Tutorial

Lengkapi Syaratnya! Berikut 10 Cara Daftar Agen Shopee Express

Cara daftar agen Shopee Express bisa dengan mudah kalian akses dan ikuti secara online melalui smartphone yang kalian miliki. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu agen Express Shopee, simak artikel ini sampai tuntas ya!

Cara Daftar Agen Shopee Express

Cara Daftar Agen Shopee Express
Cara Daftar Agen Shopee Express

Shopee menjadi salah satu platform marketplace terbesar di negara Indonesia. Sebagai platform marketplace yang terkenal, Shopee ternyata juga menyediakan peluang untuk berbisnis bagi masyarakat yang memiliki keinginan dan kesungguhan untuk menjadi mitranya.

Agen Shopee Express merupakan seorang penjual Shopee yang sudah dipilih dari tim Shopee Express untuk dijadikan sebagai tempat drop off bagi para penjual untuk menjual paketnya.

Lalu apakah agen Shopee Express ini sama dengan Shopee Express Point? Jawabannya adalah berbeda, karena Shopee Express merupakan sebuah lokasi yang bisa digunakan untuk para penjual untuk men-drop off paket mereka atau sebagai tempat untuk mengambil barang oleh pembeli.

Sebelum beranjak ke pembahasan mengenai bagaimana cara daftar agen Shopee Express, sebelumnya kalian harus mengetahui informasi mengenai Agen SPX Express terlebih dahulu.

Baca Juga: 5+ Ciri Ciri WA Dibisukan Notifikasi Oleh Orang Lain Paling Akurat

Agen SPX Express adalah sebuah mitra yang bisa dikelola secara individual guna mengelola pesanan dalam bentuk jasa kirim SPX Express.

Agen SPX Express akan menyediakan 2 jenis layanan ketika kalian hendak mengetahui cara daftar agen Shopee Express, yaitu:

  • Layanan Ambil Sendiri

Layanan ambil sendiri merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Agen Shopee Express dengan cara pembeli dapat mengambil sendiri paket nya secara langsung di kantor Agen Shopee Express yang sebelumnya sudah dipilih ketika melakukan check out.

Layanan ini bisa memberikan kalian keuntungan berupa komisi pada setiap paket yang diambil oleh para pembeli sebagai pemilih dari Agen SPX Express. Jadi, sistemnya adalah si Agen ini nantinya akan menjadi tempat penerimaan dan pengambilan paket.

Keuntungan ini akan sangat bermanfaat jika ditinjau dari segi modal, karena jika menggunakan konsumen menggunakan layanan ini artinya kalian akan mendapatkan keuntungan tanpa adanya modal terlebih dahulu.

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Kode Voucher Axis Yang Rusak Dengan Serial Number

Untuk prosesnya, pembeli akan mendapatkan PIN yang sudah dikirimkan di akun Shopee ketika paket sudah diterima oleh pihak Agen SPX Express.

Selain itu, pembeli juga akan mendapatkan notifikasi untuk mengambil paket di hari lain entah di hari kedua atau keempat setelah paket sudah diterima oleh pihak Agen Shopee Express.

Namun, ketika pembeli tak kunjung mengambil paket dalam kurun waktu 5 hari terhitung sejak paket sampai di Agen Shopee Express, maka paket akan dikembalikan kepada pihak penjual.

Lalu bagaimana dengan pembayarannya? Sistem pembayarannya akan diproses oleh pihak aplikasi Shopee dengan pengembalian dana sepenuhnya kepada pihak pembeli secara otomatis. Jadi, uang pembayaran bisa kembali ketika barang tidak diambil.

  • Layanan Drop Off

Layanan Drop Off merupakan salah satu layanan yang juga disediakan oleh Agen SPX Express dengan sistem dimana penjual mengantarkan paket ke pihak counter Agen Shopee Express. Jadi, pihak penjual akan mengantarkan paket nya langsung sebagai pesanan.

Nah, layanan ini bisa diakses dengan menggunakan 4 tipe layanan. Pertama adalah SPX Standard, kedua adalah SPX Hemat, ketiga adalah SPX sameday, dan keempat adalah SPX instant.

Keempat layanan ini dihadirkan untuk kalian semua agar dapat memberikan pengalaman pelayanan terbaik dalam pengiriman barang dari aplikasi Shopee. Akan tetapi, agen Shopee hanya bisa menerima 2 layanan saja yaitu Standard dan Hemat.

Kriteria Cara Daftar Agen Shopee Express

Kriteria Cara Daftar Agen Shopee Express
Kriteria Cara Daftar Agen Shopee Express

Bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar sebagai agen Shopee Express, maka kalian harus memenuhi beberapa kriteria di bawah ini:

  • Hanya seorang pengguna terpilih saja yang bisa menjadi seorang Agen Shopee Express.
  • Memiliki jaringan internet yang stabil
  • Memiliki barang operasional seperti PC atau laptop guna mempermudah dalam operasional.
  • Memiliki lokasi untuk menyimpan paket di dalam ruangan sehingga aman dari hujan maupun terik matahari yang bisa merusak paket.
  • Memiliki lokasi ruangan minimal 3 x 4 m atau minimal memiliki luas 12 meter persegi.
  • Lokasi bisa diakses dengan mudah oleh motor ataupun mobil.
  • Pemilik agen sangat diperbolehkan untuk memasang spanduk.
  • Spanduk atau banner nanti akan diberikan oleh Tim Shopee setelah masa pendaftaran dan pelatihan selesai. Pihak agen harus memasangnya dengan mandiri.
  • Apabila kalian tidak memenuhi semua kriteria yang sudah disebutkan di atas, maka kalian tidak akan bisa melanjutkan ke proses pendaftaran.

Adanya kriteria ini bertujuan untuk menghindari adanya penipuan dan kerugian bagi semua pihak. Jadi tidak heran jika Tim Shopee sangat selektif dalam memilih mitra-mitra nya termasuk Agen Shopee Express ini.

Apabila kalian merasa sudah memenuhi semua kriteria nya, maka langsung saja daftarkan diri. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai bagaimana cara daftar Agen Shopee Express.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Total Belanja Di Shopee Dengan Mudah Dan Praktis!

Bagaimana Cara Daftar Agen Shopee Express?

Cara Daftar Agen Shopee Express
Cara Daftar Agen Shopee Express

For your information, kebijakan untuk saat ini, hanya para penjual shopee terpilih saja yang bisa menjadi agen dari Shopee Express saja. Lalu, Bagaimana cara daftar agen Shopee Express?

Caranya sangatlah gampang karena hanya dengan cara mengisi formulir. Kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya yang sudah tertera di aplikasi Shopee:

  1. Khusus teruntuk para pengguna Shopee yang sebelumnya sudah mendapatkan penawaran langsung untuk bergabung menjadi agen, maka kalian akan secara otomatis menerima link atau tautan dari aplikasi Shopee untuk segera pergi ke halaman pendaftaran.
  2. Selanjutnya pilih menu “Gabung Sekarang”
  3. Setelah itu kalian akan disajikan formulir untuk segera diisi seperti nama pemilih, ID KTP, nama outlet milik kalian, nomor WhatsApp, alamat email, alamat lengkap outlet (titik lokasi di Google Maps), jam operasional, hari operasional, informasi pembayaran, jenis outlet, dan luas ruangan penyimpangan (panjang dan lebar).
  4. Langkah keempat dalam mengunggah foto KTP, swafoto dengan memegang KTP, dan foto outlet dari dalam maupun luar.
  5. Setelah itu dari pihak tim Shopee akan melakukan pengecekan dan peninjauan atas data serta dokumen yang sudah kalian kirimkan.
  6. Apabila sudah ditinjau, maka kalian akan mendapatkan notifikasi melalui WhatsApp dari tim Shopee. Di pesan itu kalian akan bisa melihat apakah pengajuan yang sudah kalian lakukan diterima atau ditolak.
  7. Apabila dari tim Shopee menyetujuinya, maka kalian akan langsung menandatangani perjanjian kerjasama.
  8. Nah setelah mengisi perjanjian kerjasama, selanjutnya kalian akan diarahkan untuk mengikuti pelatihan online untuk menjadi seorang Agen Shopee Express dari Tim Shopee.
  9. Setelah kalian mengikuti pelatihan maka dari Tim Shopee akan mengirim banner sebagai media promosi dengan nama outlet yang sebelumnya sudah di input melalui formulir pendaftaran.
  10. Setelah semua proses registrasi dan pelatihan sudah selesai kalian lakukan, maka kalian bisa mulai beroperasi sesuai dengan jam operasional agen kalian.

Biaya Pendaftaran Agen Shopee

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cara daftar agen Shopee Express itu sangat mudah dan gratis. Akan tetapi kalian memerlukan barang operasional lainnya untuk menunjang usaha kalian agar lebih berkualitas dan berjalan dengan efektif, seperti:

Nama Barang Harga
PC untuk administrasi operasional Rp. 1.500.000,-
Printer Rp. 600.000,-
Internet setiap bulan Rp. 275.000,-
Banner ukuran 200 x 50 cm Rp. 25.000,-
Biaya lain-lain Rp. 100.000,-
Total Rp. 2.500.000,-

Benefit Menjadi Pemilik Agen Shopee Express

Apabila kalian sudah mengetahui bagaimana cara daftar agen Shopee Express, maka kalian akan mendapatkan banyak sekali benefit seperti:

  • Membuka usaha agen tanpa membutuhkan modal.
  • Sistem nya sudah sangat bagus yang bisa dibuktikan melalui terintegrasi nya dengan marketplace di Shopee.
  • Layanan untuk para pelanggan sangat responsif sehingga permasalahan agen akan dapat ditangani dengan cepat dan tepat.
  • Bisa mendapatkan keuntungan berupa komisi secara langsung ketika ada paket yang sudah masuk status diterima.
  • Cara daftar agen Shopee Express pun sangat mudah dan cepat karena bisa dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu.
  • Sistem operasional nya sangat mudah
  • Usaha agen ini bisa digabungkan dengan usaha dari agen ekspedisi yang lainnya.
Baca Juga :  12 Alasan Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet

Berapa Komisi Agen Shopee Express?

Komisi Agen Shopee Express
Komisi Agen Shopee Express

Selain cara daftar agen Shopee Express yang mudah, di sini kalian juga bisa mendapatkan komisi. Nah, setiap agen akan mendapatkan komisi bernama “flat” sebesar Rp. 500,- untuk setiap paket yang sudah diterima baik itu paket yang diambil oleh pelanggan maupun paket yang dikirimkan.

Komisi ini akan secara langsung dihitung dalam sistem dan langsung dikirim melalui nomor rekening yang sebelumnya sudah didaftarkan sebelumnya. Berikut simulasi perhitungan komisi ketika kalian mendapatkan 25 paket perhati dalam kurun waktu 30 hari operasional: 25 x 30 x 500 = Rp. 375.000,-.

Jadi, sebenarnya tolok ukur sedikit banyaknya pendapatan kalian akan bergantung pada jumlah paket yang dikirim atau diterima. Memang terlihat tidak terlalu menjanjikan karena jumlah pendapatan tergantung dari jumlah paket.

Akan tetapi jika kalian memilih lokasi agen yang di daerah tersebut ada banyak sekali seller Shopee nya, maka akan ada banyak yang menggunakan jasa agen kalian.

Jadi, transaksi akan semakin tinggi dan pendapatan kalian juga akan semakin tinggi juga. Untuk menambah penghasilan, kalian juga bisa membuka jasa agen yang lainnya karena sekali lagi pihak agen Shopee tidak akan membatasinya. .

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Agen Shopee Express?

Bagi kalian para penjual yang hendak mengirimkan paket, kalian bisa menggunakan jasa dari agen Shopee Express ini dengan cara:

  1. Buka link https://spx.co.id/service-point/around yang bisa langsung kalian akses di PC, laptop, maupun smartphone.
  2. Setelah itu isi alamat domisili daerah kalian di kolom ‘Please Input Address’.
  3. Lalu akan secara otomatis muncul beberapa lokasi dari Agen Shopee Express terdekat dengan menggunakan tag Shopee Xpress Point Partner.
  4. Setelah kalian selesai mengakses halaman tersebut, maka kalian akan bisa secara jelas melihat dimana informasi alamatnya, jam operasional, nomor telepon, jasa layanan, hingga berapa jarak perkiraan yang akan kalian tempuh dari rumah kalian.
Cara Daftar Agen Shopee Express
Cara Daftar Agen Shopee Express

Cara Daftar Agen Shopee Express sudah dijelaskan dengan gamblang dan jelas pada artikel ini. Tidak hanya cara daftar agen Shopee Express saja, namun di dalamnya juga menjelaskan mengenai kriteria, biaya, benefit, komisi hingga bagaimana cara menemukan lokasi Agen Shopee Express yang paling dekat dengan alamat rumah.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button