Ragam

6 Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Bebelove

Mengetahui ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove sama penting dengan manfaatnya, dengan informasi tersebut orang tua bisa mengenali perubahan fisik anak setelah minum susu.

Bebelove adalah merk susu yang familiar di pasaran, susu ini di formulasi kan untuk bayi di awal kehidupannya hingga usia kanak-kanak. Bebelac mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, namun perlu dipahami bahwa tidak semua cucu cocok pada bayi dan anak-anak.

Setelah diberikan maka tidak sedikit pula yang mencari tau ciri-ciri bayi tidak cocok akan produk susu. Berkaca dari pengalaman pengguna, berikut kami sajikan ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove.

Mengenal Susu Bebelove

Mengenal Susu Bebelove
Mengenal Susu Bebelove

Bebelove adalah susu formula yang diproduksi memenuhi kebutuhan anak-anak. Susu ini hadir dalam beberapa penyajian berdasarkan rentang usia mulai 0-6 bulan, 6-12 bulan, 1-3 tahun, dan 3-6 tahun. Susu ini diproduksi sesuai kebutuhan usia anak, misalnya produk bebelove 0-6 bulan yang diklaim tanpa tambahan gula untuk mencegah masalah pencernaan bayi.

Susu ini tersedia dalam dua varian yaitu Bebelove dan Bebelove gold. Bebelove adalah susu yang dirancang untuk bayi usia 0-6 bulan yang mengandung prbiotik FOS untuk memelihara kesehatan pencernaan bayi. Ditambahkan pulsa Lactoferrin, kandungan yang berfungsi meningkatkan imun tubuh dan nutrisi penting lainnya seperti kalsium, zat besi, vitamin dan mineral.

Sementara itu, Bebelove gold adalah produk lanjutan untuk bayi umur 6-12 bulan. Susu ini dilengkapi Ezyacare, formula penting mengurangi gumoh, perut kembung dan mendukung otak anak. Meski sama-sama baik dan mengandung nutrisi kompleks, Bebelove diberikan bukan sebagai susu pengganti ASI melainkan sebagai pendamping.

Takaran dan Cara Penyajian Susu Bebelove

Untuk membahas ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove, maka perlu juga dipahami takaran dan cara penyajian yang tepat. Bebelove 1 adalah susu yang di formulasi kan untuk umur 0-6 bulan, sedangkan Bebelove 2 untuk bayi usia 6-12 bulan, orang tua bisa menyajikan susu sesuai umur anak.

Baca Juga :  10+ Rekomendasi Helm Untuk Wanita Berhijab: Kualitas Premium dan Paling Banyak Diminati!

Untuk mengetahui takaran saji yang tepat anda bisa cek tabel aturan pemberian di kemasan susu Bebelove. Berikut cara penyajian susu yang tepat.

  1. Pastikan botol susu telah bersih dan steril. Cuci botol lalu rendam di air panas selama 5 menit
  2. Sebelum membuat susu bersihkan tangan menggunakan sabun dan keringkan
  3. Perhatikan takaran sesuai usia anak, misalnya untuk bayi usia 5-6 bulan dengan berat badan >6kg takaran sekali pemberian adalah 7 sendok takar saji yang dilarutkan dalam 210 ml air.
  4. Setelah di aduk pastikan anda memperhatikan suhu sebelum diberikan pada anak, teteskan susu pada tangan untuk mengetahui apakah masih panas dan sebaliknya.

Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Bebelove

Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Bebelove
Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Bebelove

Bunda, memilih susu yang sesuai kebutuhan anak pastinya susah-susah gampang ya. Dengan banyaknya produk sufor di pasaran, mungkin anda sudah mendapat gambaran susu yang paling manjur untuk anak-anak. Sayangnya, tidak semua susu pilihan cocok untuk anak dan banyak orang tua memilih berkonsultasi pada dokter untuk mencegah efek samping susu yang tidak sesuai.

Jika saat ini anda sedang mempertimbangkan susu Bebelove, maka perlu memahami ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove. Bunda bisa dengan mudah memperhatikan perubahan fisik anak setelah 1-2 minggu konsumsi susu. Berikut merupakan ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove:

1. Perut Kembung

Perut kembung merupakan ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove. Dalam beberapa kasus, perut kembung kerap dialami anak setelah mengonsumsi susu. Hal ini biasanya terjadi karena susu mengandung laktosa namun Bebelove 1 di formulasi kan tanpa laktosa yang berarti ada faktor lain yang mengakibatkan perut kembung.

Baca Juga :  Cara Mengobati Anemia Aplastik: Simak Penyebab Dan Gejalanya! Terbaru 2024

Mungkin saja bayi tidak cocok akan bahan-bahan di dalam susu formula Bebelove. Namun perut kembung bisa juga disebabkan posisi kurang tepat saat minum sehingga udara masuk dan menyebabkan masalah perut.

2. Iritasi pada Kulit

Iritasi pada Kulit
Iritasi pada Kulit

Beberapa anak akan muncul tanda-tanda ketidaknyamanan seperti kemerahan. Ini salah satu ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove yang dapat bunda kenali setelah minum susu. Bayi yang sangat sensitif menyebabkan reaksi iritasi setelah minum susu formula yang mengandung bahan tertentu. Karena ciri ini mudah dikenali, sebaiknya segera ganti ke produk susu lain dengan kandungan berbeda.

3. Anak Rewel

Ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove selanjutnya adalah perubahan sikap setelah minum susu. Anak yang tidak cocok seringkali rewel setelah minum, bisa saja karena masih lapar dan tidak nyaman. Apalagi jika bayi bukan termasuk anak yang mudah rewel, bunda harus mempertimbangkan kembali apa yang diberikan sebelumnya untuk mengetahui penyebab rewel termasuk susu Bebelove.

Situasi ini juga dinamakan kolik dimana bayi belum bisa mengekspresikan ketidaknyamanan mereka setelah makan atau minum sesuatu. Khusus bayi umur 6-12 bulan yang sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), perlu digali lebih lanjut apakah makanan atau susu yang menyebabkan rewel.

4. Muntah

Muntah
Muntah

Salah satu ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove yang paling mudah dikenali yaitu muntah. Bayi bisa saja muntah setelah konsumsi susu, ini disebabkan tubuh mereka sensitif terhadap bahan-bahan susu Bebelove dan mempengaruhi kesehatan pencernaanya.

Kondisi ini membuat anak tidak nyaman berkepanjangan. Jika anda mendapati hal yang sama setelah si bayi minum susu, langkah pertama yang bisa diambil yaitu berhenti memberikan susu dan mencoba formula merk lain.

5. Warna Feses Tidak Biasa

Perubahan warna feses biasa terjadi saat bayi mulai mendapatkan makanan pendamping. Namun tidak jarang warna feses bayi berubah dan tidak biasa saat usia 0-6 bulan yang memang belum mendapat MPASI. Karena mereka hanya mendapatkan nutrisi dari susu formula maka disimpulkan perubahan ini adalah ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove.

Baca Juga :  2 Cara Cari Jodoh Via WhatsApp: Dijamin Pasti Berhasil!

Feses bayi berwarna hijau tua yang disertai diare dan demam adalah kondisi umum saat mereka tidak cocok minum susu formula tersebut. Bahkan dalam beberapa kasus bayi semakin sering buang air kecil dan BAB.

6. Berat Badan Bayi Tidak Bertambah

Berat Badan Bayi Tidak Bertambah
Berat Badan Bayi Tidak Bertambah

Pada dasarnya susu formula dapat membantu menambah berat badan bayi. Begitupun dengan susu Bebelove, susu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang memerlukan asupan gizi tambahan. Sementara itu, tidak sedikit orang tua yang mengeluh karena pertumbuhan dan bobot anak tidak seperti yang diharapkan. Mungkin secara langsung tidak muncul tanda tidak cocok seperti ruam, perut kembung dan perubahan warna feses namun berat badan mereka tidak bertambah.

Meskipun opsi ini tidak bisa dibenarkan sepenuhnya, ada faktor lain yang mempengaruhi berat badan seperti aktivitas fisik dan kesehatan mereka.

Bacaan menarik untuk anda Ciri Bayi Tidak Cocok Susu BMT Morinaga

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Tidak Cocok Susu Bebelove?

Setelah mengidentifikasi ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove dan menyimpulkannya, lalu apa yang bisa bunda lakukan untuk mengatasinya? Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah berhenti memberikan susu untuk mencegah masalah yang lebih serius. Ini beberapa solusi mengatasi bayi yang tidak cocok akan susu formula dari Bebelove:

  1. Berkonsultasi dengan Dokter. Konsultasi kan dengan dokter anak untuk menganalisis alergi dan intoleransi pada susu. Bunda juga bisa meminta rekomendasi susu yang sesuai untuk si kecil.
  2. Pilih susu formula yang berbeda. Jika setelah berkonsultasi diketahui anak alergi bahan-bahan dalam susu, cobalah susu formula yang berbeda.
  3. Pantau pola makan anak. Perhatikan pula pola dan alergi bahan-bahan makanan khsusus bayi umur 6 bulan yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI).
  4. Berikan waktu beradaptasi. Jika sudah menyajikan susu sesuai rekomendasi dokter anak, berikan waktu untuk beradaptasi. Terkadang bayi rewel karena belum terbiasa yang berarti susu tidak memberikan efek negatif.

Penutup

Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Bebelove
Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Bebelove

Mengetahui ciri-ciri bayi tidak cocok susu Bebelove membantu para orang tua menganalisis reaksi dan perubahan fisik anak. Apabila reaksi muncul, orang tua bisa membuat keputusan berhenti konsumsi susu dan memilih produk lain setelah berkonsultasi dengan dokter, Sekian!

Back to top button