Review

Apa itu Kuota Nasional Telkomsel? Ini Penjelasannya!

Kuota nasional Telkomsel merupakan salah satu dari beberapa pembagian kuota internet yang ditawarkan oleh operator penyedia jaringan seluler Telkomsel. Namun, banyak orang terutama orang awam/ yang belum terbiasa melakukan pembelian kuota Telkomsel masih bingung apa itu kuota nasional Telkomsel sebenarnya.

Nah, oleh karena itu dalam artikel ini, kami akan mencoba untuk membantu anda agar tidak keliru lagi dalam melakukan pembelian paket/ kuota Telkomsel.

Apa Itu Kuota Nasional Telkomsel?

ketika kita ingin menjelajahi dunia maya/ internet kita tentu membutuhkan yang namanya kuota internet. Demikian juga dengan kuota Telkomsel ini sendiri yang bisa anda gunakan sebagai alat untuk bisa berselancar di berbagai media sosial maupun untuk melakukan browsing.

Di zaman digital seperti sekarang ini, kuota internet merupakan nyawa bagi smartphone setiap orang. HP tanpa kuota internet seakan kehilangan fungsinya dan seperti tidak berguna. Mengapa tidak demikian? sebagian besar aplikasi dalam smartphone seperti: WA, Telegram, YouTube, Instagram, TikTok, dll dapat diakses apabila kuota internet tersedia.

Pada pembahasan dalam artikel kali ini kita akan fokus membahas tentang kuota Telkomsel. Banyak orang yang lebih menaruh kepercayaan nya pada paket Telkomsel ini walau harganya relatif lebih mahal dibandingkan paket kuota internet dari operator lain. Hal itu dipicu oleh jaringannya yang cepat sehingga dapat mengakses internet dengan cepat.

Pembagian kuota Telkomsel

Ketika anda melakukan pembelian paket internet Telkomsel anda tentunya harus paham terlebih dahulu mengenai pembagian kuota telkomsel.

Kuota Telkomsel dibagi kedalam 3 bagian yang masing-masing penggunaannya berbeda. Supaya anda tidak keliru dan akhirnya paket internet anda terbuang sia-sia, maka sebelum melakukan pembelian paket Telkomsel, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pembagian kuota Telkomsel ini. Anda tidak perlu khawatir dan capek-capek untuk mencari tau, karna dibawah ini akan kami jelaskan dengan detail!

Baca Juga :  5 Perbedaan Bebelove dan Bebelac Yang Perlu Diketahui

Pembagian kuota Telkomsel:

  • Kuota Lokal (Regional/ Zona)

Source: i0.wp.com

Kuota lokal Telkomsel adalah kuota internet yang hanya bisa digunakan di wilayah atau daerah dimana kamu melakukan pembelian kuota tersebut. Jenis kuota lokal ini disebut juga sebagai kuota Telkomsel zona atau regional. Banyak orang yang keliru dan akhirnya kecewa ketika membeli paket zona ini. Mengapa tidak? jika mereka membeli di kota A dan menggunakannya di kota B, tentu saja tidak bisa!

Saat ini kuota Telkomsel dibagi menjadi 12 zona, yang masing-masing zona meliputi beberapa kota/ wilayah dalam satu provinsi tertentu. Pembagian kuota Telkomsel berdasarkan zona ini memiliki harga yang berbeda-beda di masing-masing Zona, oleh karena itu anda jangan heran jika anda menemui harga kuota Telkomsel yang lebih mahal atau sebaliknya di wilayah/ regional yang berbeda.

  • Kuota Nasional (Regular/utama)

apa itu Kuota nasional Telkomsel
Kuota nasional Telkomsel/ www.telkomsel.com

Pembagian kuota Telkomsel yang berikutnya adalah “Kuota Nasional Telkomsel” Sebenarnya apa itu kuota nasional Telkomsel? Kuota nasional Telkomsel atau yang memiliki sebutan sebagai kuota regular/ utama merupakan kuota yang umum, dapat digunakan diseluruh wilayah/ kota di Indonesia. Artinya ketika anda melakukan pembelian kuota internet Telkomsel yang merupakan kuota nasional, anda tetap bisa menggunakan kuota tersebut sekalipun anda menggunakannya di kota yang berbeda dari kota tempat anda membelinya.

  • Kuota OMG!

Sumber: cdn-2.tstatic.net

Bagian yang terakhir dari jenis kuota Telkomsel adalah “Kuota OMG” Kuota OMG sering dikatakan sebagai solusi bagi para pelanggan yang gemar melakukan streaming film atau musik. Kuota OMG ini merupakan kuota Telkomsel yang hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa layanan saja seperti:

⇒ membuka berbagai aplikasi untuk menonton (Disney+Hotstar, MAXstream, VIU, Vidio, Mola TV, iFlix, prime video, Lionsgate play, Klik Film, bein sport, dan Nickelodeon)

Baca Juga :  Kenapa Pinjaman Akulaku Hanya 300 Ribu? Ternyata Ini 4 Penyebabnya!

⇒ mengakses berbagai media sosial seperti: Facebook, Instagram, Whatsapp, TikTok, YouTube, dan line)

Itulah beberapa fungsi dan kegunaan dari kuota OMG, dari daftar diatas dapat kita lihat bahwa kuota OMG ini tidak bisa anda gunakan untuk melakukan browsing atau pun untuk bermain game.

Simpulan:

Nah, anda telah mengetahui beberapa pembagian dari kuota Telkomsel serta penjelasannya masing-masing seperti yang telah kami tampilkan diatas. terkait “apa itu kuota nasional Telkomsel” dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa:

Kuota nasional Telkomsel merupakan kuota Telkomsel yang bisa anda gunakan dimana pun di seluruh wilayah Indonesia! Sebutan lain dari kuota nasional Telkomsel ini adalah kuota regular/ umum/ dan kuota utama.

Cara cek kuota Telkomsel (Nasional, Lokal, dan kuota OMG!)

Selain mengetahui ulasan mengenai “apa itu paket nasional Telkomsel” kami juga akan memaparkan cara cek paket Telkomsel, guna untuk membantu sobat supaya mengetahui cara melihat sisa kuota sehingga anda bisa dengan mudah mengetahui kapan waktunya untuk melakukan pembelian paket kembali. Dengan demikian anda tidak akan mengalami masalah tidak bisa mengakses internet karena kehabisan kuota internet.

Langsung saja, ini dia beberapa cara melakukan cek kuota Telkomsel yang akan menampilkan semua jenis kuota yang kamu miliki baik kuota lokal, kuota OMG, maupun kuota nasional Telkomsel.

  • Cek kuota Telkomsel melalui SMS

Cek kuota Telkomsel melalui SMS
Cek kuota Telkomsel melalui SMS
  1. Langkah pertama adalah silahkan buka menu pesan di ponsel anda
  2. Kemudian buat pesan baru
  3. Masukkan nomor penerima “3636” dan ketik pada kota pesan UL(SPASI)INFO
  4. Lalu tekan “kirim” dan tunggu beberapa saat anda akan menerima balasan pesan berisi informasi mengenai sisa kuota Telkomsel anda

Note: Melakukan cek kuota Telkomsel melalui SMS tidak dikenakan tagihan atau biaya apapun! Jadi anda bisa melakukan cek kuota Telkomsel melalui SMS kapan pun anda perlukan”

  • Cek kuota Telkomsel via dial up

  1. Silahkan buka menu panggilan atau menu pada ponsel anda yang biasanya ditandai dengan ikon telepon warna hijau
  2. Kemudian tekan *888# dan klik panggil
  3. Dibawah informasi tentang sisa pulsa yang anda miliki terdapat beberapa pilihan opsi. Silahkan pilih “CEK KUOTA” dan tekan kirim
  4. Tunggu beberapa saat kemudian, informasi mengenai sisa kuota Telkomsel anda akan ditampilkan
  • Cek kuota Telkomsel menggunakan aplikasi My Telkomsel

Cek kuota Telkomsel menggunakan aplikasi My Telkomsel
Cek kuota Telkomsel menggunakan aplikasi My Telkomsel

Cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan kuota Telkomsel yaitu melalui aplikasi My Telkomsel. Cara ini merupakan alternatif cara yang paling mudah, hanya saja jika anda menggunakan cara ini, anda harus memiliki koneksi internet. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan aplikasi “My Telkomsel” sudah terinstal di ponsel milik anda
  2. Lalu masuk ke aplikasinya
  3. Jika masih pertama kali menggunakan aplikasinya di HP anda, maka silahkan lakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor Telkomsel anda
  4. Apabila pendaftaran telah selesai dilakukan, silahkan masuk ke aplikasi My Telkomsel anda
  5. Pada tampilan awal dari aplikasi My telkomsel tersebut, anda akan melihat detail sisa kuota yang anda miliki.
Baca Juga :  8 Sabun Muka Penghilang Jerawat Dan Bekasnya Terbaik Di Indomaret

Penjelasan lainnya terkait kuota nasional Telkomsel :

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Kuota Nasional Telkomsel? Kuota Nasional Telkomsel adalah kuota yang dapat digunakan di seluruh jaringan Telkomsel di Indonesia.
Bagaimana cara membeli Kuota Nasional Telkomsel? Anda bisa membelinya melalui aplikasi MyTelkomsel, *363#, atau melalui layanan online seperti e-commerce dan mobile banking.
Apakah ada batasan waktu penggunaan Kuota Nasional Telkomsel? Ya, tergantung pada paket yang dibeli. Biasanya berlaku 24 jam dan kadaluarsa setelah periode tertentu (misalnya, 30 hari).
Dapatkah Kuota Nasional Telkomsel digunakan untuk semua layanan? Kuota Nasional Telkomsel biasanya bisa digunakan untuk browsing, streaming, gaming, dll. Namun, untuk layanan tertentu seperti VoIP atau tethring, Telkomsel mungkin memiliki kebijakan tersendiri.
Apakah Kuota Nasional Telkomsel berlaku untuk semua area di Indonesia? Ya, kuota ini berlaku untuk seluruh area cakupan jaringan Telkomsel di Indonesia.

Penutup

Apa itu Kuota Nasional Telkomsel
Apa itu Kuota Nasional Telkomsel

Satu kebiasaan yang perlu diterapkan ketika kita melakukan sebuah action setelah kita mencari tau terlebih dahulu tentang sesuatu tersebut dengan jelas. Seperti halnya yang sedang anda lakukan saat ini, yakni mencari tau apa itu kuota nasional Telkomsel.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk anda agar bisa membeli kuota internet yang sesuai dan tidak akan berujung pada kata “mubajir” karena kuota internet yang terbuang sia-sia sebab tidak dapat digunakan.

Back to top button