Tutorial

10 Cara Hapus Riwayat Pesanan Shopee Paling Mudah

Riwayat pesanan di Shopee terkadang berguna untuk memudahkan kamu yang ingin melakukan repeat order. Namun, terkadang riwayat pesanan yang terlalu banyak cukup menganggu, sehingga membuat kamu ingin segera menghapusnya. Lantas, bagaimana cara hapus riwayat pesanan Shopee yang bisa dilakukan?

Sebenarnya, menghapus riwayat pesanan Shopee tidak bisa kamu lakukan secara otomatis. Hal ini dikarenakan belum tersedianya fitur hapus riwayat pesanan pada aplikasi Shopee sendiri.

Cara hapus riawayat pesanan shopee
Cara hapus riawayat pesanan shopee

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghapus riwayat pesanan pada aplikasi Shopee melalui langkah-langkah yang sudah disediakan di bawah ini.

Mengenal Aplikasi Shopee Secara Singkat

IMG_256

Shopee merupakan aplikasi yang bergerak pada bidang jual beli online dan bisa kamu akses dengan mudah melalui HP. Kamu cukup membuka aplikasi yang sudah terpasang pada HP, lalu mulai mencari barang ingin dibeli.

Tetapi, jika ingin membuka Shopee melalui perangkat komputer atau laptop, kamu dapat membukanya dalam versi website. Untuk segi penampilan dan cara ordernya pun tetap sama, yang berbeda hanya versi dari perangkat yang digunakan saja.

E-commerce Shopee telah hadir di Indonesia pada akhir Mei 2015 dan beroperasi sejak Juni 2015. Shopee sendiri merupakan anak dari perusahaan yang ada di Singapura. Berkat kemajuan zaman dan penggunaan gadget yang kian meningkat, banyak orang yang mulai aktif mengakses aplikasi Shopee dan memesan barang secara online dengan mudah.

Kini, tak hanya di Indonesia, Shopee sudah menyebar ke berbagai negara kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, Singapura, hingga Filiphina.

Aplikasi Shopee tak hanya memudahkan pembeli yang ingin berbelanja dari rumah secara online. Tetapi, aplikasi ini bisa memudahkan para penjual untuk memasarkan produk dagangan mereka. Selain itu, proses pembayaran juga terbilang aman, sehingga para pembeli maupun penjual merasa nyaman untuk bertransaksi di Shopee.

Dalam aplikasi jual beli online ini, kamu dapat menemukan berbagai macam produk yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Adapun produk yang bisa kamu temukan pada aplikasi Shopee berdasarkan kategorinya adalah sebagai berikut.

Kategori Produk Shopee Yang Bisa Dibeli:

  • Pakaian Wanita
  • Pakaian Pria
  • Handphone dan Aksesoris
  • Kecantikan
  • Komputer dan Aksesoris
  • Perlengkapan Rumah Tangga
  • Fashion Bayi dan Anak
  • Ibu dan Bayi
  • Sepatu Pria
  • Tas Pria
  • Tas Wanita
  • Jam Tangan
  • Elektronik
  • Fashion Muslim
  • Kesehatan
  • Hobi dan Koleksi
  • Makanan dan Minuman
  • Fotografi
  • Otomotif
  • Pulsa
  • Souvenir dan Pesta, serta masih banyak lagi.

Intinya, semua produk kebutuhan sehari-hari bisa kamu temukan dalam aplikasi atau marketplace Shopee tersebut. Jadi, kamu tidak perlu mencarinya di luar, cukup dengan scroll, masukkan produk keranjang, lalu checkout dan tunggu sampai produk dikirimkan ke alamat masing-masing.

Keunggulan Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee memiliki banyak sekali keunggulan yang bisa dirasakan oleh para penggunanya, yaitu:

  • Dapat menjual barang dengan cepat hanya dalam waktu kurang lebih 30 detik saja.
  • Penjual akan lebih mudah dalam memasarkan produk dagangan dengan fitur foto yang telah tersedia. Bahkan, penjual dapat mengunggah foto produk hingga sembilan foto. Sehingga, pembeli dapat melihat dengan jeli produk yang dijual oleh penjual tersebut.
  • Terdapat fitur pemberitahuan terkait sistem pembayaran sampai penyelesaian transaksi. Sehingga, penjual dapat mengecek dengan mudah transaksi jual beli yang dilakukan.
  • Memberikan kemudahan saat memilih produk, seperti variasi motif, warna hingga ukuran produk.
  • Terdapat layanan gratis ongkos kirim serta promo menarik lainnya.
  • Dapat membayar tagihan listrik dan tagihan lainnya dengan mudah melalui Shopee.
  • Adanya fitur Live Chat yang akan memudahkan pembeli untuk berbicara langsung dengan penjual supaya proses negosiasi dapat terselesaikan dengan cepat.
  • Adanya fitur tawar menawar yang memungkinkan pembeli untuk bisa menawar harga produk.
  • Terdapat fitur berbagi yang memungkinkan kamu untuk membagikan produk Shopee ke WhatsApp, Line, Twitter, Instagram sampai Facebook.

Selain beberapa keunggulan di atas, masih banyak keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan. Pasalnya, aplikasi Shopee terus melakukan update supaya para pengguna dapat semakin nyaman saat menggunakan aplikasi. Sehingga, mereka menjadi betah berbelanja di Shopee setiap kali ada kebutuhan yang mesti segera dibeli.

Fitur Aplikasi Shopee Belum Tersedia Hapus Riwayat Pesanan

Seperti yang Anda ketahui bahwa aplikasi Shopee sangat terkenal dan banyak memiliki pengguna dari Indonesia. Tampilannya yang sederhana dengan beragam fitur menarik membuat siapa saja yang baru pertama kali menggunakan Shopee akan langsung memahaminya dengan baik.

Nah, bagi kamu yang penasaran apakah aplikasi Shopee memiliki fitur hapus riwayat pesanan atau tidak, maka bisa simak ulasannya berikut ini.

Fitur Gratis Ongkir

Fitur gratis ongkir bisa kamu dapatkan saat baru membuat akun Shopee baru. Selain itu, fitur ini hadir untuk para pengguna lama dengan minimal belanja tertentu. Adapun minimal belanja untuk mendapatkan fitur ini adalah minimal Rp30.000 untuk semua jenis kategori produk.

Menariknya, fitur gratis ongkos kirim Shopee pun bisa kamu temukan setiap bulan pada tanggal-tanggal tertentu. Umumnya, Shopee akan memberikan gratis ongkir setiap tanggal dengan bulan sama, seperti 7-7, 8-8, 9-9 dan seterusnya.

Namun, terkadang Shopee juga memberikan fitur ini pada tanggal 25 setiap bulannya. Sehingga, para pengguna pun sangat memburu fitur ini supaya dapat berbelanja dengan hemat.

Fitur COD

Fitur COD alias Cash On Demand merupakan suatu fitur yang bisa kamu gunakan untuk membayar belanjaan saata produk datang ke alamat tujuan. Fitur metode pembayaran ini cocok sekali untuk kamu yang malas transfer atau membayar ke Indomaret maupun Alfamart.

Jadi, ketika kurir Shopee datang membawa paket Shopee ke alamat tujuan, kamu bisa langsung membayarnya secara langsung saat itu. Nantinya, aplikasi Shopee akan mengonfirmasi pembayaran yang telah kamu berikan kepada kurir.

Dengan adanya fitur COD Shopee, kamu yang tidak memiliki rekening maupun saldo ShopeePay bisa tetap berbelanja dengan nyaman serta aman.

Cashback dan Voucher

Fitur cashback dan voucher bisa kamu gunakan untuk saat ingin berbelanja supaya bisa mendapatkan potongan harga. Cashback dalam aplikasi Shopee ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu cashback berupa Shopee Poin maupun ShopeePay.

Keduanya bisa kamu gunakan untuk memotong harga saat checkout belanjaan. Supaya bisa mendapatkan fitur ini, kamu hanya perlu melakukan klaim di menu Voucher yang berada di tampilan beranda.

Kemudian, ketika akan melakukan checkout produk belanjaan, kamu dapat memasukkan voucher yang sudah diklaim tersebut. Jadi, dipastikan nominal harga produk yang mesti dibayarkan pun menjadi berkurang dan membuatmu menjadi lebih hemat setiap berbelanja.

Shopee Games

Fitur Shopee Games merupakan salah satu fitur hiburan dari aplikasi Shopee yang bisa memberikan kamu banyak keuntungan.

Ada beragam macam game menarik yang bisa kamu mainkan, seperti Shopee Tanam, Shopee Potong, Shopee Link, Shopee Goyang Jari, Shopee Poli, Goyang Shopee, Shopee Lempar, hingga Shopee Candy.

Semua games yang dihadirkan dalam aplikasi Shopee ini sangat menghibur dan bisa kamu mainkan saat suntuk atau melepas lelah setelah seharian bekerja, namun apabila kamu mencari game populer yang biasa dimainkan seperti free fire dan higgs domino kamu tidak akan menemukannya di shopee tapi tenang kamu bisa menggunakan aplikasi top up free fire termurah yaitu mocipay ataupun mitra top up untuk top up game favorit kamu dengan harga termurah.

Tentunya, bermain games Shopee akan membuat kamu mendapatkan banyak poin atau meraih beragam voucher yang bisa digunakan saat berbelanja. Semua pengguna Shopee dapat memainkan games tersedia, sehingga bisa mengumpulkan poin maupun Saldo ShopeePay sebanyak-banyaknya.

Shopee Koin, ShopeePay dan Shopee PayLater

Fitur marketplace Shopee berikutnya adalah fitur Shopee Koin, ShopeePay dan Shopee PayLater. Ketiga fitur itu merupakan fitur terbaru yang dimiliki oleh aplikasi Shopee.

Shopee Koin bisa kamu dapatkan saat memiliki voucher cashback atau bermain games Shopee. Tentunya, koin tersebut dapat kamu gunakan ketika ingin membeli produk yang dijual dalam aplikasi Shopee sendiri.

Selanjutnya, fitur ShopeePay merupakan salah satu fitur terbaru yang memungkinkan kamu untuk menyimpan saldo yang digunakan untuk transaksi di Shopee.

Tentunya, kamu dapat mengisi saldo Shopee menggunakan berbagai cara, baik itu top up dari rekening bank maupun top up melalui merchant, seperti Alfamart dan Indomaret. Menariknya, ketika kamu upgrade ShopeePay menjadi ShopeePay Plus, maka saldo ShopeePay bisa kamu kirimkan ke rekening bank yang terdaftar, lho.

Sementara ShopeePayLater merupakan fitur terbaru yang hadir untuk kamu supaya dapat berbelanja, namun bayar di kemudian hari. Fitur ini sangat membantu para pengguna yang membutuhkan barang tertentu, tetapi masih jauh dari tanggal gajian. Jadi, mereka pun bisa menggunakan fitur ini dan membayarnya lagi di tanggal yang sudah ditentukan.

Fitur Penghapus Riwayat Pesanan Shopee

Banyak yang bertanya-tanya apakah fitur penghapus riwayat pesanan sudah ada di aplikasi Shopee atau tidak. Nyatanya, fitur ini masih belum dimiliki oleh aplikasi, sehingga kamu tidak bisa menghapus riwayat pesanan yang sudah dilakukan secara otomatis.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa digunakan untuk hapus riwayat pesanan Shopee dengan mudah. Jadi, Kamu bisa mencobanya dan membuktikan bahwa cara tersebut memang benar-benar ampuh untuk menghapus riwayat pesanan dari aplikasi Shopee.

Apakah Menghapus Riwayat Pesanan Aplikasi Shopee Bisa Dilakukan?

Sebenarnya, jika kamu mencari fitur khusus untuk menghapus riwayat pembelian di Shopee, maka kamu tidak akan menemukannya. Alhasil, kamu tidak bisa melakukan penghapusan riwayat pesanan secara otomatis.

Namun, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan riwayat pesanan Shopee tersebut. Cara yang dimaksud adalah menghapus data dan cache aplikasi di pengaturan HP, sehingga kamu harus login lagi dengan akun baru.

Untuk mengetahui bagaimana cara hapus riwayat pesanan Shopee secara praktis dan cepat, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Hapus Riwayat Pesanan Shopee Secara Praktis dan Mudah

IMG_256

Ada cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menghapus riwayat pesanan aplikasi Shopee. Tentunya, cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah, praktis dan tidak perlu menunggu lama.

Adapun cara hapus riwayat pesanan aplikasi Shopee yang paling mudah kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pertama, kamu bisa membuka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ yang ada di HP masing-masing.
  • Masuk ke opsi ‘Aplikasi’, lalu klik ‘Kelola Aplikasi’ dan cari aplikasi ‘Shopee’.
  • Jika sudah berada di aplikasi Shopee, kamu bisa klik ‘Hapus Data dan Cache’ supaya dapat menghapus data akun yang terdapat pada aplikasi Shopee saat ini.
  • Kalau sudah terhapus, kamu bisa masuk kembali ke dalam aplikasi Shopee.
  • Aplikasi Shopee akan menampilkan laman baru lagi, kamu bisa klik ‘Daftar’ dan buat akun Shopee baru dengan email atau nomor telepon.
  • Pastikan memasukkan email atau nomor telepon baru supaya tidak masuk ke akun Shopee sebelumnya.
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan via SMS atau email oleh pihak Shopee.
  • Masukkan kode OTP ke kolom tersedia dan akun Shopee barumu telah berhasil dibuat.

Tentunya, riwayat pesanan di aplikasi Shopee baru sudah pasti masih kosong. Namun, jika kamu mulai berbelanja lagi, maka riwayat pesanan baru pun akan kembali ada nantinya.

Cara Hapus Riwayat Pesanan Shopee Food

Hapus Riwayat Pesanan Shopee Food
Hapus Riwayat Pesanan Shopee Food

Berbeda dengan cara sebelumnya, kamu bisa hapus riwayat pesanan Shopee Food dengan mudah hanya melalui aplikasi.

Adapun cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus riwayat pesanan ini adalah sebagai berikut.

  • Buka Aplikasi Shopee

Silakan buka aplikasi Shopee yang ada di smartphone masing-masing. Pastikan koneksi internet stabil supaya proses hapus riwayat pesanan di Shopee Food bisa kamu lakukan dengan lancar.

  • Klik Menu ‘Notifikasi’

Kalau sudah masuk ke tampilan aplikasi, kamu bisa klik menu ‘Notifikasi’ yang ada di bagian bawah.

  • Pilih Riwayat Pesanan Shopee Food

Dalam menu Notifikasi, kamu bisa mencari dan memilih riwayat pesanan dari Shopee Food yang ingin dihapus.

  • Klik ‘Hapus’

Kalau sudah memilih riwayat pesanan mana saja yang ingin dihapus, maka bisa langsung klik ‘Hapus’ dan seluruh riwayat pesanan dari Shopee Food pun otomatis terhapus.

Mudah sekali, bukan?

Bagaiaman Cara Hapus Riwayat Pesanan Shopee Food?

1. Klik Menu Notifikasi 2. Pilih Riwayat Pesanan Shopee Food 3. Klik Hapus

Cara Hapus Produk Terakhir Dilihat di Shopee

Selain menghapus riwayat pesanan aplikasi Shopee, ternyata cara hapus produk terakhir dilihat pun banyak dicari oleh para pengguna. Pasalnya, mereka tidak ingin ada orang lain yang melihat riwayat produk apa saja yang telah dicari.

Sebab, aplikasi Shopee sudah memberikan batasan maksimal 20 produk yang bisa terlihat pada daftar riwayat. Sehingga, produk-produk yang sudah lama kamu lihat akan terhapus dan menghilang otomatis saat kamu mencari produk baru.

Jadi, tak perlu khawatir lagi, ya!

Cara Hilangkan Notifikasi Pembelian Shopee

Cara Hilangkan Notifikasi Pembelian Shopee
Cara Hilangkan Notifikasi Pembelian Shopee

Jika kamu merasa terganggu dengan notifikasi aplikasi Shopee, maka ada beberapa cara hilangkan notifikasi pembelian Shopee yang bisa kamu ikuti, yaitu:

Bagaimana Cara Menghilangkan Notifikasi Pembelian Shopee?

1. Buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di HP masing-masing. 2. Klik menu ‘Notifikasi’, lalu pilih notifikasi yang ingin dihapus. 3. Tap dan tahan notifikasi pilihanmu hingga muncul opsi ‘Hapus’. 4. Klik ‘Hapus’ dan notifikasi pun otomatis hilang.

Kamu bisa melakukan cara tersebut berulang kali ke notifikasi lain yang ingin dihapus.

Cara Hapus Daftar Keranjang Belanja Shopee

Cara Hapus Daftar Keranjang Belanja Shopee
Cara Hapus Daftar Keranjang Belanja Shopee

Adapun cara hapus daftar keranjang belanja Shopee yang sudah penuh bisa kamu lakukan seperti berikut.

  • Masuk ke aplikasi Shopee yang sudah terinstal pada smartphone
  • Klik opsi ‘keranjang’ yang berada di bagian pojok kanan atas.
  • Pilih produk yang ingin kamu hapus, lalu tahan sampai muncul opsi ‘Hapus’.
  • Klik ‘Hapus’ dan kamu bisa melakukan cara hapus ini ke daftar produk lainnya.

Itulah beberapa cara hapus riwayat pesanan Shopee terlengkap yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Perlu kamu ingat bahwa proses penghapusan ini tidak bisa dibatalkan, sehingga kamu harus memikirkannya dengan baik apakah benar-benar ingin dihapus atau tidak.

Seberapa Menarik Artikel Ini?

Klik Untuk Meberikan Penilaian

Penilaian Rata-rata 5 / 5. Jumlah Penilaian: 7531

Mari Berikan Penilaian

Show More

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button