Tutorial

Cara Membuat Email Baru Di HP Yang Sudah Ada Emailnya? Berikut 10+ Urutan Langkah Mudahnya!

Tak sedikit orang yang masih kebingungan terkait dengan cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya. Padahal sebenarnya, ini hanya memerlukan beberapa langkah sederhana.

Apabila kamu salah satu diantara sekian orang yang belum paham dengan cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya, maka pastikan kamu mengikuti dengan baik panduan yang kami berikan dalam artikel ini!

Sekilas tentang Email

Email merupakan surat elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan melalui internet. Pesan email dapat berupa teks, gambar, atau lampiran yang dapat dikirim ke satu atau lebih penerima sekaligus.

Penggunaan email telah menjadi salah satu alat komunikasi yang populer digunakan di dunia terutama dalam dunia bisnis dan pendidikan. Kalau penggunaan email untuk komunikasi pribadi mungkin sudah mulai hilang sejak munculnya berbagai aplikasi pesan seperti salah satunya yang paling populer digunakan yaitu WhatsApp.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Ketika Akan Membuat Email Baru?

Sebelum lanjut membahas mengenai cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa saja yang perlu dipersiapkan saat akan membuat email baru, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih penyedia layanan email

Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah memilih penyedia layanan email. Ada banyak penyedia layanan email seperti Gmail, Yahoo, Outlook, Hotmail dan lainnya. Pilihlah penyedia yang sesuai dengan kebutuhan anda dan memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan dan fitur yang disediakan.

Baca Juga :  Iklan Shopee Muncul Terus? Berikut 9 Cara Menghilangkan Iklan Shopee di HP Android

2. Pilih nama pengguna atau alamat email yang tepat

Nama pengguna atau alamat email anda akan menjadi identitas online anda. Pastikan nama pengguna yang anda pilih unik (tidak familiar, agar nantinya tidak muncul ‘alamat email telah digunakan’) serta mudah untuk diingat. Hindari penggunaan nama yang terlalu rumit atau sulit di eja.

3. Buat kata sandi yang kuat

Membuat kata sandi yang kuat menjadi langkah yang sangat penting untuk menjaga keamanan email anda. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, namun tetap mudah kamu ingat.

Dalam membuat kata sandi yang kuat dan tidak mudah dilupakan, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tips  Keterangan singkat
Gunakan Kata Sandi Kuat Buat kata sandi yang kuat dan kompleks. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol khusus.
Jangan Gunakan Kata Sandi yang Sama Jangan gunakan kata sandi yang sama di banyak layanan yang anda gunakan seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.
Gunakan Manajer Kata Sandi Pertimbangkan penggunaan manajer kata sandi.
Aktifkan Otentikasi Dua Faktor Aktifkan otentikasi dua faktor untuk keamanan ekstra.
Catat Kata Sandi dengan Aman Jika anda mencatat kata sandi, pastikan anda menyimpannya dengan aman.
Gunakan Pertanyaan Keamanan yang Kuat Pilih pertanyaan keamanan yang kuat.

4. Sediakan nomor HP untuk verifikasi

Saat mendaftarkan akun Email baru, biasanya akan muncul permintaan untuk verifikasi nomor telepon sebagai langkah keamanan tambahan untuk perlindungan akun yang lebih ekstra, agar tidak mudah untuk dibobol orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin membuat alamat email yang baru, berikutnya langsung saja kami akan menyajikan cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya.

Cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya dapat dilakukan melalui sejumlah langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama ialah silahkan buka aplikasi Gmail pada ponsel anda.
  2. Lalu klik ‘Profil‘ yang berada di sebelah kanan paling atas.
  3. Kemudian tekan pada “Tambahkan akun lainnya
    Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya
    Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya
  4. Selanjutnya kamu akan melihat beberapa opsi. Silahkan pilih salah satu yang kamu inginkan (Google, outlook, Yahoo, atau lainnya). Namun kami sarankan agar anda memilih Google, sebab mudah dioperasikan.
    Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya
    Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya
  5. Langkah berikutnya Pilihlah “Buat akun
  6. Lalu akan muncul 2 opsi terkait untuk siapa akun tersebut dibuat. Pilihlah “untuk diri sendiri” jika akun Gmail tersebut untuk kamu gunakan pribadi, atau pilih “untuk mengelola bisnis saya” jika Gmail tersebut ingin digunakan untuk keperluan bisnis.
    Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya
  7. Kemudian masukkan nama depan dan nama belakang kamu. Lalu tekan tombol ‘Selanjutnya’
    Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya
  8. Setelah itu, masukkan tanggal lahir lengkap dengan bulan dan tahun beserta Gender anda.
  9. Buatlah alamat Gmail anda sendiri atau anda juga bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan alamat Gmail yang disarankan oleh Google.
    Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya
  10. Langkah berikutnya adalah silahkan buat sandi/ password Gmail anda. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol unik guna untuk keamanan yang lebih kuat agar tidak mudah di hack. Lalu tekan lagi ‘Selanjutnya’
  11. Untuk memperkuat keamanan akun, anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Silahkan masukkan nomor HP anda yang aktif.
  12. Jika semua langkah diatas anda lakukan dengan benar. Maka,
  13. Selamat, anda berhasil membuat akun Email yang baru dalam perangkat anda yang sebelumnya sudah ada email didalamnya.
Baca Juga :  4 Cara Gestun Kredivo, Mudah dan Langsung Cair

Manfaat Memiliki Beberapa Email di HP

Setelah menampilkan langkah-langkah dari cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya, selanjutnya kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang beberapa manfaat dari memiliki beberapa email dalam satu perangkat atau HP.

  • Pemisahan konteks

Memiliki beberapa email untuk keperluan yang berbeda memungkinkan seseorang untuk memisahkan konteks dan mengatur komunikasi dengan lebih baik. Misalnya, satu email untuk keperluan pribadi, sedangkan yang lainnya untuk keperluan bisnis atau kerjaan.

  • Keamanan dan privasi

Membuat beberapa email juga dapat membantu menjaga keamanan dan privasi anda. Misalnya memiliki email khusus untuk media sosial atau situs web yang tidak terlalu dipercaya keamanannya.

  • Kepentingan proyek dan bisnis

Memiliki email yang berbeda juga bermanfaat untuk untuk kepentingan proyek dan bisnis. Hal ini dapat membantu mengorganisasi komunikasi dan memisahkan diskusi antar proyek.

  • Pengelolaan inbox yang lebih baik

Dengan memiliki beberapa email, seseorang dapat mengelola inbox dengan lebih efisien. Hal ini dapat membantu mengurangi kebisingan di inbox email utama.

  • Memiliki akun cadangan

Manfaat yang terakhir dari memiliki beberapa email di HP dapat berguna sebagai cadangan jika email utama mengalami masalah atau sebagai email darurat untuk situasi tertentu.

Gagal Membuat Email Baru di HP! Penyebab dan Cara Mengatasinya:

Mengingat tak sedikit orang yang mengeluh karena gagal saat ingin membuat akun email yang baru, maka selain menjelaskan tentang cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya, dalam artikel ini kami juga akan menjelaskan sejumlah penyebab dan cara mengatasi untuk kendala akun email baru gagal didaftarkan.

1. Alamat email telah digunakan

Penyebab umum yang sering kali terjadi adalah karena memasukkan alamat email yang telah digunakan orang lain atau bisa juga karena memiliki kemiripan dengan alamat email yang sudah ada.

Baca Juga :  11 Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout

Cara mengatasinya cukup mudah, anda bisa membuat alamat email yang unik dan berbeda dengan alamat email anda yang lain. Atau bisa juga dengan memilih salah satu alamat email dari beberapa opsi yang biasanya ditawarkan oleh Gmail.

2. Kapasitas penuh

Penyedia layanan email menerapkan batasan jumlah akun yang dapat dibuat atau tersimpan dalam satu perangkat. Jika batas tersebut telah tercapai, biasanya pendaftaran email yang baru akan gagal.

Oleh karena itu, anda bisa coba hapus dulu akun email dalam perangkat anda yang mungkin sudah tidak digunakan lagi, sebelum mendaftarkan akun email yang baru.

3. Masalah teknis

Perlu diketahui bahwa server email terkadang dapat mengalami gangguan, yang biasanya disebabkan karena adanya pemeliharaan server.

Beberapa aktivitas dalam email, termasuk pembuatan akun baru kemungkinan akan gagal hingga pemeliharaan selesai dilakukan. Anda bisa menunggu hingga server pulih, baru membuat ulang kembali akun email yang baru.

4. Kesalahan pengguna

Kadang-kadang, pembuatan email baru gagal karena kesalahan pengguna, seperti pengisian formulir yang tidak valid, password yang tidak sesuai petunjuk, atau kesalahan lain.  Upaya untuk mengatasi hal ini, pastikan anda telah memasukkan data formulir yang tepat.

5. Masalah koneksi

Penyebabnya yang terakhir adalah kemungkinan karena masalah koneksi. Koneksi internet yang buruk bisa menyebabkan kegagalan memproses permintaan pembuatan email baru.

Akhir Kata

Cara Membuat Email Baru Di HP Yang Sudah Ada Emailnya
Cara Membuat Email Baru Di HP Yang Sudah Ada Emailnya

Dengan mengikuti langkah-langkah dari cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya, sekarang anda sudah bisa dengan mudah membuat email baru di ponsel anda meski dalam ponsel sudah ada sebelumnya satu atau lebih akun email yang terdaftar.

Back to top button