Promo Top Up Game Termurahūüėć
TipsAplikasi

11 Tips atau Cara Agar Video Tiktok Muncul Di Beranda FYP

Bagaimana cara agar video Tiktok muncul di beranda orang lain? Tentu ada rasa kecewa saat kita sudah susah-susah buat video bagus, tapi nggak FYP.

Sebagai aplikasi video terpopuler di dunia, banyak sekali orang yang berlomba-lomba meng-upload video di Tiktok dan berharap video mereka akan muncul di beranda orang lain (FYP).

Salah satu cara agar video Tiktok muncul di beranda orang lain adalah dengan memahami dan menerapkan algoritma Tiktok.

Tiktok mempelajari aktivitas pengguna dan menggunakannya sebagai preferensi konten yang akan dimunculkan  di beranda mereka.

Misalnya, pengguna yang sering menonton dan menyukai konten-konten memasak, akan menampilkan lebih banyak konten memasak di FYP mereka.

Tentu saja memahami algoritma Tiktok tidak sesederhana itu saja. Banyak faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi algoritma Tiktok.

Lantas bagaimana tips atau cara agar video Tiktok muncul di beranda?

Dalam istilah Tiktok, munculnya video di beranda orang lain dan mendapat jumlah penonton yang besar disebut FYP.

Sebelum mempelajari cara agar video Tiktok muncul di beranda, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu FYP.

Baca juga: 5 Cara Menggabungkan Video Di TikTok Menjadi Satu Video

Apa itu FYP?

FYP adalah singkatan dari For Your Page. Ini adalah istilah yang umum digunakan oleh pengguna aplikasi Tiktok.

Arti FYP adalah video rekomendasi atau video yang muncul di beranda TikTok yang bisa langsung dilihat pengguna saat membuka aplikasi tersebut.

FYP ini biasanya berisi kumpulan video yang sedang populer, preferensi Tiktok untuk pengguna, dan beberapa video terbaru dari kreator yang diikuti.

Cara agar Video Tiktok Muncul di Beranda (FYP)

Setelah memahami apa itu FYP, pertanyaan selanjutnya tentunya bagaimana cara agar video Tiktok muncul di beranda.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi videomu FYP di Tiktok. Terkadang, video yang dibuat dengan sangat niat tidak berhasil menembus FYP, tapi sebaliknya video iseng dan effortless justru malah FYP. Kira-kira apa, ya yang mempengaruhi FYP di Tiktok?

Faktor tak terduga memang seringkali terjadi dalam dunia per-FYP-an di Tiktok. Tapi bukan berarti algoritma Tiktok tidak bisa dianalisis.

Berikut ini beberapa tips atau cara agar video Tiktok muncul di beranda berdasarkan sharing pengalaman dari banyak kreator di Tiktok.

Baca juga: 8 Cara Agar Video TikTok Kita Banyak Yang Nonton

Ikuti Trend

Konten yang sedang trend di Tiktok

Banyak sekali trend yang sudah lalu lalang di dunia pertiktokan. Biasanya tren akan ramai ditonton dalam kurun waktu tertentu. Memanfaatkan moment yang tepat adalah salah satu cara agar video Tiktok muncul di beranda.

Meniru trend yang sedang viral atau banyak dilakukan oleh influencer bisa kamu lakukan agar videomu ramai ditonton dan mendapat sambutan dari pengguna Tiktok. Trend yang dimaksud bisa berupa filter, template, dance, dan lain-lain.

Kamu bisa membuat video dengan meniru gerakan dance yang sedang viral. Misalnya, dance Blackpink dengan lagu Pink Venom yang pernah viral beberapa waktu silam. Saat koreografi lagu itu sedang viral, hampir semua FYP Tiktok dipenuhi oleh orang-orang yang menirukan gerakan tersebut.

Jadi, kamu bisa mengikuti hal-hal yang sedang viral di Tiktok jika ingin videomu FYP di Tiktok.

Update Berita

Berita viral di Tiktok

Salah satu faktor yang membuat Tiktok banyak disukai adalah ke-update-annya.

Algoritma TIktok sangat peka terhadap update berita-berita terbaru yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Video tentang topik tertentu bisa memenuhi FYP pengguna Tiktok secara serentak.

Kalau kamu ingin FYP lewat jalur ini, maka kamu bisa membuat video yang membahas hal-hal yang sedang tren, memberi opini tentang suatu peristiwa atau membagikan info terbaru terkait hal tersebut.

Baca juga: 6 Cara Menghapus Video Favorit Di TikTok Dengan Cepat

Gunakan sound yang sedang viral

cara agar video Tiktok muncul di beranda
Sound yang sedang viral di Tiktok

Penggunaan backsound yang tepat sangat mempengaruhi FYP.

Pakailah sound yang sedang viral dalam videomu. Hal ini akan memperbesar peluang videomu FYP di Tiktok.

Misalnya, sound I’m addicted to atau lagu Sang Dewi yang sedang trend di Tiktok.

Konten yang menarik dan berkualitas

Kreator edukasi di Tiktok

Tiktok bukan hanya tempat untuk menonton video viral semata. Konten yang menarik dan berkualitas juga diminati oleh aplikasi ini.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa video berkualitas tidak akan laku di Tiktok. Ini adalah pandangan dari orang-orang yang underestimate terhadap Tiktok.

Namun nyatanya banyak sekali konten-konten edukatif yang ramai di Tiktok. Saat ini tidak sedikit kreator dari kalangan profesional seperti dokter, pengacara, psikolog, pengusaha, dan lain-lain yang merambah ke Tiktok dan memberikan konten edukasi pada penontonnya.

Jadi jangan ragu untuk membuat konten berkualitas di Tiktok ya, Sobat.

Untuk membuat konten berkualitas, kamu juga harus memperhatikan kejernihan video yang kamu buat agar nyaman ditonton. Pelajari cara agar video yang kamu upload tidak buram dan berkualitas HD.

Konten yang Konsisten

Jika kamu ingin serius menjadi kreator di Tiktok, maka sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu konten apa yang ingin kamu tampilkan di akun kamu.

Akun Tiktok dengan konsep konten yang konsisten biasanya lebih disukai oleh algoritma Tiktok daripada akun tanpa konsep.

Apabila akunmu dikenal dengan konten tutorial, maka teruslah membuat konten seperti itu. Jangan keluar konsep itu atau mencampur aduknya dengan konten lain. Algoritma Tiktok akan dengan mudah membaca kontenmu dan menampilkannya kepada pengguna Tiktok yang menyukai konten tutorial.

Baca juga: 7 Cara Jadi Seleb TikTok Untuk Pemula 2022

Caption dan Hashtag yang menarik

Penggunaan caption dan hashtag pada video juga bisa menjadi cara agar video Tiktok muncul di beranda Tiktok orang lain.

Buatlah caption dan hashtag yang bisa membuat orang penasaran dengan keseluruhan isi videomu. Kamu juga bisa membuat caption yang mengumpan orang untuk berkomentar. Misalnya caption berupa pertanyaan atau pernyataan yang kontroversial.

Hashtag yang memiliki jumlah penayangan yang tinggi juga bisa membantu videomu untuk naik di FYP. Pilihlah hashtag yang banyak dicari di kolom search Tiktok, tapi harus tetap relevan dengan konten dalam videomu. Ini adalah cara agar video Tiktok muncul di beranda FYP.

First Impression adalah Kunci

Usahakan untuk memberi kesan di 3 detik pertama videomu. Ini adalah salah satu kunci agar penonton tidak melewatkan atau swipe up videomu saat muncul di beranda mereka.

Pahamilah bahwa semakin lama videomu ditonton maka akan semakin besar peluang videomu direkomendasi oleh Tiktok. Jadi, kalau videomu tidak menarik di 3 detik pertama, maka penonton akan langsung melewatkan videomu sehingga akan memperkecil peluang untuk FYP.

Baca juga: Cara Beli Koin Tiktok Murah Pakai Pulsa Tahun 2022

Singkat dan Informatif

Konten dengan durasi 30 detik hingga 1 menit lebih banyak diminati oleh pengguna Tiktok.

Pada dasarnya, aplikasi Tiktok memang tempatnya konten berdurasi pendek. Durasi terpanjang di Tiktok saat ini adalah 10 menit. Konten dengan durasi panjang hingga 10 menit biasanya adalah video dengan konten berita atau story telling.

Usahakanlah membuat konten singkat dan berisi. Konten dengan durasi singkat akan mendapat lebih banyak engagement dari penonton. Kamu boleh coba trik ini sebagai cara agar video Tiktok muncul di beranda

 Video dengan Orientasi Portrait

Salah satu cara agar video Tiktok muncul di beranda adalah dengan membuat video portrait atau vertikal.

Aplikasi Tiktok memang didesain untuk tampilan video portrait atau vertikal. Berbeda dengan Youtube yang bisa diatur antara portrait atau landscape, Tiktok tidak memberi pilihan itu.

Baca juga: Cara Jadi Creator Capcut 2022, Ubah Hobi Menjadi Cuan

Video dengan Subtitle

Video Tiktok dengan subtitle

Pencantuman subtitle bisa mempengaruhi ketertarikan penonton untuk menonton videomu sampai selesai.

Apabila konten videomu adalah konten berbicara seperti podcast atau story telling, sebaiknya kamu menyertakan subtitle yang mudah dibaca oleh penonton sebagai salah satu cara agar video Tiktok muncul di beranda.

Fitur Posting Ulang

cara agar video Tiktok muncul di beranda
Membuat konten yang berpeluang untuk di share banyak orang adalah salah satu cara agar video Tiktok muncul di beranda

Banyak kreator atau pengguna Tiktok yang belum memahami manfaat fitur posting ulang di Tiktok.

Fitur Posting Ulang adalah fitur terbaru di Tiktok yang memungkinkan penonton membagikan videomu kepada pengikut mereka. Jadi, apabila penonton menekan posting ulang pada videomu, maka videomu akan muncul di beranda pengikutnya.

Coba bayangkan jika videomu diposting ulang oleh akun dengan jumlah pengikut yang besar. Tentunya videomu akan semakin banyak ditonton oleh pengguna Tiktok.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2022 : Pakai Jadwal Ini Peluang FYP Makin Besar

Penutup

Demikianlah beberapa tips atau cara agar video Tiktok muncul di beranda orang lain. Kamu bisa melakukan percobaan dengan beberapa cara diatas. Temukan formula yang tepat yang bisa menaikkan penonton dan followers kamu.

Selain itu tetaplah konsisten dalam membuat konten. Selamat mencoba.

 

 

Back to top button