Tutorial

12 Penyebab Kenapa Headset Bluetooth tidak ada Suaranya dan Cara Mengatasinya

Kenapa Headset Bluetooth tidak ada Suaranya kini menjadi salah satu pencarian yang paling utama dilakukan khususnya bagi mereka yang memiliki hobby mendengarkan musik dan juga bermain game.

Karena ketika headset yang digunakan tidak berfungsi dengan bagi terutama jika produk tersebut baru saja dibeli tentu akan membuat kamu merasa kesal dan ingin mengembalikannya secara langsung.

Sebelum menjadikan headset bluetooth menjadi sampah, sebaiknya kenali terlebih dahulu faktor penyebab kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya dan cara mengatasinya.

Penasaran dan ingin tahu kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya dan cara mengatasinya? Ikuti pembahasan pada artikel ini sampai selesai ya!

Penyebab Kenapa Headset Bluetooth tidak ada Suaranya

Kenapa headseat bluetooth tidak ada suaranya tentu akan menjadi permasalahan bagi diri sendiri, terutama jika benda tersebut ingin digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

Kenapa Headset Bluetooth tidak ada Suaranya
Kenapa Headset Bluetooth tidak ada Suaranya

Salah satu faktor penyebab kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya adalah koneksi bluetooth yang tidak terhubung dengan perangkat yang digunakan saat ini.

Nah, untuk mengetahui beberapa faktor penyebab paling umum kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya yakni diantaranya sebagai berikut.

1. Koneksi Bluetooth tidak Terhubung

Secara umum, headset akan berfungsi dengan baik apabila perangkat atau handphone yang digunakan terhubung dengan bluetooth. Pasalnya, jika headset bluetooth tidak terhubung dengan benar ke perangkat maka tidak akan terdengar.

Koneksi Bluetooth tidak Terhubung
Koneksi Bluetooth tidak Terhubung

Jadi pastikan headset bluetooth dan perangkat terhubung dalam jangkauan yang baik dan tidak ada gangguan yang mempengaruhi koneksi yang digunakan agar headset tersebut dapat mengeluarkan suara.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati

2. Baterai habis

Jika baterai pada headset Bluetooth yang dimiliki habis atau sangat lemah, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan headset untuk mengeluarkan suara dengan baik.

Apabila hal ini yang menjadi faktor penyebab kenapa headset bluetooth tidak mengeluarkan suara akibat baterai habis atau lemah, maka sebaiknya isi daya hingga penuh agar menghasilkan suara yang memadai.

Setelah baterai headset sudah terisi penuh, coba sambungkan kembali bluetooth tersebut ke perangkat smartphone kamu.

3. Perangkat tidak Dipilih Sesuai Output Audio

Tahukah kamu bahwa beberapa perangkat dapat terhubung ke headset bluetooth secara bersamaan dan dalam beberapa kasus perangkat mungkin tidak dipilih dengan benar sebagai output suara.

Agar headset bluetooth dan perangkat yang digunakan bekerja degan baik, pastikan headset bluetooth kamu dipilih sebagai output audio pada perangkat yang sedang digunakan saat ini.

4. Kompatibilitasi Terlalu Rendah

Biasanya penyebab kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya disebabkan oleh kompatibilitasi terlalu rendah. Hal terjadi karena headset bluetooth yang digunakan tidak sesuai dengan perangkat yang terhubung.

Agar headset tersebut dapat mengeluarkan suara musik dengan baik, perhatikan panduan penggunaan atau spesifikasi headset untuk memastikan kompatibilitas yang tepat dan juga benar.

Panduan penggunaan headset bluetooth tersebut dapat kamu lihat pada kertas yang terlampir pada kotak atau tempat headset tersebut. Karena secara umum, setiap pembelian headset akan diberikan panduan penggunaannya.

5. Volume Suara Terlalu Rendah

Meskipun hal ini cukup tidak memungkinkan bisa terjadi, namun beberapa pengguna sering sekali tidak memperhatikan volume suara pada perangkat sehingga kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya.

Apabila faktor penyebabnya karena volume suara yang terlalu rendah, sebaiknya perhatikan pengaturan volume pada headset Bluetooth dan perangkat yang terhubung.

Jika volume terlalu rendah atau volume headset bluetooth kamu diatur pada level yang minimum, maka kemungkinan suara tidak akan terdengan dengan jelas atau malah samar-samar.

6. Masalah Perangkat

Penyebab kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya terakhir yaitu masalah pada perangkat atau handphone yang sedang digunakan saat ini. Pasalnya, beberapa perangkat tidak bisa terhubung dengan bluetoot karena adanya kerusakan yang terjadi sebelumya.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya periksa apakah ada kerusakan fisik yang terlihat atau coba hubungkan headset bluetooth dengan perangkat lain untuk memastikan apakah masalahnya ada pada perangkat atau tidak.

Baca Juga :  4 Cara Mengisi Shopeepay Di Indomaret Gratis Biaya Admin

Cara Mengatasi Headset Bluetooth tidak ada Suaranya

Sebelum mengklaim headset tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi atau sudah tidak dapat berfungsi lagi tentu kamu ingin berusaha memperbaikinnya terlebih dahulu sebelum membuangnya.

Setelah memahami faktor penyebab kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya diatas, kemungkinan kamu sudah memahami beberapa cara mengatasi headset bluetooth yang tidak mengeluarkan suara tersebut.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth tidak ada Suaranya
Cara Mengatasi Headset Bluetooth tidak ada Suaranya

Berikut beberapa cara mengatasi headset bluetooth yang tidak ada suaranya dengan mudah dan simple tanpa harus mengeluarkan biaya, yakni diantaranya :

  • Cek baterai headset – Pastikan daya bateria headset terisi. Jika baterai lemah atau habis, cas headset atau ganti baterai dengan yang baru jika memungkinkan.
  • Periksa pengaturan volume perangkat – Cek pengaturan volume pada headset atau perangkat yang terhubung. Pastikan volume tidak terlalu rendah atau dibisukan. Tambahkan volume apabila diperlukan.
  • Pilih headset sebagai output audio – Untuk memastikan hal tersebut, periksa kembali pengaturan suara dan pastikan headset bluetooth telah dipilih dengan benar.
  • Hapus profil dan pasangkan kembali – Hapus profil bluetooth headset dari perangkat yang terhubung, lalu pasangkan kembali headset bluetooth ke perangkat. Ini dapat memperbaiki masalah koneksi dan menghidupkan suara yang tidak tersengar.
  • Restart perangkat – Coba restart headset bluetooth dan perangkat yang terhubung, karena dengan melakukan restart dapat memperbaiki masalah sementara yang mempengaruhi suara headset.
  • Coba dengan perangkat lain – Sambungkan headset bluetooth ke perangkat lain untuk menguji apakah masahannya ada pada headset atau perangkat yang digunakan. Jika headset berfungsi dengan baik di perangkat lain, maka masalahnya terdapat pada perangkat awal yang digunakan.

Jika sudah mencoba semua cara diatas, namun kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya belum teratasi, disarankan untuk mengacu pada panduan penggunaan headset atau menanyakan pada toko tempat dimana kamu membeli headset tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Delay pada Headset Bluetooth?

Tidak bisa dipungkiri, kini headset bluetooth menjadi salah satu kebutuhan utama yang dicari saat seseorang ingin bermain game di ponsel. Namun tidak jarang, suara yang keluar dari headset tersebut mengalami latensi atau delay.

Cara Mengatasi Delay pada Headset Bluetooth
Cara Mengatasi Delay pada Headset Bluetooth

Meskipun delay atau latensi tidak bisa dihidari, akan tetapi kamu masih bisa meminimalisir kendala tersebut dengan beberapa cara berikut ini.

Baca Juga :  7 Cara Mengetahui Orang Yang Sering Melihat Facebook Kita Tanpa Aplikasi

1. Matikan Koneksi Lain

Agar suara yang keluar dari headset bluetooth tidak delay, pastikan tidaka ada driver lain yang sedang aktif atau terhubung di perangkat ponsel kamu. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan crash atau corrupt yang berpengaruh pada suara.

Selain itu, penggunaan koneksi lain pada waktu yang bersamaan juga akan semakin memperberat kinerja pada perangkat yang sedang digunakan saat ini.

2. Gunakan Ponsel dengan RAM yang besar

Patikan RAM pada perangkat yang sedang digunakan cukup besar untuk memainkan game dengan permainan grafis yang butuh kerja keras dalam memproses sistem yang ada pada ponsel.

Karena untuk memainkan game moderen, sebaiknya gunakan perangkat dengan RAM diatas 3GB agar tidak terjadi delay pada suara yang dikeluarkan dari headset bluetooth tersebut.

3. Hapus Aplikasi

Jika kamu memiliki aplikasi dengan RAM yang besar, maka akan berpotensi memperberat beban RAM ponsel yang kamu gunakan. Agar suara headset bluetooth berfungsi dengan baik, maka sebaiknya uninstall perangkat lunak tersebuk untuk meringkankan kinerja pada ponsel.

4. Perbaharui Perangkat Lunak

Apabila masih menggunakan perangkat lunak yang, sebaiknya gunakan perangkat lunak terbaru yang telah dianjurkan. Kemudian lakukan update versi game terbaru setiap saat agar sistem pada game dan mengontrol kinerja headset bluetooth yang tersambung.

5. Gunakan Headset Bluetooth yang dlengkapi fitur Low Latency 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tentu kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu headset atau earphone mana yang akan kamu gunakan untuk bermain game nantinya.

Sebaiknya gunakan headset bluetooth yang memiliki fitur low latency. Karena fitur tersebut dapat mengendalikan atau memaksimalkan suara yang dikeluarkan oleh perangkat yang digunakan saat bermain game.

Lagi asik main game tiba-tiba kuota interner kamu habis? Yuk isi ulang pulsa atau paket data kamu di aplikasi Mocipay dengan penawaran harga termurah.

Aksi Deskripsi Singkat
Periksa Volume Pastikan volume pada perangkat dan headset sudah diatur pada level yang cukup.
Cek Koneksi Pastikan headset Bluetooth Anda sudah terhubung dengan benar ke perangkat Anda.
Ulangi Pairing Coba putuskan dan hubungkan kembali (pairing) headset dengan perangkat Anda.
Cek Baterai Pastikan headset Bluetooth Anda memiliki baterai yang cukup.
Reset Headset Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba reset headset Anda ke pengaturan pabrik.

Postingan Menarik Lainnya : 9 Aplikasi Musik Tanpa Iklan Gratis Dan Berbayar

Kesimpulan

Kenapa Headset Bluetooth tidak ada Suaranya dan Cara Mengatasinya
Kenapa Headset Bluetooth tidak ada Suaranya dan Cara Mengatasinya

Sebelum membuat produk tersebut, sebaiknya pastikan terlebih dahulu faktor penyebab kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya. Setelah memahami faktor penyebabnya, kamu bisa menggunakan cara mengatasi hal diatas agar headset bluetooth dapat berfungsi kembali dengan baik.

Semoga informasi kenapa headset bluetooth tidak ada suaranya ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Semalat Mencoba!

Back to top button