TipsTutorial

13 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami Dan Permanen

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami Dan Permanen – Kutu anjing merupakan hewan kecil yang sangat menganggu pekembangan anjing dan terlebih hewan tersebut sangat menjijikkan. Kutu dapat berkembang biak pada badan anjing dengan cepat apalagi penyebaran kutu tersebut sangat banyak sampai merayap ke dinding rumah yang kamu tempati.

Hal tersebut pastinya sangat menganggu dan menyiksa anjing kesayangan kamu ditambah lagi kutu tersebut memiliki perkembangan yang cukup luas ke seluruh bagian tubuh anjing tersebut.

Untuk itu kamu sebagai majikan anjing tersebut harus membersihkan dan menghilangkan kutu tersebut secara permanen dengan artikel Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang akan di bahas di bawah ini. Berikut di bawah ini pembahasan cara menghilangkan kutu anjing dengan cara yang alami dan permanen versi Mocipay :

Mengenal Sekilas Tentang Kutu Anjing

Kenali dulu apasih itu Kutu Anjing ? Sebelum kamu masuk ke Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang akan di tawarkan pada pembahasan kali ini. Agar anjing yang kamu sayangi tetap sehat dan kamu tidak khawatir lagi dengan kondisi tubuhnya.

  • Kutu anjing atau yang sering disebuh dengan Pinjal merupakan salah satu jenis serangga yang masuk ke dalam kategori Shiponaptera yang sangat berbahaya.
  • Pinjal menjadi salah satu parasit yang pada umumnya dapat di temukan pada hewan-hewan yang ada di sekitar kamu dan dapat juga di temukan pada manusia. Pinjal akan menghisap darah daripada tubuh yang dihingapinya.

Itu dia pengertian ringkas dari apa itu yang di maksud dengan kutu anjing. Kamu juga bisa cek beberapa Cara Mengobati Anjing Keracunan yuk ikuti caranya.

Jenis Jenis Kutu Anjing

Ada beberapa jenis kutu yang akan hinggap dan menumpang pada tubuh anjing umumnya jenis-jenis kutu ini sudah sangat familiar hidup di dalam tubuh seekor anjing. Untuk itu kamu harus kenali dulu jenis kutu apa yang menumpang pada tubuh anjing yang kamu adopsi.

  • Kutu Pinjal Anjing (Flea)

Kutu Pinjal Anjing (Flea)
Kutu Pinjal Anjing (Flea)

Kutu pinjal atau dengan kerap yang di sebut dengan kutu ayam atau kucing sering hinggap pada tubuh kucing dan ayam pada bagian area leher dan telinga. Begitu juga dengan anjing kutu ini berbentuk lonjong kehitaman memerah dan memiliki kaki yang panjang di belakang oleh sebab itu kutu ini sangat cepat bergerak serta dapat melompat kesana kemari.

  • Kutu Scab Mites – Tungau Scabies

Kutu Scab Mites - Tungau Scabies
Kutu Scab Mites – Tungau Scabies

Kutu scab mites tumbuh di bawah kulit dan hidup dengan memakan jaringan sel yang ada di dalamnya dan terbentuk menjadi sebuah goromg-gorong yang menyebabkan terjadinya penyakit scabies. Ciri-ciri kedatangan kutu ini di tandai dengan kemerehan pada area sekitar kerak pada tubuh anjing tersebut dan dapat berpotensi menular ke jaringan kulit manusia.

Baca Juga :  4 Cara Setor Tunai BCA Terdekat Dari Lokasi Kamu
  • Kutu Tungau Telinga (Ear Mites)

Kutu Tungau Telinga (Ear Mites)
Kutu Tungau Telinga (Ear Mites)

Ear Mites atau sering disebut dengan tungau telinga merupakan salah satu kutu yang dapat menginfeksi jaringan kulit telinga pada anjing yang kerap nama ilmiah nya disebut dengan Otodectes Cynotis. Gejala yang diberikan oleh Ear Mites ini dtandai dengan anjing yang kamu miliki sering menggelengkan kepala dan menggaruk telinga pasalnya hal tersebut di tandai dengan radang kemerahan serta kotoran telinga pada anjing tersebut berlebihan.

  • Kutu Caplak (Ticks)

Kutu Caplak (Ticks)
Kutu Caplak (Ticks)

Kutu Caplak masuk ke dalam golongan Genus Ixodes kutu ini memiliki gigi yang dinamakan dengan Chelicerae fungsi dari gigi tersebut digunakan untuk menyayat kulit induk dan di masukkan kembali kedalam mulutnya. Caplak dapat mengisap mampu mengisap darah sebanyak mungkin tanpa sepengetahuin induknya selain itu banyak sekali patogen yang dapat menular oleh caplak seperti protozoa, nematoda dan toksin.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Dengan Cara Alami Dan Permanen

Seringkali majikan mengabaikan penyakit kutu yang di alami oleh hewan peliharaannya jika kamu sayang kepada doggy ataupun kucing yang kamu miliki ayo hilangkan kutu yang sudah menyebar pada tubuh anjing yang kamu sayangi.

Hal tersebut menjadi salah satu kasih sayang yang kamu berikan agar anjing yang kamu sayangi tetap bertahan hidup dengan nyaman tanpa gangguan kutu pada tubuh anjing tersebut.

Berikut dibawah ini beberapa Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan bawang putih secara alami dan permanen ampuh membasmi semua kotoran dan kutu yang menempel pada hewan peliharaan kamu termasuk anjing yang kamu miliki.

  • Utamakan Kebersihan Kandang

Utamakan Kebersihan Kandang
Utamakan Kebersihan Kandang

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan cara Menjaga kebersihan kandang menjadi perihal pertama untuk menjaga kondisi kesehatan anjing lakukan pembersihan kandang secara berkala agar terhindar dari yang namanya kutu dan jenis-jenis lainya.

Cara ini sangat efisien untuk dilakukan asalkan kamu rajin dan konsisten untuk melakukan pembersihan kandang tersebut agar anjing yang kamu miliki tetap merasa nyaman pada kawasan yang di jadikan sebagai alat tidur anjing tersebut.

  • Menyisir Bulu Anjing Secara Berkala

Menyisir Bulu Anjing Secara Berkala
Menyisir Bulu Anjing Secara Berkala

Menyisir bulu anjing secara berkala menjadi bagian yang sangat penting untuk menghindari datangnya kutu pada anjing-anjing yang kamu sayangi. Terlebih lagi anjing sangat suka di sisiri oleh majikannya dimana anjing tersebut akan merasa sangat nyaman dan senang.

Ketika kamu menyisir di setiap bagian area tubuh anjing tersebut ditambah dengan bagian kepala yang kerap menjadi sarang perkumpulan kutu anjing. Jadi pastikan kamu sudah menyisir anjing kesayangan kamu hari ini yah dan lakukan secara berkala.

  • Semprot Dengan Perasan Air Lemon

Semprot Dengan Perasan Air Lemon
Semprot Dengan Perasan Air Lemon

Cara Menghilangkan Kutu Anjing selanjutnya kamu dapat menggunakan perasan air lemon yang memiliki cita rasa asam yang khas. Kamu dapat menggunakan perasan air lemon tersebut dengan beberapa caranya di bawah ini agar doggy yang kamu sayangi tetep kiyowo.

Baca Juga :  10+ Cara Cek Nomor XL Sendiri Melalui SMS Dengan Mudah dan Tanpa Biaya

Cara Membuat Perasan Air Lemon :

  1. Ambil buah lemon secukupnya
  2. Iris semua lemon tersebut
  3. Kemudian irisan tersebut masukkan kedalam air
  4. Air diberikan sampai lemon tenggelam saja dan jangan terlalu banyak
  5. Rebus lemon tersebut sampai mendidih
  6. Kemudian angkat dan tunggu sampai larutan tersebut dingin

Setelah itu semprotkan larutan lemon tersebut ke area tubuh anjing yang menjadi sarang daripada kutu yang ada. Kamu juga bisa cek beberapa Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk.

  • Campur Minum Anjing Dengan Cuka Apel

Campur Minum Anjing Dengan Cuka Apel
Campur Minum Anjing Dengan Cuka Apel

Cuka apel menjadi salah satu suplemen makanan atau minuman untuk anjing dan sama sekali tidak berbahaya jika digunakan. Cuka apel dapat mencegah anjing agar tidak berpenghungni dari yang namanya kutu caranya juga sangat mudah. Ikuti langkahnya di bawah ini.

Cara Mencampur Cuka Apel Ke Dalam Minuman Anjing :

  1. Siapkan wadah tempat makanan atau minuman anjing yang kamu miliki
  2. Ukur takaran cuka apel dengan sendok
  3. Masukkan empat gelas air putih bersih ke dalam wadah minumannya
  4. Lalu buat takaran cuka apel dengan 1 SDM per 4 Gelas air putih
  5. kemudian kocok dan campurkan
  6. Setelah itu berikan minuman tersebut ke pada anjing yang kamu sayangi

Selain mencegah kutu yang ada di area tubuh anjing Cuka apel juga sangat bagus untuk mempercantik bulu dan kulit agar semakain segar dan tebal. Baca juga Jenis Anjing Kecil Yang Tidak Bisa Besar Cocok Dipelihara untuk teman bermain di kala susah.

  • Rempah Rosemary

Rempah Rosemary
Rempah Rosemary

Rosemaey merupakan bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk keperluan memasak selain itu rosemary menjadi salah satu Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Lantaran aroma yang diberikan oleh rempah-rempah rosemary tidak disukai oleh kutu-kutu jenis apapun.

Cara Menggunakan Rempah Rosemary Untuk Mencegah Kutu Anjing

  1. Ambil tanaman rosemary secukupnya
  2. Tanam rempah rosemary pada sekitar halaman
  3. Tanaman bunga rempah rosemary pada sekitar area kandang anjing
  • Aroma Minyak Lavender

Aroma Minyak Lavender
Aroma Minyak Lavender

Tahukah kamu aroma Minyak Lavender cukup ampuh untuk digunakan mengusir berbagai macam serangga termasuk juga dengan Kutu Anjing. Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan memanfaatkan minyak levender juga sangat mudah di karenakan aroma levender tidak sukai kutu sama sekali.

Cara Memanfaatkan Minyak Levender Untuk Mengusi Kutu

  1. Siapkan minyak levender secukupnya
  2. Kemudian tuang kedalam spray
  3. Lalu semprotkan keseluruh bagian tubuh anjing
  4. Semprotkan pada area yang fatal seperti telinga kepala serta kaki
  5. Gunakan minyak levender setelah memandikan anjing
  • Oles Dengan Minyak Kelapa

Oles Dengan Minyak Kelapa
Oles Dengan Minyak Kelapa

Selain menjadi bumbu dapur minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai kesehatan hewan peliharaan seperti anjing kucing dan lain-lain. Minyak Kelapa mampu mengusir kutu yang tinggal di badan anjing yang kamu pelihara selain itu minyak kelapa juga sangat bagus untuk kesehatan usus anjing.

Cara Membasmi Kutu Anjing Dengan Minyak Kelapa

  1. Persiapkan minyak kelapa asli
  2. Kemudian tuang ke mangkuk dengan takaran secukupnya
  3. Lalu oleskan keseluruh area tubuh doggy yang kamu miliki
  4. Oleskan ketikan kamu hendak memandikan anjing tersebut
  • Jamu Daun Mimba

Jamu Daun Mimba
Jamu Daun Mimba

Daun mimba umumnya di gunakan untuk memperoleh aroma khas jamu yang sangat berkhasiat dan beraroma fantastis. Daun mimba dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu Cara Menghilangkan Kutu Anjing secara alami dan permanen cara menggunakannya juga sangat muda berikut di bawah ini.

Baca Juga :  2 Cara Membobol Password WiFi Lewat Google Chrome di Perangkat HP

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Dengan Daun Mimba

  1. Ambil daun mimba secukupnya
  2. Kemudian rebus daun mimba dengan air sampai mendidih
  3. Setelah mendidih tunggu air tersebut sampai dingin atau hangat
  4. Lalu mandikan anjing kesayangan kamu dengan Rebusan tersebut
  • Air Cuka

Air Cuka
Air Cuka

Air Cuka menjadi salah satu Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang sangat alami dan aman untuk digunakan sebagai bahan obatan untuk kutu anjing. Air cuka sangat efektif dan ampuh untuk merontokkan semua jenis kutu yang menempel pada area tubuh anjing cara penerapannya juga sangat gampang simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Dengan Air Cuka

  1. Pertama beli air cuka
  2. Kemudian campur air cuka dengan air biasa
  3. Perbandingan air biasa dengan cuka dapat kamu gunakan 50 : 50
  4. Lalu campur pada sebuah wadah
  5. Rebus campuran tersebut dengan api sedang sampai terasa hangat saja
  6. Tuang pada spray lalu semprotkan pada area tubuh anjing yang kamu miliki.
  • Air Garam

Air Garam
Air Garam

Garam merupakan bumbu dapur sebagai penyedap rasa dengan berbagai manfaat lainnya garam dapat kamu temui dengan mudah dan harganya juga sangat ekonomis di kantong. Khasiat yang di hasilkan oleh air garam dapat kamu gunakan sebagai solusi dari Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan alami dan ampuh.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Pakai Air Garam

  1. Ambil garam secukupnya
  2. Sediakan air hangat atau panas
  3. Larutkan garam pada air hangat tersebut dengan takaran secukupnya
  4. Setelah larut tunggu sampai beberapa saat
  5. Lalu gunakan larutan tersebut untuk merendam anjing
  6. Setelah dirasa cukup tunggu beberapa saat lalu bilas anjing dengan air bersih

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan acara yang alami seperti penjelasan di atas dapat kamu cobain dengan mudah dan bahan yang diperuntukkan juga gampang untuk di dapatkan. Selain itu yuk cek juga beberapa Penyebab Bulu Anjing Rontok Dan Cara Mengatasinya.

Tips Agar Anjing Tidak Menjadi Sarang Kutu

Ada beberapa tips yang wajib kamu ketahui agar seekor anjing yang kamu cintai dan sayangi tidak menjadi sarang perhinggapan kutu-kutu kecil yang sangat jahat. Tips ini dapat kamu terapkan dengan mudah agar anjing yang kamu sayangi tetap terawat dan sehat serti cantik untuk di jadikan teman sepermainan.

Baca tips nya di bawah ini dan jangan sampai ketinggalan. Oh iyah kamu juga bisa cobain Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut untuk tuan rumahnya.

Tips Deskripsi Singkat
Rutin Mandi dan Sikat Bulu Mandi dan menyikat bulu anjing secara rutin akan membantu menghilangkan dan mencegah kutu.
Gunakan Produk Anti-Kutu Ada banyak produk anti-kutu di pasaran, seperti sampo, semprotan, dan obat oral.
Periksa secara Berkala Periksa bulu anjing secara berkala, terutama setelah berinteraksi dengan anjing lain atau setelah berada di luar rumah.
Jaga Kebersihan Lingkungan Kutu juga bisa bersembunyi di tempat tidur, mainan, dan area lain dimana anjing biasa berada. Pastikan untuk membersihkan area ini secara teratur.
Konsultasi ke Dokter Hewan Jika Anda merasa kesulitan mengendalikan kutu, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan yang tepat.

Selain itu kamu juga bisa cobain beberapa Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan yang disebabkan oleh banyak hal untuk itu penting sekali menjaga anjing agar tetap sehat dan aktif.

Penutup

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami Dan Permanen
Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami Dan Permanen

Nah itu dia Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami Dan Permanen yang dapat di efektivitaskan dengan mudah hanya memanfaatkan bahan dapur yang tersedia. Gunakan cara di atas dengan sedetail mungkin dan konsisten agar kutu anjing yang kamu miliki rontok dan tidak akan datang lagi.

Irfan Nathanael

"The Only Easy Day was Yesterday"
Back to top button