Tutorial

9 Cara Mengunci WA dengan PIN: Mudah tanpa Aplikasi!

Cara mengunci WA dengan PIN merupakan langkah yang harus kamu pahami agar dapat menjaga privasi dan keamanan aplikasi perpesanan WhatsApp kamu. Dalam dunia digital yang semakin maju seperti sekarang ini, WhatsApp (WA) menjadi salah satu aplikasi andalan yang digunakan orang-orang untuk berkomunikasi secara online dengan saling berkirim pesan dan melakukan panggilan.

Salah satu langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan keamanan WA adalah menguncinya dengan menggunakan PIN. Dengan mengaktifkan PIN untuk mengunci aplikasi WA, anda dapat melindungi data pribadi dan mencegah akses yang tidak sah ke pesan-pesan dalam WA anda.

Namun, masih banyak orang yang masih kurang memahami atau bahkan belum tau sama sekali tentang bagaimana cara mengunci WA dengan PIN. Apakah kamu termasuk salah satu diantaranya? Jika iya, tidak perlu khawatir! Karena dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara mengunci WA dengan PIN melalui langkah-langkah yang mudah dan sederhana tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan apapun.

Apa itu PIN?

Kode PIN
Cara Mengunci WA dengan PIN

Taukah kamu apa itu PIN? PIN atau singkatan dari Personal Identification Number (Nomor Identitas Pribadi) adalah kode rahasia berupa gabungan dari beberapa angka yang digunakan sebagai kode keamanan untuk dapat mengakses berbagai layanan, perangkat ataupun aplikasi.

Fungsi utama PIN adalah untuk mengidentifikasi atau memverifikasi identitas individu. Kode PIN merupakan sebuah hal yang sensitif, oleh karena itu penting untuk menjaga kerahasiaan PIN anda agar jangan sampai bocor ke orang lain. Selain itu, perlu juga untuk mencatat berapa PIN anda agar jangan sampai kelupaan. Beberapa akses mungkin akan membatasi jumlah percobaan dalam memasukkan kode PIN.

Mengapa Mengunci WA harus dengan PIN?

Sebelum lanjut mengetahui bagaimana cara mengunci WA dengan PIN, anda tentunya harus mengetahui terlebih dahulu alasan terkait mengapa mengunci WA harus dengan menggunakan PIN, karena seperti yang kita ketahui sendiri ada banyak pilihan kunci aplikasi lainnya yang tersedia seperti kunci sidikjari, kunci dengan wajah, sandi, kunci pola dan yang lainnya. Namun mengapa harus memilih kunci dengan PIN?

Mengapa Mengunci WA harus dengan PIN?
Mengapa Mengunci WA harus dengan PIN?

Nah untuk mengetahui jawabannya, perhatikanlah tabel berikut ini!

Baca Juga :  Cara Dapat Saldo DANA 100 Ribu Gratis Tercepat Langsung Cair
Jenis Kunci Aplikasi Penjelasan
Kunci aplikasi dengan menggunakan sidikjari Mengunci aplikasi dengan menggunakan sidikjari sebenarnya menjadi pilihan yang paling direkomensikan, karena caranya yang mudah sekali, tidak ada istilah lupa kunci. Sayangnya cara ini tergolong sangat tidak aman, karena WA anda bisa saja dengan mudah dibuka orang lain ketika anda sedang dalam posisi tidur terlelap.
Kunci aplikasi dengan verifikasi wajah Sama seperti kunci sidikjari, penguncian aplikasi dengan verifikasi wajah juga tak kalah simpel. Anda hanya perlu mengarahkan wajah ke kamera, maka kunci otomatis akan terbuka. Namun, cara ini juga kurang aman, karena orang lain bisa dengan mudah membuka kunci aplikasi di perangkat anda hanya dengan mengarahkan kamera ke wajah anda.
Kunci aplikasi dengan menggunakan sandi Penguncian aplikasi dengan menggunakan sandi tergolong sangat aman, bahkan merupakan kunci aplikasi yang paling direkomendasikan. Sayangnya, jika anda menggunakan cara ini, anda mungkin akan mengalami sedikit kewalahan untuk mengingat sandi anda karena karakternya yang terdiri atas gabungan angka, huruf dan simbol unik. Mengunci aplikasi dengan menggunakan sandi memiliki risiko tinggi akan lupa kata sandi.
Kunci aplikasi dengan PIN Mengunci aplikasi dengan PIN juga tergolong aman, karena menggunakan angka rahasia yang kamu masukkan sendiri pada pengaturan PIN diperangkat kamu. Jika sama-sama menggunakan kode rahasia, lantas apa perbedaan PIN dengan kata sandi? Kata sandi berupa gabungan karakter huruf, angka, dan simbol unik, sedangkan PIN hanya terdiri dari 4 digit angka. Hal ini akan membuat kecil kemungkinannya kamu lupa akan PIN kamu karena angka yang terdiri dari 4 digit saja bukanlah hal yang sulit untuk diingat.
Kunci aplikasi dengan menggunakan pola Yang terakhir, kunci aplikasi dengan menggunakan pola termasuk juga salah satu alat pengunci yang kurang aman. Mengapa dikatakan demikian? Karena, saat anda sedang membuka kunci aplikasi anda, orang lain bisa saja dengan mudah melihat gerakan jari anda. Hal tersebut akan lebih tampak lagi jika anda memperlihatkan gambar pola.

Dari tabel diatas kita dapat menyimpulkan jawaban dari “mengapa mengunci WA harus dengan PIN” yaitu karena dengan mengunci aplikasi menggunakan PIN akan lebih menjamin keamanan aplikasi WA anda agar bebas dari orang-orang yang berniat untuk kepo dengan privasi ataupun ingin mengutak-atik WA anda.

Selain keamanannya yang lebih terjamin, kunci aplikasi dengan PIN juga lebih simpel dan mudah diingat, berbeda dengan kata sandi yang walaupun aman namun cenderung susah diingat karena terdiri dari kombinasi angka, huruf, dan simbol unik.

Baca Juga :  6 Cara Melihat Foto Profil IG Orang Lain Yang Dikunci

Cara Mengunci WA dengan PIN

Cara Mengunci WA dengan PIN
Cara Mengunci WA dengan PIN

Nah, setelah anda mengetahui alasan dibalik mengapa mengunci WA harus dengan PIN. Selanjutnya, disini kami akan memandu anda tentang bagaimana cara mengunci WA dengan PIN melalui langkah-langkah yang sangat mudah dan sederhana. Untuk kamu yang penasaran, langsung saja perhatikan berikut ini.

Cara Mengunci WA dengan PIN di HP Android

Yang pertama akan kami tampilkan adalah cara mengunci WA dengan PIN di perangkat Android. Nah, perhatikanlah beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan perangkat anda. caranya tarik layar dari atas kebawah, lalu klik ikon berbentuk roda gigi
  2. Gulir ke bawah, cari dan kliklah pada menu “Aplikasi
  3. Akan tampil beberapa opsi, pilihlah opsi “kunci aplikasi
  4. Aturlah terlebih dahulu kunci aplikasi agar beralih menggunakan PIN
  5. Caranya yaitu dengan mengklik ikon pengaturan yang berada di pojok atas sebelah kanan
  6. Lalu klik pada pilihan “atur tipe kunci
  7. Pilih “PIN” kemudian masukkanlah PIN berisi 4 digit angka yang aman dan tidak mudah ditebak orang lain
  8. Setelah berhasil mengatur kunci PIN, selanjutnya kembalikanlah ke tampilan pengaturan “kunci aplikasi
  9. Terakhir, pilihlah aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang dikunci

Cara Mengunci WA dengan PIN di iPhone

Jika anda adalah pengguna iPhone, jangan khawatir, disini kami tampilkan juga bagaimana cara mengunci WA dengan PIN di HP iPhone. Caranya cukup simpel! Ikutilah beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp anda
  2. Klik menu pengaturan
  3. Lalu pilih opsi “Privasi
  4. Kemudian kliklah pada opsi “kunci layar
  5. Pilih kunci dengan PIN
  6. Atur waktu penguncian WhatsApp sesuai dengan pilihan yang ditampilkan
  7. Selesai, kini WhatsApp anda sudah lebih aman dengan menggunakan kunci PIN

Kelebihan dan kekurangan Mengunci WA dengan PIN

Selain menunjukkan bagaimana cara mengunci WA dengan PIN, kami juga akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan mengunci WA dengan PIN yang perlu untuk kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunci aplikasi WA anda dengan menggunakan PIN.

Baca Juga :  2 Cara Cari Jodoh Via WhatsApp: Dijamin Pasti Berhasil!

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mengunci WA dengan PIN:

Kelebihan Kekurangan
  • Keamanan privasi lebih terjamin
  • Minim risiko akan lupa PIN
  • Simpel dan mudah diaplikasikan
Dengan kunci PIN nya yang hanya terdiri dari 4 digit angka saja, bukan hal yang tidak mungkin orang lain bisa melihat angka berapa yang kamu tekan pada saat membuka kunci aplikasi WA kamu, terlebih saat perangkat dalam mode terang.

Bagaimana Jika Lupa PIN WA?

Meski sebelumnya kami mengatakan bahwa penggunaan kunci aplikasi dengan PIN minim risiko akan lupa PIN, namun tak menutup kemungkinan juga seseorang bisa saja melupakan kode PIN nya. Lalu bagaimanakah jika kita lupa kode PIN WA kita? Jangan khawatir, disini kami akan menjelaskan solusinya.

Jika anda lupa kode PIN WA anda, sebenarnya masih bisa dipulihkan kembali. Namun sayangnya dikarenakan alasan keamanan, anda hanya dapat setel ulang kode PIN setelah kembali ke setelan pabrikan. Artinya untuk memulihkan kembali kode PIN WA anda, syaratnya adalah anda harus mengembalikan perangkat anda ke pengaturan pabrik.

Cara Mengatasi Lupa PIN WA
Cara Mengatasi Lupa PIN WA

Cara untuk mengembalikan HP ke pengaturan pabrik mudah saja. Perhatikanlah beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Sebelum mengembalikan perangkat ke setelan pabrik, pastikan anda telah mencadangkan semua data dan file-file penting anda seperti data akun-akun anda (password, alamat email), kontak, foto dan video, history chat serta item lainnya yang menurut anda penting.
  2. Buka pengaturan perangkat anda
  3. Klik menu “Tentang Telepon
  4. Lalu pilih “setel ulang pabrik
  5. Kemudian klik “hapus seluruh data
  6. Konfirmasi setel ulang pabrik dengan memasukkan password perangkat anda
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai

NB: Ingat yah, sebelum mengembalikan HP ke setelan pabrik, cadangkanlah terlebih dahulu semua data atau file penting anda ke email, Google drive, ataupun ke penyimpanan awan online seperti Terabox. Mengembalikan HP ke setelan pabrik, akan membuatnya seperti baru lagi.

Kesimpulan

Cara Mengunci WA dengan PIN
Cara Mengunci WA dengan PIN

Melindungi privasi dan data pribadi merupakan salah satu yang tidak boleh sampai diabaikan dalam penggunaan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. Untuk menghindari kemungkinan berbagai risiko yang akan terjadi, maka sebagai pengguna Whatsapp, penting bagi anda untuk selalu memastikan tidak ada akses lain yang boleh masuk ke WA anda selain anda sendiri sebagai pemilik yang sah.

Itulah cara mengunci WA dengan PIN dengan langkah-langkah yang mudah dan sangat sederhana. Cara tersebut dapat anda ikuti ketika anda ingin membuat sistem keamanan aplikasi perpesanan WA anda yang lebih kuat dan terjamin. Demikian yang dapat kami bagikan, semoga membantu, trimakasih.

Back to top button