Tutorial

6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Frustasi dan tidak tahu bagaimana Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup? Tidak perlu khawtir, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut sebelum membawanya ke toko service.

Biasanya hal ini terjadi disebabkan oleh daya baterai laptop yang sudah habis atau rusak sehingga memberikan dampak pada laptop, seperti laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Peristiwa ini sangat sering terjadi pada pengguna laptop khususnya bagi mereka yang tidak memahami atau menjaga laptop yang dimiliki dengan baik.

Namun masalah ini masih bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Laptop tidak menyala tapi lampu power hidup merupakan salah satu permasalahan yang sangat sering terjadi pada laptop. Meskipun laptop di rancang dengan baik, namun hal ini tentu tidak bisa kamu abaikan.

Pasalnya, lampu tidak menyala tapi lampu power hidup jika dibiarkan terus menerus tanpa mencari tahu cara mengatasinya akan berdampak buruk pada kondisi laptop saat ini.

Agar peristiwa tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yang bisa dicoba.

1. Periksa Baterai Laptop

Apabila laptop tiba-tiba mati, namun tombol power masih hidup hal yang harus kamu lakukan yaitu memeriksa daya beterai terlebih dahulu.

Periksa Baterai Laptop
Periksa Baterai Laptop

Umumnya, baterai laptop yang sudah habis atau rusak akan memberikan dampak pada laptop, seperti layar laptop yang tidak menyala namun tombol power masih tetap hidup.

Baca Juga :  3 Cara Beli Koin Tiktok Pakai Pulsa Telkomsel, Indosat, XL, Axis

Untuk mengatasi hal ini sangat mudah dan praktis, cukup dengan menghubungkan kabel charger ke laptop kemudian pastikan bahwa layar laptop bisa nyala. Jika tidak ada perubahan, maka permasalah laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup bukanlah karena baterai laptop yang habis.

2. Memeriksa Kipas

Permasalahan yang sering diabaikan oleh pengguna laptop selanjutnya yaitu kipas kotor oleh tumpukan debu sehingga membuat laptop mudah panas.

Memeriksa Kipas Laptop.jpg
Memeriksa Kipas Laptop.jpg

Maka cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yaitu dengan membongkar case laptop dan bersihkan kipas dengan langkah-langkah dibawah ini.

  • Matikan laptop terlebih dahulu dan lepaskan sambungan charger dari laptop.
  • Lepaskan sekrup yang mengunci case atau body laptop dengan obeng.
  • Sisihkan body laptop dan tiap sekrup di tempat aman,
  • Bersihkan kipas dengan kuas yang kecil dan berbahan lembut dengan hati-hati.

3. Cek Adaptor

Jika ternyata cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup diatas tidak ada perubahan, sebaiknya periksa adaptop pada laptop. Karena adaptor menjadi komponen yang paling penting agar laptop bisa menyala dengan sempurna.

Cek Adaptor
Cek Adaptor

Apabila adaptop laptop bermasalah maka laptop pun kemungkinan akan sulit untuk dioperasikan atau menyala. Oleh sebab itu, cek adaptor laptop kamu dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Masukkan ke dalam lubang adaptor di laptop.
  • Ketika adaptor dimasukkan dan lampu power berkedip, maka adaptor aman dan tidak rusak.
  • Jika adaptor dimasukkan dan lampunya tidak berkedip, maka kemungkinan adaptop laptop mengelami kerusakan.

Setelah memastikan kondisi adaptor pada laptop dan ternyata adaptor-Nya sudah tidak berfungsi dengan baik lagi, sebaiknya ganti adaptor dengan yang baru.

4. Periksa RAM

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup selanjutnya yaitu dengan memeriksa RAM pada laptop. Ini merupakan cara yang sangat ampuh dan terbukti bisa mengatasi masalah yang sedang terjadi pada laptop.

Baca Juga :  Cara Mengirim File Dari Laptop Ke Whatsapp Terbaru 2024

Berikut cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dengan membersihkan RAM laptop, yakni diantaranya :

  • Lepas RAM dari laptop secara perlahan atau pelan.
  • Bersihkan pin RAM menggunakan kuas kecil atau menggunakan penghapus pensil.
  • Pasang kembali jika RAM sudah bersih dan coba nyalakan.
  • Apabila laptop sudah hidup, maka permasalahannya ada di RAM.
  • Namun jika tidak ada perubahan dapat dipastikan ada permasalahan pada RAM laptop.

Punya pulsa berlebih dan ingin menukarkannya menjadi uang? Yuk convert pulsa kamu di ZonaConvert dengan rate tertinggi dengan mudah dan langsung cair.

5. Amati Socket Laptop

Socket atau charger pada laptop merupakan tempat untuk memasukkan charger agar dapat mengisi daya baterai laptop.

Terkadang socket pada laptop berdebu dan kotor sehingga perlu untuk dibersihkan agar menyala dengan sempurna. Cara ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan, berikut adalah panduannya :

  • Periksa dan perhatikan skoket laptop apakah ada masalah seperti kotoran atau debu yang menumpuk.
  • Jika ternyata berdebu, cobalah untuk membersihkannya menggunakan cotton bud.
  • Setelah selesai, periksa kembali soket agar tidak longgar.

6. Mengganti Mainboard

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup terakhir yaitu dengan mengganti mainboard. Biasanya hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada bagian CPU, motherboard, VGA, maupun connector display.

Mengganti Mainboard
Mengganti Mainboard

Alternatif ini dapat kamu lakukan apabila mainboard pada laptop sudah tidak berfungsi dengan baik lagi. Namun perlu dicatat, harga mainboard setara dengan harga laptop baru.

Jadi sebelum menggantinya pertimbangkan terlebih dahulu, kemudian pastikan hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada mainboard.

Apakah Laptop bisa Dicas dalam Keadaan Mati?

Sebaiknya laptop dicas jangan dalam keadaan dmatikan, karena jika laptop dicas dalam keadaan shutdown maka kamu tidak akan bisa melihat persentase baterainya sudah berapa persen.

Baca Juga :  2 Cara Mengubah Koin Shopee Menjadi Shopeepay Tanpa Aplikasi

Karena jika daya baterai laptop sudah 100% dan charger belum dilepaskan justru akan membuat baterai tidak awet atau tidak bertahan lama. Berikut beberapa tips yang harus dilakukan agar baterai laptop lebih awet dan tahan lama, yakni diantaranya :

  • Gunakan adaptor daya yang asli.
  • Hindari pengisian daya laptop dari suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Disarankan untuk mengisi daya laptop ketika baterai mencapai sekitar 20-30% dari pada menunggu baterai benar-benar habis.
  • Hindari deep cycle, yaitu mengosongkan baterai hingga 0% lalu mengisinya sampai 100%.
  • Setelah baterai mencapai 100%, lepaskan adaptor daya dan berhenti mengisi daya.
  • Pastikan terminal baterai tetap bersih dan bebas dari debu maupun kotoran.
  • Lakukan kalibrasi baterai laptop sekali sebulan.
  • Gunakan pad pendingin laptop.
Tips Merawat Laptop agar Awet Penjelasan
Jaga Kebersihan Fisik Bersihkan laptop secara teratur dengan kain yang lembut dan bersihkan keyboard dari debu dan kotoran untuk mencegah kerusakan dan menjaga penampilan yang bersih.
Hindari Makan dan Minum di Depan Laptop Makanan dan minuman dapat menyebabkan tumpahan yang merusak komponen laptop. Hindari makan atau minum di depan laptop untuk mencegah kerusakan.
Jangan Menutup Laptop dengan Terlalu Kuat Menutup laptop dengan lembut untuk mencegah kerusakan pada engsel dan layar.
Gunakan Tas Pelindung Gunakan tas pelindung saat membawa laptop untuk melindungi laptop dari benturan dan debu saat bepergian.
Hindari Guncangan Fisik Hindari menjatuhkan atau mengguncang laptop, karena guncangan fisik dapat merusak komponen internal.

Postingan Menarik Lainnya : 8 Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Paling Ampuh

Kesimpulan

Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup
Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Apabila sudah nmencoba semua cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup diatas namun tidak ada perubahan smaa sekali, sebaiknya menanyakan langsung pada orang bertugas khusus untuk memperbaikin laptop.

Pasalnya, kerusakan pada laptop merupakan suatu hal yang sangat sensitif jika dibiarkan lama kelamaan kerusakan pada laptop akan semakin parah.

Semoga informasi cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup diatas bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinfomasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button