Tutorial

12 Cara Cek Resi JNE dengan Nama dan Alamat Penerima

Saat ingin melacak paket, maka Anda bisa mencoba cara cek resi JNE dengan nama dan alamat. Tentu saja sangat mudah untuk mengecek nya hanya dengan beberapa langkah saja. Nomor resi sendiri dapat diminta dari pihak penjual atau agen JNE saat mengirimkan paket nya.

Cara Cek Resi JNE dengan Nama dan Alamat

Cara Cek Resi JNE dengan Nama dan Alamat
Cara Cek Resi JNE dengan Nama dan Alamat

Sebelum mengecek resi menggunakan nama maupun alamat, pahami bahwa sebenarnya cek resi JNE hanya dapat dilakukan dengan memasukkan nomor resi. Hal ini berarti cara cek resi JNE dengan nama dan alamat tersebut tidak dapat dilakukan.

Pasalnya, baik nama maupun alamat bukanlah kode unik yang dapat digunakan untuk melacak barang. Dengan begitu, Anda tetap memerlukan nomor resi yang berupa kode unik atau deretan gabungan angka dan huruf. Tentu saja lebih mudah untuk melacak lokasi barang yang dikirim.

Terlebih pihak JNE sendiri akan memberikan nomor resi tersebut yang juga terdapat dalam barcode sehingga pengguna bisa memindai nya dengan mudah. Untuk nama dan alamat sendiri akan diketahui setelah Anda memasukkan nomor resi lalu mengecek nya.

Cara Cek Resi JNE yang Benar

Cara cek resi JNE dengan nama dan alamat memang tidak dapat Anda lakukan. Untuk mengecek resi nya maka Anda perlu memasukkan nomor resi yang terdiri dari 12 sampai dengan 13 digit sehingga jangan sampai salah. Terdapat beberapa cara cek resi JNE dengan nama dan alamat seperti berikut:

  • Melalui Aplikasi My JNE

    Melalui Aplikasi My JNE
    Melalui Aplikasi My JNE

Anda dapat mengecek resi JNE dengan memanfaatkan aplikasi My JNE. Tentu aplikasi tersebut dapat pengguna unduh terlebih dahulu baik di App Store maupun Play Store. Jika masih belum mengetahui cara mengeceknya, maka simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi My JNE
  2. Setelah itu, buka aplikasi tersebut
  3. Lakukan login dengan akun
  4. Jika belum memilikinya, pilih menu Login as Guest
  5. Kemudian masuk ke menu Tracking
  6. Masukkan nomor resi Anda
  7. Langsung lacak resi nya
  8. Selesai
  •  Melalui Situs Resmi JNE

     Melalui Situs Resmi JNE
    Melalui Situs Resmi JNE

Anda memang tidak dapat menerapkan cara cek resi JNE dengan nama dan alamat. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena bisa melakukan cara cek resi lainnya agar berhasil dilakukan. Salah satunya yaitu melalui situs resmi jasa pengiriman tersebut seperti berikut:

  1. Masuk ke aplikasi browser
  2. Kunjungi situs resmi JNE di jne.co.id
  3. Setelah itu masuk ke kolom Lacak Pengiriman
  4. Mulai masukkan nomor resi dengan benar
  5. Selanjutnya tekan menu Tracking
  6. Pastikan mengisi captcha terlebih dahulu
  7. Klik Enter
  8. Dapatkan hasil pencarian nya
  9. Akan ada informasi mengenai paket yang dikirim
  10. Selesai
Baca Juga :  Cara Agar Tidak Terlihat Online di Instagram Terbaru 2024

Baca Juga: Harga Tiket dan Jadwal Kapal Samarinda Pare Pare 

  • Melalui Customer Service JNE

    Melalui Customer Service JNE
    Melalui Customer Service JNE

Cara lain yang bisa Anda lakukan selain cara cek resi JNE dengan nama dan alamat adalah melalui customer service JNE. Terlebih pihak JNE juga menyediakan layanan panggilan telepon bagi para pelanggan yang ingin mengecek resi. Caranya pun sangat mudah.

Yaitu dengan menghubungi nomor teleponnya saja yaitu (021) 2927 8888. Akan tetapi, ketahui dahulu bahwa layanan panggilan tersebut berbayar. Oleh sebab itu, sebelum memanggilnya usahakan untuk menyiapkan pulsa yang cukup terlebih dahulu.

  • Melalui Situs cekresi.com

    Melalui Situs cekresi.com
    Melalui Situs cekresi.com

Anda juga dapat menerapkan cara lainnya yaitu dengan memanfaatkan situs cekresi.com. Tentu tidak hanya dapat mengecek resi JNE saja akan tetapi juga jasa pengiriman lainnya. Agar lebih jelas, langsung saja ketahui beberapa cara cek resi JNE selengkapnya di bawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi browser
  2. Kemudian akses situs berikut cekresi.com
  3. Setelah itu, masukkan nomor resi JNE dengan benar ke kolom
  4. Tekan menu Cek Resi
  5. Pilih ekspedisi JNE terlebih dahulu
  6. Tunggu sampai proses pengecekan selesai
  • Melalui Situs cekidot.id

Meski tidak dapat menerapkan cara cek resi JNE dengan nama dan alamat, akan tetapi masih ada banyak cara lainnya yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu mengecek resi JNE menggunakan situs cekidot.id. Langkah-langkahnya pun sangat mudah seperti di bawah ini:

  1. Buka aplikasi browser
  2. Kunjungi halaman berikut https://www.cekidot.id/cek-resi/jne
  3. Siapkan nomor resi yang ingin dilacak
  4. Masukkan nomor resinya pada kolom
  5. Tekan Cek Resi
  6. Hasil pelacakan resi akan segera muncul
  7. Selesai
  • Melalui Situs cekresi.app

Anda juga dapat menerapkan cara lainnya yaitu cek resi di situs cekresi.app. Tentu saja, layanan pengecekan resi online ini dapat digunakan untuk semua jenis paket JNE baik itu JNE OKE, YES, dan REG. Simak beberapa langkah mengeceknya berikut:

  1. Jalankan aplikasi browser
  2. Kunjungi situs https://cekresi.app/cek-resi-jne
  3. Masuk ke kolom pencarian
  4. Ketik nomor resinya di kolom
  5. Tekan menu Track
  6. Selesai
  • Melalui Situs Biteship

Masih ada banyak situs lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk cek resi JNE. Dengan begitu, tidak perlu khawatir saat cara cek resi JNE dengan nama dan alamat tidak dapat dilakukan. Terapkan saja beberapa langkah mengeceknya di bawah ini:

  1. Kunjungi situs Biteship
  2. Yaitu pada halaman berikut https://biteship.com/id/cek-resi/jne
  3. Tunggu sampai halaman utama terbuka
  4. Langsung input nomor resi Anda
  5. Tekan menu Cek Resi
  6. Status pengiriman dan keterangan paket akan terlihat
  7. Selesai
  • Melalui Situs berdu.id

Manfaatkan juga cara cek resi lainnya dengan menggunakan situs berdu.id. Tentu langkah-langkah pengecekannya dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Jika masih belum jelas, langsung saja simak cara selengkapnya di bawah ini:

  1. Masuk ke situs https://berdu.id/cek-resi-jne
  2. Setelah itu, langsung isi nomor resinya
  3. Tekan menu Cek Resi
  4. Tunggu sampai hasil pengecekannya muncul
  5. Berhasil
  • Melalui Aplikasi RajaOngkir

Agar lebih praktis, Anda juga bisa menerapkan cara cek resi lewat aplikasi RajaOngkir yang sudah tersedia secara gratis di Play Store. Dengan begitu, jangan khawatir walaupun cara cek resi JNE dengan nama dan alamat tidak bisa dilakukan. Simak beberapa cara mengeceknya di bawah ini:

  1. Unduh aplikasi RajaOngkir terlebih dahulu
  2. Buka aplikasinya
  3. Kemudian pilih menu Lacak Paket
  4. Setelah itu, tekan ikon +
  5. Jika sudah ketik nomor resinya dengan tepat
  6. Pilih dahulu jenis ekspedisi nya menjadi JNE
  7. Tekan menu OK
  8. Tunggu sampai hasilnya terlihat
  9. Selesai
  • Melalui Situs shipper.id

Merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan cek ekspedisi pengiriman termasuk JNE. Tentu siapa saja dapat menggunakannya untuk melacak paket menggunakan nomor resi. Langkah-langkahnya pun sangat praktis dengan beberapa panduan seperti berikut:

  1. Buka browser Anda di ponsel
  2. Kemudian kunjungi situs http://shipper.id/tracking
  3. Setelah itu, masuk ke kolom cek resi
  4. Masukkan nomor resi Anda
  5. Langsung tekan menu Lacak Paket
  6. Tunggu hingga hasil pelacakan nya keluar
  7. Selesai
  •  Melalui Situs parcelsapp.com

Tidak perlu pusing walaupun cara cek resi JNE dengan nama dan alamat tidak dapat dilakukan. Anda bisa mengecek resi lewat situs lain hanya memerlukan waktu hitungan detik saja. Oleh karena itu, langsung saja cek cara selengkapnya berikut:

  1. Kunjungi situs http://parcelsapp.com/id/carriers/jne
  2. Setelah itu, masuk ke bagian kolom
  3. Masukkan nomor resinya
  4. Tekan ikon lacak atau cari
  5. Dapatkan hasilnya
  6. Selesai
  • Melalui Situs pluginongkoskirim.com

Situs lainnya yang juga dapat Anda pakai untuk mengecek resi JNE adalah pluginongkoskirim.com. Tentu bisa jadi alternatif lainnya apabila ingin melacak dan mengetahui kondisi paket yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Di bawah ini beberapa panduan nya:

  1. Masuk ke situs https://pluginongkoskirim.com/cek-resi-jne/
  2. Ketik nomor resi di kolom yang ada
  3. Tekan menu Lacak
  4. Tunggu proses pelacakan sampai berhasil
Baca Juga :  8 Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen

Berbagai Manfaat Saat Anda Mengecek Resi JNE

Walaupun Anda tidak dapat menerapkan cara cek resi JNE dengan nama dan alamat, akan tetapi tetap bisa mengeceknya dengan nomor resi melalui beberapa cara seperti di atas. Tentu ada banyak manfaat saat mengecek resi tersebut. Di bawah ini beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan Kepercayaan Customer

Dengan adanya layanan cek resi, maka sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan para pelanggan. Terutama mereka yang sudah menggunakan layanan pengiriman dari JNE. Pasalnya, pelanggan akan lebih mudah apabila mereka ingin mengecek dan memantau barang.

Hal ini berarti, walaupun Anda tidak bisa menerapkan cara cek resi JNE dengan nama dan alamat, akan tetapi pengecekan resi bisa dilakukan dengan nomor resi. Dengan begitu, mereka juga bisa mengetahui banyak informasi tentang paket melalui cek resi tersebut.

2. Mengetahui Kepastian Paket Sudah Dikirim atau Belum

Manfaat pertama saat Anda mengecek resi dari JNE adalah dapat mengetahui apakah paket tersebut sudah dilakukan pengiriman atau belum. Terlebih jika sebagai seorang pembeli tentu ingin segera memastikan bahwa paket tersebut sudah terkirim.

Oleh sebab itu, Anda dapat mengeceknya menggunakan nomor resi. Nomor resi ini sendiri dapat diperoleh dari penjual atau bahkan agen JNE tempat mengirimkan paket tersebut. Dengan begitu, seseorang akan lebih tenang saat mengetahui paket nya sudah dilakukan pengiriman oleh kurir.

3. Melacak Posisi Paket

Anda juga dapat memanfaatkan resi untuk melacak posisi paket. Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan nomor resi yang sudah diperoleh agar tidak hilang. Pasalnya, sangat penting menggunakannya untuk mengetahui dimana kah posisi paket tersebut sudah terkirim.

Terlebih cara cek resi JNE dengan nama dan alamat tidak bisa Anda lakukan. Proses pengecekan ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan nomor resi. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk melakukan tracking resi secara online mengenai lokasi barangnya.

Baca Juga :  Cara Agar Tidak Terlihat Online di Instagram Terbaru 2024

4. Mengecek Kondisi Barang

Ada banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa cek resi juga memiliki manfaat lainnya. Salah satunya yaitu dapat mengecek kondisi barang yang sudah dikirimkan sebelumnya. Pasalnya, terkadang terdapat kesalahan pengiriman atau kerusakan barang.

Untuk mengetahui kondisi barang tersebut masih dalam keadaan baik-baik saja atau tidak, maka pastikan Anda memanfaatkan nomor resi untuk mengeceknya. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam menyimpan nomor resi. Agar tidak mudah hilang saat ingin mengeceknya.

5. Memantau Kapan Barang Akan Sampai

Resi yang Anda terima juga dapat digunakan untuk memantau kapan barang tersebut akan diterima. Terlebih, saat mengecek resi pastinya akan ada banyak informasi dan keterangan diperoleh. Tentunya, bisa dengan mudah mengetahui posisi barang tersebut.

Apakah sudah sampai ke alamat yang dituju atau belum sehingga bisa memperkirakan kapan paket tersebut akan sampai ke lokasi tujuannya. Terlebih proses pengecekan resi juga sangat mudah dilakukan secara online. Anda juga bisa mengeceknya secara gratis melalui beberapa cara di atas.

Cara Kirim Paket Lewat JNE Deskripsi
Persiapkan paket Siapkan paket yang akan anda kirim. Pastikan paket tersebut sudah tertutup rapat dan aman
Ukur dan timbang Ukur dan timbang paket anda. Ini akan membantu anda menentukan biaya pengiriman yang sesuai
Cari kantor JNE Temukan kantor JNE terdekat atau agen resmi JNE di wilayah anda. Anda bisa mencarinya secara online
Datang ke kantor JNE Kunjungi kantor JNE yang anda pilih. Bawa paket anda dan siapkan dokumen yang mungkin dibutuhkan
Isi formulir pengiriman Isi formulir pengiriman dengan informasi yang diperlukan seperti alamat pengirim, alamat penerima dan lain-lain
Tentukan layanan Pilih layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan anda seperti regular atau express. Tentukan juga asuransi jika diperlukan
Bayar biaya pengiriman Bayar biaya pengiriman sesuai dengan layanan yang anda pilih. Anda akan diberikan bukti pembayaran
Terima bukti pengiriman Terima bukti pengiriman yang mencakup nomor resi pengiriman. Ini akan digunakan untuk pelacakan paket
Pantau status pengiriman Gunakan nomor resi untuk memantau status pengiriman paket anda secara online. Anda bisa melacaknya di situs web JNE.
Penerima terima paket Ketika paket telah tiba di alamat tujuan, penerima akan menerima paket dan menandatangani bukti penerimaan
Cara Cek Resi JNE dengan Nama dan Alamat Penerima Paling Cepat
Cara Cek Resi JNE dengan Nama dan Alamat Penerima Paling Cepat

Sekarang Anda sudah memahami bahwa cara cek resi JNE dengan nama dan alamat tidak dapat dilakukan. Pastikan menerapkan cara cek resi yang benar seperti pada langkah-langkah di atas. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memantau dan melacak keberadaan paket tersebut.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button