Review

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game? Cek Fakta Terbaru Disini!

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game? Untuk menjawab rasa penasaran akan pertanyaan tersebut, simak penjelasan selengkapnya pada artikel ini.

Dalam dunia perangkat mobile, kekuatan chipset sangatlah penting untuk pengalaman gaming yang memuaskan. Chipset Snapdragon dari Qualcomm telah lama menjadi salah satu pemain terdepan dalam industri ini, menawarkan kombinasi performa, efisiensi daya, dan fitur-fitur canggih.

Pada Januari 2022, Qualcomm mengumumkan chipset terbarunya, yakni Snapdragon 680, yang menjanjikan performa yang tangguh untuk kelas menengah. Namun, seberapa baik Snapdragon 680 dalam memenuhi kebutuhan para gamer mobile?

Simak penjelasan selengkapnya tentang apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game, kelebihan dan kekurangan serta performa gaming yang dihasilkan.

Kelebihan dan Kekurangan Chipset Snapdragon 680

Snapdragon 680 adalah salah satu jenis prosesor atau chipset kelas menengah dari Qualcomm yang dirancang untuk menghadirkan interaksi pemakaian jangka panjang dan lancar.

Proses 6nm didukung oleh GPU Qualcomm® Adreno™ 610 dan CPU Qualcomm® Kryo™ 265, keduanya dirancang untuk memberikan kinerja unggul sekaligus menghemat energi.

Dengan teknologi Qualcomm® Quick Charge™ 3.0, prosesor Snapdragon 680 menggunakan bahan bakar lebih cepat dan tahan lama.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan chipset snapdragon 680 yang perlu untuk diketahui:

Kelebihan Kekurangan
Kinerja yang Baik Kinerja Terbatas untuk Game Berat
Konsumsi Daya yang Efisien Pengalaman Pengguna yang Terbatas
Dukungan Grafis yang Layak Penyimpanan dan RAM yang Terbatas
Harga yang Terjangkau Belum didukung dengan jaringan 5G
Baca Juga :  Brd Skincare Apakah Sudah BPOM Atau Tidak , Ini Jawabannya!

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game?

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game? Cek Fakta Terbaru Disini!
Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game

Jadi, apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Jawabannya adalah ya, dapat menjalankan sebagian besar game Android populer dari pengaturan grafik menengah hingga tertinggi. Chipset ini juga dapat memainkan game yang menantang untuk waktu yang singkat.

Namun, chipset ini tidak cukup kuat untuk menjalankan game yang menuntut seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact yang punya pengaturan lebih tinggi.

Snapdragon 680 dirancang untuk bermain game dan dapat memainkan game seluler populer dengan kecepatan sedang atau tinggi.

Selain itu, dengan CPU octa-core yang kuat dan GPU Adreno 610 yang mumpuni, chipset ini mampu menjalankan sebagian besar game mobile modern dengan lancar.

Snapdragon 680 kuat main game apa?

Berikut beberapa daftar game yang bisa dimainkan dengan chipset Snapdragon 680, antara lain:

  1. Fortnite (40 fps dengan pengaturan rendah).
  2. Shadowgun Legends (60 fps dengan pengaturan sedang).
  3. Call of Duty (59 fps dengan pengaturan sedang).
  4. Brawl Stars (60 fps dengan pengaturan sedang).
  5. Mobile Legends (60 fps dengan pengaturan sedang).
  6. Among Us (60 fps dengan pengaturan sedang).
  7. Minecraft (60 fps dengan pengaturan sedang).
  8. Candy Crush Saga (60 fps dengan pengaturan sedang).
  9. Roblox (60 fps dengan pengaturan sedang).
  10. Clash of Clans (CoC) (60 fps dengan pengaturan sedang).
Chipset snapdragon ini juga dapat menangani beberapa game yang tidak terlalu menuntut pada pengaturan grafik tinggi. Berikut beberapa game yang bisa dimainkan dengan chipset Snapdragon 680 pada pengaturan tinggi:
  1. Monument Valley.
  2. Alto’s Odyssey.
  3. Among Us.
  4. Stardew Valley.
  5. Crossy Road.
  6. Bloons TD 6.
  7. Angry Birds 2.
  8. Subway Surfers.
  9. Temple Run 2.
  10. Fruit Ninja.

Alasan Snapdragon 680 Bagus Untuk Game

Dirangkum dari beberapa sumber terpercaya, berikut beberapa alasan Snapdragon 680 bagus untuk game, antara lain:

Baca Juga :  8 Perbedaan Cushion Dan Foundation, Wajib Diketahui Sebelum Menggunakan

Mendukung 64-bit

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game? Cek Fakta Terbaru Disini!
Mendukung 64-bit

Apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Tentu bagus, karena chipset ini sudah mendukung alamat memori atau unit data yang lebarnya 64 bit.

Sistem operasi 32-bit hanya dapat mendukung RAM sampai 4GB. Sedangkan 64-bit bisa lebih dari 4GB, otomatis performanya lebih baik. Sistem 64-bit juga bisa menjalankan aplikasi 64-bit.

Memiliki Kartu Grafis Yang Disematkan

Apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Ya, karena chipset ini sudah memiliki kartu grafis yang disematkan.

Kartu grafis yang disematkan mengacu pada kartu grafis (GPU) yang terpasang atau terintegrasi secara langsung ke dalam motherboard atau mainboard komputer atau perangkat lainnya.

Istilah ini sering digunakan dalam konteks laptop atau komputer yang memiliki GPU yang tidak dapat dilepas atau diganti oleh pengguna. Dengan kartu grafis yang disematkan, kamu tidak perlu membeli kartu grafis terpisah.

Kecepatan Clock GPU

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game? Cek Fakta Terbaru Disini!
Kecepatan Clock GPU

Apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Ya, karena chipset ini sudah memiliki kecepatan clock unit pemrosesan grafis (GPU).

Kecepatan clock GPU adalah salah satu spesifikasi paling relevan yang harus diperhatikan saat memilih kartu grafis untuk smartphone, terutama jika kamu berkecimpung dalam dunia game atau aktivitas intensif grafis lainnya.

Turbo GPU

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game? Cek Fakta Terbaru Disini!
Turbo GPU

Apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Ya tentu saja bagus, karena chipset ini sudah dibekali dengan sistem turbo GPU.

Ketika GPU berjalan di bawah ambang batasnya, dapat dipacu ke clock speed yang lebih tinggi untuk meningkatkan performa.

Daya Desain Termal

Apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Tentu bagus, karena chipset ini sudah dibekali dengan sistem pendingin dari daya desain termal-nya.

Thermal Design Power (TDP) adalah jumlah maksimum power yang harus dihilangkan oleh sistem pendingin. Sebuah TDP yang lebih rendah biasanya berarti bahwa mengkonsumsi lebih sedikit daya.

Versi OpenCL

Apakah chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Ya bagus, karena chipset ini sudah memiliki versi OpenCL. Versi OpenCL adalah iterasi atau rilis spesifik dari standar OpenCL, yang merupakan sebuah kerangka kerja paralel yang digunakan untuk pemrograman perangkat keras akselerasi seperti GPU (Graphics Processing Unit), FPGA (Field-Programmable Gate Array), dan CPU (Central Processing Unit).

Baca Juga :  Review Skintific Mugwort: Manfaat dan Cara Pemakaian Yang Benar

Beberapa aplikasi menggunakan OpenCL untuk mengatur Graphics Processing Unit (GPU) untuk komputasi non-graphical. Versi terbaru memperkenalkan banyak fungsi dan performa lebih baik.

Pertanyaan Seputar: Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game?

Chipset Snapdragon 680 bagus untuk apa?

Chipset Snapdragon 680 dibuat khusus untuk pemutaran multimedia yang lebih lama, menawarkan permainan yang optimal, fotografi cemerlang, audio yang kaya, streaming lancar sepanjang hari.

Snapdragon 680 setara dengan apa?

Dilansir dari laman Nano Review, Snapdragon 680 setara dengan Mediatek Helio G88. Hal itu dibuktikan dari pengujian AnTuTu prosesor mencapai skor 279.451. Sementara, untuk pengujian single core dan multicore pada Geebench ialah 373 dan 1508.

Berapa Snapdragon yang bagus untuk game?

Chipset Snapdragon cukup cocok untuk gaming. Kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain game terbaik dan kombinasi desain grafis terbaik. Prosesor Snapdragon 800 terbaru sangat bagus. Beberapa prosesor yang lebih canggih adalah Snapdragon 845, 865, 870 dan 888.

Daftar HP Dengan Snapdragon 680

Berikut beberapa daftar HP dengan Snapdragon 680:

  1. Samsung Galaxy A05s.
  2. Samsung Galaxy A23.
  3. vivo Y27s.
  4. OPPO A78 4G.
  5. OPPO A60.
  6. OPPO A76.
  7. vivo Y21T.
  8. vivo Y35.
  9. vivo Y33T
  10. vivo Y36.

Artikel Menarik Lainnya Tentang Chipset Snapdragon

7 Rekomendasi HP Snapdragon 778G Termurah 2024
18 HP Dengan Snapdragon 8 Gen 2 Termurah, Spesifikasi Gaming Terbaik 2024
Snapdragon 695 5G Setara Dengan Apa? Berikut 5 Daftar Chipset Pesaingnya!
Unisoc Tiger T612 Setara dengan Snapdragon Berapa? Simak Info Lengkapnya Berikut Ini!

Kesimpulan

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game?
Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game?
Dengan mempertimbangkan semua faktor di atas, dapat disimpulkan bahwa Snapdragon 680 adalah chipset yang bagus untuk gaming.
Meskipun tidak sekuat chipset kelas atas, performa yang kuat, kualitas grafis yang baik, koneksi internet yang cepat, dan efisiensi daya yang tinggi membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para gamer yang mencari perangkat dengan harga yang lebih terjangkau.

Bagi kebanyakan pengguna, chipset Snapdragon 680 mampu memberikan pengalaman gaming yang memuaskan tanpa harus mengorbankan performa atau kualitas grafis yang signifikan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang mencari ponsel gaming di kisaran harga menengah, perangkat dengan chipset Snapdragon 680 layak untuk dipertimbangkan.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button