Promo Top Up Game Termurah😍
Tips

7 Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih – Hai Dog Lovers, apakah kamu sedang mencari cara mengolah bawang putih untuk menghilangkan kutu anjing? Jika iya, maka tepat sekali kamu berkunjung ke laman ini, karena artikel ini akan memberitahu mu cara menghilangkan kutu anjing dengan menggunakan bawang putih.

Melihat kutu anjing tentu saja menjadi hal yang menjijikkan, apala jika dalam jumlah banyak, membuat kita bergidik ngeri melihatnya. Namun sebagai pemilik anjing, tentu hal tersebut mau tidak mau harus kita hadapi jika anjing kita terdapat banyak kutu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka tidak perduli dengan rasa jijik yang bergejolak, kita harus segera membasmi kutu-kutu tersebut, karena jika dibiarkan bisa berdampak buruk untuk penampilan anjing kita karena kutu yang banyak akan membuat kulit anjing terluka dan bulunya rontok parah bahkan sampai botak. Dan yang lebih parahnya lagi kutu anjing juga bisa mempengaruhi kesehatan anjing.

Lalu bagaimana kah cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih? Nah, tentu ada caranya ya gaes. Cara yang dimaksud yaitu dengan menggunakan bawang putih. Lalu bagaimanakah cara pengolahannya? Simak penjelasan dalam isi artikel ini!

Bagaimana Bawang Putih Bisa Membasmi Kutu pada Anjing?

Bawang Putih
Sumber: hellosehat.com

Sebelum kita membahas cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih dengan bawang putih, tentu saja hal pertama yang perlu untuk kamu ketahui adalah bagaimana bawang putih bisa menghilangkan kutu pada anjing?

Seperti yang kita ketahui bawang putih memiliki senyawa sulfur dan bau yang sangat tajam/ menyengat. Nah, ini lah yang membasmi/ membuat kutu menjadi tidak tahan untuk tetap tinggal di kulit anjing yang sudah di lumuri dengan bawang putih.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kemampuan yang ampuh dalam melawan jamur dan bakteri secara bersamaan. Maka dari itulah, Bawang putih dipercaya dan telah terbukti bisa merontokkan kutu pada anjing.

Hal ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan untuk para orang yang sedang memelihara anjing, karena tidak harus lagi mengeluarkan biaya untuk membeli obat/ shampoo anjing anti kutu yang terkadang tidak bekerja dengan baik dalam menghilangkan kutu pada anjing.

Dampak yang Ditimbulkan jika Terdapat banyak Kutu pada Anjing

Dampak yang Ditimbulkan jika Terdapat banyak Kutu pada Anjing
Source: anjingkita.com

Kutu merupakan parasit penghisap darah yang sangat berbahaya untuk anjing. Jika dalam jumlah sedikit mungkin efeknya tidak akan terlalu nampak. Namun, jika tidak dibasmi segera, tentu kutu akan semakin berkembang biak dan bertambah banyak. Baca juga artikel terkait sebelumnya 10+ Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Tahukah kamu, berbagai dampak buruk yang ditimbulkan oleh kutu anjing, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyebabkan adanya bentol-bentol kecil berwarna merah bekas gigitan kutu
  • Menyebabkan rasa gatal berlebihan
  • Menjadi salah satu pemicu rontoknya bulu anjing secara berlebihan karena garukan terus menerus yang dilakukan anjing
  • Kulit anjing kemerahan atau menyebabkan ruam disekitar area yang kena oleh gigitan kutu
  • Bengkak/ luka serta berkerak pada bekas gigitan kutu
  • Menyebabkan sensasi panas yang menyebabkan anjing menjadi merasa gelisah dan tidak nyaman
  • Penurunan berat badan, karena efek darah yang dihisap secara terus menerus oleh kutu
  • Rentan terhadap serangan/ penyakit cacingan
  • Menyebabkan anemia pada anjing
  • Penurunan nafsu makan, jika sudah terinfeksi cacing

Selain pada anjing itu sendiri, kutu anjing juga berbahaya bagi pemilik/ tuannya anjing. Beberapa dampak berbahaya yang dimaksud adalah sebagai berikut: Apakah anjing kamu galak? Ketahui 6 Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut

  • Kutu anjing tersebut bisa berpindah ke bagian tubuh anda. Karena pada umumnya kutu anjing memiliki keahlian dalam meloncat
  • Jika kutu anjing berpindah ke tubuh anda, bisa menyebabkan risiko terserang cacing pita yang datang dari telur kutu anjing
  • Menurunkan nafsu makan anda (terkhusus untuk orang yang memiliki sifat penjijik)
  • Menyebabkan tempat/ rumah anda menjadi kotor. karena setelah kutu kenyang oleh darah dia akan jatuh dengan sendirinya dan menyelinap di sudut-sudut/ tempat-tempat tersembunyi di sekitar rumah anda.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih

Cara Menghilangkan kutu anjing
Cara Menghilangkan kutu anjing dengan Bawang Putih

Nah, setelah penjelasan diatas sudah kamu pahami, sekarang penulis akan memberitahu cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih. Berikut cara-caranya yang dipaparkan dalam beberapa langkah-langkah:

  1. Haluskan lah terlebih dahulu bawang putih sebanyak 10-12 siung bawang putih (Bisa juga lebih, tergantung botol semprotan yang akan kamu gunakan). Agar lebih halus kamu bisa menggunakan blender. Namun, apabila tidak memiliki blender kamu bisa juga menggunakan batu gilingan. Tapi bersihkan dulu ya gilingannya apabila bekas menggiling bumbu masak yang mengandung cabe ya gaes
  2. Setelah halus, ambillah ekstrak bawang putih tersebut. Baca juga 15+ Jenis Anjing Besar Tapi Menggemaskan
  3. Lalu masukkan ke dalam botol semprotan agar lebih gampang untuk kamu aplikasikan ke seluruh kulit anjing secara merata. Kamu bisa menggunakan botol semprot bekas dari botol bekas hand sanitizer atau apabila tidak ada bisa juga menggunakan botol semprot kispray.
  4. Setelah ekstrak bawang putih yang telah dihaluskan tersebut anda masukkan ke dalam botol. Silahkan tambahkan secukupnya air. Jangan terlalu banyak ya gaes, supaya lebih ampuh nantinya untuk merontokkan kutu anjing
  5. Selanjutnya jika langkah ke-4 sudah siap. Sekarang tinggal kamu aplikasikan ke kulit anjing. Silahkan semprotkan secara merata ke seluruh bagian tubuh anjing, Terlebih di bagian lipatan-lipatan, leher dan kuping karena kutu biasanya lebih senang berkelana disana. Jangan lupakan juga sela jari-jari anjing ya gaes, sebab kutu biasanya nyaman berada di tempat yang terjepit/ sempit.
  6. Setelah semprotan bawang putih tersebut siap diaplikasikan secara merata ke seluruh tubuh anjing, Diamkan lah selama kurang lebih 30 menit
  7. Lalu yang terakhir mandikan lah anjing anda dengan bersih dan menggunakan shampoo khusus anjing. Nantinya kutu-kutu anjing tersebut akan rontok dari kulit anjing terbawa dengan air pada saat memandikan anjing.

Cara Meminimalisir Kutu pada Anjing

Cara Meminimalisir Kutu pada Anjing
Sumber: www.orami.co.id

Selain mengetahui cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih, penulis juga akan memberi tahu sobat Dog Lovers terkait bagaimana cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kutu pada anjing. Selain tautan untuk jenis anjing besar di atas, terdapat juga tautan untuk jenis anjing kecil, bagi kamu yang penasaran, baca juga 10 Jenis Anjing Kecil Yang Tidak Bisa Besar

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meminimalisir kutu pada anjing:

  • Rajinlah untuk memandikan anabul kesayangan mu, setidaknya 2 kali dalam seminggu
  • Menyisir bulunya setiap hari dengan menggunakan sisir khusus untuk anjing
  • Jangan perbolehkan anjing anda pergi ke tempat-tempat kotor seperti tempat sampah
  • Menjauhkan anabul dari anjing yang memiliki banyak kutu. Anjing yang terdapat banyak kutu biasanya ditandai dengan kulitnya yang botak serta kemerahan dan terdapat bentolan-bentolan merah.
  • Rajinlah membuat ramuan alami bawang putih sebagai cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih yang ampuh

Penutup

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih
Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih

Nah, itulah cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih. Gampang kan guys?. Sekarang tak perlu lagi menghabiskan uang yang banyak untuk menghilangkan kutu anjing. Cukup dengan menggunakan Bawang Putih! maka masalah kutuan pada abul kesayangan anda akan segera teratasi. Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Back to top button