Tutorial

10 Cara Cek HP Samsung Bekas Masih Bagus Atau Tidak

Buat kamu yang ingin membeli HP bekas samsung, maka kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Artikel ini akan membahas cara cek HP Samsung bekas sebelum kamu benar-benar membelinya.

Samsung merupakan salah satu brand HP yang sangat terkenal di dunia. Para pengguna samsung sudah tersebar di mana-mana termasuk di Indonesia.

Brand HP yang satu ini banyak disukai karena memiliki beberapa keunggulan yang tentunya tidak dimiliki oleh brand HP lainnya, salah satunya adalah teknologi OneUI  yang ada dalam perangkatnya.

OneUI merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Samsung yang diterapkan untuk semua perangkat Android terbaru mereka. OneUI memiliki tampilan yang sederhana sehingga mempermudah para pengguna dalam mengoperasikan HP Samsung.

Ketika kamu hendak membeli HP Samsung bekas, maka kamu harus memperhatikan hal-hal penting yang akan dibahas pada artikel kali ini. Berikut di bawah ini beberapa tips mudah cara cek HP Samsung bekas yang bisa kamu ikuti, agar kamu tidak kena zonk.

Tips Mudah Cara Cek HP Samsung Bekas

Tips Mudah Cara Cek HP Samsung Bekas
Tips Mudah Cara Cek HP Samsung Bekas

Samsung merupakan brand teknologi yang berapa dari Korea Selatan. Tidak hanya di negara asalnya, Samsung juga sangat terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

HP Samsung merupakan produk yang sangat terkenal dikalangan pengguna Android. Pasalnya kualitas HP Samsung sangat baik dan memiliki daya tahan yang sangat lama. Maka tidak heran apabila HP Samsung menjadi brand yang sangat disukai berbagai kalangan.

Tidak hanya HP baru, HP Samsung bekas juga menjadi incaran para penggemar Android. Terutama HP Samsung untuk kategori menengah ke atas seperti Samsung Galaxy Z Flip, Samsung Galaxy Fold, Samsung Galaxy tipe S yang memiliki harga di atas 10 sampai 20 juta rupiah untuk unit barunya.

Nah, buat kamu yang berniat untuk membeli HP Samsung bekas, kamu harus memeriksa beberapa hal untuk memastikan bahwa kondisi HP yang kamu dapatkan masih layak atau tidak.

1. Cek Bodi HP Samsung Secara Menyeluruh

Cara cek HP Samsung bekas yang pertama dan paling mudah adalah dengan melakukan pengecekan pada bodi HP Samsung. Pastikan bahwa kamu mengecek bodi HP secara menyeluruh tanpa melewatkan satupun.

Hal ini karena bodi HP rentan terhadap lecet dan kerusakan. Jadi, ketika kamu membeli HP Samsung bekas, maka kamu perlu memastikan bahwa bodi HP masih layak dan terhindar dari lecet yang ekstrim. Terutama kerusakan pada bagian sensitif yang dapat mempengaruhi kinerja HP, seperti tombol volume dan tombol power.

Hal yang paling penting adalah bagian layar depan, kamu perlu memastikan layar depan tidak mengalami keretakan, terutama keretakan yang sangat ekstrim. Apabila terdapat lecet yang masih wajar dan tidak terlalu kelihatan, hal itu tentu masih bisa dimaklumi.

Baca Juga :  10 Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan Bersih

2. Cara Cek HP Samsung Bekas Dengan Cek Port Charger

Port Charger
Port Charger

Port charger atau lebih dikenal dengan sebutan lubang charger merupakan bagian yang tidak dapat kamu lewatkan. Port Charger adalah lubang yang umumnya berada pada bagian bawah dan terletak di dekat speaker dan microphone yang berfungsi untuk mengisi daya pada ponsel.

Apabila port charger HP Samsung bekas yang ingin kamu beli mengalami kerusakan, hal ini tentunya akan memmpengaruhi kinerja dari ponsel dalam jangka panjang. Jadi cara cek HP Samsung bekas berikutnya adalah dengan memastikan bahwa port charger berfungsi dengan baik.

Untuk melakukan pengecekan port charger, silakan hubungkan kabel charger pada pada port atau lubang charger, apabila pengisian daya berjalan, maka port charger berfungsi.

3. Cek Layar dan Touchscreen

Tidak kalah penting dari yang sebelumnya, cara cek HP Samsung bekas berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada layar dan touchscreen atau layar sentuh HP.

Layar merupakan salah satu komponen yang sangat penting yang ada di HP, penggunaannaya yang terus menerus tentunya akan mempengaruhi kualitas layar. Hal ini sangat penting untuk dicek karena tentunya akan mempengaruhi kinerja dan fungsi layar HP.

Untuk cara cek HP Samsung bekas bagian layar dan touchscreen, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini, simak ya:

  1. Langkah pertama, silakan buka menu panggilan atau dial pad pada HP Samsung.
  2. Setelah itu silakan ketik *#0*#.
  3. Pada halaman berikutnya, silakan klik secara bergantian antara Black, Red, Green dan Blue untuk melihat kualitas layar.
  4. Nah setelah itu silakan lakukan pengecekan pada pinggir layar untuk setiap warna. Apabila layar ditampilkan secara normal, maka layar HP tersebut tidak bermasalah.
  5. Langkah selanjutnya adalah silakan pilih Touch untuk melakukan pengecekan pada touchscreen.
  6. Silakan sentuh semua kotak-kotak yang tersedia pada layar. Pastikan bahwa semua kotak berubah menjadi warna hijau.
  7. Apabila semua manjadi warna hijau, maka dapat dipastikan bahwa kualitas touchscreen masih sangat baik.

Lakukan pengecekan layar dan touchscreen secara berulang untuk memastikan bahwa kualitasnya memang masih layak pakai.

4. Cek Speaker

Cara cek HP Samsung bekas berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian speaker. Speaker HP samasung umumny terletak di bawah dan di atas, jadi pastikan kamu mengecek kualitas dari kedua speaker tersebut berfungsi dengan baik.

Untuk melakuakn pengecekan pada speaker, kamu hanya perlu membuka aplikasi pemutar musik ataupun YouTube, lalu kemudian silakan putar musik dengan volume yang normal sampai dengan volume yang penuh untuk memastikan bahwa speaker bekerja dengan normal.

Ketika melakukan pengecekan pada speaker, pastikan suara yang dihasilkan jernih dan dapat terdengar dengan jelas, terutama apabila dalam keadaan volume penuh. Ketika volume penuh, terkadang ada HP bekas yang suara speakernya pecah dan tidak terdengar dengan jelas.

5. Cek Kamera

Cara Cek HP Samsung Bekas - Cek Kamera
Cara Cek HP Samsung Bekas – Cek Kamera

Zaman sekarang, kebanyakan orang mencari HP dengan kualitas kemera terbaik. Jadi pembahasan cara cek HP Samsung bekas berikutnya adalah pengecekan pada kamera.

Kamera yang dimiliki HP Samsung termasuk kedalam jajaran dengan kamera ponsel dengan kualitas terbaik. Jadi, pastikan kamu cek kamera dengan benar apakah kualitas kamera HP Samsung bekas tersebut masih bagus atau tidak.

Baca Juga :  15+ Cara Mendapatkan Uang Dari Telegram Dengan Mudah dan Terbukti Membayar

Samsung merupakan salah satu Android yang memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya penggemar Android yang memilih Samsung sebagai HP pilihan karena kualitas kameranya yang tidak perlu diragukan lagi.

Pada saat sedang melakukan pengecekan pada HP Samsung bekas, silakan cek kamera belakang dan kamera depan secara berulang, dan pastikan hasilnya terlihat jernih dan tidak buram.

6. Cek Baterai

Cek Baterai menjadi bagian dari cara cek HP Samsung bekas berikutnya yang wajib kamu lakukan. Kualitas baterai yang baik tentunya akan mempengaruhi umur HP.

Hal ini karena baterai merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk memberi atau mengalirkan daya listrik pada suatu perangkat. Dengan baterai, mesin dapat berjalan sehingga perangkat elektronik bisa dinyalakan dan digerakkan. Berikut adalah cara cek baterai di HP Samsung:

  • Buka aplikasi Samsung Members yang ada di HP Samsung.
  • Pada halam beranda, silakan klik menu Diagnostik.
  • Setalah itu klik Diagnostik ponsel pada halaman berikutnya.
  • Langkah selanjutnya silakan klik Status betarai, kemudian klik Uji.
  • Tunggu beberapa saat sampai status baterai keluar. Apabil status baterai normal, maka baterai HP Samsung bekas tersebut dalam keadaan baik.

Kamu juga perlu mencocokkan apakah kapasitas baterai yang ditampilkan pada pengaturan sesuai dengan yang ditampilkan di kotak HP. Hal ini untuk memastikan bahwa baterai masih bawaan atau tidak.

7. Cek Koneksi SIM Card & WiFi

Ketika zaman semakin berkembang, HP tanpa terkoneksi jaringan merupakan HP yang rusak dan tidak berguna. Karena hanya jika tehubung jaringanlah sebuah HP dapat digunakan dan berfungsi. Hal ini tentunya tidak jauh dengan SIM Card ataupun WiFi yang dapat membuat HP terkoneksi dengan jaringan.

SIM Card berfungsi untuk menghubungkan ponsel ke jaringan seluler atau operator untuk melakukan panggilan telepon, chat maupun akses internet melalui nomor telepon yang bersifat pribadi.

Sama dengan SIM Card, WiFi juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke internet. Bedanya WiFi terhubung tanpa kabel, yang artinya kamu dapat terhubung hany adengan koneksi pada jaringan WiFi yang tersedia.

Secara umum, ada beberapa HP bekas yang tidak dapat terhubung dengan jaringan melalui SIM Card ataupun WiFi.  Nah, jadi cara cek HP Samsung berikutnya adalah kamu harus memastikan bahwa HP tersebut dapat terkoneksi dengan jaringan melalui SIM Card maupun WiFi.

8. Cek Face Unlock & Fingerprint

Cek Face Unlock & Fingerprint
Cek Face Unlock & Fingerprint

Cara cek HP Samsung bekas beritkutnya dalah dengan cek fitur face unlock & fingerproint. Hampir semua HP Samsung keluaran terbaru menggunakan fitur face unlock dan juga fingerprint yang menjadi bagian keamanan untuk membuka HP.

Face unlock adalah fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan wajah untuk melakukan verifikasi keamanan HP.

Sedangkan fingerprint merupakan fitur keamanan yang membutuhkan sidik jari untuk verifikasi keamanannya. Nah apabila kamu membeli HP Samsung bekas yang mempunyai fitur face unlock dan fingerprint, maka kamu harus memastikan bahwa fitur tersebut berfungsi dengan baik.

Apabila kamu ingin melakukan pengecekan pada fitur face unlock dan juga fingerprint, silakan ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya:

  • Buka menu Pengaturan pada HP Samsung.
  • Lalu silakan scroll ke bawah dan cari menu Kunci layar, lalu klik menu tersebut.
  • Setelah itu klik Tipe kunci layar.
  • Terlebih dahulu silakan atur PIN atau Pola sebagai tahap awal kode keamanan.
  • Pada halaman selanjutnya silakan klik dan menu Pengenalan Wajah.
  • Lalu masukkan PIN atau Pola untuk bisa mengakses pengaturan keamanan dengan menggunakan Wajah.
  • Kemudian klik Lanjutkan.
  • Setelah itu arahkan wajah pada kamera untuk melakukan pengenalan wajah dan ikuti petunjuk yang diberikan.
  • Setelah selesai, silakan kunci layar dan buka HP dengan menggunakan wajah. Apabila layar terbuka, maka fitur face unlock berfungsi dengan baik.
  • Hampir sama dengan fitur face unlock, untuk mengecek fitur fingerprint, silakan buka pegaturan dan dan buka menu Kunci layar.
  • Kemudian pilih Sidik jari dan daftarkan sidik jari pada menu yang tersedia.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan sampai proses selesai dan silakan kunci layar dan aktifkan dengan sidik jari yang kamu daftarkan.
Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 5 Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

9. Cek Microphone

Microphone umumnya digunakan ketika sedang melakukan panggilan. Jadi cara cek HP Samsung bekas berikutnya adalah dengan memastikan bahwa kualitas dari microphone HP masih berfungsi dengan baik. Hal ini harus dicek agar kamu bisa berkomunikasi dengan lancar ketika melakukan panggilan.

Nah untuk melakuakan pengecekan pada microphone, silakan lakukan panggilan menggunakan menu panggilan. Pastikan bahwa kamu sudah memasukkan kartu provider pada HP tersebut untuk dapat melakukan panggilan. Apabila panggilan terhubung dan komunikasi berjalan dengan baik, maka microphone berfungsi.

10. Cek IMEI

Cara cek HP Samsung bekas yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa IMEI HP Samsung tersebut terdafar di Indonesia, sehingga dapat digunakan.

IMEI merupakan bagian dari manajemen perangkat seluler. IMEI hadir untuk memeriksa dan memastikan bahwa suatu perangkat tersebut valid. IMEI teridiri dari beberapa angka  yang hanya digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dan tidak memiliki hubungan permanen atau semi permanen dengan pelanggan.

Pertama-tama kamu harus mencocokkan IMEI HP yang ada di ponsel dengan yang dikotak untuk menyesuikannya, lalu kemudian mengecek apakah IMEI tersebut terdaftar di Kementrian Perindustrian. Berikut adalah cara cek HP Samsung bekas dengan melakukan pengecekan IMEI terdaftar atau tidak:

Langkah Deskripsi Singkat
Ketik *#06# Pada ponsel Samsung, buka aplikasi telepon dan ketik *#06#. Nomor IMEI akan muncul di layar.
Catat Nomor IMEI Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit. Catat atau ambil screenshot nomor tersebut.
Kunjungi Website Cek IMEI Ada beberapa website yang menawarkan layanan pengecekan IMEI, seperti imei.info atau situs web resmi dari provider Anda.
Masukkan Nomor IMEI Masukkan nomor IMEI yang telah Anda catat ke dalam kolom yang disediakan pada website.
Periksa Informasi Setelah memasukkan IMEI, website akan menampilkan informasi tentang ponsel tersebut, seperti model, spesifikasi, dan status blacklist.

Penutup

Cara Cek HP Samsung Bekas
Cara Cek HP Samsung Bekas

Saat ingin membeli HP Samsung, banyak hal yang perlu kamu cek untuk memastikan bahwa kualitas HP bekas yang kamu beli dalam performa yang baik. Jangan sampai kamu langsung tergiur dengan harga yang murah, namun kualitas HP yang kamu dapatkan buruk, karena tidak melakukan pengecekan dengan baik.

Demikian lah pembahasan tentang cara cek HP Samsung bekas yang dapat kamu ikuti untuk memastikan kualitas yang baik pada HP Samsung bekas yang kamu beli. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat bagi para pembaca, terutama yang sedang mencari cara cek HP Samsung bekas.

Back to top button