Tutorial

8 Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok 2024 : Ini Syaratnya!

Secara umum Cara Mengganti Tanggal Lahir Di TikTok merupakan hal yang sangat mudah dilakukan terutama oleh para pengguna baru.

Selain untuk berbagi video pendek, kini TikTok juga menyediakan satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk belanja online, dimana fitur tersebut adalah TikTok Shop.

Agar bisa belanja di TikTok, ada syarat utama yang harus dipenuhi oleh pengguna, seperti memiliki umur atau usia lebih dari 18 tahun.

Sehingga bagi pengguna yang memiliki usia di bawah umur yang telah ditentukan, maka tidak akan dapat menggunakan fitur belanja dan bertransaksi secara jual beli di platform tersebut.

Jadi agar kamu bisa melakukan transaksi pembelian di TikTok shop, sebaiknya mengubah tanggal lahir di TikTok terlebih dahulu. Untuk mengubahnya, simak informasi penjelasan dibawah ini sampai selesai.

Syarat Ganti Tanggal Lahir di TikTok

Syarat Ganti Tanggal Lahir di TikTok
Syarat Ganti Tanggal Lahir di TikTok

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi agar proses cara mengganti tanggal lahir di Tiktok tidak terkendala dan berjalan dengan lancar, diantaranya :

1. Akun TikTok Tidak Terblokir

Syarat yang pertama adalah akun TikTok yang dimiliki tidak dalam keadaan terblokir, baik secara permanen maupun sementara.

Apabila akun sedang dalam masalah tersebut, maka proses mengganti tanggal lahir tidak akan bisa dilakukan sama sekali selain menunggu hingga proses pemblokiran berakhir.

2. Aplikasi Sudah Versi Terbaru

Untuk dapat mengganti tanggal lahir di TikTok, pastikan bahwa aplikasi yang sedang digunakan sudah menjadi versi terbaru dari TikTok. Apabila aplikasi yang sedang digunakan masih versi lama, dapat dipastikan proses penggantian tanggal lahir tidak dapat dilakukan.

Hal ini disebabkan oleh tidak munculnya fitur khusus untuk mengganti tanggal lahir di dalam akun TikTok pribadi yang dilakukan.

Baca Juga :  27 Cara Dapat Uang 500Rb Sehari Untuk Pelajar

Mengapa Harus Mengganti Tanggal Lahir di TikTok?

Sebenarnya tidak disarankan untuk mengganti tanggal lahir di TikTok karena hal tersebut melanggar kebijakan privasi dan persyaratan pengguna TikTok.

Secara umum, TikTok hanya mengizinkan pengguna yang berusia di atas 13 tahun untuk membuat akun dan menggunakan platform tersebut. Apabila tidak mencapai usia 13 tahun, TikTok akan mempertimbangkan pendaftaran akun.

Namun, beberapa pengguna TikTok kemungkinan memilih untuk mengganti tanggal lahir di TikTok karena alasan-alasan tertentu, seperti ingin terlihat lebih muda atau lebih tua dari usia sebenarnya.

Akan tetapi, hal ini dapat membuat akun pengguna terkunci atau dihapus, karena informasi data diri yang dilampirkan pada akun tidak valid.

Cara Mengganti Tanggal Lahir Di TikTok 2024

Tanggal lahir di TikTok adalah informasi pribadi yang diminta saat ingin membuat atau mendaftarkan akun. TikTok meminta tanggal lahir untuk memastikan bahwa pengguna memenuhi persyaratan usia minimum untuk menggunakan platform tersebut.

Nah, apabila tanggal lahir yang dimasukkan tidak menunjukkan bahwa pengguna belum mencapai usia minimum yang diberlakukan, maka pengguna tidak dapat membuat akun TikTok.

Jika usia yang telah dibuat sebelum ternyata tidak benar, kamu bisa melakukan cara mengganti tanggal lahir di Tiktok dengan langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengganti Tanggal Lahir Di TikTok 2023
Cara Mengganti Tanggal Lahir Di TikTok
  1. Buka aplikasi TikTok di perangkat ponsel kamu.
  2. Masuk ke Profil Akun TikTok.
  3. Pilih opsi menu Pengaturan dan Privasi.
  4. Pilih Menu Akun dan Informasi Akun TikTok.
  5. Klik Tanggal Lahir.
  6. Ubah Tanggal Lahir.
  7. Konfirmasi Pengubahan Tanggal Lahir di TikTok.
  8. Klik Ok Untuk Menyetujui Perubahan.

Untuk mengingatkan kembali agar tanggal lahir yang baru saja diganti tidak salah, sebaiknya periksa kembali tanggal lahir tersebut untuk menghindari adanya kesalahan penulisan sebelum meng-konfirmasi nya.

Penyebab Tanggal Lahir di TikTok Tidak Bisa Diganti

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sebenarnya tidak disarankan untuk cara mengganti tanggal lahir di Tiktok karena hal tersebut melanggar kebijakan privasi dan persyaratan pengguna TikTok meskipun terdapat cara mengganti tanggal lahir di Tiktok.

Namun tidak menutup kemungkinan cara mengganti tanggal lahir di Tiktok dapat dilakukan kembali di akun Tiktok.

Penyebab Tanggal Lahir TikTok Tidak Bisa Diganti Solusi
 ✅ Akun TIkTok di Batasi Meninjau kembali akun TikTok dan melakukan banding.
 ✅ Batas Usia Mengubah usia di TikTok.
 ✅ Kesalahan Teknis Memastikan koneksi internet kamu stabil dan lancar
 ✅ Verifikasi Akun Verifikasi nama pengguna dan nomor telepon.
 ✅ Akun TikTok Terblokir Menunggu hingga proses pemblokiran berakhir.
Baca Juga :  6 Cara Top Up PUBG dengan Pulsa Telkomsel di Mocipay, Codashop dan Duniagames

Adapun penjelasan dari masing-masing faktor penyebab tanggal lahir di TikTok tidak bisa diganti diatas beserta solusi untuk mengatasinya secara umum yaitu sebagai berikut.

1. Akun TikTok di Batasi

Jika akun TikTok dibatasi, ini berarti bahwa TikTok telah mengambil tindakan untuk membatasi aktivitas pengguna di platform tersebut.

Akun TikTok Dibatasi
Akun TikTok Dibatasi

Ada beberapa asalan mengapa akun TikTok dibatasi, seperti :

  • Melanggar kebijakan komunitas TikTok.
  • Menerima laporan dari pengguna lain.
  • Terdeteksi oleh sistem TikTok sebagai akun yang melakukan perilaku yang merugikan.

Nah selama TikTok membatasi akun, maka setiap pengguna tidak dapat melakukan tindakan tertentu di TikTok, seperti mengganti tanggal lahir, mengirim komentar dan menggunggah video baru.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus meninjau kembali dan memastikan bahwa perilaku kamu di TikTok sesuai dengan kebijakan komunitas. Selain itu kamu juga dapat mengajukan banding jika merasa bahwa batasan tersebut tidak adil atau salah.

Karena TikTok memiliki proses banding yang dapat kamu coba, untuk mengembalikan akses penuh ke akun akun termasuk pada cara mengganti tanggal lahir di Tiktok.

2. Batas Usia

Secara umum, TikTok memiliki batasan usia minimum untuk pengguna dapat menggunakan platform tersebut. Apabila tanggal lahir yang baru saja diubah menunjukkan bahwa kamu masih dibawah usia minimum TikTok, maka tanggal lahir tidak akan dapat diganti.

Jadi sebelum mengganti tanggal lahir di TikTok pastikan kamu sudah membaca syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan agar proses cara mengganti tanggal lahir di Tiktok tidak ter-kendala.

3. Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis ketika melakukan cara mengganti tanggal lahir di Tiktok merupakan salah satu hal yang sangat sering terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

  • Pastikan koneksi internet kamu stabil dan lancar.
  • Muat ulang laman TikTok kamu.
  • Hapus Cache dan data aplikasi TikTok.
  • Perbarui aplikasi TikTok.

Apabila sudah mencoba semua cara di atas namun tetap saja tidak ada perubahan dalam mengganti tanggal lahir baru di TikTok, sebaiknya Hubungi Tim Dukungan Pelanggan TikTok agar mendapat bantuan lebih lanjut.

4. Verifikasi Akun

Verifikasi akun TikTok adalah proses untuk konfirmasi bahwa akun yang kamu miliki di TikTok benar-benar kepunyaan pribadi. Verifikasi dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap akun.

Baca Juga :  6 Penyebab dan Solusi Jaringan Telkomsel Lemot

Verifikasi akun TikTok biasanya dilakukan pada awal pendaftaran akun. Hal tersebut hampir sama dengan pembuatan tanggal lahir di awal mendaftar akun dan penetapan nama pengguna.

Apabila nomor dan nama pengguna yang kamu gunakan untuk mendaftar TikTok tidak ter-verifikasi, maka kamu tidak akan bisa melakukan cara mengganti tanggal lahir di Tiktok.

Agar perubahan tanggal lahir bisa dilakukan di TikTok, sebaiknya verifikasi akun TikTok kamu terlebih dahulu kemudian pastikan nomor yang terdaftar di TikTok juga sudah ter-verifikasi.

5. Akun TikTok Terblokir

Ada dua opsi pemblokiran yang terjadi dilakukan oleh pihak TikTok, yaitu pemblokiran permanen dan pemblokiran sementara.

Apabila akun kamu di blokir sementara, maka TikTok telah mengambil tindakan untuk membatasi aktivitas pengguna di platform tersebut.

Akun TikTok Terblokir
Akun TikTok Terblokir

Hal yang dapat kamu lakukan agar proses mengganti tanggal lahir bisa dilakukan yaitu melihat kembali alasan pihak TikTok memblokir akun, menunggu hingga proses pemblokiran berakhir dengan waktu yang ditentukan.

Namun jika pihak TikTok memblokir akun TikTok kamu secara permanen, maka cara mengganti tanggal lahir di Tiktok tidak akan bisa dilakukan selain membuat akun baru dan membuat informasi pendaftaran yang valid untuk mencegah penggantian tanggal lahir di TikTok lagi.

Tentang Fitur TikTok yang Dibatasi Usia

Pembatasan usia di TikTok tentu saja memiliki tujuan tertentu yang tidak lain adalah untuk melindungi akun setiap pengguna.

Dirangkum dari laman support TikTok, berikut beberapa fitur TikTok yang dibatasi oleh usia :

  • Akun TikTok dibawah umur 18 tahun tidak akan bisa dibuat publik dan tidak bisa menggunakan fitur send gift.
  • Pengguna dengan umur dibawah 16 tahun tidak dapat mengirim atau menerima pesan DM, melakukan live, dan menggunakan fitur duet.
  • Pengguna dengan umur dibawah 15 tahun tidak akan muncul di fitur Suggestion.
  • Pengguna yang berumur antara 13 – 15 tahun tidak akan menerima notifikasi TikTok setelah jam 9 malam, sedangkan yang berumur antara 16 – 17 tahun tidak akan menerima notifikasi setelah jam 10 malam.

Postingan Menarik Lainnya : 2 Cara Menghapus Akun TikTok yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Kesimpulan

Cara Mengganti Tanggal Lahir Di TikTok
Cara Mengganti Tanggal Lahir Di TikTok

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa tanggal lahir di TikTok tidak bisa diganti dengan begitu saja, karena dapat melanggar kebijakan privasi dan persyaratan pengguna TikTok.

Meskipun cara mengganti tanggal lahir di Tiktok dapat dilakukan dengan mudah, namun kamu harus mempertimbangkan hal-hal buruk yang akan menyebabkan akun TikTok kamu menjadi bermasalah, seperti akun dikunci.

Apabila kamu mengalami kendala pada saat penggantian tanggan lahir di TikTok, sebaiknya meminta bantuan ke CS TikTok atau langsung ke Pusat Bantuan yang ada di aplikasi TikTok.

Semoga informasi cara mengganti tanggal lahir di Tiktok ini bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button