Tutorial

9+ Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah

Telegram tidak menyediakan secara langsung Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus. Sebagai aplikasi pengirim pesan yang cukup populer, seharusnya aplikasi Telegram mempunyai fitur tambahan untuk menjaga keamanan data setiap penggunanya.

Contoh fitur keamanan tersebut ialah mengembalikan chat yang terhapus. Fitur ini bisa kamu lihat di beberapa aplikasi chatting yang populer seperti Telegram. Namun, beberapa penggunanya sering mengalami kendala dimana chat pentingnya terhapus.

Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mencoba untuk mengembalikan chat Telegram tersebut lewat panduan pada artikel ini. Yuk, langsung saja simak cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus disini.

Sekilas Tentang Telegram

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Sekilas Tentang Telegram

Telegram adalah aplikasi atau layanan pengirim pesan instan multiplatform bersifat gratis dan nirlaba yang sangat populer. Aplikasi ini didirikan pada tahun 2013 oleh Pavel Durov dan Nikolai Durov, seorang pengusaha asal Rusia.

Melansir dari halaman worldpopulationreview, total pengguna yang mengunduh Aplikasi Telegram telah mencapai 80 juta kali pada agustus 2021 yang mewakili sekitar 8% dari unduhan Telegram di seluruh dunia.

Telegram memungkinkan setiap penggunanya untuk mengirim pesan teks, foto, video, file dan melakukan obrolan suara hingga video.

Telegram juga dikenal karena menawarkan fitur kamanan tambahan, seperti obrolan rahasia dengan pesan yang dapat di hapus secara otomatis, serta enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi setiap pengguna.

Selain itu, Telegram juga mendukung saluran dan grup yang dapat beranggotankan ribuan orang, sehingga membuatnya cocok untuk berbagai keperluan mulai dari komunikasi pribadi hingga komunikasi dengan kelompok besar.

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus

Secara umum, Telegram dalam bentuk tulisan yang telah terhapus tidak bisa dikembalikan. Akan tetapi, pengguna masih tetap bisa untuk mengembalikan chat Telegram dalam bentuk riwayat chat, video, foto, voice note (VN) atau dokumen yang pernah di kirimkan lewat aplikasi tersebut.

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus pun tidak berbeda jauh dengan aplikasi pesan singkat lainnya yaitu dengan menggunakan fitur Undo, Export data, Saved Messages dan lain sebagainya.

Telegram merupakan salah satu aplikasi layanan pengiriman pesan instan multiplatform yang berbasis awan atau cloud dan bisa di nikmati secara gratis oleh para penggunanya.

Salah satu hal menarik dari Telegram, yakni dapat digunakan oleh semua kalangan di perangkat smartphone, laptop maupun perangkat PC atau komputer sekalipun.

Baca Juga :  Cara Menghapus Daftar Transfer di BRImo Hitungan Menit!

Lewat aplikasi ini, maka setiap pengguna bisa dengan mudah untuk mengirimkan pesan dan berbagi file mulai dari stiker, video, foto, voice note (VN) atau dokumen dari berbagai tipe format file lainnya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut seputar cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus, ada baiknya untuk mengenali lebih dulu beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram pada tabel penjelasan berikut ini.

Kelebihan Aplikasi Telegram Kekurangan Aplikasi Telegram
Menyediakan pilihan dalam mengirimkan file berkas dengan ukuran asli/ sudah di kompres. Tidak tersedianya fitur grup call.
Menawarkan ukuran pengiriman file yang maksimal, sehingga dapat memudahkan setiap pengguna untuk mengirimkan file berupa video, film maupun serial dengan ukuran besar. Pengguna Telegram tidak bisa melakukan update status ke pengguna lainnya.
Bisa mengakses aplikasi dengan mudah agar saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Pengguna tidak bisa melakukan enkripsi, karena fitur open source tidak ada di aplikasi Telegram.
Menawarkan fitur bot dan channel untuk memudahkan komunikasi dengan banyak anggota. Memiliki obrolan yang lebih banyak dari grup yang di ikuti.
Terdapat fitur Hastag di Telegram, yang berguna untuk menemukan file ataupun chat yang tenggelam. Mudah diretas.
Menawarkan kapasitas memori dengan penyimpanan cloud yang besar. Tidak memiliki fitur story layaknya seperti aplikasi pengirim pesan instan lainnya, yakni WhatsApp, Line dan lain sebagainya.
Memiliki fitur cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus bagi setiap penggunanya. Ukuran file sangat besar.
Memudahkan setiap pengguna dalam menemukan grup dengan jumlah anggota yang banyak. Video player kurang bagus.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram, aplikasi ini menawarkan fitur unggulan bagi para setiap penggunanya, yakni mengembalikan chat yang sudah terhapus. Tentunya ini bisa kamu gunakan dengan mudah.

Berikut panduan lengkap cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus dengan mudah dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Export Data Chat Telegram

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus yang pertama adalah dengan meng-export data chat Telegram. Fitur export data chat ini hanya tersedia di Telegram versi Dekstop saja.

Maka dari itu, jika kamu ingin menggunakan cara ini maka harus mengunduh Telegram versi Dekstop dan menginstallnya di laptop, PC atau komputer kamu terlebih dahulu.

  • Opsi Ekspor Riwayat Obrolan

Buka salah satu inbox pesan dan klik menu titik tiga, lalu klik “Export chat history” atau “Ekspor riwayat obrolan” (tergantung pada pengaturan bahasa).

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Export Chat History
  • Ekspor File Media Obrolan

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Chat Export settings

Bukan hanya teks, kamu juga dapat mengekspor foto, video, pesan suara, pesan video, stiker, file, GIF dan lainnya. Kamu dapat mengatur ukuran maksimun dan minimun riwayat obrolan yang akan diekspor masing-masing menjadi 1MB atau 1500KB, dan batas 8MB akan ditetapkan secara default.

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Exporting Your Data

Pengaturan lainnya, kamu juga dapat mengatur dan mengubah jalur untuk mengekspor obrolan, dengan mengklik “jalur unduhan” dan memilih pesan-pesan yang akan di ekspor, diantara dua tanggal yang dipilih, dengan mengklik “pesan terlama” dan “sekarang“. Secara default, semua pesan akan diekspor. Terakhir, klik Ekspor.

  • Tampilkan Data Saya (Show my data)

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Tampilkan Data Saya (Show my data)

Sekarang rincian ekspor data obrolan akan ditampilkan, termasuk jumlah total file yang diekspor dan ukuran total. Kamu dapat meng-klik “Show my data” atau “Tampilkan data saya” (tergantung pada pengaturan bahasa), untuk membawa kamu langsung ke folder tempat obrolan diekspor, atau kamu cukup keluar dari jendela pop up-nya.

  • File Riwayat Obrolan Telegram

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
File Riwayat Obrolan Telegram

Di dalam folder tersebut, kamu akan menemukan file dengan nama “messages”  dengan ekstensi tipe file Chrome HTML Document (.html) yang akan menampilkan riwayat obrolan lengkap. Di folder lain, kamu dapat menemukan foto, stiker, video dan elemen-elemen lain yang ada dalam obrolan.

Baca Juga :  7 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel 2024

Menggunakan Fitur Undo Delete Telegram

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Fitur Undo Delete Telegram

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus berikutnya ialah menggunakan Fitur Undo Delete Telegram. Perlu untuk kamu ketahui bahwa, fitur ini sangat apabila kamu terlanjur mengapus percakapan di Telegram dalam kurun waktu 5 detik terakhir.

Langkah-langkah mudah cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus, antara lain sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Telegram yang sudah terinstall di perangkat smartphone kamu.
  2. Selanjutnya, ketuk dan tahan pada salah satu bagian obrolan, dan klik icon tong sampah atau hapus Menghapus, tempat sampah, remove Ikon di 300 Icons Duetone(sampai nanti terlihat opsi “Hapus”).
  3. Pilih opsi “Hapus” pada bagian prompt untuk membiarkan percakapan di pesan tersebut hilang.
  4. Nantinya, kamu akan menemukan opsi “Undo” dan tinggal klik saja untuk mengembalikan pesan yang tidak sengaja kamu hapus tersebut.
  5. Selesai.

Mencari Pesan di Saved Messages (pesan tersimpan)

Aplikasi Telegram sudah memiliki fitur penyimpanan berbasis awan atau cloud. Kemunculan fitur ini tentunya membawa hal baik bagi setiap penggunanya, karena bisa menympan dan mengaksesnya kembali pesan yang tersimpan.

Mengenai langkah-langkah mudah cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus dengan mencari pesan di Saved Messages fitur penyimpanan berbasis awan atau cloud, antara lain:

  • Buka aplikasi Telegram yang sudah terinstall di perangkat smartphone kamu.
  • Setelah itu, klik icon titik tiga vertikal.
  • Tekan menu “Saved Messages” atau “Pesan Tersimpan” (tergantung pada pengaturan bahasa).
  • Jika sudah, fitur search akan muncul dan kamu bisa memasukkan kata kunci pencarian atau keyword, untuk mencari pesan yang terlanjur terhapus tersebut.
  • Kamu akan menemukan hasil pesan yang terhapus, dan segeralah untuk memulihkannya klik “Pulihkan
  • Selesai,

Cari Chat Folder Telegram Pengelola File atau Manager Berkas di Ponsel

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Pengelola File atau Manager Berkas di Ponsel

Tips cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus lainnya, kamu dapat mencari dan memanfaatkan folder images Telegram.

Cara ini bisa menjadi pilihan lain untuk memulihkan pesan yang tidak sengaja terhapus di aplikasi Telegram. Jika kamu masih bingung bagaimana caranya, simaklah beberapa langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama, buka Pengelola File atau Manager Berkas di smartphonemu.
  2. Pilih menu tempat Penyimpanan Internal dan klik opsi pendataan.
  3. Setelah itu, kamu tinggal cari saja pesan yang ingin kamu salin.
  4. Salin seluruh pesan dari Aplikasi Telegram ke folder di perangkat smartphone.
  5. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan nama pada folder tersebut.
  6. Selesai.

Memanfaatkan Folder Cache di Android

Jika salah satu dari cara diatas masih belum berhasil, tenang saja. Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus lainnya yang bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan folder cache di Android.

Dikarenakan ada banyak sekali aplikasi-aplikasi pada perangkat smartphone yang secara tidak langsung sudah menyimpan cache konten, naka hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus.

Baca Juga :  4 Cara Melihat Tag Story Instagram yang Disembunyikan

Simak langkah-langkah mudahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama, buka Pengelola File atau Manager Berkas di smartphonemu.
  • Klik menu Android dan pilih opsi Data.
  • Klik “org.telegram.messenger“.
  • Tekan menu Cache.
  • Jika sudah, cari dan langsung salin saja file berkasnya ke folder lainnya untuk memulihkan pesan yang terhapus di aplikasi Telegram.
  • Selesai.

Melalui iTunes Backup

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Melalui iTunes Backup

Bukan hanya Android saja, bagi kamu pengguna smartphone iPhone kamu bisa mengandalkan iTunes Backup untuk menyimpan setiap percakapan di Telegram.

Jadi ketika ada pesan yang terhapus, kamu bisa langsung mengambalikan atau memulihkannya. Untuk itu simak langkah-langkah cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus melalui iTunes Backup di iPhone berikut ini:

  1. Langkah pertama, hubungkan iPhone dengan Dekstop/Mac.
  2. Kemudian buka iTunes.
  3. Tap pada icon ponsel kamu di bagian kiri atas.
  4. Pilih Restore Backup
  5. Pilih percakapan mana yang ingin kamu pulihkan.
  6. Selesai.

Melalui Cadangan iCloud

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus untuk perangkat iPhone dapat menggunakan Cadangan iCloud. Cara ini cukup efektif untuk mengembalikan pesan yang terhapus.

Untuk itu simak langkah-langkah cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus melalui Cadangan iCloud di iPhone berikut ini:

  • Buka Pengaturan atau Settings di perangkat smartphone iPhone.
  • Pada bagian General, pilih Tombol Reset.
  • Pilih Erase All Content and Settings.
  • Saat iPhone sudah di restart, pilih “Restore from iCloud Backup“.
  • Pilih Pesan Telegram yang ingin di pulihkan.
  • Selesai.

Menggunakan Aplikasi AirDroid: File & Remote Access

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Menggunakan Aplikasi AirDroid File & Remote Access

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus berikutnya adalah dengan menggunakan Aplikasi AirDroid: File & Remote Access pada riwayat pemberitahuannya.

Untuk itu simak langkah-langkah cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus menggunakan menggunakan Aplikasi AirDroid: File & Remote Access berikut ini:

  1. Download dan Install Aplikasi AirDroid di perangkat kamu.
  2. Setelah meluncurkan AirDroid Parental Control, kamu akan diarahkan ke halaman pendaftaran.
  3. Daftarkan akun dan kemudian Masuk.
  4. Ikan perangkat dengan memasukkan kode pemasangan.
  5. Atur beberapa pengaturan yang diperlukan pada ponsel setelah di install.
  6. Selesai.

Link Download Aplikasi AirDroid File & Remote Access

Nama Aplikasi AirDroid File & Remote Access ✅
Developer SAND STUDIO
Ukuran 46 MB
Score 4,1 ★★★★☆
Total Download 50 jt+
Link Download Klik Disini

Menghubungi Pusat Bantuan atau Tim support Telegram

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Dengan Mudah
Pusat Bantuan atau Tim support Telegram

Bagaimana, apakah sudah sukses? Jika beberapa cara diatas masih tidak berhasil juga dan kamu sangat butuh untuk mengembalikan pesan Telegram yang terhapus, kamu bisa menghubungi pusat bantuan atau Tim Support Telegram.

Ada tim support yang aktif dan siap membantu, namun ada juga yang merujuk ke bagian FAQ Telegram. Pada umumnya, FAQ Telegram ini berisi jawaban atas sebagian besar pertanyaan dan beberapa tips pemecahan masalah.

Apakah chat Telegram yang dihapus bisa dikembalikan?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, Chat Telegram dalam bentuk teks, video, foto, voice note (VN) atau bahkan dokumen bisa dikembalikan dengan mudah.

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus dapat menggunakan beberapa cara seperti export data chat Telegram, Fitur Undo Delete Telegram, Saved Messages, memanfaatkan folder images Telegram, mencari folder cache di Android, melalui iTunes Backup, menggunakan Cadangan iCloud, menggunakan Aplikasi AirDroid: File & Remote Access, dan menghubungi pusat bantuan atau Tim Support Telegram.

Apakah chat Telegram akan hilang jika ganti HP?

Telegram merupakan aplikasi perpesanan instan berbasis komputasi awan (cloud), sehingga saat kamu berganti HP sekalipun, chat tersebut tidak akan hilang atau berpindah kecuali Chat tersebut dihapus oleh penggunanya sendiri.

Penutup

Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus
Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus

Demikianlah panduan mengenai cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus dengan mudah. Adapun beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa memilih salah satu cara yang dinilai paling mudah untuk di terapkan pada perangkat yang kamu gunakan.

Penting untuk diingat juga, bahwa upaya untuk mengembalikan pesan yang dihapus mungkin tidak selalu berhasil. Jadi, penting untuk melakukan tindakan pencegahan, seperti mencadangkan chat secara teratur, untuk menghindari kehilangan data yang berharga di masa depan.

Selamat mencoba!

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button