Harga

Daftar Harga Tembaga Bekas per Kg Terbaru

Anda punya barang bekas atau ingin membeli barang bekas yang mengandung unsur tembaga? Nah, sebelum kesitu ketahui dulu yuk harga tembaga bekas per Kg 2023 dalam artikel ini!

Berbagai macam barang bekas yang sudah tidak bisa digunakan lagi bisa dijadikan uang dengan nilai jual tertentu. Hal itu sudah tidak asing lagi kamu dengarkan dan bahkan mungkin sudah pernah kamu lakukan sebelumnya.

Dari banyaknya barang bekas yang laku dipasaran, dalam artikel ini kita akan membahas secara khusus barang bekas “Tembaga” Taukah kamu? Tembaga bekas ternyata memiliki harga jual yang lumayan tinggi di pasaran. Penasaran dengan kisaran harga tembaga bekas per Kg? ikuti artikel ini sampai habis ya!

Sekilas mengenai Tembaga

Dilansir dari¬†Wikipedia Tembaga adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa latin “Cuprum“.

Tembaga ditandai dengan ciri-ciri warnanya yang terlihat seperti jingga kemerahan, sifatnya halus dan cenderung lunak, serta dapat larut dalam air. Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik, namun unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali.

Dari beragam jenis logam, tembaga adalah salah satu bagian dari logam yang nilai jualnya mahal bahkan walaupun dalam keadaan bekas. Kebanyakan tembaga akan ditemukan di kabel listrik. Dengan demikian, apabila kamu memiliki barang bekas yang mengandung tembaga maka jangan biarkan komponen mahal tersebut terbuang sia-sia!

Manfaat Tembaga

Tembaga merupakan unsur logam yang memiliki beberapa karakteristik unik, diantaranya seperti: tahan lama, anti karat, anti bakteri, dan yang lebih menariknya lagi bisa di “Daur Ulang”Hal itulah yang membuat tembaga bekas pun tetap laku bahkan di banderol dengan harga mulai dari ratusan di pasaran.

Mengetahui hal ini, mungkin anda akan bertanya-tanya “Apa sih manfaat dari tembaga ini?” Maka dari itu supaya kamu tidak bingung lagi, berikut ini kami paparkan beberapa manfaat dari tembaga

  • Kabel listrik

Dengan sifatnya yang fleksibel namun mampu menghantarkan listrik dan panas dengan baik, menjadikan tembaga ini digunakan sebagai komponen utama dalam kabel listik, Selain itu, penggunaan tembaga sebagai kabel listrik juga terjamin lebih aman karena tidak akan terbakar jika dialiri listrik walau dengan tegangan yang tinggi.

  • Kontruksi bangunan

Harga tembaga bekas per Kg/ www.indo-makmur.com

Selain digunakan sebagai komponen utama dalam perakitan kabel listrik, tembaga juga banyak dimanfaatkan sebagai kontruksi bangunan. Hal itu di picu oleh sifat tembaga yang anti karat.

Contoh pemanfaatan tembaga dalam kontruksi bangunan adalah sebagai bahan pembuatan segala jenis pipa (seperti pipa untuk air tawar, air asin, serta pipa minyak dan gas), sebagai gagang pintu, engsel, kunci, sprinkler, dll.

  • Kendaraan bermotor dan mesin

Tembaga juga kerap digunakan dalam sebagian komponen penyusun dari sebuah kendaraan. Apabila anda punya kendaraan pribadi, maka anda dapat melihat beberapa komponen motor anda yang terbuat dari tembaga seperti pada bagian kabelnya, radiator, dan rem.

  • Digunakan dalam pengolahan minyak bumi

Tidak hanya digunakan dalam industri kontruksi bangunan saja, tembaga ini juga ternyata kerap dimanfaatkan dalam industri minyak bumi dengan fungsinya yang dapat memisahkan serta menghilangkan kandungan belerang yang mungkin terdapat dalam bahan pembuatan minyak.

  • Campuran untuk membuat perhiasan

Source: www.lazada.co.id

Banyak perhiasan yang merupakan campuran dari tembaga dengan unsur lain yang banyak diminati oleh orang-orang. Seperti salah satu contohnya ” arloji” Sebagian besar jam tangan terbuat dari bahan yang merupakan perpaduan antara tembaga dan timah putih yang menghasilkan perunggu, yang kemudian di buat ke dalam berbagai bentuk perhiasan.

Jenis Tembaga

Setelah kamu mengetahui gambaran serta manfaat dari tembaga, tentu kamu perlu juga mengetahui jenis-jenis dari tembaga. Unsur logam yang satu ini memiliki beragam jenis dan karakteristiknya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis tembaga yang dilansir dari beberapa sumber.

Tembaga Super (TS)

harga tembaga bekas per Kg
harga tembaga bekas per Kg/ harga.web.id

Tembaga super merupakan jenis tembaga yang tingkatannya berada di kelas pertama dengan kualitas yang lebih bagus sesuai dengan harganya juga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis tembaga lainnya.

Ciri khas dari tembaga super ini adalah ukurannya yang identik seperti ukuran ijuk sapu lidi. Umumnya tembaga ini di dapat dari kabel tegangan tinggi yang kulitnya sudah dikupas akan tetapi tidak dengan cara di bakar.

Tembaga BC (Bare Copper)

Jika pada tembaga super yang telah dijelaskan sebelumnya umumnya berasal dari kabel tegangan tinggi yang kulitnya dikupas dengan cara tidak dibakar maka pada tembaga BC adalah kebalikannya.

Tembaga BC didapat dari kabel tegangan tinggi yang proses pengupasan kulitnya dilakukan dengan cara dibakar namun tidak meninggalkan sisa abu maupun sisa kulit dari proses pembakaran. Dengan prosesnya yang seperti demikian menyebabkan warna pada jenis tembaga BC biasanya cenderung agak hitam, lebam, sedikit kuyu, serta tidak mengkilap seperti tembaga super.

Tembaga Biasa (TB)

Selanjutnya adalah tembaga biasa yang merupakan jenis tembaga yang berada pada tingkatan ke 3 dan harganya dibawah tembaga jenis BC. Jenis tembaga ini kerap disebut juga sebagai tembaga serabut, karena ukurannya yang sebesar rambut. Jenis tembaga TB ini biasanya didapat dari dynamo penggerak, generator, dan trafo.

Tembaga Bakar

Sumber: www.facebook.com

Sama seperti namanya tembaga bakar merupakan jenis tembaga yang proses pengupasan kulitnya dilakukan dengan cara dibakar. Ciri dari tembaga bakar ini identik dengan ciri tembaga biasa yang telah jelaskan sebelumnya, yang membedakan adalah tampilan fisiknya yang terlihat kotor, hitam, ber-abu, serta masih terdapat sisa kulit dari proses pembakarannya.

Tembaga Dalung/ Dandang (TD)

source: samartkerajinantembaga.wordpress.com

Jenis tembaga yang terakhir adalah tembaga dalung/ dandang yang tingkatannya berada di urutan paling bawah sekaligus paling murah. Sama seperti namanya, biasanya jenis tembaga seperti ini diperoleh dari dandang/ kuali tembaga bekas.

Harga Tembaga Bekas per Kg Hari Ini

Harga tembaga bekas per Kg/ harga.web.id

Setelah kamu mengetahui deskripsi lengkap mengenai tembaga mulai dari gambarannya, manfaatnya, serta jenis-jenis tembaga. Sekarang, kami akan menyajikan harga tembaga bekas per Kg. Untuk memudahkan kamu dalam mengetahui harga tembaga bekas per Kg, berikut ini kami akan menampilkan rincian harga tembaga bekas per Kg dalam bentuk tabel seperti di bawah ini.

Jenis Tembaga Harga (Rp)
Tembaga Super (TS) Rp 105.000-120.000/ Kg
Tembaga BC (Bare Copper) Rp 100.000-115.000/ Kg
Tembaga Biasa (TB) Rp 90.000-105.000/ Kg
Tembaga Bakar Rp 80.000-92.000/ Kg
Tembaga Dalung/ Dandang (TD) Rp 60.000-75.000/ Kg

Ketahui juga Harga Cengkeh Kering 1 Kg di Pasaran

Penutup

Harga Tembaga Bekas per Kg 2023
Harga Tembaga Bekas per Kg

Demikianlah harga tembaga bekas per Kg yang dapat kami tampilkan untuk pengunjung semuanya. Harga yang tercantum merupakan harga tembaga bekas per Kg yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Namun perlu diingat bahwa harga bisa saja mengalami kenaikan maupun penurun dalam tergantung tempat, kondisi barang, dan negosiasi dengan pembeli atau berbagai faktor lainnya. Ketahui juga berbagai update harga lainnya hanya di Mocipay

Back to top button