5 Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring Mudah & Kreatif

Ristauli Sianturi

Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring merupakan hal yang ingin di ketahui banyak orang. Seperti yang kita ketahui sekarang lagi trend rok lilit ini mengapa tidak, karena banyak sekali orang menggunakan untuk foto studio anak kuliahan bahkan orang tua dipakai untuk kondangan.

Dengan mengetahui Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring bisa menunjang penampilan agar tetap stylish saat acara sekalipun. Saat menghadiri acara formal ataupun non-formal, tak ada salahnya bila Anda menggunakan outfit andalan yang dipadukan dengan salah satu model rok yang cukup mudah dan populer digunakan, yaitu rok lilit.

Akan tetapi tidak banyak yang tau Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring. Memang banyak yang mengerti cara pemakaiannya namun tidak sesuai dengan model seharusnya sehingga tidak menarik untuk dilihat. Buat orang lain juga tahu rok lilit itu harus memakai ring untuk mengaplikasikan.

Disini  akan saya paparkan ya buat teman semua tutorial Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring sangat banyak cara lain. Dengan mengetahui Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring kita menjadi dapat triknya rok lilit bisa menjadi outfit yang kece jika ingin baca ootd menarik lainnya klik

Menariknya, ada beragam model yang super cute abis dan anti ribet-ribet club untuk kamu coba sendiri bareng bestie. Jika ingin beli rok lilit bisa ke aplikasi Shopee klik Shopee

Pengertian Rok Lilit

Rok lilit adalah jenis rok yang cara pakainya langsung dililitkan terdiri atas satu lembar kain yang sisinya bersilang di depan sehingga menyuguhkan aksen tradisional pada penampilan kamu.

Kain apa yang digunakan untuk membuat rok

Jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat rok diantaranya berupa kain linen, katun, denim, satin, velvet, corduroy, chiffon, dan lace

Berapa meter kain yang digunakan untuk membuat sebuah rok lilit

Pola besar pada rok lilit batik terdiri dari pola kain persegi empat dengan ukuran 180 cm x 90 cm. Pola kecil terdiri atas pola tali rok yang berukuran 30 cm x 6 cm.

Apakah rok lilit itu di jahit 

Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring  maupun dengan ring sama saja sebuah rok yang dibuat tanpa dipola dan dijahit. Jadi bentuk dasarnya itu hanya berupa lembaran kain biasa yang dikenakan dengan cara dililitkan pada tubuh dan diikat kuat pada badan bagian depan.

Jika ingin melihat harga Kain dipasaran bisa baca Info Harga Kain Flanel Per Lembar dan Per Meter di Pasaran (2023)

Cara Memilih Rok Lilit

  • Pilih berdasarkan panjang rok

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat memilih rok lilit adalah menentukan panjang rok. Di pasaran, panjang rok lilit cukup beragam. Namun, panjang rok lilit yang banyak dijual adalah sekitar 62–110 cm.

Jika ingin mendapatkan kesan rapi, Anda bisa memakai rok lilit yang panjangnya mencapai mata kaki. Sementara itu, rok lilit dengan panjang 3/4 atau sebetis akan membuat look Anda terlihat lebih modis. Di sisi lain, untuk kesan seksi, pilihlah rok lilit yang panjangnya hanya sampai di atas lutut.

  •  Polos atau motif? Sesuaikan corak dengan atasan yang dipakai

Selain panjang rok, Anda juga perlu menyesuaikan corak rok lilit dengan atasan yang akan dipakai. Anda bisa menjumpai rok lilit yang polos hingga yang bermotif di pasaran. Rok lilit bermotif biasanya memiliki corak yang etnik, contohnya batik.

Namun, ada juga beberapa produk kekinian yang bermotif tie-dye sehingga memberikan kesan lebih trendi. Agar penampilan Anda tidak terlalu ramai, padukan dengan atasan yang polos.

Jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang minimalis kita dapat memepelajari Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring  agar tidak monoton dan pilihlah rok lilit polos. Anda juga akan lebih mudah memadukannya dengan berbagai atasan. Akan tetapi, apabila Anda tidak mau ribet mix and match, pilih saja rok lilit yang dijual sepaket dengan atasan.

  • Pertimbangkan rok lilit instan untuk penggunaan yang praktis

Memakai rok lilit memang terkesan ribet, terlebih jika Anda belum mengetahui cara pemakaiannya yang tepat. Nah, solusi untuk memakai rok lilit dengan mudah dan praktis adalah rok lilit instan. Rok lilit instan sudah dijahit sehingga Anda bisa langsung memakai tanpa perlu repot-repot melilitnya.

Ada juga beberapa produk yang ditambahkan ritsleting agar makin mudah dikenakan.Sama seperti rok lilit biasa, rok lilit instan juga ada yang dilengkapi dengan ring khusus.

Ring khusus tersebut bisa dijadikan aksen pada penampilan Anda. Meskipun lebih praktis, panjang dari rok lilit instan tidak bisa diatur. Jadi, untuk Anda yang ingin menyesuaikan panjang rok lilit sesuka hati, lebih baik Anda memilih rok lilit biasa.

5 Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring

Baiklah dibawah ini akan aku share ya Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring yang pastinya sangat simple dan sangat hits di zaman sekarang untuk kondangan maupun acara santai lainnya:

  • Cara Memakai Rok Lilit Model Kulot

    Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring yang pertama iyalah model kulot kamu bisa dengan model menyerupai kulot. Karena model kulot juga sangat hits sekrang ini. Model rok lilit yang satu ini bisa dikenakan oleh perempuan dengan bentuk tubuh apapun. Berikut cara memakainya:

    1. Rentangkan kain dengan posisi melebar, sementara bagian dalamnya menghadap pada bagian tubuh kamu.
    2. Tempatkan salah satu sisi lebar kain pada bagian pinggang, kemudian ikat kuat kedua ujungnya di belakang badan agar kain tidak terlepas.
    3. Tarik sisa kain yang menjuntai di bagian depan melewati kaki bagian bawah, kemudian ikatkan ke bagian depan pinggang.
 Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring
Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring-Sumber: Shopee

 

  •  Cara Memakai Rok Lilit Ikat Pita

Cara memakai rok lilit berikutnya adalah mengikatnya dengan pita. Cara ini terbilang sangat mudah. Model rok lilit ini cocok bagi kamu yang ingin tampil anggun dan feminim dalam berbagai kesempatan. Berikut ini cara memakainya:

  1. Bentangkan kain secara memanjang di belakang tubuh kamu. Pastikan bagian dalam kain menghadap tubuh.
  2. Kemudian, tarik kedua ujung kain ke arah depan.
  3. Kencangkan lilitan kain pada tubuh kamu, kemudian ikat di bagian depannya.
  4. Agar terlihat makin sempurna, rapikan sisa ujung kainnya menjadi berbentuk pita
Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring
Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring-Sumber: Shopee

 

  • Cara Memakai Rok Lilit Model Gelombang

Lilit gelombang ini merupakan cara memakai rok lilit kain khas suku Madura. Begini cara memakainya:

  1. Ikat ujung kain di belakang pinggang dan biarkan ujung lainnya tergerai di depan.
  2. Lalu, ambil ujung kain yang tergerai di depan tersebut dan masukkan melalui sela di kaki ke arah belakang.
  3. Tarik kain hingga mencapai pinggang dan ikat kedua ujung kain.
Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring
Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring-Sumber: Shopee

 

  • Cara Memakai Rok Lilit Model Draperi

Cara memakai rok lilit selanjutnya adalah mengkreasikannya dengan model draperi. Berikut cara memakainya:

  1. Lilitkan kain pada pinggang kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu pelintir sisa kain yang panjang hingga membuat bentuk seperti tali untuk membuat draperi.
  3. Lalu tarik tali mengelilingi pinggang.
  4. Sematkan sisa ikatan agar terlihat rapih.
Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring
Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring-Sumber: Shopee

 

  • Memakai Rok Lilit Sebagai Pelengkap Style

Yang terakhir Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring yaitu Selain menjadi bawahan rok, kain lilit batik bisa kamu modifikasi menjadi berbagai gaya modern lho, Beautynesian! Contohnya seperti gambar di bawah. Kamu bisa mengenakan rok batik sebagai syal, yang bisa menambah kesan edgy pada penampilanmu.

Selain sebagai syal, kamu bisa juga mengenakan rok batik dengan memadukannya bersama legging dan belt agar tampak lebih stylish dan modis. Bahkan model rok seperti ini tidak hanya cocok untuk dikenakan ke acara formal lho, kamu juga bisa mengenakannya saat jalan-jalan dengan keluarga atau teman.

Selain itu, tidak hanya kain batik saja, Beautynesian bisa menggunakan berbagai jenis kain lainnya seperti kain tenun ataupun kain jarit lho. Rok dari kain khas Indonesia ini bisa dipadankan dengan beragam atasan seperti kebaya, kemeja, hingga kaos polos. Satu kain dengan beragam gaya pun bisa didapat.

Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring
Cara Membuat Rok Lilit Tanpa Ring

Kesimpulan

Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring
Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring

Kesimpulan yang dapat kita peroleh dari  Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring adalah kita jadi lebih mengetahui dan dapat lebih kreatif lagi dalam memakai rok lilit ini tidak hanya monoton saja dengan ring saja. Semoga bermanfaat yaa

Baca Artikel Menarik Juga: 5 Produk Paling Laris di Shopee

Related Post