Tutorial

7 Cara Cari Lagu Dengan Suara Online, Mudah dan Praktis Banget!

Banyak orang yang belum mengetahui adanya cara cari lagu dengan suara online. Di era digital seperti saat ini, menemukan sebuah lagu yang terdengar menarik ketika pertama kali didengarkan bukan lagi menjadi suatu hal yang susah. Hal itu tentu saja dikarenakan berkat teknologi pengenalan suara online, dengan atau pun tanpa menggunakan aplikasi.

Dalam artikel ini akan memuat tentang cara cari lagu dengan suara online yang akan membantu dan memudahkan kamu untuk menemukan lagu-lagu yang tidak kamu kenal sebelumnya. Perkaya pengalaman musik yang lebih dalam dengan menyimak ulasan dan penjelasan yang kami sajikan dalam postingan ini!

Apakah Lagu dapat Dicari dengan Suara Online?

Memastikan, apakah lagu dapat dicari dengan suara online merupakan hal pertama yang perlu kamu pahami sebelum lanjut ke cara mencari lagi dengan suara online.

Lantas, benarkah lagu dapat dicari dengan suara online? Jawabannya adalah “Ya, tentu saja” Saat ini anda dapat mencari lagu dengan suara online melalui beberapa platform yang menyediakan layanan untuk mengidentifikasi lagu dengan menggunakan teknologi pengenalan audio yang canggih.

Cara Cari Lagu dengan Suara Online di Android & iPhone Melalui Google Assistant

Cara Cari Lagu dengan Suara Online
Cara Cari Lagu dengan Suara Online

Nah, setelah memastikan benar adanya cara untuk mencari lagu dengan suara online, selanjutnya langsung saja kami akan menyajikan bagaimana cara cari lagu dengan suara online.

Anda dapat mencari lagu dengan suara online lewat beberapa langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Google di perangkat anda
  2. ketuk ikon “Microfon
  3. Kemudian, Klik pada menu “Telusuri lagu
  4. Putar, nyanyi kan, atau senandung kan lagu atau melodi lagu
  5. Jika kamu tidak tau lirik lagunya, kamu bisa bersiul atau menyanyikan nada nya saja
  6. Tunggu dalam beberapa saat Google akan mengidentifikasi hasil yang cocok untuk lagu tersebut
  7. Kamu bisa mengecek hasil penelusuran lagu yang ditampilkan, apakah sudah sesuai dengan yang kamu cari
Baca Juga :  3 Cara untuk Membuat Tabel Secara Otomatis dengan Klik

Cara Cari Lagu dengan Suara Online Menggunakan Aplikasi

Selain cara cari lagu dengan suara online yang telah kami tampilkan diatas, ada juga alternatif lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari lagu dengan suara online, yakni dengan menggunakan aplikasi. Berikut kami perlihat kan beberapa aplikasi untuk mencari lagu dengan suara online.

  • Shazam

Aplikasi Shazam untuk mencari lagu dengan suara online
Sumber: play.google.com

Cara cari lagu dengan suara online menggunakan aplikasi yang pertama adalah “Shazam” Aplikasi Shazam adalah sebuah aplikasi pengenalan musik yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengidentifikasi sebuah lagu hanya dengan mendengarkan beberapa detik lagu tersebut. Aplikasi ini menggunakan teknologi pengenalan audio yang canggih dan telah memuat database lagu yang luas secara mendunia.

Adapun cara menggunakan Shazam adalah sebagai berikut:

  1. Download dan pasanglah aplikasi Shazam di perangkat kamu
  2. Setelah berhasil ter-install, silahkan langsung saja masuk ke aplikasinya
  3. Pada halaman beranda aplikasi, ketuklah tombol atau ikon Shazam
  4. Arahkan ke sumber suara lagu yang ingin kamu cari
  5. Tunggu proses identifikasi dalam beberapa saat
  6. Maka akan muncul hasil identifikasi lagu
  7. Kamu bisa memutar lagunya langsung di aplikasi Shazam tersebut
  8. Selain itu, anda juga membagikan lagu tersebut ke teman-teman kamu melalui fitur “berbagi”
  • Musixmatch

Musixmatch adalah sebuah platform yang menyediakan layanan untuk menemukan berbagai lagu populer. Tak hanya digunakan untuk mengidentifikasi lagu, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya, mulai dari fitur karaoke, fitur discover, floating lirycs, fitur berbagai lewat media sosial, dan terdapat juga fitur untuk menyinkronkan dengan layanan streaming musik seperti Spotify.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, anda hanya perlu mengetuk ikon “Rec” lalu arahkan microfon ke sumber suara lagu. Dalam beberapa saat hasil identifikasi lagunya akan ditampilkan di layar kamu.

  • SoundHound

Aplikasi terbaik yang terakhir dalam cara cari lagu dengan suara online adalah “SoundHound” yang merupakan sebuah aplikasi pengenalan musik yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi lagu dengan hanya mendengarkan sebagian dari lagu tersebut. Aplikasi ini dapat digunakan di Android maupun iPhone.

Baca Juga :  8 Cara Reset Headset Bluetooth Paling Mudah

Tak kalah dengan kedua aplikasi sebelumnya, SoundHound ini juga kaya akan fitur-fitur menarik, salah satunya seperti fitur “riwayat identifikasi” yang menyimpan riwayat lagu-lagu yang pernah di identifikasi oleh pengguna, sehingga lebih mudah jika ingin melihatnya kembali.

Cara Mencari Judul Lagu dari Video

Cara Mencari Judul Lagu dari Video
Sumber: www.blibli.com

Selain membagikan cara cari lagu dengan suara online, dalam artikel ini kami juga akan menyajikan bagaimana cara mencari judul lagu dari video. Kamu mungkin pernah melihat sebuah cuplikan video dari berbagai platform seperti Fb, TikTok, Ig, Youtube dan lain-lain, yang menyertakan lagu didalamnya. Jika kamu penasaran ingin mencari tau judul lagu yang ada dalam video, maka kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

1. Perhatikan deskripsi video

Cara pertama yang sangat mudah adalah dengan mengecek bagian deskripsi video. Para kreator biasanya akan menyertakan beberapa informasi yang berkaitan dengan video yang di upload, termasuk salah satunya informasi tentang sound yang digunakan. Anda bisa mengecek bagian deskripsi tersebut untuk dapat mengetahui judul lagu.

2. Lihat kolom komentar

Cara sebelumnya memang dapat dikatakan sangat mudah, sayangnya sebagian kreator ada juga yang tidak menyertakan informasi penggunaan sound atau judul lagu pada deskripsi video nya. Oleh karena itu, kamu bisa beralih ke cara yang kedua, yaitu dengan melihat ke kolom komentar.

Biasanya, pada kolom komentar akan ada saja orang yang berkomentar tentang lagu yang digunakan pada cuplikan video, apalagi jika lagunya sedang populer saat itu. Gulir terus komentar pada video hingga kamu menemukan komentar yang membahas tentang lagu yang digunakan.

3. Manfaatkan Google Assistant

Sama seperti yang telah kami jelaskan terkait inti topik dalam artikel ini, cara cari lagu dengan suara online paling efektif adalah dengan menggunakan Google Assistant. Cara ini juga bisa kamu gunakan ketika kamu ingin mencari tau lagu dalam sebuah cuplikan video. Lakukan langkah yang sama seperti yang telah kami tampilkan sebelumnya pada cara cari lagu dengan suara online pada Android dan iPhone menggunakan Google Assistant.

Baca Juga :  10 Cara Menjual Foto Di Shutterstock Untuk Pemula

4. Gunakan Aplikasi

Cara mengetahui judul lagu dari video juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi seperti beberapa aplikasi yang telah kami sebutkan sebelumnya diatas. Lakukan langkah yang sama untuk menemukan judul lagu dalam video.

Mengapa Hasil Cari Lagu dengan Suara Online Tidak Muncul?

Mengapa Hasil Cari Lagu dengan Suara Online Tidak Muncul
Hasil Cari Lagu dengan Suara Online Tidak Muncul

Jika setelah melakukan langkah diatas anda tidak melihat tampilan hasil yang memperlihatkan judul lagu yang anda cari, jangan langsung khawatir! Ada beberapa alasan yang menyebabkan hasil pencarian lagu dengan suara online tidak muncul, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sumber suara kurang jelas

Penyebab yang pertama bisa jadi karena sumber suara yang kurang jelas. Jika sumber suara lagu atau nada lagu yang anda nyanyi kan kurang jelas, maka Google Assistant ataupun aplikasi pengidentifikasi lagu mungkin akan kesulitan untuk menemukan hasil yang sesuai. Oleh karena itu, pastikan sumber suara terdengar dengan jelas. Jika anda mencari lagu dengan menirukan nada/ melodi lagu ataupun bersiul, pastikan suara yang anda keluarkan sesuai dengan yang ada pada lagu sebenarnya.

  • Lagu tidak terdaftar

Perlu diketahui bahwa tidak semua lagu mungkin terdaftar di database platform pengidentifikasi lagu secara online. Beberapa lagu yang kurang populer atau baru dirilis mungkin tidak dapat teridentifikasi dengan baik.

  • Masalah koneksi internet

Mencari lagu dengan suara online membutuhkan akses internet yang memadai. Maka dari itu, saat mencari lagu dengan suara online melalui Google Assistant ataupun dengan menggunakan aplikasi, pastikan perangkat yang anda gunakan terhubung dengan jaringan internet.

  • Adanya kebisingan

Jika anda melakukan langkah dari cara cari lagu dengan suara online di tempat yang terdapat kebisingan, maka akan membuat kualitas rekaman menjadi buruk, sehingga hasil yang ditampilkan mungkin tidak akan akurat atau bahkan gagal memproses pengenalan musik.

kesimpulan

Cara Cari Lagu Dengan Suara Online
Cara Cari Lagu Dengan Suara Online
Urutan Lagu Terpopuler Masa Kini Artis
“Stay” The Kid LAROI, Justin Bieber
“Good 4 U” Olivia Rodrigo
“Montero (Call Me By Your Name)” Lil Nas X
“Levitating” Dua Lipa, DaBaby
“Blinding Lights” The Weeknd
“Peaches” Justin Bieber, Daniel Caesar, Giveon
“Deja Vu” Olivia Rodrigo
“Save Your Tears” The Weeknd, Ariana Grande
“Kiss Me More” Doja Cat, SZA
“Industry Baby” Lil Nas X, Jack Harlow

Dengan begitu banyak opsi dan kemudahan akses, mencari lagu dengan suara online bukan lagi hal yang dianggap sulit saat ini. Dengan mengetahui bagaimana cara cari lagu dengan suara online, akan memungkinkan anda untuk bisa menemukan lagu-lagu baru atau mengidentifikasi lagu yang mungkin hanya terdengar sebentar. Dengan demikian anda akan mendapatkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih menyenangkan.

Back to top button