Tutorial

5 Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah penting untuk diketahui agar memudahkan pengguna mengingat nomor identifikasi tersebut. Ini juga bermanfaat apabila pengguna tidak membawa struk pembayaran tagihan listrik.

Namun sekarang ini belum ada cara mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah yang bisa dilakukan secara khusus, karena pihak PLN sendiri belum mengeluarkan cara tersebut.

Sekilas Tentang ID Pelanggan PLN

Sekilas Tentang ID Pelanggan PLN 
Sekilas Tentang ID Pelanggan PLN

ID Pelanggan adalah nomor identifikasi unik yang diberikan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) kepada setiap pelanggan listrik.

Nomor ini digunakan untuk mengidentifikasi akun pelanggan dalam sistem PLN, memfasilitasi berbagai layanan seperti pembayaran tagihan, pengajuan perubahan daya, pengecekan riwayat pengguna listrik, dan layanan pelanggan lainnya.

Manfaat Mengetahui ID Pelanggan PLN

Sebelum membahas lebih lanjut terkait cara mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah, berikut adalah beberapa manfaat mengetahui ID Pelanggan PLN :

Pembayaran Tagihan Lebih Mudah

Salah satu manfaat mengetahui ID Pelanggan yaitu memudahkan pengguna melakukan pembayaran tagihan dimasa yang mendatang tanpa perlu membawa struk pembayaran tagihan lagi.

Akses Layanan Pelanggan

Dengan mengetahui ID pelanggan PLN akan memudahkan pengguna mengakses ke layanan pelanggan, termasuk pengaduan, pengecekan tagihan, dan permintaan layanan teknis.

Pengecekan Riwayat Penggunaan

Manfaat mengetahui ID pelanggan PLN lainnya yaitu pengecekan riwayat penggunaan. Dimana memungkinkan pengguna untuk memeriksa riwayat penggunaan listrik dan memantau konsumsi listrik dengan lebih efektif.

Baca Juga :  4 Cara Melihat Riwayat Panggilan Telepon Yang Sudah Dihapus

Proses Tambah atau Pengurangan Daya

Secara umum, untuk menambah atau mengurangi daya listrik, pihak PLN akan meminta ID pelanggan. Ini dilakukan untuk memudahkan pihak PLN untuk melakukan pengecekan konsumsi arus listrik yang berjalan di rumah kamu.

Apakah ID Pelanggan PLN bisa Diketahui dari Alamat Rumah?

Saat struk pembayaran listrik hilang, maka kamu akan kesulitan untuk menemukan ID Pelanggan PLN. Tak jarang pula ada yang bertanya “Apakah ID Pelanggan PLN bisa diketahui dari alamat rumah”.

Jawabannya tidak bisa, karena sampai saat ini belum ada cara mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah yang di informasi kan oleh pihak PLN. Jadi sebagai metode lain untuk mengetahui ID Pelanggan, kamu bisa mengeceknya melalui situs resmi PLN atau lewat aplikasi PLN Mobile secara langsung.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah
Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sampai sekarang ini belum ada cara mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah yang bisa dicoba para pelanggan listrik pascabayar.

Karena PLN sendiri belum menegaskan informasi terkait cara mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah secara khusus. Sebagai metode lain, kamu bisa cek ID Pelanggan melalui situs resmi PLN, lewat aplikasi PLN Mobile, dan melalui struk pembayaran tagihan PLN.

Namun pastikan kamu mengetahui nama kepemilikan meteran, karena untuk mengecek ID pelanggan PLN melalui situs atau aplikasi PLN, memerlukan hal tersebut sebagai opsi lain cek ID Pelanggan.

Baca Juga :  7 Cara Cek Golongan Darah di HP Secara Online dengan Mudah

Cara Cek ID Pelanggan PLN

Untuk membayar listrik PLN biasanya membutuhkan ID Pelanggan. Namun beberapa kasus, ada beberapa orang yang tidak mengetahi ID pelanggan PLN yang dimiliki. Kamu tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara cek ID pelanggan PLN yang bisa kamu coba :

1. Cek Struk Tagihan PLN

Selain cara mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah, ID pelenggan juga dapat diketahui melalui struk tagihan PLN. Selain nomor ID PLN, kamu juga bisa melihat nama pelanggan PLN, daya yang digunakan, serta besar tagihan setiap bulannya.

Metode ini hanya berlaku pada pelanggan PLN pascabayar. Jika kamu pelanggan PLN Prabayar, metode ini tidak berlaku karena kamu tidak menerima struk tagihan.

2. Melalui Situs PLN

Tidak perlu khawatir saat ID Pelanggan hilang, karena kamu bisa mengetahuinya hanya dengan mengakses situs resmi PLN. Namun saat mencari ID pelanggan, pastikan kamu mengetahui nama yang terdaftar atau pemilik rekening listrik tersebut.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Akses situs resmi PLN di pln.co.id melalui browser.
  • Login melalui akses yang disarankan.
  • Jika belum memiliki akun, silahkan daftarkan akun terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil, pilih menu dan cek ID Pelanggan PLN dengan nama pemilik meteran.
  • Lalu klik Cari.
  • Maka akan muncul nomor ID Pelanggan.

3. Lewat Aplikasi PLN Mobile

Lewat Aplikasi PLN Mobile 
Lewat Aplikasi PLN Mobile

PLN memiliki aplikasi mobile yang didesain khusus untuk memudahkan setiap pengguna mengakses layanan PLN, seperti bayar tagihan dan pelaporan ke listrik an hanya dengan memasukkan nama pemilik meteran.

Berikut panduan nya :

  • Install atau unduh aplikasi PLN Mobile lewat Google Play Store.
  • Buka aplikasi dan Login atau Daftar akun.
  • Pilih menu Pelanggan.
  • Masukkan nama pemilik meteran.
  • Otomatis akan muncul ID Pelanggan kepemilikan.
  • Silahkan cek nomor ID Pelanggan apabila diperlukan.
Baca Juga :  14 Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee Setiap Hari

4. Via Sosial Media

Meski cara mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah saat ini belum diketahui caranya, sebagai opsi lain kamu bisa mengetahui ID pelanggan melalui sosial media resmi PLN, seperti Twitter. Berikut tutorialnya :

  • Buka Twitter PLN @pln_123
  • Buat permohonan cek ID Pelanggan melalui Direct Message (DM).
  • Tuliskan nama pemilik meteran, alamat rumah, dan nomor telepon.
  • Pastikan menulis permohonan dengan kalimat yang jelas.
  • Lalu kirim permohonan.
  • Tunggu admin membalas DM yang telah kamu kirim terkait cek ID Pelanggan.

Tips agar Tidak Lupa ID Pelanggan PLN

ID Pelanggan merupakan bagian terpenting yang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga, karena setiap bulannya harus melakukan pembayaran tagihan listrik. Untuk menghindari kehilangan struk pembayaran listrik, sebaiknya untuk menghafal ID Pelanggan Pelanggan.

Adapun tips lainnya agar tidak lupa ID pelanggan PLN yang bisa kamu coba, yaitu sebagai berikut.

  • Catat di Tempat Aman – Tuliskan ID pelanggan di buku catatan atau agenda yang sering digunakan. Simapan juga ditempat yang mudah dijangkau, seperti di sekitar tempat tidur atau lemari.
  • Buat di Memo Ponsel – Simpan ID pelanggan di catatan ponsel atau aplikasi pengelola catatan, seperti Catatan, Google Keep, Evernote, atau Notes di iPhone.
  • Cek Pembayaran Melalui Aplikasi – Kamu bisa memilih untuk membayar tagihan melalui aplikasi penyedia pembayaran tagihan listrik, seperti Mocipay atau PLN Mobile.
  • Foto Tagihan Listrik – Ambil foto tagihan listrik yang mencantumkan ID pelanggan dan simpan di galeri ponsel untuk referensi cepat jika diperlukan suatu waktu.

Artikel Menarik Lainnya : 20 Digit Kode PLN Periksa: Hilangkan Tanda Peringatan “Periksa” pada Token Listrik

Kesimpulan

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah
Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa, sampai saat ini belum ada metode khusus untuk mengetahui ID Pelanggan PLN dari alamat rumah yang bisa dilakukan. Sebagai alternatif lain, kamu bisa mengetahui ID pelanggan melalui struk pembayaran, lewat situs resmi PLN, dan via aplikasi PLN Mobile secara langsung. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu cara ini bisa dilakukan tergantung kebijakan dari pihak PLN sendiri.

Back to top button