Tutorial

5 Cara Belanja Di Shopee Live Mudah dan Cepat!

Cara belanja di Shopee Live apakah kalian belum mengetahuinya? Jika iya, maka artikel ini akan sangat cocok untuk kalian semua karena juga memuat informasi tentang Shopee, keunggulan dan masih banyak yang lainnya lagi.

Cara Belanja Di Shopee Live Mudah

Cara Belanja Di Shopee Live Mudah
Cara Belanja Di Shopee Live Mudah

Seperti yang kalian ketahui semakin hari perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia. For your information, negara kita Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna yang tinggi.

Dari sini kalian bisa lihat bahwa tingginya jumlah pengguna internet ini bisa menjadi salah satu opportunity yang cukup besar untuk menjalankan suatu bisnis terutama bisnis berbasis online. Shopee menjadi salah satu aplikasi bisnis berbasis online yang telah bergerak di bidang jual beli yang bisa diakses dengan sangat mudah via smartphone.

Keunggulan Shopee

Keunggulan Shopee
Keunggulan Shopee

Shopee menjadi salah satu aplikasi yang memfasilitasi para penjual dan pembeli untuk memasarkan dan membeli dagangan dengan sangat mudah. Alasan Shopee menjadi aplikasi yang paling banyak dipilih karena memiliki banyak sekali keunggulan, seperti:

  • Dapat menjual barang atau jasa dengan sangat cepat yang mana bisa dilakukan dalam jangka waktu 30 detik saja.
  • Sangat memudahkan para penjual untuk memasarkan barang atau jasa dengan menggunakan fitur foto atau video sampai 9 foto. Tujuannya adalah agar para pembeli dapat membeli dan melihat lebih jeli atas barang atau jasa yang akan dibeli.
  • Terdapat fitur pemberitahuan mengenai sistem pembayaran hingga adanya notifikasi penyelesaian transaksi. Jadi, dapat memudahkan para penjual untuk meninjau transaksi jual beli secara online.
  • Memberikan kemudahan dalam memilih suatu produk atau jasa. Seperti dalam memilih warna, ukuran, hingga motif sehingga tidak akan membuat kalian sebagai pembeli khawatir dalam membeli.
  • Terdapat layanan potongan ongkos kirim atau gratis ongkos kirim.
  • Memiliki layanan baru yang dapat mempermudah penggunanya untuk melakukan pembayaran tagihan listrik PLN secara mudah dan cepat dari manapun dan kapanpun.
  • Memiliki tampilan yang sangat bagus sehingga dapat menarik para konsumen untuk melihat dan mengunjungi toko.
  • Terdapat fitur baru yaitu fitur Live Chat yang bertujuan untuk mempermudah para pembeli untuk berbicara atau berkomunikasi secara langsung dengan penjual. Jadi, transaksi yang terjadi bisa dengan lancar dilakukan bahkan negosiasi pun juga bisa dilakukan.
  • Terdapat fitur berbagi yang sangat lengkap sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfaat di berbagai media sosial mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Line, WhatsApp, hingga Pinterest. Sangat banyak bukan?
  • Terdapat fitur media sosial yang sudah di integrasikan yang mana mencakup hashtag sehingga dapat mempermudah pengguna dalam mencari produk. Fitur ini juga berguna untuk mencari barang apa yang sedang populer di marketplace sehingga para pengguna Shopee ini tidak usah khawatir jika tertinggal trend.
Baca Juga :  3 Cara Transfer Pulsa Smartfren Ke Telkomsel paling Mudah dan Terbaru!

Baca Juga: 6 Cara Transfer Shopee Paylater ke Shopeepay Tanpa Biaya Admin

Kategori Produk Shopee

Kategori Produk Shopee
Kategori Produk Shopee

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara belanja di Shopee Live, kalian juga harus mengetahui kategori barang apa saja yang dijual di Shopee. Ada 26 Kategori yang harus kalian ketahui, yaitu:

  • Pakaian Wanita
  • Buku dan Alat Tulis
  • Serba Serbi
  • Souvenir dan Pesta
  • Handphone & Aksesoris
  • Makanan dan Minuman
  • Olahraga dan Outdoor
  • Otomotif
  • Voucher
  • Perlengkapan Rumah Tangga
  • Fashion Bayi & Anak
  • Kecantikan
  • Komputer & Aksesoris
  • Pakaian Pria
  • Ibu & Bayi
  • Tas Pria
  • Fashion Muslim
  • Kesehatan
  • Hobi & Koleksi
  • Fotografi
  • Elektronik
  • Aksesoris Fashion seperti kacamata
  • Tas Wanita
  • Jam Tangan
  • Sepatu Pria
  • Sepatu Wanita

Apakah kalian sudah tahu mengenai fitur Live Streaming di Shopee? Live Streaming merupakan salah satu fitur di Shopee yang bisa membantu kalian untuk membuat siaran langsung atau membeli barang secara online.

Kelebihan fitur Live Streaming kalian bisa membagikan rekaman yang sudah pernah dilakukan. Live Streaming bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet dan laptop atau smartphone.

Melalui Live Streaming ini kalian bisa menjelaskan berbagai kelebihan mengenai suatu produk dan konsumen juga bisa dengan mudah untuk mengenal suatu produk yang akan dibeli.

Di sisi lain kalian bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dan menggali produk melalui pertanyaan yang bisa kalian lemparkan pada kolom komentar. Lalu bagaimana cara belanja di Shopee Live?

1. Memilih Tontonan Live Streaming Yang Menarik

Cara belanja di Shopee Live yang pertama adalah dengan memilih tontonan Live Streaming yang menarik. Seperti yang kalian ketahui, di Shopee Live ada banyak sekali jenis live dari berbagai toko online.

Jadi, kalian tidak akan tersesat atau kebingungan untuk memilih atau tau bagaimana cara belanja di Shopee Live karena sudah pastinya gampang untuk dicari dan dipilih. Ada beberapa fitur menarik yang ada di toko online ketika melakukan Shopee Live yaitu ada potongan harga produk, potongan ongkos kirim, hingga voucher gratis ongkos kirim.

Jadi, jangan lupa memilih konten Shopee Live yang menarik dan memilih toko yang memiliki reputasi yang bagus. Biasanya, live yang menarik adalah live yang memiliki nama atau judul yang menarik.

Agar lebih meyakinkan kalian bisa melihat reputasinya melalui rating pada setiap produk yang dijual apakah bagus atau tidak. Selain itu, yang menjadi tolok ukur yang lainnya adalah coba cek apakah penjual nya fast respon atau tidak, karena pastinya ada banyak sekali yang menonton saat live jika toko nya memiliki reputasi yang bagus.

Baca Juga :  Berbagai Macam Cara Aktifkan Hotspot Di Iphone 15 Series

2. Menjadi Penonton Live Yang Aktif

Cara belanja di Shopee Live yang kedua adalah dengan menjadi penonton live yang aktif. Caranya adalah dengan sering-sering menonton Live Streaming dengan sering dan aktif.

Cara belanja di Shopee Live yang aktif adalah dengan sering menanyakan bagaimana kriteria barang atau spek barang. Ketika kalian mencoba aktif, maka akan dengan mudah mendapatkan penawaran yang menarik dari toko nya.

Jangan lupa untuk mengikuti atau follow toko online nya karena kalian bisa meminta atau mengklaim voucher diskon atau voucher gratis ongkos kirim. Jadi sangat mudah bukan cara belanja di Shopee Live ini?

3. Mengenali Produk Yang Sedang Ditawarkan

Cara belanja di Shopee Live yang ketiga adalah dengan mengenali produk yang ditawarkan pada saat live. Saat live, kalian akan mendapatkan akses informasi produk yang ditampilkan di beranda.

Nah, jika kalian ingin membeli produk jangan lupa melihat dan membaca detail produk mulai dari harga, warna, ukuran, hingga spesifikasi. Jangan lupa untuk melihat apakah produk yang akan kalian beli apakah memiliki banyak peminat atau tidak yang terbukti dari jumlah barang yang sudah terjual.

4. Jangan Lupa Menggunakan Tap Love dan Chat

Cara belanja di Shopee Live yang keempat adalah dengan menggunakan fitur tap love dan chat agar semakin terlihat interaktif. Fitur tap love artinya kalian menyukai produk sedangkan chat digunakan untuk berkomunikasi secara real time dengan para penjual saat live streaming.

5. Checkout Produk

Cara belanja di Shopee Live yang kelima adalah dengan melakukan checkout barang. Caranya adalah dengan klik ikon bergambar tas Shopee berwarna orange yang mana letaknya di bagian kanan bawah layar.

Pilihlah satu atau beberapa produk yang akan kalian beli. Jika sudah checkout maka jangan lupa isi alamat dan juga nomor telepon kamu.

Setelah itu pilihlah jasa pengiriman nya dan masukkan voucher apabila kalian memilikinya. Pilihlah metode pembayaran dan langsung klik “Buat Pesanan”.

Kalian juga bisa menggunakan cara belanja di Shopee Live yaitu dengan komen “Fix”, nama produk, jenis produk, dan ukuran di kolom komentar pada saat live streaming yang sedang berlangsung. Maka setelah itu kalian akan dihubungi oleh pihak penjual nya.

Benefit Membeli Produk Di Shopee Live

Ketika kalian sudah tau cara belanja mudah di Shopee Live, maka kalian juga harus mengetahui apa saja benefit yang bisa kalian dapatkan ketika membeli produk di Shopee Live. Nah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai 3 benefit yang bisa kalian dapatkan saat belanja di Shopee Live:

1. Mendapatkan Review Produk Secara Langsung

Benefit pertama yang bisa kalian dapatkan adalah bisa mendapatkan review produk secara langsung dari penjual nya. Selain itu kalian juga bisa melihat produk secara real time atau secara langsung.

Baca Juga :  3 Cara Hutang Pulsa Tri 2024: Lewat SMS, Bima+ dan Kode Dial

Nah, kalian juga bisa menanyakan spesifikasi barang atau produk lebih lengkap sesuai dengan apa yang ingin kalian ketahui. Contoh saja ketika kalian ingin membeli hijab, kalian bisa menggunakan bahan apa yang digunakan, jenis jahitan, kualitas, hingga ukuran.

2. Mengetahui Ketersediaan Stok

Benefit kedua yang bisa kalian dapatkan adalah bisa mengetahui secara langsung ketersediaan stok yang masih ada. Kadang kalian pasti pernah menemui produk yang masih di pajang di etalase toko tapi stok nya sudah habis.

Jadi, kalian bisa mengetahui stok barang secara real time. Kalian bisa menanyakannya di kolom komentar.

3. Proses Checkout Yang Lebih Mudah

Benefit ketiga yang bisa kalian dapatkan adalah bisa melakukan proses checkout yang lebih mudah. For your information, saat sesi live bisanya setiap streamer akan membuat list produk yang akan dijelaskan pada saat live streaming sedang berlangsung.

Cara Mendapatkan Diskon 50% Di Shopee Live

Cara Mendapatkan Diskon 50% Di Shopee Live
Cara Mendapatkan Diskon 50% Di Shopee Live

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Shopee Live bisa memberikan benefit yang luar biasa. Salah satu benefit lainnya yang bisa kalian dapatkan yaitu Voucher potongan harga.

Nah, bagi kalian yang sudah mengetahui cara belanja di Shopee Live, kalian juga harus tau mengenai bagaimana cara mendapatkan diskon 50% dengan cara:

  1. Bukalah aplikasi Shopee yang ada di laptop atau smartphone kalian.
  2. Setelah itu pilihlah ikon “Shopee Live” yang terletak di halaman utama aplikasi Shopee.
  3. Jika sudah maka pilih sesi live shopping mana yang akan kalian lihat.
  4. Pilihlah produk yang akan kalian beli dan kalian checkout.
  5. Nah secara otomatis voucher diskon sebesar 50% akan terpasang saat kalian melakukan checkout.

For your information, semua jenis voucher diskon sebesar 50% bisa kalian dapatkan setiap harinya di jam 8 hingga 12 malam. Jadi ayo cepat buka aplikasi Shopee kalian dan segera tonton Shopee Live ya!

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Cara Belanja di Shopee Live Keterangan
Penjual Pastikan reputasi penjual, baca ulasan dan perhatikan ratingnya untuk menilai keandalan dan kepuasan pelanggan sebelum membeli
Deskripsi produk Baca deskripsi produk dengan cermat untuk memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan ekspetasi anda
Spesifikasi dan ukuran Periksa spesifikasi dan ukuran produk untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan anda
Harga dan diskon Bandingkan harga dengan toko online lainnya dan pastikan diskon yang ditawarkan wajar dan tidak terlalu berlebihan
Metode pembayaran Pastikan metode pembayaran tersedia dan sesuai dengan preferensi anda
Ongkos kirim Perhatikan ongkos kirim dan estimasi pengiriman serta pilih opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan anda
Kebijakan pengembalian Ketahui kebijakan pengembalian barang untuk memastikan kemudahan jika ada masalah dengan produk
Keamanan dan privasi Gunakan metode pembayaran yang aman dan lindungi informasi pribadi anda
Promo dan voucher Cari promo , diskon dan voucher yang dapat menghemat biaya belanja anda
Perbandingan produk Gunakan fitur perbandingan produk untuk memilih opsi terbaik dari berbagai penjual atau merek
Hubungi penjual Jika ada pertanyaan, hubungi penjual melalui fitur chat untuk klarifikasi sebelum membeli

Penutup

Cara Belanja Di Shopee Live
Cara Belanja Di Shopee Live

Cara belanja di Shopee Live sangat mudah untuk diikuti dan dilakukan bukan? Kalian bisa melakukannya dengan dua cara yaitu dengan checkout langsung atau dengan komen fix di kolom komentar pada saat live streaming sedang berlangsung.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button