TipsTutorial

9 Cara Cek HP Oppo Bekas: Wajib Dipahami Jika Tidak Mau Tertipu!

Dalam membeli HP Oppo bekas, penting bagi anda untuk memahami terlebih dahulu bagaimana cara cek HP Oppo bekas sebelum membeli. Tujuannya tentu saja adalah untuk memastikan HP yang akan anda beli tersebut masih berfungsi dengan baik dan tidak terdapat kerusakan apapun.

Memiliki HP dengan kualitas dan spesifikasi yang tinggi adalah impian setiap orang! Sementara membeli HP Oppo baru dengan spesifikasi tinggi tentu akan merobek isi kantong. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli HP Oppo bekas supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang bagus.

Barangkali mungkin anda merupakan salah satu diantanya. Jika iya, anda tidak perlu khawatir! karena disini kami akan menjelaskan dengan lengkap apa saja yang perlu diperiksa sebelum membeli HP bekas. Maka dari itu, pastikan kamu mengikuti artikel ini hingga selesai dan sampai ada yang kamu lewatkan!

Cara Cek HP Oppo Bekas

Cara Cek HP Oppo Bekas
Cara Cek HP Oppo Bekas

Terdapat beberapa cara cek HP Oppo bekas yang akan kami tampilkan untuk anda, diantaranya adalah seperti:

  • Cek tampilan fisik HP
  • Cek Ketahan Baterai 
  • Test kinerja konektor charger
  • Test nomor IMEI
  • Test responsivitas dan performa HP secara keseluruhan
  • Pastikan apakah HP tersebut kredit atau bukan
  • Periksa tombol 
  • Periksa kartu SIM dan slot memori
  • Cek Engineer mode

Itulah 9 cara cek HP Oppo bekas yang perlu untuk anda ketahui. Untuk penjelasan lebih lengkap dari masing-masing cara yang telah disebutkan, silahkan simak penjelasan berikut ini!

  • Cek Tampilan Fisik HP

Yang pertama kamu periksa adalah tampilan visual HP. Perhatikanlah dengan teliti pada bagian casing terutama layar HP apakah masih mulus atau sudah terdapat goresan, retak, pecah, titik hitam, bergaris, atau tanda kerusakan lainnya.

Sumber: nextren.grid.id/ Cara Cek HP Oppo Bekas

Jangan ragu juga untuk menanyakan kepada pemilik sebelumnya apakah layar HP tersebut masih original atau sudah pernah diganti. HP android yang sudah pernah ganti LCD biasanya akan terlihat berbeda, tidak seperti layar ori/bawaan pabrik yang kelihatann lebih solid dan cerah.

  • Cek Ketahanan Baterai

Hal berikutnya yang perlu untuk anda cek adalah ketahanan baterai. Pastikan HP yang akan kamu beli masih memiliki baterai dengan kualitas yang masih bagus dan tahan lama. Untuk melakukan test ketahanan baterai bisa anda coba dengan bermain game, karena game adalah salah satu aplikasi yang memakan lebih banyak daya. Bandingkanlah berapa baterai HP tersebut saat sebelum dan sesudah dipakai bermain game.

Baca Juga :  Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar? Cek Disini!
  • Test Konektor Charger

Cara Cek HP Oppo Bekas

Setelah memastikan baterai masih oke, langkah selanjutnya adalah melakukan test pada konektor atau lubang charger. Jangan sampai hal ini anda lewatkan ya guys. Periksalah apakah konektor atau lubang charger masih bagus atau sudah longgar.

Pastikan daya dari charger dapat tersalurkan dengan baik. Konektor yang sudah longgar biasanya akan terputus-putus saat melakukan isi ulang daya. Kondisi seperti ini lama kelamaan bisa berakibat fatal seperti korslet yang bisa membuat HP mati total.

  • Periksa Nomor IMEI

IMEI adalah kode unik yang terdiri dari perpaduan antara beberapa digit angka dengan huruf yang merupakan identitas HP. Nomor IMEI pada HP memiliki berbagai fungsi penting seperti salah satunya yaitu untuk melacak keberadaan HP saat mengalami kehilangan.

Untuk memeriksa nomor IMEI dapat anda lakukan dengan menekan tombol *#06# pada dialer, kemudian periksalah apakah nomor IMEI yang ditampilkan dilayar sesuai dengan nomor IMEI yang tercetak di bagian belakang HP atau pada kotak kemasan Hp (jika ada).

  • Test Responsivitas dan Performa HP secara Keseluruhan

Cara cek HP Oppo bekas yang berikutnya adalah melakukan test responsitivitas dan performa HP secara keseluruhan. Silahkan buka beberapa aplikasi dan lakukan juga browsing, kemudian lihat apakah masih bisa merespon dengan cepat atau justru sebaliknya sudah lemot.

Selain itu, test juga beberapa fitur lainnya seperti kamera (apakah masih jernih atau sudah terlihat kabur), speaker (apakah suaranya masih jernih atau sudah pecah, lakukan test speaker dengan memutar lagu dan juga menelepon), serta berbagai sensor lainnya untuk memastikan semuanya masih bisa berfungsi dengan baik dan normal.

  • Pastikan Apakah HP Tersebut Kredit atau Bukan

Kemudahan dalam hal pembelian barang elektronik saat ini, yang mana sudah dapat dilakukan dengan cara kredit sudah semakin memudahkan orang-orang dalam melakukan pembelian HP. Namun, sangat disayangkan bahwa dibalik kemudahan tersebut, ada saja orang-orang tidak bertanggung jawab yang tidak menyelesaikan atau melunasi cicilan HP nya.

Baca Juga :  5 Cara Cek Nomor Getcontact Tanpa Aplikasi

Oleh karena itu jika anda ingin membeli HP Oppo bekas, pastikanlah dengan benar-benar bahwa HP tersebut sudah lunas atau tidak lagi berada dalam kondisi kredit. Untuk memastikan apakah HP tersebut sudah lunas atau belum, mintalah penjual agar menunjukkan nota atau faktur pembelian HP.

  • Periksa Tombol

Cara cek HP Oppo bekas yang berikutnya adalah memeriksa bagaimana kondisi tombol. Pastikanlah semua tombol masih berfungsi dengan baik dan normal. Tes tombol power dan tombol volume suara (Up dan Down), terutama pada tombol ON yang merupakan salah satu komponen utama dari HP.

  • Periksa Kartu SIM dan Slot Memori

Sumber: nextren.grid.id/ Cara Cek HP Oppo Bekas

Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah slot kartu SIM dan memori pada HP masih bisa berfungsi dengan normal dan dapat mendeteksi kartu dengan benar. Perhatikan juga apakah sinyal dapat ditangkap dengan baik. Agar mendapatkan hasil yang valid, anda bisa memasukkan kartu SIM maupun memori anda kedalam slot pada HP Oppo bekas tersebut.

  • Cek Engineer Mode

Pada HP Oppo terdapat fitur yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai test dan melihat hardware pada perangkat Oppo. Fitur tersebut adalah engineer mode.

Engineer Mode adalah sebuah fitur yang dapat digunakan untuk menguji kinerja hardware pada HP Oppo seperti speaker, baterai, dan lainnya. Kamu dapat mengakses engineer mode dengan menekan tombol *#800# pada dialer atau menu panggilan HP Oppo bekas tersebut.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan HP Oppo Bekas yang Bagus?

Selain menampilkan cara cek HP Oppo bekas, disini kami juga akan menampilkan informasi terkait dimana anda bisa anda mendapatkan HP Oppo bekas yang bagus.

Sumber: blogspot.com/ Cara Cek HP Oppo Bekas

Sebagai bahan pertimbangan, kami akan menampilkan tempat untuk membeli HP Oppo bekas yang bagus secara berurut mulai dari yang paling direkomendasikan.

Baca Juga :  5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme Semua Tipe
Tempat membeli HP Oppo bekas yang bagus Deskripsi singkat
Dari pemakaian pribadi Pembelian HP Oppo bekas yang paling direkomendasikan adalah dari pemakaian pribadi. Anda bisa membeli HP dari teman atau orang-orang yang anda kenal. Dengan mengetahui siapa pemilik sebelumnya, anda bisa menilai sendiri bagaimana kira-kira kepedulian orang tersebut dalam hal perawatan HP. Membeli HP dari pemakaian pribadi juga bisa memberikan anda kesempatan yang lebih leluasa untuk bernegosiasi.
Dari Marketplace Taukah anda? Bahwa saat ini anda sudah bisa dengan mudah mendapatkan barang elektronik bekas apapun dari marketplace, khususnya marketplace fb. Cara ini bahkan lebih menguntungkan karna tersedia berbagai pilihan dengan lengkap. Sayangnya, terkadang ketika sudah jumpa dengan penjual, deskripsi yang tampil pada marketplace tidak sesuai dengan kondisi HP yang sebenarnya. Selain itu, dengan membeli HP melalui marketplace anda tidak akan kenal dengan penjual tersebut, sehingga jika dalam waktu dekat terjadi kerusakan pada HP, anda mungkin akan mengalami kesulitan sendiri.
Toko atau pusat jual beli HP bekas Rekomendasi yang terakhir adalah dari toko atau pusat jual beli HP bekas. Dari satu sisi, cara ini cukup menguntungkan karna tersedia beberapa pilihan dibandingkan dengan jika anda membeli dari pemakaian pribadi. Selain itu, membeli HP bekas dari toko biasanya memberikan jaminan atau garansi selama sebulan. Sayangnya harga HP bekas ditoko cenderung lebih mahal. Hal yang paling ditakutkan lagi adalah kondisi HP yang mungkin sudah di preteli oleh teknisi sehingga sangat tidak menjanjikan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Penutup

Cara Cek HP Oppo Bekas
Cara Cek HP Oppo Bekas

Sebelum membeli HP Oppo bekas, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu, demi memastikan kualitas dari barang atau HP yang akan anda beli masih dapat bagus dan normal serta sesuai dengan yang anda harapkan. Hal ini akan berdampak pada keawetan HP tersebut untuk anda gunakan.

Dengan mengikuti beberapa cara cek HP Oppo bekas yang telah kami tampilkan dalam artikel ini, akan membantu anda untuk menemukan HP Oppo bekas yang cocok untuk anda beli dan terjamin untuk anda pakai dalam jangka waktu yang lama.

Back to top button