job training.

Rincian Biaya FASST

Biaya

Tahap Pertama (Daftar Ulang) Rp. 15.000.000
Tahap Kedua (Angsuran ke-1) Rp. 12.000.000
Tahap Ketiga (Angsuran ke-2) Rp. 9.000.000
Tahap Empat (Angsuran ke-3) Rp. 3.500.000

TOTAL

Rp. 39.500.000

3. Jogja Flight Indonesia

Biaya Sekolah Pramugari
sumber gambar (instagram: @jogjaflight_indonesia)

Sekolah Airlines Crew Jogja Flight merupakan lembaga pendidikan yang mendapat lisensi resmi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Kini Jogja Flight sudah tersebar di 6 kota besar yang ada di Indonesia diataranya, Yogyakarta, Balikpapan, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Lampung.

Saat ini, Jogja Flight Indonesia  memiliki beberapa program pendidikan unggulan antara lain program pendidikan Pramugari, Pramugara, Staf Bandara, Staf Airlines, Staf Cargo, Perhotelan Kapal Pesiar, Administrasi Perkantoran Penerbangan, Aviation Security, Aircraft Marshaller, dan S1 Manajemen Udara.

Biaya sekolah pramugari di Jogja Flight adalah sekitar 27 juta dengan angsuran sebanayak 6 kali. Dengan biaya tersebut, para peserta didik akan mendapatkan fasilitas lisensi, online system, praktikum komputer, seragam seperti sepatu dan tas, serta fasilitas lainnya.

Rincian Biaya Jogja Flight Biaya
Biaya Pendaftaran Rp. 150.000
Angsuran 1-6 Rp. 26.875.000
TOTAL Rp. 27.025.000

4. P3 (Pelatihan Pramugari Pramugara) Nusantara

Biaya Sekolah Pramugari
sumber gambar (p3nusantara.co.id)

P3 Nusantara merupakan lembaga pelatihan Pramugari, Pramugara, Staf Penerbangan dan Frontliner untuk berbagai perusahaan. Sekolah penerbangan ini terletak di daerah Yogyakarta tepatnya di Jl. Polisi Istimewa No. 10, Timoho, Jogja dan sudah berdiri sejak tahun 2002.

Sekolah Pramugari yang satu ini  mewajibkan perserta didik memiliki kemampuan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Syarat lainnya adalah harus memiliki kepribadian menyenangkan dan positif. Berikut ini adalah biaya sekolah pramugari di P3 Nusantara:

Rincian Biaya P3 Nusantara

Biaya

Biaya Pendaftaran Rp. 200.000
Biaya Sekolah Pramugari Rp. 40.000.000

Peran dan Tanggung Jawab Pramugari

Biaya Sekolah Pramugari
sumber gambar (kompas.com)

Adapun beberapa peran dan tanggung jawab dari seorang Pramugari ketika sedang menjalani tugas antara lain:

  1. Memastikan pesawat siap untuk dimasuki penumpang
  2. Membantu menunjukkan tempat duduk penumpang
  3. Memeriksa ketersediaan peralatan keselamatan penerbangan untuk penumpang dan kru
  4. Membantu penumpang yang mengalami kesulitan meletakkan barang bawaan di bagasi kabin
  5. Memberikan informasi-informasi penting mengenai fasilitas dan kegunaannya kepada penumpang
  6. Memberi pertolongan pertama pada penumpang yang sakit dalam perjalanan pesawat.
  7. Mendemonstrasikan tata cara menggunakan alat keselamatan penerbangan
  8. Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang tepat seperti berusaha sebaik mungkin memikirkan cara untuk menjamin keamanan penumpang
  9. Membantu dan mendampingi penumpang anak kecil, lanjut usia, juga penumpang apabila membutuhkan penanganan khusus

Penutup

Syarat Pendaftaran dan Biaya Sekolah Pramugari
Syarat Pendaftaran dan Biaya Sekolah Pramugari

Demikian pembahasan tentang daftar sekolah penerbangan dan biaya sekolah pramugari yang dirangkum dalam artikel kali ini. Untuk kamu yang ingin sekolah pramugari, semoga berhasil dan semoga sukses. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu.

Related Post