Tutorial

Begini Cara Cek Resi Ninja Lewat Whatsapp 2024

Untuk kamu yang anti ribet perihal pengecekan dan pengiriman paket sudah pastinya memerlukan cara cek resi ninja lewat whatsapp. Ya, tracking paket ninja tidak hanya melalui website dan aplikasi ecommerce, sekarang dapat dilakukan melalui aplikasi whatsapp.

Walau demikian, cara cek resi ninja lewat whatsaap dapat dilakukan dengan beberapa syarat. Supaya lebih terperinci, mari kenali apa itu ninja xpress berikut cara mudah cek resi untuk mengetahui lokasi pesanan kamu.

Tentang Ninja Xpress

Ninja Xpress
Ninja Xpress (sumber gambar: everpro.id)

Ninja xpress salah satu perusahaan logistik terpercaya di Indonesia dan merupakan bagian dari ninja van. Mereka hadir di Indonesia sejak tahun 2015, dengan menyediakan berbagai layanan pengiriman barang sesuai dengan kebutuhan bisnis penggunanya.

Beruntungnya, ninja xpress sudah bekerjasama dengan beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Zalora dan sebagainya. Ini merupakan upaya menyeimbangkan pelayanan dan kesetaraan dengan ekspedisi terbesar lainya, seperti JNE dan JNT Express.

Ninja express memiliki beberapa layanan pengiriman paket untuk memberikan pengalaman baik untuk semua pelangganya. Layanan ini menyesuaikan dengan bobot, pengiriman dan estimasti pengantaran seperti ninja reguler, same day dan xpress day.

Cara Cek Resi Ninja Xpress

Ninja xpress sebagai expredisi yang cukup dikenal di Indonesia, meskipun total gerai masih terbatas tetapi tetap berupaya menghantarkan paket tepat waktu menggunakan layanan one to one point dengan mode transportasi darat, yakni mobil dan motor.

Tiga layanan utama penghantaran paket reguler, sameday dan xpress day dapat dinikmati sesuai dengan kebutuhan penghantaran dan jenis paket masing-masing. Nah, paket-paket yang sudah kamu kirim atau akan kamu terima dapat dilacak untuk mengetahui keberadaan dan memperkirakan waktu penghantaran sampai ke alamat tujuan.

Ada berbagai opsi lacak paket di ninja xpress, salah satunya aplikasi whatsapp. Namun sebelum lebih lanjut membahas cara cek resi ninja lewat whatsapp, ikuti panduan melacak resi pada pesanan ninja xpress untuk mendapatkan informasi tentang kurir dan pengiriman barang:

Contoh resi Ninja Express
Contoh resi Ninja Express
  1. Masuk kedalam situs resmi ninja xpress untuk lacak paket kamu
  2. Pada kolom tersedia silahkan masukkan tracking id paketmu/resi pengiriman lalu klik lacak
  3. Tunggu beberapa saat akan muncul tracking pengiriman dan akan muncul nama kurir yang membawa paket.
Baca Juga :  Mulai 10 Ribu! Berikut 25+ Kode Rahasia Paket Murah XL 2024

Jika sudah mengetahui informasi kurir yang membawakan paket, kamu dapat berlanjut pada cara cek resi ninja lewat whatsapp berikut ini.

Cara Cek Resi Ninja Lewat Whatsapp

Berbicara tentang cara cek resi ninja lewat whatsapp, perlu kamu ketahui bahwa ninja xpress hanya memiliki 3 kontak pengaduan, yakni via email support_id@ninjavan.co, melalui panggilan telepon +6221 2926 4120 dan media sosial facebook dan instagram @ninjaexpressid.

Cara cek resi ninja lewat whatsapp
Cara cek resi ninja lewat whatsapp

Hal ini menginformasikan belum tersedia cara cek resi ninja lewat whatsapp, karena nomor telepon diatas belum terdaftar kedalam aplikasi yang berarti sobat hanya dapat menggunakan panggilan seluler agar terhubung dengan customer service mereka.

Walau begitu bukan berarti hal ini tanpa solusi, sobat dapat melakukan upaya mendapatkan informasi terlebih dahulu melalui situs resmi bermodalkan resi yang sudah kita lakukan sebelumnya. Secara sederhana cara cek resi ninja lewat whatsapp hanya dapat dilakukan apabila paket berada di tangan kurir.

Ini dapat juga dikatakan sebagai solusi sebab deskripsi pengiriman di ninja xpress diklaim kurang lengkap, sehingga kamu dapat menghubungi kurir untuk mengetahui lebih terperinci lokasi dan hal-hal yang sehubungan dengan paket tersebut. Simak langsung cara cek resi ninja lewat whatsapp :

  1. Awali cara cek resi ninja lewat whatsapp dengan menyiapkan nomor resi pengiriman
  2. Simpan nomor kurir yang kamu ketahui melalui opsi pertama
  3. Selanjutnya masuk kedalam aplikasi whatsapp dan mulailah obrolan dengan kurir yang membawa paket kamu
  4. Dalam obrolan tersebut sertakan nomor resi, nama dan alamat tujuan dengan lengkap, supaya kurir lebih tanggap menjawab pesan yang kamu kirimkan.
  5. Silahkan tunggu sampai kurir membalas pesan dan kamu mengetahui keberadaan paket dengan mudah.

Itulah informasi seputar cara cek resi ninja lewat whatsapp yang dapat kamu praktikkan sendiri, dimana kedua opsi diatas saling terhubung dan harus dilakukan dengan format yang benar dan seharusnya.

Baca juga 4 Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express Yang Membawa Paket Kita

Berapa Lama Waktu Pengiriman di Ninja Xpress?

Seperti yang sudah kita singgung, ninja xpress memiliki beberapa layanan pengiriman. Layanan yang ditawarkan ninja xpress pun cukup menarik yang ditinjau dari harga dan estimasi pengiriman paket.

Baca Juga :  8 Cara Membuka Sidik Jari HP Orang Lain Tanpa Ketahuan
Layanan dan waktu pengiriman ninja xpress
Layanan dan waktu pengiriman ninja xpress (sumber gambar: dianisa.com)

Sangat penting mengetahui layanan pengiriman ninja xpress karena secara langsung akan memengaruhi waktu dan kecepatan pengantaran. Dengan modal tersebut kamu menjadi pelanggan yang lebih sigap mengatasi masalah pengiriman, seperti paket cukup lama diterima (melebihi estimasi) dapat melakukan cara cek resi ninja lewat whatsapp diatas.

Sebenarnya waktu pengiriman ninja xpress berbeda-beda, faktor penyebab lainya adalah jarak tempuh dan jam kerja operasional kantor terutama kurir jika hari libur. Jadi, ketahui layanan dan estimasi pengiriman ninja xpress berikut ini:

  • Ninja Xpress Reg (Reguler)

Ninja xpress merupakan layanan ninja yang paling sering digunakan. Ninja reguler adalah pengiriman yang bergantung pada lokasi dan jarak pengiriman sehingga semakin jauh lokasi penerima-pengirim maka semakin lama pula sampainya.

Layanan ninja xpress reguler berkisar 1-5 hari. Untuk pengiriman ninja xpress antar daerah yang masih berada dalam provinsi yang sama diperkirakan 1-2 hari dan di luar provinsi sekitar 2-3 hari. Ini merupakan rata-rata waktu pengiriman yang tidak terkendala oleh libur dan hari besar nasional.

  • Ninja Xpress Next Day (Fast)

Ninja xpress next day adalah layanan ninja dengan waktu pengiriman 1×24 jam. Secara teknis dan tarif sudah pasti berbeda dengan ninja reguler, karena estimasi pengiriman yang cepat maka tarif pengantaran juga lebih tinggi.

Walau terdengar sangat menggiurkan untuk kamu yang butuh pengataran kilat, ternyata ninja xpress next day masih terbatas. Tidak semua wilayah dicakup, hanya kota-kota besar yang dapat menggunakan ninja xpress next day ini.

  • Ninja Xpress Same Day (Super)

Kecepatan pengantaran ninja xpress same day tidak bisa diragukan lagi, ini adalah layanan pengiriman di hari yang sama karena tidak menunggu paket terkumpul. Setelah melakukan order, pengirim akan mengkordinir paket agar segera dikirimkan oleh kurir layanan ninja.

Tentu saja layanan ini harus sesuai syarat dan ketentuan, salah satunya kota tujuan pengirim dan penerima paket adalah sama. Pengiriman same day juga membutuhkan tarif yang lebih tinggi, pertimbangkan hal ini sebelum memilih layanan.

Alur Pengiriman Ninja Xpress

Yang terakhir dalam topik cara cek resi ninja lewat whatsapp adalah alur pengiriman paket. Dengan memahami alur pengiriman kamu tidak akan kesusahan memperkirakan waktu dan pengiriman paket ninja xpress.

Alur Pengiriman Ninja Xpress
Alur Pengiriman Ninja Xpress

Sebenarnya informasi dalam pengecekan resi ninja xpress sangat mudah dipahami karena menggunakan bahasa indonesia, ini sedikit berbeda dengan informasi pengiriman pada expredisi lain, seperti J&T express yang menggunakan bahasa inggris.

Baca Juga :  5 Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Pemula

Namun, tetap saja informasi yang tercantum memiliki makna tertentu yang seingkali diklaim kurang lengkap terkhusus mereka pengguna baru layanan ninja xpress. Jika benar demikian, cukup lihat dan pahami alur dan arti pengiriman ninja xpress yang sudah Mocipay siapkan:

  1. Di awali dengan pesanan dibuat yang berarti penjual sudah mencetak kode booking yang akan diberi nomor resi
  2. Ketika paket sudah berada di ninja point atau mitra ninja maka status pengiriman berubah menjadi parcell diturunkan di parcell drop off counter. Setelah itu berhasil dijemput dari pengirim atau ninja point.
  3.  Ketika paket dikirimkan dari mitra ninja ke gudang ninja di wilayah tersebut status pengiriman akan berubah menjadi disponsori dropbox parcel/kotak-mitra dan berubah status menjadi parcel sedang diproses di gudang ninja van ketika paket sudah di sortir.
  4. Selanjutnya akan berangkat dari gudang ninja van yang berarti paket berangkat dari gudang ninja xpress satu ke gudang selanjutnya. Ketika paket beberapa kali harus melakukan transit, pada informasi pengiriman akan tercatat semuanya berikut dengan daerah transit.
  5. Sampai pada paket tiba di gudang ninja van terakhir kota penerima paket dengan status yang sama paket sedang diproses di gudang ninja van sebelum paket dikirimkan pada kurir pada alamat tertera dalam paket
  6. Ketika kamu menerima paket, status pengiriman akan berubah menjadi berhasil dikirim.

Tips menggunakan ekspedisi Ninja Express

Tips Penjelasan
Pahami Layanan yang Tersedia Ketahui berbagai layanan yang ditawarkan oleh Ninja Express, termasuk pengiriman reguler, pengiriman kilat, atau layanan pengiriman khusus lainnya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Persiapkan Paket Anda Pastikan paket Anda sudah siap untuk pengiriman. Bungkus dengan baik, tandai dengan jelas alamat pengiriman dan nomor kontak penerima. Gunakan bahan kemasan yang aman dan tahan lama.
Periksa Biaya Pengiriman Ketahui biaya pengiriman untuk paket Anda. Ninja Express biasanya memiliki berbagai tarif tergantung pada berat dan ukuran paket. Pastikan Anda memahami biaya yang akan dikenakan.
Pilih Titik Pengambilan Ninja Express biasanya memiliki berbagai titik pengambilan atau agen di berbagai lokasi. Pilih yang paling nyaman atau yang sesuai dengan lokasi Anda.
Waktu Pengiriman Tentukan jadwal pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ninja Express biasanya memiliki opsi waktu pengiriman yang berbeda, termasuk pengiriman pada hari yang sama atau berikutnya.

Akhir Kata

Cara Cek Resi Ninja Lewat Whatsapp
Cara Cek Resi Ninja Lewat Whatsapp

Cara cek resi ninja lewat whatsapp diatas hanya dapat dilakukan apabila sobat sudah mengantungi nomor kurir untuk mengonfirmasi keberadaan paket, karena sampai saat ini ninja xpress belum memiliki whatsapp resmi untuk mengajukan keluhan dan cek resi sebagai mana inti pembahasan kita, sekian.

Back to top button