Tutorial

5 Cara Pairing Headset Bluetooth Kanan Dan Kiri Dijamin Berhasil!

Tak jarang orang mengalami kegagalan saat pairing headset bluetooth. Dengan menyajikan cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri, kami berharap artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasi kendala terkait headset bluetooth anda yang tidak dapat terpairing.

Anda tidak perlu bingung, karena dalam artikel ini kami akan menunjukkan cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri.

Apa itu Headset Bluetooth?

cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri
Sumber: www.lazada.co.id/ cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri

Headset bluetooth adalah jenis headset yang menggunakan teknologi nirkabel yang terhubung ke perangkat lain seperti, ponsel, tablet, komputer melalui koneksi bluetooth. Headset bluetooth ini merupakan pembaharuan dari yang sebelumnya masih menggunakan headset dengan menggunakan kabel yang mengganggu kebebasan pengguna dalam bergerak.

Keuntungan menggunakan headset bluetooth

Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan headset bluetooth, diantaranya adalah seperti:

  • Koneksi nirkabel

Model headset yang dirancang dengan tidak menggunakan kabel memberikan kenyamanan dan fleksibilitas kepada penggunanya. Bagi anda yang pernah menggunakan model headset lama/ yang masih menggunakan kabel tentu saja sering mengalami kesulitan saat menggunakan headset, terlebih jika kabel nya sangat panjang. Nah, dengan menggunakan headset bluetooth ini hal demikian bukan lagi sebagai suatu masalah yang harus direpotkan.

  • Mudah digunakan

Sebenarnya, jika dibandingkan dengan pemakaian headset kabel, tentu saja akan lebih mudah menggunakan headset kabel dari pada headset bluetooth. Headset kabel hanya perlu menancapkan ujung headset ke port yang ada di HP.

Baca Juga :  4 Cara Menampilkan Jumlah Tayangan Video Di Instagram

Namun keuntungannya adalah headset bluetooth mudah digunakan karena anda hanya perlu menyambungkan perangkat anda dengan headset, dan ketika sudah tersambung anda bebas meletakkan perangkat anda dimanapun tanpa harus membawa-bawa atau meletakkannya di saku anda.

  • Fungsionalitas

Tak hanya digunakan untuk mendengarkan musik saja, namun headset bluetooth juga dilengkapi dengan fitur sentuh yang memungkinkan pengguna untuk menerima atau mematikan telepon tanpa harus melalui ponsel. Pengguna dapat berbicara dan mendengarkan melalui headset, dengan posisi tangan yang tetap bebas sehingga bisa sambil melakukan aktivitas yang lain.

  • Mobilitas

Dengan tampilan headset bluetooth yang tidak menggunakan kabel memungkinkan pengguna untuk dapat memakai headset saat sedang bepergian, berolahraga, atau melakukan berbagai aktivitas lainnya tanpa harus kewalahan dengan kabel yang panjang.

Apa itu Pairing Headset Bluetooth?

Source: www.kodedroid.com/ cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri, kami akan menjelaskan dengan singkat apa itu pairing headset bluetooth.

Jadi pairing headset bluetooth merujuk pada proses penyambungan kedua bagian headset kanan dan kiri agar saling terhubung. Melakukan pairing headset kanan dan kiri merupakan langkah awal yang perlu kamu lakukan agar bisa menggunakan headset.

Cara Pairing Headset Bluetooth Kanan dan Kiri

Pada sebagian tipe atau jenis headset bluetooth, ada yang langsung pairing begitu dikeluarkan dari kotak atau power bank-nya. Namun sebagiannya lagi ada juga yang memerlukan cara pairing khusus. Nah, untuk anda yang sedang mengalami kendala yang mana kedua belah headset bluetooth anda tidak bisa pairing, silahkan perhatikan cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri berikut ini:

Baca Juga :  9 Cara Memperbaiki LCD HP Yang Hitam Sebagian Tanpa Service
cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri
  1. Pastikanlah kedua belah headset kiri dan kanan dalam keadaan terisi daya penuh
  2. Keluarkan headset dari kotak/ power banknya. Tekan tombol pada headset selama 3-5 detik hingga lampu LED indikator headset bluetooth menyala
  3. Apabila sudah pairing biasanya akan terdengar kata “connected
  4. Beralih ke pengatuan bluetooth di HP anda, cari dan tekanlah pada nama headset bluetooth anda
  5. Tunggu hingga keduanya terhubung

Mengapa Headset Bluetooth Kanan dan Kiri Tidak Bisa Pairing?

Tak sedikit orang yang mengalami masalah dengan headset bluetooth kanan dan kiri yang tidak bisa pairing. Perlu untuk kamu ketahui bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, seperti:

cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri

 

  • Masalah daya baterai

Penyebab yang pertama kemungkinan disebabkan oleh adanya masalah pada daya baterai headset bluetooth. Ketika headset bluetooth anda dalam kondisi baterai kosong tentu saja tidak akan bisa menyala dan terhubung. Oleh karena itu, sebelum menggunakan headset, pastikan dulu headset bluetooth dalam keadaan daya terisi penuh.

  • Mode pairing yang salah

Penyebab yang berikutnya adalah mode pairing yang salah. Banyak orang terlebih dari pengguna baru headset bluetooth yang tidak mengeluarkan headset dari dalam kotaknya saat akan melakukan penyambungan headset ke perangkat/ HP. Perlu diingat, ketika kamu ingin pairing headset bagian kanan dan kiri, pastikanlah kedua belah headset telah kamu keluarkan dari kotak atau powerbank nya.

  • Adanya kerusakan pada headset

Penggunaan headset bluetooth memang memiliki banyak sisi menguntungkan. Sayangnya, headset bluetooth ini rentan mengalami kerusakan pada salah satu bagiannya, seperti kerusakan pada salah satu bagian  yang baru saja dikeluarkan dari kotaknya sudah langsung mati sebelum mode pairing dijalankan.

Cara Mengatasi headset Bluetooth Kanan dan Kiri tidak Bisa Pairing

cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri

 

  • Coba ulang pairing

Cara mengatasi headset bluetooth kanan dan kiri tidak bisa pairing yang pertama adalah coba ulang untuk menjalankan mode pairing. Coba masukkan lalu keluarkan kembali headset dari kotaknya dan lihat apakah keduanya bisa pairing ketika sudah dikeluarkan dari kotak.

  • Reset Headset bluetooth

Cara yang kedua adalah dengan mereset headset bluetooth. Cara ini biasanya akan memulihkan segala macam masalah pada headset bluetooth kecuali jika masalahnya disebabkan oleh kerusakan pada perangkat. Oleh karena itu, langsung saja perhatikan beberapa langkah-langkah untuk reset headset bluetooth berikut ini:

  1. Masukkan kedua earphone kedalam kotak/ power banknya
  2. Tekan tombol ON pada power bank tersebut
  3. Biarkan hingga 10 sampai 15 detik
  4. Lalu keluarkan kembali dari kotaknya
Baca Juga :  3 Cara Melihat Serial Number Laptop Windows 11 Paling Mudah

Tips Merawat Headset Bluetooth

Tips Deskripsi Singkat
Hindari Paparan Air Meski beberapa headset mungkin tahan air, sebaiknya hindari paparan air atau kelembaban yang berlebihan untuk menjaga komponen elektroniknya.
Jaga dari Suhu Ekstrem Suhu yang terlalu panas atau dingin bisa merusak baterai dan komponen lainnya. Jangan meninggalkan headset di dalam mobil yang panas atau di lingkungan yang sangat dingin.
Bersihkan dengan Lembut Gunakan kain mikrofiber kering dan lembut untuk membersihkan bagian luar headset. Jangan gunakan pembersih yang keras atau berbahan kimia yang kuat.
Jaga Baterai Jangan biarkan baterai benar-benar habis sebelum mengisi daya dan jangan overcharge. Kedua kondisi ini bisa memperpendek umur baterai.
Simpan dengan Aman Jika tidak digunakan, simpan headset dalam tas atau kotak pelindung untuk mencegah kerusakan fisik dan menjauhkan debu.

Simpulan

Cara Pairing Headset Bluetooth Kanan Dan Kiri
Cara Pairing Headset Bluetooth Kanan Dan Kiri

Headset bluetooth adalah salah satu alat hiburan terbaik yang bisa menaikkan mood serta menemani segala aktivitas keseharian kamu. Melakukan pairing headset bluetooth kanan dan kiri adalah langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum menggunakan headset bluetooth.

Jika kamu belum terbiasa atau belum pernah sama sekali mencoba pairing headset bluetooth, silahkan ikutilah cara pairing headset bluetooth kanan dan kiri yang telah kami tampilkan diatas. Semoga informasi yang kami tampilkan dalam artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Back to top button