Tutorial

8 Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone

Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone sangat penting diketahui untuk membantu melindungi data pribadi dan infromasi sensitif dari penyalahgunaan akses oleh orang yang bertanggung jawab.

Untuk mengembalikan akun yang di hack dengan mengandalkan nama pengguna saja, kamu bisa menggunakan fitur khusus yang disediakan oleh aplikasi Instagram seperti fitur help center, Impersonation Account, dan reset password.

Penasaran dan ingin tahu bagaimana caranya? Silahkan simak informasi penjelasan pada artikel ini selengkapnya.

Sekilas Tentang Akun Ig yang di Hack

Ketika akun Instagram diretas, pengguna akan kehilangan akses kendali atas akun yang dimiliki. Peretas dapat mengubah kata sandi, alamat email, dan nomor telepon yang terakait dengan akun, sehingga sulit untuk memulihkannya.

Akun yang diretas mungkin digunakan untuk aktivitas yang mencurigakan, seperti mengirim spam, penipuan, atau menyebarkan konten yang tidak pantas sehingga berisiko buruk pada pemilik akun.

Ciri-Ciri Akun Ig di Hack

sebelum membahas lebih lanjut terkait cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone, sebaiknya pahami ciri-ciri akun Instagram yang di hack dibawah ini.

  • Gagal Login ke akun Instagram.
  • Aktivitas mencurigakan seperti munculnya pesan dari pengguna lain.
  • Akun log out / keluar tiba-tiba.
  • Terdapat aktivitas aneh, seperti spam yang memenuhi halaman feed.
  • Menerima notifikaksi melalui SMS atau email terkait akses login.
  • Pengguna tidak dapat mengakses akun, meskipun sudah mencoba metode pemulihan melalui Forget Password?

Apakah Ig yang di Hack bisa Dikembalikan Tanpa Email dan Nomor Handphone?

Sebagai pengguna setia Instagram, tentu pernah bertanya-tanya “Apakah Ig yang di hack bisa dikembalikan tanpa email dan nomor handphone?”.

Baca Juga :  5 Cara Menaikkan Limit SPinjam 2024, Mudah dan Cepat!

Jadi setiap pengguna Instagram dapat mengembalikan akun Ig yang telah diretas dengan menggunakan fitur khusus yang telah disediakan meski tanpa email dan nomor handphone yang tertaut.

Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone

Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone
Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone

Meski Instagram memiliki keamanan yang tinggi, namun media sosial ini juga sangat rentang terhadap pembobolan akun. Sehingga platform ini menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akun yang telah di hack tanpa email dan nomor handphone.

Adapun beberapa cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone, silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini.

1. Melalui Help Center

Mengembalikan Ig Yang Di Hack
Mengembalikan Ig Yang Di Hack

Help center merupakan salah satu fitur unggulan Instagram yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone. Berikut adalah panduannya :

  • Langkah pertama, akses situs Help Center  melalui browser.
  • Pilih opsi Privacy, Security and Reporting di sudut kiri layar.
  • Ikuti langkah-langka pelaporan, pilih Report Something.
  • Klik Hacked Account dan pilih I Think my account has been hacked.
  • Sistem akan meminta kamu untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait akun, seperti alamat email, nomor telepon terdaftar, nama pengguna, dan tanggal lahir.

Agar proses pengembalian akun Instagram yang di hack berhasil, pastikan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh Tim Instagram kamu jawab dengan benar. Proses ini biasanya memerlukan waktu 1 x 24 jam kerja.

2. Lewat Fitur Impersonation Account

Lewat Fitur Impersonation Account
Lewat Fitur Impersonation Account

Cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone dapat dilakukan melalui fitur Impersonation Account. Fitur ini bisa kamu temukan melalui situs help. instagram.com.

Untuk mengembalikan akun Ig yang di hack melalui fitur ini, pengguna harus mengisi formulir yang telah disediakan dan pastikan menggunakan alamat email yang sah serta sesuai dengan alamat email yang digunakan ketika mendaftar di Instagram.

Baca Juga :  7 Cara Melihat Tulisan Di Balik Coretan Tanpa Aplikasi

Jika nama atau foto profil akun yang telah diretas sudah berubah, kamu bisa menyertakan informasi terbaru mengenai nama atau foto yang saat ini digunakan oleh hacker tersebut dengan melampirkan bukti screenshoot.

3. Reset Password

Reset Password
Reset Password

Bagi pengguna yang lupa data login dan akun Instagram yang dimiliki diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kamu bisa memulihkannya dengan mengakses menu reset password.

Adapun cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone melalui fitur ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka halaman login Instagram.
  • Pilih opsi Dapatkan bantuan untuk login.
  • Masukkan nama Pengguna.
  • Klik Tidak bisa mengatur ulang kata sandi Anda?
  • Konfirmasi akun dengan memiliki opsi Ya, ambil video selfie untuk mengkonfirmasi akun saya dan klik Berikutnya.
  • Akan muncul profil pengguna, silahkan masukkan kata sandi Ig sebelumnya.
  • Lalu klik Selanjutnya.
  • Lakukan video selfie menggunakan kamera yang jernih dan tidak buram.
  • Pihak
  • Ubah kata sandi melalui tautan yang diberikan.
  • Akun berhasil dikembalikan dan siap untuk digunakan.

Cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone ini bisa dipulihkan apabila hacker tidak mengubah alamat email dan nomor ponsel yang ditautkan dengan akun Instagram yang dimiliki.

4. Via Fitur My Instagram Was Hacked

Fitur My Instagram Was Hacked
Fitur My Instagram Was Hacked

Alternatif lain sebagai cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone yaitu melalui fitur my Instagram was hacked.

Fitur ini disediakan khusus untuk melaporkan akun yang telah di retas dan membantu pengguna untuk mendapatkan kembali akun Instagram yang dimiliki. Berikut cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone mellaui fitur ini :

  • Kunjungi situs https://instagram.com/hacked lewat browser di perangkat.
  • Pilih opsi My Account was hacked.
  • Klik Next untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.
  • Pilih nomor telepon atau alamat email.
  • Dapatkan 6 digit kode OTP untuk memulihkan akun.
  • Ikuti intruksi selanjutnya hingga akun berhasil dipulihkan.
  • Biasanya proses pemulihan ini hanya membutuhkan waktu 10 menit jika nomor telepon dan email tertaut ke Instagram dan belum diganti oleh hacker.
  • Cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone berhasil dilakukan.
Baca Juga :  Lazada Tidak Bisa COD? 10 Cara Mengatasi Akun Lazada Tidak Bisa COD

Cara Mencegah Akun Instagram di Hack

Agar cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone tidak terjadi lagi, terdapat beberapa cara mencegah akun Instagram agar terhindar dari peretesan yang bisa kamu coba.

Gunakan Password yang Kuat dan Unik

Agar akun tetap aman dan terhindar dari peretasan, sebaiknya gunakan password atau kata sandi yang kuat.

Biasanya Instagram akan menyarankan pengguna untuk membuat kombinasi kata sandi yang kuat dengan panjang minimal 8 karakter, termasuk angka, huruf, dan tanda baca. Silahkan atur kata sandi yang kuat dan unik, hindari menggunakan tanggal lahir.

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor
Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Instagram memungkinkan setiap pengguna untuk mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor agar akun Ig yang dimiliki aman dan terhindar dari hack. Saat fitur faktor diaktifkan, kamu akan diminta memasukkan kode login khusus .

Pada sistem keamanan ini, Instagram menyediakan dua metode yaitu menggunakan kode SMS atau email. Berikut cara mengaktifkannya :

  • Buka aplikasi Instagram dan masuk ke menu Profil.
  • Klik ikon tiga garis di pojok kanan.
  • Pada menu pengaturan dan aktivitas, pilih Pusat Akun.
  • Klik menu Kata sandi dan Keamanan.
  • Pilih Autentikasi dua faktor dan klik Instagram.
  • Terdpat tiga jenis metode 2FA, yakni melalui SMS, Permintaan login, dan menggunakan kode cadangan.
  • Jika memilih SMS, silahkan masukkan nomor telepon aktif dan kamu akan diminta memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui notifikasi SMS.
  • Masukkan kode yang diberikan.

Waspadai Phising

Hindari mengklik tautan mencurihakan atau memberikan informasi login di situs yang tidak dikenal. Karena saat ini sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang meminta data login, jika ingin menggunakan aplikasi yang dikembangkannya.

Hindari Aplikasi Pihak Ketiga

Menghindari aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi adalah salah satu langkah penting dalam menjaga keamanan akun Instagram pengguna.

Jangan memberikan akses akun Instagram kepada aplikasi atau layanan pihak ketiga yang tidak terpercaya / tidak resmi. Karena hal ini dapat membuka celah keamanan pada akun Instagram yang dimiliki.

Artikel Menarik Lainnya : 3 Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihapus Permanen

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone
Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone

Cara mengembalikan Ig yang di hack tanpa email dan nomor handphone sebenarnya gampang sulit dilakukan. Jika email atau nomor handphone yang telah ditautakan diubah, pengguna perlu melakukan tindakan yang lebih serius untuk mendapatkan akses kembali ke akun Instagram yang dimiliki melalui beberapa metode yang disarankan diatas. Pililah cara mengembalikan akun Instagram yang paling efektif dan praktis dilakukan. Setelah akun Instagram kembali lagi, segera aktifkan keamanan akun seperti Autentikasi dua faktor yang telah disediakan.

Selamat Mencoba!

Back to top button