Daftar Harga Ikan Napoleon di Indonesia

Irfan Nathanael

Ikan Napoleon merupakan salah satu jenis ikan karang yang saat ini di lindungi oleh pemerintah melalui KKP. Lantas berapakah harga ikan Napoleon sekarang? Mocipay akan membahasnya khusus untuk kamu, simak artikel ini sampai selesai yaa.

Ikan Napoleon menjadi salah satu komoditas unggulan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Berdasarkan ukurannya, ikan ini merupakan anggota paling besar dari famili Labridae, dengan ukuran maksimum lebih dari 2 meter dan berat 190 kilogram.

Berdasarkan sejarahnya, ikan Napoleon memiliki banyak sebutan tergantung daerahnya. Umumnya ikan ini dikenal dengan sebutan Napoleon Wrasse, dikarenakan ikan ini memiliki kepala yang cenderung besar, layaknya seorang Panglima besar dari Perancis bernama Napoleon Bonaparte.

Fakta Tentang Ikan Napoleon

Fakta Tentang Ikan Napoleon
Fakta Tentang Ikan Napoleon

Sebelum lebih lanjut membahas tentang harga ikan Napoleon, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta menarik tentang ikan Napoleon. Lalu apa saja fakta menarik dari ikan Napoleon?

    1. Ikan Napoleon Dapat Berganti Jenis Kelamin

Ikan Napoleon Dapat Berganti Jenis Kelamin
Ikan Napoleon Dapat Berganti Jenis Kelamin (sumber twitter.com/DitKKHL)

Salah satu fakta menarik dari ikan Napoleon adalah dapat beganti jenis kelamin. Ikan ini mempunyai pola reproduksi yang Hermafrodit protogini. Umumnya ikan Napoleon lahir sebagai hewan jantan dan akan berubah menjadi betina saat menjelang dewasa.

Kadang ditemukan dominasi jantan pada satu populasi ikan kecil sampai ukuran sedang dan akan berubah menjadi dominasi populasi betina saat mendekati usia matang. Perubahan menjadi betina biasanya terjadi setelah mencapai umur 5-10 tahun atau berbobot badan kurang dari 10-15 kg.

Perubahan yang dialami ikan Napoleon ini berkaitan erat dengan proses reproduksinya. Adanya ikan betina yang berubah menjadi jantan ditengarai dalam upaya menyeimbangkan populasi ikan Napoleon jantan diantara ikan-ikan betina untuk menjaga kelangsungan hidup mereka.

  1. Ikan Napoleon Dilindungi

Ikan Napoleon Dilindungi
Ikan Napoleon Dilindungi (sumber twitter.com/DitKKHL)

Ikan Napoleon merupakan ikan yang memerlukan waktu lama untuk mencapai usia matang reproduktif. Umumnya ikan Napoleon akan mencapai usia matang seksual pada 5 sampai 7 tahun tepatnya pada ukuran 40-60 cm.

Penangkapan ikan Napoleon menggunakan racun sianida dan hal tersebut dapat merusak ekosistem terumbu karang dan ikan Napoleon itu sendiri. Akibat dampak penangkapan yang berlebih untuk perdagangan ikan karang hidup, ikan Napoleon mengalami penurunan populasinya di alam.

Di dasari hal tersebut, pemerintah Indonesia menjadikan ikan Napoleon menjadi salah satu hewan yang dilindungi melalui mentri perikanan dan kelautan.

Secara nasional ikan Napoleon memiliki status perlindungan secara terbatas berdasarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 37/KEPMEN-KP/2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Ikan Napoleon.

Ukuran yang diperbolehkan untuk ditangkap adalah ikan yang berukuran kurang dari 100 gram, berukuran 1000 gram dan sampai berukuran 3000 gram.

  1. Ikan Terumbu Karang Yang Memiliki Ukuran Besar

Ikan Terumbu Karang Yang Memiliki Ukuran Besar
Ikan Terumbu Karang Yang Memiliki Ukuran Besar

Ikan Napoleon hidup di daerah pesisir pantai dekat dengan terumbu karang, beberapa jenis hidup di daerah rumput laut di dasar perairan sampai pada kedalaman 50 meter.

Napoleon tergolong ikan terbesar dari kelompok Labridae yang hidup pada ekosistem terumbu karang dan pada pertumbuhannya dapat mencapai ukuran 2 meter, dengan berat mencapai 190 kilogram.

Ikan Napoleon tersebar luas di Indo-Pasifik. Ikan Napoleon yang masuk ke dalam keluarga ikan wrasse sejatinya merupakan yang terbesar di antara saudaranya yang lain.

Faktanya, ikan Napoleon termasuk salah satu ikan terumbu karang terbesar yang ada di dunia. Menariknya lagi, ikan Napoleon juga berumur panjang, lho. Diketahui ada beberapa individu yang mampu hidup hingga usia sampai 30 bahkan 50 tahun lebih.

  1. Ikan Napoleon Kebal Terhadap Racun

Cara makannya adalah dengan membongkar karang mati dengan gigi besarnya untuk mencari siput dan cacing yang terkubur. Ikan Napoleon gemar memakan kerang-kerang yang berukuran besar seperti Triton. Ikan ini sanggup memecahkan cangkang kerang-kerangan tersebut dengan mudah untuk diambil dagingnya.

Hidup di karang laut artinya harus berdampingan dengan hewan-hewan berbahaya yang memiliki racun. Bagi sebagian besar predator di laut, memangsa hewan-hewan beracun jadi momok tersendiri bagi tubuh mereka.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk ikan napoleon. Dilansir Expedition Art, mereka termasuk ke dalam kategori predator yang kebal terhadap racun. Hal ini terbukti dari pilihan mangsa mereka yang hampir seluruhnya merupakan hewan beracun. Sebut saja bintang laut mahkota duri, babi laut, boxfish, dan kelinci laut.

  1. Memiliki Bibir Tebal

Untuk mengenali ikan ini sangatlah mudah sebab kedua jenis kelamin ikan Napoleon sama-sama memiliki bibir besar dan tebal.

Tidak hanya itu, Ikan betina berwarna keabu-abuan, merah atau coklat yang pudar, wajahnya mempunyai guratan-guratan yang unik sedangkan ikan jantan cenderung berwarna hijau terang atau kebiru-biruan dengan pola garis-garis berlekuk di bagian kepala dan bagian depan tubuhnya

Selain memiliki bibir tebal, ciri khas ikan Napoleon lainnya yaitu mempunyai dua garis diagonal berwarna biru atau kehitaman di belakang matanya, pada ikan dewasa memiliki tonjolan di bagian dahinya yang akan semakin menonjol seiring dengan bertambahnya usia, dan memiliki bibir yang padat dengan sepasang gigi yang keras.

  1. Ikan Napoleon Berasal Dari

Hasil pemetaan potensi yang dilakukan oleh LPSPL (LOKA Pengelola Sumberdaya Pesisir dan Laut) Sorong, sebaran ikan Napoleon ditemukan hampir di seluruh kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat di wilayah kerja Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Kelimpahan ikan Napoleon terbesar ada di Kepulauan Banda. Kepulauan Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, kawasan ini merupakan Kawasan Konservasi Perairan Nasional dengan nomenklatur Taman Wisata Perairan Laut Banda.

Harga Ikan Napoleon

Harga Ikan Napoleon
Harga Ikan Napoleon

Ikan Napoleon merupakan ikan karang yang mempunyai daya tarik bagi para penyelam untuk menikmati wisata alam bawah air laut.

Napoleon dewasa memiliki warna kehijauan, dengan gradasi dari hijau terang ke hijau gelap. Ketika memasuki usia tua, ikan ini akan berwarna antara hijau ke biru pastel dan tumbuhnya jauh lebih besar.

Ikan Napoleon merupakan ikan mahal karena dianggap sebagai makanan mewah yang dapat menaikkan gengsi konsumennya. Hal ini disebabkan ikan Napoleon merupakan makanan raja-raja zaman dahulu.

Akibat dampak penangkapan berlebih untuk perdagangan ikan karang hidup, ikan napoleon mengalami penurunan populasinya di alam.

Hal tersebutlah yang mendasari harga ikan Napoleon mahal dan ikan Napoleon langka. Adanya permintaan pasar yang tinggi, membuat tingkat eksploitasi ikan tersebut menjadi semakin tinggi pula.

Harga ikan Napoleon sangat beragam tergantung dari ukurannya. Semakin besar ukuran ikan Napoleon, maka akan semakin mahal pula harga ikan Napoleon. Berikut ini adalah beberapa daftar harga ikan Napoleon yang telah Mocipay rangkum:

Ragam Ikan Napoleon

Harga Ikan Napoleon/Ekor

Ikan Napoleon Coklat 500gr Rp. 80.000
Ikan Napoleon Fresh Rp. 102.000
Ikan Napoleon Hijau 1 kg Rp. 150.000
Ikan Napoleon 7 cm Rp. 450.000
Ikan Napoleon 10 cm Rp. 650.000
Ikan Napoleon 20 cm Rp. 800.000
Ikan Napoleon 30 cm Rp. 975.000
Ikan Napoleon 40 cm Rp. 2.200.000

Itu dia beberapa harga ikan Napoleon yang dapat Mocipay rangkum. Sekedar informasi, harga ikan Napoleon dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila ikan ini semakin mahal, maka sudah dapat dipastikan bahwa harganya akan semakin mahal.

Penutup

Harga Ikan Napoleon
Harga Ikan Napoleon

Ikan Napoleon termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Jadi ketika kamu ingin membelinya, pastikan kamu sudah menyesuaikannya dengan peraturan yang berlaku.

Pada dasarnya sama seperti ikan yang lain, harga ikan Napoleon tergantung dari ukurannya. Demikianlah pembahasan tentang harga ikan Napoleon yang dapat Mocipay bahas pada artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus membaca artikel Mocipay untuk mendapatkan pembahasan terupdate.

Related Post