Tutorial

17+ Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar

Kamu mungkin masih cukup bingung dengan bagaimana cara melatih kucing agar nurut dan pintar. Apalagi bagi yang masih pemula dalam memelihara kucing. Sampai saat ini, terbukti beberapa orang kerap membandingkan kucing dengan anjing.

Kucing dipercaya tidak bisa patuh seperti halnya anjing. Selain itu, banyak yang merasa kucing cenderung lebih cuek kecuali soal makan. Padahal, jika kamu melatihnya dengan baik, bukan tidak mungkin kucing menjadi lebih nurut dan pintar juga kok.

Apa saja yang harus dilakukan untuk membuat kucing peliharaan menjadi makin nurut dan pintar? Kuncinya sebetulnya adalah kamu hanya perlu sabar saja. Ikuti saja pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Fakta Tentang Kucing

Cara melatih kucing agar nurut dan pintar
Sumber: Pexels

Sebelum membahas tentang cara melatih kucing agar nurut dan pintar, ada hal lain yang harus kamu ketahui. Khususnya seputar fakta-fakta tentang kucing. Sebagai bahan referensi bagi yang berniat memelihara hewan lucu ini. Berikut penjelasannya.

  • Kucing Bisa Dilatih

Sekilas, kucing memang terlihat seperti melakukan segalanya sesuai keinginan setiap saat. Walaupun begitu, fakta nya kucing sebetulnya masih bisa dilatih untuk berbuat sesuatu. Namun, melatih kucing tidak sama dengan melatih anjing.

Pasalnya, kucing tidak akan bisa belajar dari kedisiplinan. Kucing pun akan cenderung lari jika diberikan hukuman. Cara melatih kucing agar nurut dan pintar adalah dengan memberikannya pelatihan singkat dan memberikan hadiah pada mereka.

  • Kucing dan Anjing Bisa Berteman

Kucing dan Anjing
Sumber: Pexels

Cukup banyak tayangan yang menunjukkan jika anjing dan kucing seperti musuh yang tak pernah akur. Faktanya, kondisi tersebut tidak sepenuhnya benar. Masih ada kemungkinan baik kucing dan anjing akan saling bergaul satu sama lain.

  • Ada Kucing yang Suka Air

Kamu mungkin lebih sering mendengar atau melihat kucing yang tak nyaman dengan air. Tidak sedikit pemilik kucing peliharaan yang kesulitan memandikan hewan tersebut karena sangking takutnya.

Namun kenyataannya justru sebaliknya. Masih ada kucing yang begitu menikmati bermain air. Beberapa bahkan sampai terpesona melihat air yang mengalir dari kran. Walaupun kucing yang tidak suka air pun jumlahnya cukup banyak.

  • Butuh Perawatan dan Kasih Sayang

Kadang, kamu merasa kucing tak memiliki kepedulian terhadap pemiliknya. Fakta membuktikan sebetulnya hewan peliharaan tersebut akan merasa cemas saat ditinggal beberapa hari.

Sama halnya anjing, kucing pun menginginkan kestabilan dalam kehidupan keluarga mereka. Walaupun kucing cenderung tidak mau menunjukkannya. Sayangnya, masih banyak orang yang merawat kucing seadanya atau bahkan ditinggal-tinggal dalam waktu yang lama.

Hal seperti ini sangat membuat kucing merasa tidak nyaman. Hewan peliharaan satu ini butuh untuk dirawat dan diberikan kasih sayang dari pemiliknya.

  • Melihat Dalam Gelap Dengan Bantuan Cahaya Sekitar

Ada yang percaya jika kucing dapat melihat di tempat yang gelap pekat? Sayangnya, anggapan ini justru keliru. Kucing bisa melihat dalam kondisi kegelapan karena mereka punya sedikit cahaya yang membantu.

Baca Juga :  5 Cara Menghapus Video Di Snack Video Yang Sudah Diupload

Mata para kucing mengumpulkan cahaya tersebut, lalu mengintensifkan cahaya di belakang mata dalam membran yaitu tepentrum. Mata mereka sengaja dirancang untuk mempermudah berburu mangsa di kondisi minim cahaya.

Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar yang Bisa Anda Ikuti

Kucing
Sumber: Pexels

Berikutnya tentang bagaimana cara melatih kucing agar nurut dan pintar. Melatih kucing sebetulnya tidak perlu keahlian khusus. Siapa saja bisa melakukannya, asalkan sabar. 

Nah, di bawah ini ada beberapa cara melatih kucing agar nurut dan pintar yang bisa kamu ikuti:

  • Perhatikan Kondisi Kucing Sebelum Dilatih

Sebelum memutuskan untuk melatih kucing, ada baiknya kamu harus memahami kondisi hewan tersebut. Apabila dirasa kucing menunjukkan gejala sensitive karena kawin atau sedang marah setelah berkelahi sebaiknya jangan dulu memaksanya untuk berlatih.

Dalam kondisi semacam itu, biasanya kucing sedang tidak tenang. Dengan begitu, cukup sulit untuk menerima instruksi yang akan kamu berikan. Cara melatih kucing agar nurut dan pintar ini sangat penting kamu perhatikan.

  • Buat Kucing Nyaman Sebelum Berlatih

Cara melatih kucing agar nurut dan pintar berikutnya adalah pastikan kucing bukan hanya tidak sedang sensitif saja. Buat juga kucing merasa nyaman dan bahagia. Lalu bagaimana cara membuatnya merasa demikian? Kau bisa membelai-belai tubuhnya.

Selain itu, kamu juga perlu menggelitik bagian kepalanya. Dengan cara ini, kucing akan jauh lebih tenang dan mudah merespon stimulus yang akan kamu berikan nanti saat proses latihan.

  • Melatihnya Sejak Kecil

Cara melatih kucing agar nurut dan pintar berikutnya adalah melakukannya sedini mungkin. Kau pasti tidak suka kucing kesayangan suka mengobrak-abrik tempat sampah, gemar mencakar sofa, melompat di atas meja, sampai perilaku mengganggu lainnya.

Inilah mengapa harus melatih kucing sejak kecil, karena sangat berguna untuk mengajarkan keterampilan dan perilaku sosial yang baik. Bukan hanya itu saja, melatih kucing sejak kecil pun bisa membuatnya belajar lebih cepat dan memahami batasan.

Pada usia berapa kucing sebaiknya sudah bisa dilatih? Kamu bisa memulainya begitu kucing sudah bisa merangkak atau berjalan. Jadi, kucing akan selalu aktif untuk beraktivitas setiap ada kesempatan.

  • Jangan Pernah Menghukumnya

Berbeda dengan anjing, kucing justru tidak bisa memahami atau merespon dengan baik sebuah hukuman. Hukuman yang diberikan pada kucing, akan membuatnya lari ketakutan dan bersembunyi darimu.

Parahnya lagi bisa saja kucing menjadi stress. Bahkan untuk hukuman seperti memberikan teriakan keras atau memukul hidungnya akan membuat mereka kehilangan kepercayaan terhadap dirimu.

Bukan tidak mungkin, di masa depan kucing kesayanganmu selalu lari ketakutan setiap melihat mu atau orang asing. Bukannya menurut dan pintar, kucing bisa tidak kembali ke rumahmu. 

Sehingga, cara melatih kucing agar nurut dan pintar selanjutnya kamu tidak boleh menghukumnya dengan hukuman yang keras, ya. Kalau sekadar memarahi nya sedikit boleh, kok, asalkan jangan sampai menggunakan kekerasan.

  • Selalu Memberikan Hadiah

Sebelum melatih kucing, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah kamu perlu menyediakan cemilan, catnip, atau mainan kesukaan kucing. Berikan semua hal yang disukai oleh kucing.

Hadiah tersebut berguna sebagai apresiasi karena mereka sudah berhasil berperilaku baik. Jangan salah, cara ini dipercaya dapat membantu kucing lebih fokus dan tak terdistraksi untuk sementara.

Cemilan yang kamu siapkan untuk kucing bisa makanan basah maupun makanan kering. Sementara untuk mainan nya sendiri pilih semacam bulu yang diikat pakai tali. Mainan seperti ini akan membuat kucing bisa makin aktif bergerak.

  • Melatih Buang Air di Kotak Pasir

Kamu mungkin tidak suka kucing kesayangan selalu buang air di sembarang tempat. Oleh sebab itu, cara melatih kucing agar nurut dan pintar berikutnya adalah usahakan untuk melatih nya agar buang air di kotak pasir.

Baca Juga :  10 Cara Menghubungi Call Center Lazada Bebas Pulsa

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Pertama-tama sediakan dulu kotak pasir kucing. Jangan lupa sesuaikan ukurannya dengan tubuh di kucing kesayangan. Kotak pasir tersebut harus diletakkan di tempat yang tenang dan mudah diakses oleh mereka.

Setelah kotak pasir sudah siap, kamu tinggal letakkan saja kucing ke dalam kotak tersebut setiap hari. Khususnya saat si kucing bangun tidur atau setelah makan. Dengan cara ini, lama kelamaan kucing akan paham kalau kotak itu adalah toilet pribadinya.

Mereka jadi tidak lagi buang air di sembarang tempat. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah kamu tidak boleh lupa membersihkan kotak pasir tersebut setidaknya 2 kali dalam seminggu.

  • Mengelus Kucing Setiap Saat

Tidak seperti hewan peliharaan lain, kucing justru sangat suka di elus. Khususnya pada bagian leher, dagu, atau kepalanya. Kamu bisa melakukannya setiap kali mau melatih kucing untuk membuatnya makin nyaman.

Selain itu, mengelus kucing juga bermanfaat untuk meningkatkan kedekatan emosional antara pemilik kucing dan peliharaannya. Bagaimana kamu tahu kucing sudah merasa nyaman dan siap dilatih?

Pada umumnya mereka akan mengeluarkan suara dengkuran. Dibarengi dengan pejamkan mata. Itu adalah tanda kucing sudah merasa nyaman denganmu dan siap diberikan pelatihan tertentu. Kucing juga lebih mudah mengikuti kata-kata yang kamu ucapkan nantinya.

  • Memandikan Kucing Dengan Air Hangat

Sebagai seorang penggemar kucing pasti sangat paham, jika hewan tersebut sangat sensitif dengan air. Tidak jarang kucing bisa melukai orang jika memaksanya untuk mandi. Apalagi menyuruhnya dengan cara kasar.

Jadi, soal membiasakan mandi pada kucing tidak boleh sembarangan. Kamu harus hati-hati yaitu dengan cara menggendong dan mengelus kucing terlebih dahulu. Buat mereka supaya makin nyaman.

Selanjutnya baru kamu bisa menyiram nya dengan air hangat ke seluruh badan kucing. Menyiram nya juga tidak boleh asal, harus perlahan-lahan. Jangan lupa oleskan shampo khusus kucing. Beri pijatan sesekali supaya kucing makin nyaman dan tenang.

Apabila merasa bersih, bilas semua permukaan tubuh kucing. Kemudian gendong secara perlahan dan keringkan menggunakan handuk lembut. Dengan cara melatih kucing agar nurut dan pintar ini, kucing tidak akan trauma dengan air dan mau mandi lagi di waktu lain.

  • Memberikan Durasi Latihan yang Pendek

Kau mungkin bingung berapa lama waktu yang tepat untuk cara melatih kucing agar nurut dan pintar? Sebaiknya berikan latihan pada kucing kesayangan tersebut dengan durasi pendek saja. Pasalnya, kucing memiliki rentan perhatian yang pendek dan cepat bosan.

Menurut Hills Pet, durasi latihan yang dianjurkan pada kucing sebaiknya tidak boleh lebih dari 15 menit. Hal ini akan menghindarkan kucing dari kemungkinan kelelahan. Kamu bisa fokus dulu ke satu perintah di satu waktu.

Kemudian lanjutkan ke perintah berikutnya saat kucing sudah dapat menguasai perintah pertama. Selain itu, supaya lebih efektif ada baiknya kamu latih perintah di area berbeda di rumah. Dengan cara melatih kucing agar nurut dan pintar ini, kucing akan terbiasa memberikan respon dalam situasi berbeda pula.

  • Suapi Kucing Dengan Tangan

Menyuapi Kucing
Sumber: Pexels

Cara melatih kucing agar nurut dan pintar salah satunya adalah dengan menyuapi kucing menggunakan tangan. Cara ini cocok diterapkan pada jenis kucing yang masih baru dipelihara. Sebelumnya kucing tersebut merupakan kucing liar.

Pada umumnya, kucing liar memang cenderung lebih galak dan waspada terhadap manusia. Apabila menyuapi kucing pakai tangan, otomatis mereka akan merasa jika kamu tidak punya niat menyakiti.

Supaya lebih dekat dan membuat kucing nyaman tidak ada salahnya juga kamu sekalian mengajak berinteraksi. Contohnya seperti mengelus kepalanya dengan lembut sambil menyuapi.

  • Beri Nama Panggilan

Untuk membedakan kucing di luar yang masih liar dengan milikmu, sebaiknya berikan nama. Memiliki nama panggilan sendiri pun dapat memperkuat ikatan antara pemilik dengan kucing kesayangan.

Baca Juga :  3 Cara Mengubah Limit Harian BRImo Dengan Mudah

Lalu, walaupun sudah diberikan nama panggilan, kucing tak serta merta langsung bisa mengenali nya. Untuk melatih kucing supaya tahu nama panggilannya adalah sering memanggil kucing tersebut.

Selain itu, biasakan juga untuk memanggil nama kucing saat memberinya makan. Cara melatih kucing agar nurut dan pintar yang satu ini penting untuk dicoba.

  • Sering Ajak Kucing Bermain Bersama

Cara melatih kucing supaya nurut dan pintar adalah dengan membina hubungan dengannya makin dekat. Caranya adalah dengan sering mengajak si kucing tersayang untuk bermain bersama. Hal tersebut akan membuat kucing mengenal mu sebagai pribadi yang ramah.

Kucing juga menganggap dirimu adalah sosok yang tak berbahaya. Selain itu, saat main bersama, kucing pun merasa jika aktivitas tersebut menyenangkan. Sehingga ketika bermain si kucing akan lebih mudah memahami bahasa manusia.

Segala instruksi yang akan diberikan juga akan di respon dengan baik. Berikan latihan tertentu sambil bermain bersama. Cara ini lebih efektif daripada kamu harus berteriak keras untuk membuat si kucing paham apa yang kamu maksud.

  • Beri Makan Secara Teratur

Kucing termasuk hewan pemburu. Pastinya masih bisa mencari makanan sendiri ketika merasa lapar. Ketika baru menjadi hewan peliharaan, tidak jarang si kucing masih sering mencuri makanan pemiliknya.

Oleh sebab itu, cara melatih kucing agar nurut dan pintar mesti kamu perhatikan supaya hal tersebut tidak menjadi suatu kebiasaan. Supaya tidak sering mencuri, ada baiknya kamu beri makanan untuk kucing secara teratur. Memberi makan kucing pun tidak boleh sembarangan.

Dalam artian cara meletakkan makanan tersebut. Hindari meletakkan makanan kucing di dekat meja makan atau dapur rumah. Dengan begitu, kucing akan menjauhi kedua lokasi tersebut karena merupakan tempat makanan pemilik disimpan.

  • Antisipasi Kebiasaan yang Akan Berubah

Sebagai contoh, kamu ingin melatih kucing agar mau membuang kotoran ke wadah khusus. Lalu tiba-tiba entah karena apa si kucing kesayangan buang kotoran di karpet. Hal penting yang harus kamu lakukan adalah membersihkan daerah tersebut sampai bersih.

Tidak ada lagi bau yang menempel. Ketika kucing masih bisa menciumnya, dipastikan di masa depan akan tetap buang kotoran di sana. Artinya, membersihkan bau di karpet tersebut akan menghilangkan kebiasaan yang tak semestinya. 

  • Gunakan Instruksi yang Konsisten

Cara melatih kucing agar nurut dan pintar seperti bisa berjabat tangan, maka bisa berikan kucing instruksi seperti memberikan gerakan tangan dengan menggapai kucing. Jangan lupa setiap berhasil, berikan hadiah berupa makanan.

Perintah atau instruksi yang diberikan pada kucing harus konsisten. Pasalnya, kucing ternyata memiliki ingatan seperti manusia. Perubahan kontrol atau instruksi justru bisa menyebabkan kucing kebingungan.

Jadi, pastikan cara melatih kucing agar nurut dan pintar ini kamu lakukan dengan konsisten, ya.

  • Beri Lingkungan Tinggal yang Aman

Apabila kamu memutuskan untuk memelihara kucing di rumah, jangan lupa atur ulang furniture di dalamnya. Seperti halnya manusia, kucing juga butuh lingkungan tinggal yang aman.

Contohnya kamu punya gelas yang agak runcing dan bisa berpotensi melukai kucing. Ada baiknya simpan di tempat yang tak bisa di jangkau olehnya. Bagaimanapun juga, kucing ini adalah hewan aktif. Mereka bisa naik-naik ke tempat yang sebetulnya berbahaya. 

Oleh sebab itu, penting sekali untukmu mengetahui cara melatih kucing agar nurut dan pintar dengan cara mengajari si hewan imut ini untuk tidak sembarangan menaiki tempat-tempat yang berbahaya.

  • Perlihatkan Perilaku yang Diinginkan di Depan Kucing

Ada salah satu cara melatih kucing agar nurut dan pintar paling ampuh. Perlihatkan saja perilaku yang diinginkan di depan kucing. Bagaimana kamu bertindak, seharusnya bisa menjadi model bagi mereka.

Misalnya, kamu ingin kucing bisa minum di gelas atau tempat yang disediakan. Coba tunjukkan saja bagaimana cara minum dari gelas. Kucing akan menirumu dan menjadi sebuah kebiasaan.

  • Ulangi Latihan Secara Rutin

Kucingmu masih sangat agresif karena baru saja dipelihara? Masih bisa dijinakkan kok, jangan khawatir. Cara melatih kucing agar nurut dan pintar selanjutnya adalah kamu harus berusaha untuk melakukan latihan secara lebih rutin.

Ajarkan menggunakan litter box atau wadah khusus buang air. Bagaimana cara bermain atau makan dan minum di tempatnya. Semuanya harus dilatih secara rutin, agar kucing terbiasa dan pintar.

Buat para pecinta kucing, yuk cek 25+ Wallpaper Kucing Lucu Pink dan Warna Lainnya disini.

Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar
Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar

Itu dia tadi pembahasan tentang bagaimana cara melatih kucing agar nurut dan pintar. Bagaimana? Tidak sulit bukan, dan sebetulnya tidak membutuhkan skill khusus. Paling penting kamu harus sabar, karena bagaimanapun juga mereka tetap golongan hewan.

Back to top button